Mengenal Jurusan Akuntansi Keuangan: Syarat, Materi, dan Prospek Kerja

Mengenal Jurusan Akuntansi Keuangan: Syarat, Materi, dan Prospek Kerja – Jurusan akuntansi keuangan adalah jurusan yang banyak dicari oleh perusahaan. Lulusan ini diharapkan dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan yang berkaitan dengan ekonomi dan keuangan perusahaan. Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa itu Jurusan Akuntansi Keuangan

harminy.co.id

Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di jurusan ini atau memperdalam terkait dengan jurusan ini, ada baiknya kamu mengenal jurusan akuntansi keuangan terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu mengetahui gambaran besarnya mengenai hal-hal yang akan kamu pelajari nantinya. Namun, sebelumnya kamu harus tahu pengertiannya terlebih dahulu.

Akuntansi keuangan memiliki banyak pengertian dari sudut pandang para ahli. Kieso dan Weygandt (2000) mengemukakan bahwasanya akuntansi keuangan merupakan proses penyusunan laporan yang terkait dengan keuangan perusahaan secara menyeluruh. Dengan demikian, laporan tersebut dapat digunakan oleh pengguna baik dari pihak internal maupun eksternal perusahaan.

Pada tahun 2002, Sugiarto mendefinisikan bahwasanya akuntansi keuangan erat kaitannya dengan laporan keuangan perusahaan yang merupakan bentuk pertanggungjawaban manajemen kepada pemegang saham dan investor. Sugiarto juga menerapkan persamaan akuntansi yaitu Aset = Ekuitas + Liabilitas. 

Enam tahun berikutnya tepatnya tahun 2008, Warren Reeve Fess mengemukakan bahwasanya akuntansi keuangan adalah proses pencatatan dan pelaporan data sekaligus kegiatan ekonomi perusahaan.  Hasil dari pencatatan tersebut akan menghasilkan laporan utama untuk semua pihak yang terkait seperti pemilik perusahaan, kreditur, lembaga pemerintah dan masyarakat umum.

Martini juga turut memberikan pandangan terhadap pengertian akuntansi keuangan tepatnya pada tahun 2012 yaitu akuntansi keuangan memiliki orientasi pada pelaporan dari pihak eksternal. Hal ini dikarenakan banyaknya pihak baik internal maupun eksternal yang mempunyai tujuan mendetail kepada masing-masing pihak, sehingga membuat perusahaan pembuat laporan keuangan berpatokan pada prinsip dan asumsi-asumsi dalam proses pembuatan laporan keuangan dalam perusahaan tersebut.

Syarat Akuntansi Keuangan

Berdasarkan pengertian akuntansi keuangan di atas yakni terkait dengan pembuatan laporan keuangan, oleh sebab itu dalam pembuatan laporan harus memenuhi syarat sebagai berikut. 

Syarat Umum atau Syarat Kuantitatif

Syarat kuantitatif adalah syarat standar akuntansi pada umumnya di mana laporan bisa dipercaya atas informasi keuangan yang mencakup informasi tentang harta, kewajiban, utang modal, pendapatan dan beban perusahaan. Dengan demikian, laporan tersebut dapat menghasilkan informasi kebijakan akuntansi, harta dan keuntungan yang berguna dalam pengambilan keputusan.

Syarat Khusus atau Syarat Kualitatif

Syarat kedua adalah syarat kualitatif atau syarat khusus yaitu standar syarat yang terdiri dari beberapa poin yang harus disajikan secara terperinci. Adapun syarat khusus tersebut adalah sebagai berikut.

Relevan

Laporan keuangan yang dibuat harus sesuai dan relevan dengan tujuan dan kondisi perusahaan saat itu. Hal ini dikarenakan laporan keuangan harus bisa menggambarkan beberapa informasi penting yang sesuai dengan semua proses bisnis maupun kegiatan perusahaan. Selain itu, laporan keuangan juga harus memberikan informasi secara akurat mengenai semua kegiatan yang mendapatkan keuntungan atau laba.

Mudah Dipahami dan Dimengerti

Syarat yang kedua yaitu laporan keuangan harus dapat dipahami dan dimengerti atau understandability. Oleh karena itu, dalam proses penyusunan laporan harus jelas dan mudah dipahami oleh semua pihak sesuai dengan siklus akuntansi. Dengan demikian, pihak-pihak yang membutuhkan informasi dari laporan tersebut dapat memahami informasi dengan baik dan jelas.

Andal

Laporan keuangan juga harus memiliki sifat keandalan yakni sesuai dengan komponen laporan keuangan umumnya dengan ukuran dan daya uji kebenaran. Adapun sifat keandalan dari laporan keuangan terdiri dari beberapa poin sebagai berikut yang harus diperhatikan.

Netral

Laporan keuangan juga harus bersifat netral atau tidak memihak berbagai pihak. Oleh karena itu, dalam pembuatan laporan keuangan harus diproses secara lengkap sebagai data akuntansi sesuai dengan kaidah akuntansi yang ada. Proses pembuatan laporan keuangan tidak boleh dilakukan dengan data rekayasa tanpa dasar yang kuat seperti bukti dan sebagainya. Laporan keuangan harus bisa menyajikan informasi keuangan apa adanya tanpa menutup-nutupi sesuatu informasi yang benar.

Tepat Waktu

Laporan keuangan yang andal juga dapat dinilai dari ketepatan waktu pembuatannya. Kebutuhan terhadap laporan keuangan adalah hal vital dalam sebuah kegiatan usaha dalam sebuah perusahaan. Pasalnya laporan keuangan merupakan hal fundamental dan paling terpenting yang dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan baik untuk internal perusahaan dalam menentukan langkah maupun strategi berikutnya maupun untuk eksternal.

Daya Banding

Laporan keuangan juga harus memiliki daya banding yakni informasi yang bisa digunakan sebagai perbandingan antara periode yang sedang berjalan dengan periode sebelumnya. Dengan demikian, pihak-pihak yang terkait terutama pihak internal perusahaan dapat mengambil keputusan terhadap strategi perusahaan selanjutnya. 

Materi Akuntansi Keuangan

Bagi kamu yang ingin serius dalam bidang ini, kamu harus belajar mengenai materi akuntansi keuangan sebagai berikut. 

  1. Audit
  2. Akuntansi Sektor Publik
  3. Aset Tetap, Lancar, dan Tidak Lancar
  4. Cara Menghitung Biaya Produksi
  5. Jurnal Penyesuaian
  6. Jurnal Umum
  7. Jurnal Penutup
  8. Konsep Dasar Akuntansi
  9. Laporan Arus Kas
  10. Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang
  11. Laporan Keuangan Perusahaan Dagang
  12. Pengertian Akuntansi Biaya
  13. Pengertian Akuntansi Keuangan
  14. Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
  15. Persamaan Dasar Akuntansi
  16. Rekonsiliasi Bank
  17. Sejarah Akuntansi di Indonesia
  18. Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia
  19. Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
  20. Siklus Akuntansi Perusahaan Manufaktur
  21. Sistem Informasi Akuntansi
  22. Contoh Invoice Tagihan / Faktur
  23. Contoh Neraca Lajur
  24. Prospek Kerja Jurusan Akuntansi
  25. Invoice Perorangan ke Perusahaan

Prospek Kerja Akuntansi Keuangan

Bagi kamu lulusan akuntansi keuangan, kamu memiliki peluang untuk berkarir di bidang yang menjanjikan ini. Berikut prospek kerja jurusan akuntansi keuangan yang bisa kamu pilih.

Akuntan Publik

Apabila kamu bekerja sebagai akuntan publik, kamu bisa bekerja secara individual atau kamu bisa bekerja di perusahaan. Adapun tugas dari akuntan publik yaitu menyiapkan dan menganalisis berbagai dokumen dan laporan keuangan. Oleh karena itu, kamu harus memahami dan mengerti terkait regulasi perpajakan dengan baik serta mengikuti perkembangan terbaru dari regulasi perpajakan.

Petugas Akuntansi

Profesi yang menjanjikan lainnya adalah petugas akuntansi. Sebuah profesi yang melakukan pencatatan data serta memperbarui dokumen keuangan.  Apabila kamu memilih profesi ini kamu bisa bekerja pada segala macam industri. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan pasti membutuhkan personil yang dapat menangani bidang yang sangat penting ini.

Manajer Akuntansi

Pilihan berikutnya adalah manajer akuntansi. Adapun tugasnya adalah menggunakan data-data keuangan untuk membuat keputusan keuangan yang bisa menguntungkan perusahaan. Oleh sebab itu, manajer akuntansi harus memiliki keahlian komunikasi yang kuat, kemampuan mengelola dan memimpin, serta menginterpretasikan data keuangan untuk menyusun solusi ataupun rekomendasi strategis bagi perusahaan sehingga bisa merencanakan anggaran dan menjadi atas para akuntan dalam suatu perusahaan. 

Certified Public Accountants (CPA)

Kamu juga bisa memilih berkarir menjadi seorang CPA. Pada umumnya, seorang CPA bertugas memberikan masukan untuk kebijakan keuangan, melakukan audit hingga menganalisa keuangan, serta melaporkan konsekuensi pajak.  Namun, sebelum kamu bekerja sebagai CPA, kamu harus melakukan ujian sertifikasi terlebih dahulu hingga lulus ujian. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan sertifikat  CPA. 

Itulah informasi mengenai jurusan akuntansi keuangan baik fokus keilmuannya maupun prospeknya dalam dunia kerja. Bagi kamu yang berminat dalam bidang ini, teruslah fokus menekuni bidang keilmuannya sehingga kamu bisa mencapai prospek kerja yang kamu inginkan dan mencapai semua keinginan.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah