Mengenal Apa Itu Entrepreneur, Contoh dan Penjelasannya Lengkap

Posted in: General Informasi
Tagged: Entrepreneur

Mengenal Apa Itu Entrepreneur, Contoh dan Penjelasannya Lengkap – Modern ini, kita tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah entrepreneur. Salah satu jenis bagian business ini namanya melambung dan bahkan orang yang disebut entrepreneur dikenal sebagai orang yang sukses. Itulah sebabnya banyak orang yang tertarik untuk menekuni bidang bisnis dan memilih menjadi entrepreneur seutuhnya.

Hanya saja sebagian orang cenderung salah kaprah mengartikan seorang enterpreneur sehingga meskipun yang dilihatnya bukan seorang entrepreneur mereka mengklaimnya sebagai entrepreneur. Untuk itulah, bagi masyarakat penting sekali mengetahui pengertian jelas dari enterpreneur. 

Pengertian Enterpreneur 

unsplash.com

Apa itu entrepreneur? entrepreneur adalah orang yang berani mengambil peluang dan resiko tertentu untuk menciptakan usaha sendiri atau istilah lainnya bisa disebut sebagai wirausaha.

Tujuan dari seorang entrepreneur adalah untuk mendapatkan nilai-nilai perekonomian yang mendukung bagi wirausaha sendiri ataupun orang lain yang bekerjasama atau terikat dengan bidang usaha yang dipilih dan ditekuninya.

Karakteristik Enterpreneur

Anda pasti bertanya-tanya Kenapa sih entrepreneur banyak yang sukses dalam bisnis yang ditekuninya? Ternyata ada beberapa karakter positif yang menunjang kesuksesan mereka diantaranya sebagai berikut: 

1. Memiliki Mindset Positif

Seorang entrepreneur memiliki pemikiran yang positif sehingga cenderung tidak pesimis walaupun dihadapkan dengan resiko. Tanpa mindset yang positif tentu saja seorang entrepreneur bisa macet dalam mengembangkan bisnisnya.

2. Mempunyai Konsep Bisnis yang Lengkap

Dalam hal bisnis, enterpreneur tentu memiliki konsep seperti menentukan brand, visi, analisa pasar, proyeksi kenaikan harga dan menganalisa peluang lain yang bisa dipilih untuk mengembangkan suatu produk menjadi lebih baik lagi sekaligus beberapa resiko yang akan dihadapi.

Inilah yang membedakan seorang pedagang dan entrepreneur. Yang mana kalau pedagang hanya berpikir modal dan peluang keuntungan yang akan didapatkan serta resiko dari bisnis yang dijalankannya.

Anda yang ingin menjadi seorang entrepreneur tentu mempunyai rancangan bisnis yang memadai agar dapat bersaing di pasar. 

3. Optimis /Tidak Mudah Putus Asa

Apa itu enterpreneur? enterpreneur adalah seorang yang memandang segala resiko atau kegagalan yang dihadapinya tidak membuatnya putus asa, umumnya mereka bersifat pantang menyerah cara memulai dan mengembangkan bisnisnya.

Selaku entrepreneur pemula tentu Anda harus menanamkan karakteristik ini dalam diri Anda agar peluang yang akan Anda dapatkan nanti sebesar optimisme Anda dalam mendapatkan kesuksesan di bidang bisnis. Anda harus belajar tidak mudah menyerah dalam keadaan apapun, ingatlah dibalik kegagalan ada banyak kesuksesan yang akan diraih.

Contoh Pekerjaan Enterpreneur

Referensi terkait kerjaan interpreneur tentu penting untuk diketahui lagi bagi Anda yang ingin memulai karir sebagai entrepreneur. Di bawah ini beberapa contoh pekerjaan seorang entrepreneur: 

1. Social Enterpreneur

Entrepreneur dalam bidang sosial, umumnya bidang ini akan dilaksanakan di dunia pelayanan sosial, seperti bidang kesehatan, edukasi dan lain sebagainya. 

Intinya social entrepreneur tidak hanya membutuhkan modal fisik seperti uang tapi juga membutuhkan modal sumber daya manusia untuk menjalankan bisnisnya. Sebagai contoh membuka klinik atau lembaga taman kanak-kanak atau lembaga swasta lainnya.

Bidang ini bisa dipilih bagi Anda yang memiliki skill memadai dalam membangun masyarakat dan memenuhi kebutuhan masyarakat dari segi sosialnya.

2. Lifestyle Enterpreneur

Apa itu entrepreneur? Entrepreneur adalah tidak hanya dalam bidang sosial tetapi juga di bidang lifestyle. Jenis bisnis ini bersifat independen dan dikuasai oleh satu orang saja dijalani dengan jalan pilihannya sendiri.

Spesifiknya contoh dari bidang bisnis entrepreneur ini yaitu membuka bisnis studio potret apabila memiliki skill di bidang fotografi, bisnis jual perangkat musik dan lain sebagainya.

3. Amateur Enterpreneur

Tidak hanya melihat yang terkenal yang sukses saja tetapi entrepreneur pemula juga perlu mendapatkan perhatian lebih. Biasanya seorang pemula atau amatir ini akan memulai sebuah bisnis kalau tidak mempunyai landasan logis. Bisa dikatakan hanya mengikuti arus trend saja. Misalnya seperti bisnis online shop yang semakin menjamur akhir-akhir ini.

4. Profesional Enterpreneur

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan profesional entrepreneur. Mendengar kata ini pasti anda sudah terbayang bagaimana kesuksesan dari seorang entrepreneur yang disebut. 

Jenis entrepreneur handal ini tentu sudah mantap di bidangnya. Anda bisa dengan mudah melihat ciri dari bisnis yang dikembangkannya karena biasanya bersifat skala besar. Sebagai contoh membuka usaha cafe, restouran,  membuatku co-working space dan lain sebagainya. 

Keunggulan Menjadi Seorang Enterprenuer

Ketika disebut kata entrepreneur pasti orang sudah terbayang bagaimana kesuksesan dan keistimewaannya sebagai seorang yang matang menekuni bisnis. Ya, sebagaimana sebutannya seorang enterpreneur memiliki kelebihan sebagai berikut: 

1. Mempunyai Kesempatan Mewujudkan Mimpi Sendiri dengan Tangannya Sendiri

Apa itu enterpreneur? entrepreneur adalah orang orang yang memiliki peluang untuk mewujudkan mimpinya sendiri dengan hasil kerja kerasnya dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Mulai dari mempelajari strategi, mempraktekkan sekaligus membuat analisa proyeksi baik resiko atau peluang ke depannya dengan matang.

2. Dapat Menciptakan Perubahan untuk Diri dan Lingkungan

Entrepreneur adalah seorang yang mandiri dan memiliki sikap optimisme yang tinggi sehingga tak Ayal kalau seorang dapat memberikan perubahan terhadap dirinya sendiri dan masyarakat di sekitarnya. Baik manfaat dari bisnisnya atau memotivasi masyarakat untuk memulai bisnis. 

3. Dapat Memaksimalkan Potensi Diri

Karakternya yang ambisius dan tidak pernah puas dengan hasil target tentu menuntutnya untuk terus belajar banyak hal sehingga orang interpreneur dapat memaksimalkan semua potensi yang ada dalam dirinya. 

4. Dapat Keuntungan Finansial maupun Kualitas Hidup

Dalam berbisnis pasti memiliki keuntungan finansial bagi mereka yang menekuninya dengan baik seperti seorang entrepreneur ini. Tetapi siapa sangka kalau  entrepreneur juga memiliki keuntungan kualitas hidup, sebab kenapa? Karena seorang entrepreneur memiliki karakter yang selalu ingin menambah wawasan dalam mengembangkan bisnisnya sehingga mereka akan terus belajar lebih baik dari sebelumnya.

5. Bisa Memberi Manfaat bagi Masyarakat dan Lingkungan

Apabila seorang entrepreneur sudah menekuni bisnisnya dengan mementingkan kepuasan masyarakat tentu manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat sebagai konsumen atau pengguna jasanya akan mendapatkan manfaat luar biasa dari bisnisnya. 

Misalnya dalam bisnis klinik kecantikan, seorang menawarkan produk yang BPOM, halal dan berkualitas premium dalam mengatasi masalah kulit dan menjaganya.  Tentu saja masyarakat akan benar-benar merasakan manfaatnya karena enterpreneur sudah memberikan yang terbaik bagi mereka.

6. Bisa Melakukan Banyak Hal Bermanfaat yang Disukai

Seorang entrepreneur dituntut menjadi seorang pelajar yang optimis dan menyukai kesuksesan, tentu saja hal-hal yang dilakukan bermanfaat dan disukainya untuk menambah pengetahuan mereka dalam bidang bisnis dan hal bermanfaat apapun.

Untuk itulah kebanyakan entrepreneur nampak sangat cerdas dalam hal apapun terlebih dalam bidang bisnis. Mereka dapat memotivasi dirinya sendiri bahkan memotivasi orang lain dengan hal-hal yang dia ketahui. Bahkan karena kesuksesannya mereka bisa melakukan hal bermanfaat yang ia senangi untuk menambah pengalaman atau mengapresiasi dirinya atas keberhasilan yang diraihnya.

Apa itu entrepreneur? Entrepreneur adalah seperti yang sudah diulas di atas mulai dari pengertian, karakteristik dan kelebihan dari seorang entrepreneur. Anda bisa menjadikan artikel ini motivasi untuk giat menjadi seorang entrepreneur yang sukses dengan benar-benar mendalami karakteristik seorang entrepreneur.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah