Mau Tes UTBK SBMPTN? Ini Barang Yang Harus Kamu Bawa Dan Cek Tata Tertibnya

 Mamikos | Sel, 16 Apr 2019

Mau Tes UTBK-SBMPTN? Ini Barang yang Harus Kamu Bawa dan Cek Tata Tertib UTBK-SBMPTN 2020 – Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 semakin dan semakin dekat. Persiapanmu juga harus semakin matang agar kamu bisa mengadapinya dengan lancar. Lalu, sudahkah kamu tahu barang apa saja yang harus kamu bawa saat menjalani UTBK-SBMPTN 2020 mendatang? Apakah kamu juga tahu apa saja daftar tata tertib UTBK-SBMPTN 2020 yang harus kamu patuhi?

Informasi Lengkap Barang yang Wajib Dibawa Serta Tata Tertib UTBK-SBMPTN

unsplash.com

LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi memang belum mengeluarkan tata tertib UTBK-SBMPTN 2020 beserta daftar barang yang harus dibawa. Tetapi, kamu bisa berkaca dari tata tertib UTBK-SBMPTN 2019 untuk mempersiapkan diri dengan lebih matang. Karena persiapan bukan hanya tentang berlatih soal tetapi juga dengan mengetahui segala detail informasi. Berikut akan Mamikos bagikan daftar barang bawaan yang wajib dibawa dan selengkapnya tentang tata tertib UTBK-SBPMPTN 2019.

Daftar Barang yang Wajib Dibawa Saat Pelaksanaan UTBK-SBMPTN

Selain berlatih soal UTBK-SBMPTN tahun-tahun sebelumnya, kamu juga wajib mempersiapkan diri dengan segala kebutuhan yang harus kamu bawa saat UTBK-SBMPTN 2020 mendatang. Salah satunya adalah mengetahui kira-kira barang apa saja yang wajib kamu bawa. Untuk tahun 2020, LTMPT memang belum secara resmi memberikan daftar barang bawaan untuk UTBK-SBMPTN 2020 mendatang. Tapi, untuk berjaga-jaga, kamu bisa melihat daftar barang yang wajib dibawa ketika UTBK-SBMPTN tahun 2019 yang berikut ini.

  1. Kartu Tanda Peserta.
  2. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi atau Surat Keterangan duduk di kelas XII yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah serta berisi nama siswa, NISN siswa, dan NPSN sekolah. 
  3. Pas foto siswa terbaru (3 bulan terakhir).

Untuk kartu tanda peserta, kamu bisa mendapatkannya setelah kamu melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020. Pendaftaran tersebut akan dibuka pada tanggal 2 Juni 2020 dan ditutup tanggal 20 Juni 2020. Setelah kamu mendaftar UTBK-SBMPTN 2020 nanti, jangan lupa untuk mencetak kartu peserta tersebut, ya. Setelah itu, simpan kartu peserta dengan baik dan jangan sampai lupa untuk membawanya pada pelaksanaan UTBK tanggal 5 hingga 12 Juli 2020 mendatang.

Sementara untuk fotokopi ijazah, kamu juga bisa mempersiapkannya mulai dari sekarang. Jika ijazahmu belum dibagikan, kamu bisa terlebih dahulu bertanya pada gurumu apakah nanti kamu juga akan diberi fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir atau tidak. Kalau tidak, kamu bisa bertanya bagaimana tata cara mengurus legalisir fotokopi ijazah. Persiapan sejak jauh hari semacam ini membuatmu tidak terburu-buru ketika nanti pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 hampir tiba.

Terakhir, kalau kamu belum memiliki pas foto dari 3 bulan sebelum pelaksanaan UTBK-SBMPTN, kamu bisa membuatnya sekarang. Di masa pandemi Covid-19 ini, kamu tidak harus keluar rumah untuk membuat pas foto. Kamu cukup berpakaian rapi atau menggunakan seragam sekolah lalu memanfaatkan kamera di rumah untuk membuat pas foto. Kalau kamu memang harus keluar rumah, pastikan kamu menerapkan protokol pencegahan Covid-19, ya!

Tata Tertib UTBK-SBMPTN

Sebagai referensi untuk tahun 2020, kamu bisa melihat tata tertib bagi peserta UTBK-SBMPTN tahun 2019. Setelah LTMPT mengeluarkan tata tertib resmi, kamu hanya tinggal melakukan penyesuaian di beberapa bagian yang berbeda. Tata tertib UTBK-SBMPTN tahun 2019 dibagi dalam tiga bagian yaitu sebelum ujian dimulai, selama ujian berlangsung, dan setelah ujian selesai. Berikut rinciannya.

Sebelum Pelaksanaan Tes UTBK-SBMPTN

  1. Peserta ujian harus sudah mengetahui RUANG UJIAN dan LOKASI UJIAN sehari sebelum ujian berlangsung.
  2. Peserta harus membawa:
    1. Kartu Tanda Peserta Ujian.
    2. Fotocopy Ijazah SMA/SMK/MA atau yang sederajat dan sudah dilegalisasi atau Surat Keterangan sedang kelas XII dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan Pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
  3. Peserta dilarang mengenakan Kaos Oblong (T-Shirt).
  4. Peserta harus bersepatu.
  5. Peserta harus datang ke lokasi ujian paling lambat 30 menit sebelum ujian dimulai. Keterlambatan dengan alasan apapun lebih dari 30 menit sejak waktu tes dimulai, Peserta TIDAK DIPERBOLEHKAN mengikuti ujian.
  6. Peserta tidak diperbolehkan masuk ruang ujian sebelum ada tanda untuk memasuki ruang ujian.
  7. Peserta tidak diperbolehkan membawa daftar logaritma, segala jenis kalkulator, kertas, buku maupun catatan lain, alat komunikasi seperti telepon seluler, jam tangan (arloji), kamera, modem dan sebagainya.
  8. Peserta akan digeledah jika dianggap ada sesuatu hal yang mencurigakan.
  9. Peserta harus duduk di tempat yang sudah ditentukan, tidak diperbolehkan menempati tempat duduk lain.
  10. Peserta meletakkan Kartu Tanda Peserta Ujian dengan foto menghadap ke atas.
  11. Peserta yang kehilangan Kartu Tanda Peserta Ujian harus segera melaporkan diri kepada Pengawas Ujian.
  12. Melakukan latihan UTBK sesuai dengan waktu yang disediakan untuk meyakinkan bahwa aplikasi sudah bisa digunakan.

Saat Pelaksanaan Tes UTBK-SBMPTN

  1. Membaca dengan seksama petunjuk mengerjakan ujian yang sudah tersedia pada aplikasi ujian.
  2. Memasukkan Nomor Peserta dan PIN setelah memilih pilihan menu MULAI UJIAN. PIN ujian akan diberikan/diinformasikan kepada peserta oleh Pengawas Ujian sesaat sebelum ujian dimulai.
  3. Mengecek kesesuaian identitas yang tampil di layar perangkat dan klik pernyataan SETUJU sebelum memulai ujian.
  4. Mengerjakan soal sesuai dengan lama waktu pengerjaan.
  5. Menjawab butir soal dengan cara memilih/mengklik opsi jawaban menggunakan mouse.
  6. Peserta dapat mengubah pilihan jawaban dengan cara memilih/mengklik pilihan jawaban lain yang dianggap benar. Jawaban peserta otomatis akan terganti dengan pilihan jawaban yang terakhir.
  7. Peserta dapat mengidentifikasi kelengkapan jawaban pada daftar soal di sisi kiri layar monitor. Soal-soal yang belum dijawab ditandai dengan bulatan warna merah dan soal-soal yang belum dikerjakan ditandai dengan bulatan warna hijau.
  8. Selama ujian berlangsung, peserta DILARANG:
    1. Menanyakan jawaban soal kepada siapa pun.
    2. Bekerjasama atau berkomunikasi (berbicara) dengan peserta lain.
    3. Memberi dan atau menerima bantuan dalam menjawab soal ujian.
    4. Memperlihatkan pekerjaan/jawaban sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan/ jawaban peserta lain.
    5. Meninggalkan ruang ujian selama ujian berlangsung, kecuali seizin pengawas ujian.
    6. Menggantikan atau digantikan oleh orang lain.
  9. Aplikasi UTBK akan berhenti secara otomatis ketika waktu tes berakhir dan peserta otomatis dianggap sudah logout.

Pasca Pelaksanaan Tes UTBK-SBMPTN

  1. Memastikan kembali identitas dan jawaban yang telah diisikan sebelum “klik” tombol selesai ujian.
  2. Peserta tidak diperbolehkan meneruskan pekerjaan serta tetap duduk di tempat pada saat bel tanda waktu ujian berakhir berbunyi.
  3. Peserta dapat meninggalkan tempat setelah diberi instruksi oleh Pengawas Ujian. Setiap pelanggaran terhadap TATA TERTIB ujian masuk, akan mengakibatkan peserta DIBATALKAN ujiannya.

Tata Tertib UTBK-SBMPTN Tambahan Terkait Pencegahan Covid-19

Nah, sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19, LTMPT mengeluarkan beberapa tata tertib UTBK-SBMPTN tambahan. Tujuannya adalah memastikan bahwa kamu dan peserta UTBK-SBMPTN lainnya ikut melaksanakan protokol pencegahan penvebaran Covid-19 yang dicanangkan pemerintah. Lalu, apa saja tata tertib UTBK-SBMPTN di masa pandemi Covid-19? Berikut Mamikos berikan rinciannya.

Sebelum Pelaksanaan Tes UTBK-SBMPTN 2020

  1. Semua SOP/Protokol teknis tetap berlaku untuk pelaksanaan UTBK.
  2. Peserta ujian diwajibkan menggunakan masker.
  3. Peserta masuk ruang ujian dengan mengikuti protokol kesehatan.
  4. Sebelum memasuki lokasi/ruang ujian, para peserta harus dipastikan. dalam kondisi sehat dan melalui prosedur pemeriksaan Covid-19.
  5. Apabila peserta tida memenuhi protokol kesehatan Covid-19, maka peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian.

Saat Pelaksanaan Tes UTBK-SBMPTN 2020

  1. Semua SOP/Protokol teknis tetap berlaku untuk pelaksanaan UTBK.
  2. Peserta ujian diwajibkan menggunakan masker.
  3. Apabila peserta merasakan indikasi permasalahan kesehatan dalam pelaksanaan ujian, harus tetap mengikuti protokol kesehatan.

Pasca Pelaksanaan Tes UTBK-SBMPTN 2020

  1. Semua SOP/Protokol teknis tetap berlaku untuk pelaksanaan UTBK.
  2. Peserta ujian diwajibkan menggunakan masker.
  3. Peserta keluar ruang ujian dengan mengikuti protokol kesehatan.

Itu tadi penjelasan dari Mamikos tentang barang yang wajib dibawa dan tata tertib UTBK-SBMPTN. Pastikan kamu sudah mempersiapkan semua barang yang sudah Mamikos sebutkan di atas, ya! Selain itu, jangan pernah melanggar tata tertib yang sudah dibuat karena nanti akan berdampak pada kelulusanmu di UTBK-SBMPTN. Saat pelaksanaan ujian tiba, pastikan juga kamu mengikuti protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang sudah dibuat oleh LTMPT. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal dekat kampus idaman setelah lolos SBMPTN 2020, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: