17 Kuliner Khas Semarang Terkenal Enak dan Murah

 Lailla | Sen, 11 Nov 2019

17 kuliner khas Semarang terkenal enak dan murah – Makanan memang sealu menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi suatu daerah. Jalan-jalan ke Semarang belum lengkap rasanya jika belum mencoba makanan khas-nya, baik itu makan di tempat ataupun sebagai buah tangan. Bisa dikatakan belum ke Semarang jika belum mencicipi makanan-makanan pilihan yang ada di daftar ini.

17 Kuliner Khas Semarang Terkenal Enak dan Murah

1. Lumpia Rebung


Lumpia Rebung ini terbilang yang sederhana, namun memiliki cita rasa tersendiri. Lumpia terbuat dari kulit lumpia yang digoreng garing, dengan isian cacahan rebung dan telur ayam serta bumbu rahasia. Saat ini inovasi lumpia terus berkembang sehingga memiliki banyak varian selain rasa original, diantaranya yaitu pedas, ayam, kepiting, telur puyuh.

Lumpia banyak ditemui di setiap sudut kota Semarang, baik itu dari penjaja keliling, warung kaki lima, sampai pusat oleh-oleh, sampai penjual lumpia yang terkenal di semarang ada di Jl Mataram. Harga lumpia pun sangat beragam, mulai dari Rp.3000 sampai Rp.15000 per buah, tergantung isian. Cara menikmati lumpia bisa dengan cara dimakan langsung, dicocol dengan saus bawang putih, atau acar mentimun.

2. Wingko Babat


Wingko Babat jika dari namanya sering dikira terbuat dari bahan babat atau jeroan, namun bahan pembuatan sebenarnya adalah dari beras ketan, kelapa, air dan gula yang dibentuk kemudian dipanggang. Makanan manis ini sebenarnya berasal dari daerah kecamatan Babat kabupaten Lamongan, sehingga disebut Wingko Babat, namun sangat terkenal di Semarang. Harga makanan ini sangat terjangkau, bisa didapat dengan Rp.2000 saja dan sangat mudah diperoleh. Makanan ini cocok sekali untuk teman minum teh ataupun kopi.

3. Bandeng Presto


Ikan Bandeng terkenal sebagai ikan yang memiliki daging yang enak, namun memiliki satu kelemahan yaitu duri yang terlalu banyak sehingga sulit dan harus hati-hati saat memakannya. Karena permasalahan tersebut, timbulah sebuah ide kreatif dari Hanna Budimulya yang lahir dari kota Pati, Jawa tengah memasak bandeng dengan cara dipresto, sehingga tulang ikan bandeng menjadi lunak dan bisa dimakan. Presto merupakan cara memasak dengan menggunakan panci uap air yang bertekanan tinggi. Makanan ini bisa disebut sebagai ikon makanan kota Semarang.

4. Roti Ganjal Rel


Roti Ganjal Rel mendapatkan julukannya dari bentuknya yang menyerupai bantalan rel dan warnanya yang coklat dan bertekstur keras. Roti yang memiliki taburan wijen diatasnya ini sudah cukup sulit ditemui, hanya sedikit toko oleh-oleh yang menjajakannya. Namun pada awal bulan Ramadhan biasanya akan diadakan bagi-bagi ribuan Roti Ganjal Rel di acara dugderan yang bertempat di masjid kauman semarang dengan makna simbolis, yaitu menahan segala ganjalan atau hambatan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Harga Roti Ganjal Rel pada umumnya ada di kisaran harga Rp. 20.000

5. Nasi Ayam Semarangan

Nasi Ayam Semarangan merupakan nasi gurih, kuah santan, sayur labu siam atau jipang dengan suwiran ayam, krecek, telur rebus. Awalnya dijajakan keliling oleh Mbah Satinem yang berasal dari daerah Kampung Koja. Saat ini banyak penjual yang menyajikan Nasi Ayam Semarangan, namun yang Asli Mbah Satinem yaitu berada di jalan K.H Ahmad Dahlan Semarang. Nasi Ayam Semarangan bisa diperoleh dengan harga sekitar Rp. 10.000 – 15.000 saja.

6. Babat Gongso

Babat Gongso merupakan babat atau jeroan yang dipotong kecil-kecil kemudian dimasak dengan cara digongso atau dengan kecap, bawang merah, bawang putih, terasi dan cabai. Babat gongso bisa dimakan dengan nasi putih hangat atau disatukan dengan nasi goreng, sehingga biasa disebut dengan Nasi Goreng Babat Gongso. Harganya Rp. 20.000 – Rp. 25.000.

7. Garang Asem

Garang Asem adalah makanan ayam berkuah yang dibungkus daun pisang kemudian dikukus. Rasa yang menonjol yaitu dari belimbing wuluh yang asam, kush santan yang gurih dan kepedasan dari cabai membuat pembeli ketagihan. Penggunaan daun pisang membuat cita rasa tersendiri. Garang asem sangat pas jika dinikmati dengan seppiring nasi hangat.

8. Tahu Gimbal


Tahu Gimbal bahan-bahannya terdiri atas potongan lontong,tahu, tempe, gimbal, kol kemudian disiram dengan bumbu sambal kacang dan petis. Gimbal sendiri adalah udang yang digoreng dengan tepung, atau biasa kita sebut bakwan udang. Tampilannya sekilas mirip seperti ketoprak di Jakarta atau tahu tek di Surabaya.

9. Tahu Pong


Tahu Pong adalah jenis tahu yang mengembang saat digoreng dengan minyak yang sangat panas sehingga tidak ada isinya saat dibelah atau digigit. Bisa dikatakan tahu ini adalah pendahulunya tahu bulat yang digoreng dadakan lima ratusan. Harga tahu pong pun sama dengan tahu bulat yaitu Rp. 500

10. Tahu Petis

Tahu Petis semarang adalah tahu goreng berbentuk kotak yang saat penyajiannya diberi sambal petis ke dalam tahu setelah tahunya matang, seperti pembuautan tahu isi pada umumnya. Berbeda dengan Tahu Petis Cirebon yang biasanya dipotong menjadi segi tiga dan petisnya sebagai cocolan. Petis itu sendiri merupakan cairan olahan dari perebusan ikan atau udang yang berwarna hitam dan teksturnya kental. Harga tahu petis yaitu Rp. 1.000 dan sering dijumpai di tukang gorengan.

11. Tahu Bakso

Tahu Bakso adalah tahu goreng yang disayat kemudian diisi dengan menggunakan adonan bakso daging ikan. Tahu kemudian dikukus atau direbus agar adonan matang, bisa juga digoreng kembali, atau divariasikan dengan dibaluri telur terlebih dahulu sebelum digoreng. Ikan yang biasanya digunakan ikan tenggiri atau bisa diganti dengan ikan lainnya. Harga tahu bakso umumnya berkisar antara Rp. 1.500 –Rp. 3.000 per buah.

12. Pisang Plenet

Pisang Plenet terbuat dari pisang kepok yang dibakar diatas api kecil atau arang sehingga menjadi berwarna kecoklatan. Kemudian diplenet atau dipipihkan menggunakan kayu kecil. Setelah pisang pipih, diberi olesan mentega, cokelat, keju, susu atau sesuai selera anda. Proses terakhir yaitu ditimpa dengan pisang pipih lagi, sehingga topingnya berada di tengah dua pisang pipih. Harganya makanan ini kurang lebih Rp. 3.000.

13. Gandos

Gandos dikenal juga sebagai Bandros di tanah pasundan, atau pancong di Jakarta. Makanan ini terbuat dari tebung beras, santan, sedikit garam, air, dan potongan memanjang buah kelapa yang dicetak di wadah berbentuk setengah lingkaran. Makanan ini bisa disajikan dengan gula ataupun dengan saus, karena rasanya yang cocok untuk dijadikan hidangan manis atau gurih. Harga per porsinya berkisar Rp. 5.000 saja.

14. Spekkoek

Spekoek merupakan nama lain dari kue lapis legit. Ya, kue berlapis-lapis warna kuning dan cokelat yang sangat digemari karena rasanya yang legit seperti namanya. Lapis legit hampir ada di setiap daerah, tidak hanya di Semarang saja, karena peminatnya yang banyak.

15. Kue Moaci


Kue Moaci luarannya berbahan dasar tepung beras ketan dan air. Isiannya adalah gula merah dan kacang tanah yang telah dihaluskan. Karena luarannya sangat lengket, biasanya diberi bubuk tepung atau biji wijen dan kertas minyak agar tidak lengket dengan moachi lainnya. Kalau di Jepang, biasa disebut juga dengan nama kue Mochi.

16. Gudangan

Gudangan adalah aneka rebusan sayuran yang dipotong-potong kecil kemudian diberi bumbu gudangan yang terbuat dari parutan kelapa, bawang merah, bawang putih, kencur, jeruk purut dan cabai. Umumnya, sayuran-sayuran dalam gudangan berupa bayam, wortel, daun singkong, kubis, kecambah, kacang panjang, atau sesuai selera.

17. Soto Bangkong

Soto Bangkong adalah soto bening dengan kuah yang berwarna agak kecoklatan. Isian soto ini berupa nasi, kuah, suwiran ayam, irisan tomat, toge, bihun, taburan bawang merah dan bawang putih. Biasanya, saat makan soto didampingi dengan lauk tambahan seperti sate ayam, perkedel, tahu dan tempe goreng, sate kerang, sate telur puyuh. Dinamakan Soto Bangkong karena dulu berjualan di perempatan Bangkong sejak tahun 1950.

17 kuliner khas Semarang terkenal enak dan murah tersebut wajib kamu coba. Jangan lupa untuk merencanakan daftar makanan yang akan dicoba bersama teman atau keluarga. Tenang saja karena harga makanan di Semarang tidak akan menguras kantong.

Kamu juga perlu merencanakan liburan jika bukan berasal dari kota ini. Untuk masalah hunian, gunakan aplikasi pencari kost terbaik Mamikos agar kamu terbantu dalam memilih tempat tinggal. Ada banyak informasi hunian yang ditawarkan, seperti kost-kostan, apartemen, villa, hotel, hingga rumah kontrakan. Mamikos mudah dioperasikan dari ponsel android atau ios kesayanganmu. Tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk survey karena saat ini semua informasi dapat diakses dimana saja.

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: