Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami? Ini Cara Jawabnya

Posted in: Karyawan
Tagged: interview kerja

Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami? Ini Cara Jawabnya – Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami ini adalah pertanyaan yang paling sering diutarakan pada saat interview kerja. Interview kerja adalah salah satu proses yang harus kamu lewati sebagai karyawan sebelum mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Sebagai pelamar kerja, kamu harus menjawab dan menampilkan citra yang baik agar bisa diterima dalam pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, kamu harus mampu menyiapkan diri sebaik mungkin dalam menghadapi interview kerja. Dalam kesempatan ini mamikost akan berbagi informasi mengenai tips dalam menjawab pertanyaan “mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami ?”

Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami ?

unsplash.com/@vantaymedia

Saat menghadapi interview kerja, pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang paling sering dilontarkan kepada pelamar kerja untuk mengetahu alasan kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut. Pertanyaan ini memang sedikit tricky namun masih mudah untuk dijawaab, akan tetapi kita biasanya kesulitan untuk mencari argumen dan bagaimana cara menyampaikannya ke pewawancara.

Khususnya untuk fresh gradate, pertanyaan seperti ini mungkin akan sulit dijawab, berbeda dengan pelamar kerja yang sudah memiliki pengalaman, hal ini sudah biasa mereka temui.

Pertanyaan tersebut penting untuk perusahaan karena dengan begitu mereka bisa mengetahui ekspektasi dan tujuan seorang pelamar kerja pada pekerjaan yang dilamarnya.

Jawaban Pertanyaan Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?

Meskipun terdengar sederhana, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk menjawab pertanyaan ini dengan cepat. Berikut ialah cara menjawab pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami ?”.

1. Berikan alasan bekerja karena perusahaan memiliki keunggulan tertentu

Setiap perusahaan memiliki sistem kepemimpinan dan manajemen yang berbeda dalam merekrut karyawan. Perusahaan dengan gaya kepemimpinan dan manajemen yang buruk membuat banyak karyawan merasa tidak nyaman. Ini juga merupakan alasan mengapa karyawan memutuskan untuk berganti pekerjaan. Saat interview kerja, Kamu dapat mengatakan bahwa kamu ingin bekerja di perusahaan ini karena perusahaan ini memiliki kepemimpinan dan manajemen yang baik. Perusahaan memiliki manajemen kerja yang jelas dan teratur, dan tentunya tidak merugikan karyawan. Memberikan banyak kesempatan dan kesempatan bagi karyawan yang ingin berkembang.

2. Tunjukan passion dan semangat kamu terhadap pekerjaan yang di lamar

Passion seseorang dalam bekerja merupakan salah satu faktor penting agar kamu dapat diterima dipekerjaan tersebut. Gunakan sesi interview dengan baik dan perlihatkan passion dan semangatmu terhadap pekerjaan yang di lamar. Selain itu perlu kamu perhatikan juga background perusahaan yang dilamar untuk memudahkan kamu menempatkan diri di posisi tersebut.

3. Berikan pengertian bahwa posisi tersebut mendukung karir kamu

Supaya pewawancara bisa percaya, hal yang perlu diperhatikan adalah kamu harus memperlihatkan bahwa posisi tersebut bisa bermanfaat untuk individu, dan bagaimana seorang individu tersebut dapat berkontribusi ke perusahaan melalui posisi tersebut.

4. Berikan kompetensi dasar atau keterampilan dan pengalaman terhadap pekerjaan tersebut

Kompetensi dasar merupakan hal paling dasar yang diperlukan sebuah perusahaan untuk melakukan seleksi. Jelaskan kompetensi kamu terhadap pekerjaan tersebut dengan jelas agar pewawancara yakin bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk di posisi tersebut.

Selain kompetensi dasar, keterampilan dan pengalaman merupakan poin tambahan yang bisa kamu peroleh dan bahkan bisa menjadi salah satu penentu kamu bisa menduduki posisi tersebut. Fresh graduate mungkin akan kesulitan dalam hal ini, tetapi dengan menjelaskan kompetensi dasar dan keterampilan tertentu yang kamu miliki, perusahaan akan cukup menilainya dengan baik.

Daftar Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Interview Kerja

1. Ceritakan tentang diri kamu

Ini adalah pertanyaan yang cukup umum yang ditanyakan pewawancara di awal proses wawancara. Meskipun pertanyaan ini mungkin tampak sederhana, namun penting untuk dipersiapkan. Pewawancara dapat menilai kepribadian dan memutuskan pertanyaan mana yang akan diajukan kepada pelamar kerja.

Jika kamu ditanyakan pertanyaan ini, ceritakanlah secara garis besar mulai dari latar belakang pendidikan kamu, kegiatan yang dilakukan selama kuliah seperti mengikuti kepanitiaan atau organisasi saat kuliah. Penting juga untuk menceritakan bidang pekerjaan yang kamu minati. Perlu diingat, saat menjawab pertanyaan ini, tidak perlu berlebihan karena yang diinginkan pewawancara ialah hanya garis besarnya saja. Jika kamu menceritakan ini panjang lebar, bisa kemungkinan malah ceritamu akan dipotong oleh pewawancara karena terlalu lama.

2. Mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami?

Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan jebakan yang biasa dilontarkan oleh pewawancara. Sebaiknya kamu tidak menjawab bahwa kamu melamar pekerjaan hanya karena membutuhkan pekerjaan, diperbolehkan untuk menjawab itu apabila kamu menjelaskan hal yang mendasari pernyataanmu tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa mendasari pernyataan tersebut. Salah satunya adalah dengan cara kamu melakukan riset mengenai profil perusahaan yang akan kamu lamar, carilah keunggulan yang dapat membedakan perusahaan tersebut dengan perusahaan lain. Pastikan alasan tersebut bisa mendasari dan didampingi oleh kompetensi yang kamu miliki untuk memberikan kontribusi terhadap perusahaan tersebut.

3. Mengapa kami harus menerimamu?

Tidak jarang pewawancara menanyakan pertanyaan ini saat mewawancarai pelamar kerja. Bagi yang tidak tahu cara untuk menjawabnya, mungkin akan merasa bingung ketika dihadapkan pada pertanyaan ini.  Perlu diperhatikan untuk menjawab pertanyaan ini, Kamu juga perlu melakukan sedikit riset tentang perusahaan kamu lamar. Ceritakan tentang minat kamu bekerja di perusahaan, mengapa dan kontribusi apa yang akan Anda berikan kepada perusahaan.

4. Apa tujuanmu?

Pewawancara sering menanyakan pertanyaan ini pada saat interview kerja, terutama untuk pelamar kerja yang baru fresh graduate. Melalui pertanyaan ini, pewawancara dapat menilai apakah tujuan mereka sejalan dengan visi dan misi perusahaan. Simpelnya kamu cukup melakukan riset lagi terhadap perusahaan tersebut, biasanya kamu dapat temukan melalui website perusahaan. Sampaikan tujuanmu secara efektif sehingga selaras dengan posisi pekerjaan yang akan kamu lamar.

5. Bagaimana kamu melihat diri kamu dalam limat tahun ke depan di perusahaan ini?

Pertanyaan ini cukup jarang ditanyakan, tetapi ada beberapa perusahaan yang cukup sering mempertanyakan hal ini dikarenakan penting untuk mempertimbangkan ambisi dan semangat kerja seseorang. Selain itu fungsi pewawancara memberi pertanyaan ini untuk mengetahui sejauh mana pelamar kerja mengenali bidang pekerjaan dan seberapa serius para pelamar kerja untuk berpartisipasi di dalamnya.

Ketika menjawab pertanyaan ini, pastikan kamu menyampaikannya secara terstruktur dan tidak bertele-tele, tunjukan langsung ambisi dan tujuan kamu terhadap bidang tersebut. Perlu kamu cari tahu terlebih dahulu jenjang karir bidang yang kamu lamar, contohnya seperti di bidang marketing, awal mula sebagai salesman, marketing officer, head marketing, dst, serta perlu kamu pikirkan perlu berapa lama untuk naik jabatan dari awal hingga mencapai puncak jabatan tersebut.

Demikian artikel mengenai cara menjawab pertanyaan interview “Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?”. Semoga bermanfaat bagi kamu yang akan melakukan interview kerja. Jangan lupa share ke teman-teman kamu jika artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk membaca artikel bermanfaat lainnya di situs kami.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah