7 Macam-macam Jenis Budaya di Indonesia Beserta Gambar Lengkapnya

Posted in: Mapel Pelajar
Tagged: Macam Budaya

7 Macam-macam Jenis Budaya di Indonesia Beserta Gambar Lengkapnya – Rumah adat menjadi macam jenis budaya di Indonesia yang dapat dilihat dan dinikmati secara langsung. Misalnya, saat kamu berkunjung ke Yogyakarta atau Solo yang terkenal dengan Rumah Joglo.

Di mana, beberapa Hunian modern mulai menjadikannya sebagai inspirasi. Baik ke seluruh area atau hanya beberapa bagian tertentu saja. Tetapi, secara keseluruhan, penampilannya sangat menarik dan membuat kamu nyaman menempati.

Jenis Budaya di Indonesia

unsplash.com/@orimi_pic

Sayangnya, tidak semua mengikuti jejak Joglo. Ada beberapa suku yang hanya tinggal kenangan saja. Sehingga, wisatawan hanya disuguhkan dalam bentuk replika saja. Harus diketahui bahwa, setiap desainnya punya filosofi.

Seperti, Rumah Adat Hanoi, berasal dari Papua. Di mana, sampai saat ini masih digunakan dan dijadikan hunian tetap beberapa suku asli pedalaman. Jika dilihat dari luar, tampak kecil.

Tetapi, saat masuk ke dalam ternyata punya beberapa ruangan. Coba lihat bagian atapnya yang dibentuk lonjong. Hal ini untuk melindungi mereka, terutama saat musim hujan. Tidak hanya itu saja.

Desain tersebut ternyata juga mempunyai fungsi sebagai penghalang dari dingin. Maklum saja, saat berkunjung ke Papua. Terutama pada malam hari suhunya bisa mencapai 10 sampai 15 derajat.

Inilah alasannya mengapa Hanoi dibangun dengan model demikian Apakah budaya negeri ini hanya itu saja? Dengan tegas kami jawab tidak, karena macamnya sangat banyak dan beragam.

Hal ini senada dengan jumlah suku yang mencapai 1340. Mereka punyai satu keunikan kebiasaan dan identitas. Inilah alasan menarik mengapa banyak wisatawan berkunjung ke sini karena, disana tidak ada keberagaman.

Macam Jenis Budaya di Indonesia

Salah satu keuntungan negeri ini dijajah Belanda sebenarnya cukup banyak. Salah satunya adalah keberagaman tradisi yang sudah turun- menurun. Di mana menurut cerita sejarahnya, tradisi tersebut dipengaruhi banyak faktor.

Seperti pengaruh dari budaya barat, paling banyak terlihat adalah China, Jepang, dan Portugis. Walaupun beberapa negara lain juga terlihat. Hanya saja tidak mendominasi secara keseluruhan, berikut macam-macam budaya di Indonesia.

1. Macam Jenis Budaya di Indonesia Berupa Upacara Adat

unsplash.com/@rubenhutabarat

Upacara menjadi salah satu bentuk atau ungkapan manusia terhadap berbagai keadaan yang terjadi baik kelompok atau individu. Dari pengertian ini, tidak heran bila Indonesia mempunyai berbagai upacara tradisi.

Maksud dan tujuannya beragam. Seperti yang terjadi di Bali melalui Ngaben. Di mana, proses kremasi orang meninggal, kemudian abu jenazahnya di larungkan ke laut atau sungai. Kondisi ini sering sekali dilakukan.

Macam Jenis budaya di Indonesia berupa upacara juga dapat dilihat saat berkunjung ke daerah Wonosobo, tepatnya di Dieng. Di mana, ada sebuah ritual sakral bernama potong rambut gimbal.

Memang suku disini, terkenal memiliki rambut gimbal dan harus diruwat terlebih dulu dengan cara memotong rambutnya. Hanya saja, setiap orang tua wajib memenuhi permintaannya. Bila tidak anak tersebut bisa sakit.

Bahkan, rambut gimbal tersebut dapat tumbuh kembali. Inilah macam keberagaman budaya di Indonesia di mana, mereka percaya bahwa proses ruwatan ini berjalan lancar. Sehingga, saat dewasa tidak akan tumbuh rambut gimbal.

Harus diketahui, sebelum prosesi sakral tersebut dilakukan. Beberapa penduduk desa akan melakukan ritual untuk mengambil air dari 7 sumber mata air di Dieng. Selin itu, ada lagi Upacara Kasada.

Diadakan oleh suku Tengger, di Lereng Gunung Bromo, di mana, kepercayaannya adalah meminta ampunan kepada Dwa Brahma. Dalam ajaran agaman Hindu atau Budha. Dewa tersebut adalah Sang pencipta.

2. Macam Jenis Budaya di Indonesia Berupa Tarian Tradisional

unsplash.com/@eyestetix

Menari menjadi salah satu bentuk dari berbagai macam kebudayaan yang menarik untuk dinikmati. Di mana, dalam setiap gerakannya merupakan sebuah pesan dan doa yang ditujukan kepada Tuhan.

Biasanya, gerakan tersebut berasal dari Keraton. Salah satu yang menarik untuk dipentaskan adalah Tari Gandrung berasal dari Banyuwangi. Kehadirannya selalu diadakan di akhir tahun sebagai upanya melanjutkan tradisi.

Bila dilihat dari sejarahnya sendiri, keduanya memang sudah cukup lama. Pembuatannya diprakarsai sebagai salah satu wujud rasa syukur terhadap Tuhan. Serta makna kehidupan mengenai bagaimana caranya orang menjalani hidupnya.

Macam Jenis budaya di Indonesia ini sendiri mempunyai berbagai pilihan pula. Tidak hanya Gandrung atau Bedhaya saja. Melainkan masih ada kecak yang sangat menawan dan menceritakan perjalanan Rama- Shinta.

Bisa juga Tari Rotor, sebagai bagian dari penyambutan tamu saat Kamu berkunjung ke Sumatra. Utara. Di mana budaya daerah di Indonesia tersebut digunakan untuk menyambut tamu dari luar.

Biasanya, diringi oleh alat musik Tortor serta gondang. Dalam melakukan penyambutan, penari akan melakukan gerakan khusus seperti memberikan hormat serta ucapan dengan menyatukan kedua tangan hingga melambai.

Semua pertunjukan ini menjadi ciri khas dan identitas dari masing-masing suku. Perlu jadi, catatan ini adalah suku bukan daerah. Bisa saja, satu kawasan punya 2 tarian yang mampu menarik perhatian.

3. Macam Jenis Budaya di Indonesia Berupa Lagu dan Musik

kompas.com

Selain beragam, Indonesia sendiri juga sangat lengkap soal tradisi. Hal tersebut dapat dilihat dari alat musik serta lagu yang dibawakan. Iringan nada dan iramanya memang terasa menyenangkan.

Apalagi, mereka memainkannya dengan penuh suka cita serta kebanggaan dalam diri. Biasanya menggunakan lirik dari bahasa daerah itu sendir. Inilah sebuah bentuk identitas dari Indonesia yang sulit luntur.

Macam Jenis budaya di Indonesia mengenai lagu tersebut juga dapat dilihat dengan beberapa lirik yang bertemakan kebangsaan. Patriotisme serta semangat pantang menyerah agar tercipta rasa nasionalisme.

Tidak hanya soal lagu yang jadi sebuah identitas. Alat musik juga bisa dijadikan sebagai pelengkap. Di mana hal tersebut dapat dilihat sejak zaman perunggu. Abad sebelum masehi, seluruh kerajaan sudah mempunyainya.

Contoh keragaman budaya ini sekarang berkembang pesat. Bukan hanya dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia saja, melainkan sudah meluas hingga dunia. Salah satunya adalah Angklung, terbuat dari bambu.

Di mana, memainkannya dengan cara di goyang. Hingga, memunculkan sebuah suara harmonis. Ada lagi gamelan di mana, hampir setiap keraton mempunyainya. Walau ada satu atau dua perangkat memilikinya.

Seiring perkembangan zaman. alat-alat tersebut ternyata mempunyai nada asyik. Sehingga, saat dipadukan dengan po atau koplo. Rasanya masih masuk, dan menjadikan lagu tersebut lebih mempunyai warna.

4. Macam Jenis Budaya di Indonesia Berupa Kesenian dan Sastra

pixabay.com

Perkembangan dunia Sastra Indonesia memang cukup pesat. Hanya saja, beberapa sudah mulai ditinggalkan. Tetapi, ada juga mencoba dibangkitkan kembali. Salah satu contohnya adalah Pantun yang jadi ciri khas bangsa.

Walaupun masih terpengaruh budaya melayu. Namun dalam hal ini berbagai masyarakat terus mencoba melestarikannya. Masih ada lagi sajak jawa berupa geguritan dan masih banyak lagi.

Macam Jenis budaya di Indonesia dari bidang sastra tersebut semakin hari terus berkembang. jadi, penikmatnya tidak perlu pergi keluar. Hanya berdiam diri saja karena, seluruh karya bisa dibaca.

Melalui platform media sosial. Bahkan,bila dilihat dari perkembangan hingga pertumbuhannya cukup pesat. Apalagi, beberapa media juga sering mengadakan lomba untuk semua tema dan hadiahnya sangat menarik.

Macam kebudayaan daerah di Indonesia lainnya berupa kesenian. Dalam hal ini cukup banyak perkembangannya. ada seni mengenai memahat patung dan melukis. Menariknya, pertumbuhan tersebut cukup pesat.

Bahkan, kreasinya harus diakui sangat beragam. Kondisi tersebut tidak terlepas dari keadaan alam Indonesia benar-benar mempesona. Selain itu, dalam setiap karyanya mempunyai makna hingga filosofi mendalam.

Seniman yang berkecimpung di dunia ini sudah cukup banyak. Di mana pelukis sendiri mencoba menggabungkan antara tradisonal dan modern. Sehingga, menjadi satu bentuk karya baru yang dapat terus dikembangkan.

5. Macam Jenis Budaya di Indonesia Berupa Pakaian

kompas.com

Berikutnya, kamu bisa melihat, bagaimana tradisi ini hadir dalam bentuk pakaian. Di mana, apa yang dikenakan merupakan identitas wajib agar semua orang bisa mengenalnya. Penggunaannya memang khusus dan tidak boleh sembarangan.

Salah satunya adalah ke berbagai macam acara seperti, hajatan, peresmian sebuah tempat, sampai tasyakuran. Perlu diingat, setiap baju ini di berbagai daerah melambangkan beberapa filosofi masing-masing.

Macam Jenis budaya di Indonesia asal Bali, merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan. Karena, sudah memberikan keteduhan, kenikmatan, di dunia. Hal tersebut dilambangkan ke dalam sebuah corak.

Pada Masyarakat Pulau Dewata sendiri, pakaian tersebut melambangkan sebuah tingkatan kasta. Harus diakui, tradisi yang terjadi memang menunjukkan seperti itu. Di mana, dapat terlihat pada di bagian nama.

Walaupun saat ini kasta tersebut sudah perlahan luntur. Namun ini adalah budaya yang terus dilestarikan oleh penduduk sekitar. Seperti diketahui, setiap masyarakat Bali mempunyai ketua adat sebagai para pemimpin.

Bukan hanya dari corak saja, aksesoris pelengkap menjadi wujud lain yang melambangkan sesuatu. Jadi, bukan sebuah hiasan agar menjadi bagus saja. Kondisi tersebut bisa dilihat juga dari penggunaan kainnya.

Berbeda jenis, biasanya mempunyai makna serta tujuan berbeda. Inilah alasan mengapa pakaian adat masuk dalam ragam budaya negeri ini. Karena, masih mengedepankan unsur tradisi turun-temurun.

6. Macam Jenis Budaya di Indonesia Berupa Kuliner Khas

pergikuliner.com

Mungkin, ada yang bingung mengapa kuliner ini masuk menjadi salah satu budaya. Perlu diketahui, bahwa pembuatan makanan zaman dulu, berbeda dengan saat ini. Mereka mempunyai filosofi atau makna.

Dengan begini, setiap menu yang dihadirkan memang bukan sembarangan makanan. Berisi sebuah harapan dan doa didalamnya. Walaupun tidak sedikit juga yang tidak mempunyai makna sama sekali.

Tetapi, kuliner khas Jogja ini sudah mengalami proses panjang. Makanan tersebut mampu bertahan dari berbagai zaman. Contohnya saja Gudeg Yogyakarta, yang sudah ada sejak lama.

Dari segi filosofi merupakan wujud dari ketenangan dan keseabaran yang merupakan cerminan dari Suku Jawa, mengapa bisa demikian? Dalam proses pembuatannya, kamu bisa melihat bagaimana nangka muda ini di olah.

Untuk mendapatkan titik kesempurnaan soal rasa dan tekstur, penjual harus memastikannya dalam metode dan waktu yang tepat. Salah sedikit saja, bisa berubah. Nilai kesabaran dan tidak boleh terburu-buru.

Menjadi makna yang ingin ditampilkan saat menyantap Gudeg. Dari sisi inilah maka, bidang kuliner masuk ke dalam sebuah budaya. Di mana, wujudnya mencerminkan sebuah makna dan pelajaran hidup.

7. Macam Jenis Budaya di Indonesia Berupa Kepercayaan

detik.com

Konsep ini hampir sama dengan upacara adat, hanya saja konsepnya lebih sederhana. Karena, mengandung keyakinan sesuai dengan ajaran yang sudah diberikan. Sebagai contoh, suku jawa mengenal weton.

Istilah tersebut digunakan untuk melihat tanggal lahir seseorang kemudian, dihubungkan dengan acara besar. Contohnya, ingin pindah Rumah atau menikah. Maka, perhitungan seperti ini wajib dilakukan.

Untuk melihat tanggal baik, hari menurut jawa apa yang bagus. Setiap hari punya makna hingga filosofi berbeda. Jika, melanggar hari buruk, kedepannya bisa saja terjadi hal kurang menyenangkan.

Tradisi seperti ini sudah mendarah daging dalam kehidupan masyarakatnya. Di mana macam Jenis budaya di Indonesia tersebut menjadi sebuah identitas sekaligus daya tarik dari negeri ini agar bisa membuka peluang seluas-luasnya.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah