Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa, Proses Pencatatan Transaksi dan Laporan

Posted in: Mapel Pelajar
Tagged: Akuntansi

Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa, Proses Pencatatan Transaksi dan Laporan – Saat seseorang berencana untuk mendirikan sebuah perusahaan, ada beberapa bidang atau sektor usaha yang bisa dipilih sesuai dengan keahlian. Meski ada berbagai jenis sektor usaha namun pada dasarnya jenis perusahaan dibagi menjadi dua yaitu perusahaan dagang dan perusahaan jasa.

Kedua jenis perusahaan ini juga sebenarnya memiliki proses yang sama yaitu menawarkan produk atau jasa yang dimilikinya untuk digunakan oleh konsumen sesuai dengan target pasarnya. Namun kedua perusahaan ini memiliki proses atau sistem administrasi yang cukup berbeda karena perbedaan transaksi yang terjadi.

Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

unsplash.com

Jika Anda saat ini sedang berencana untuk mendirikan sebuah perusahaan, maka alangkah baiknya jika anda mempelajari terlebih dahulu siklus akuntansi perusahaan jasa maupun perusahaan dagang yang sesuai dengan aturan. Mempelajari siklus akuntansi sesuai dengan jenis perusahaan yang akan dijalankan memiliki beberapa manfaat diantaranya:

  • Menyesuaikan prosedur administrasi 
  • Merapikan pembukuan administrasi
  • Menyusun laporan keuangan dengan akurat

Salah satu jenis perusahaan yang akan jauh lebih tertib setelah menggunakan siklus akuntansi yang tepat adalah perusahaan jasa. Setiap jenis perusahaan memiliki siklus akuntansinya masing-masing yang bisa menggambarkan setiap transaki yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Adapun siklus akuntansi yang ada dalam perusahaan jasa diantaranya :

  • Analisa transaksi
  • Penjurnalan
  • Posting transaksi
  • Menyusun neraca lajur
  • Menyusun laporan keuangan
  • Mencatat jurnal Akhir
  • Menyusun neraca akhir

Siklus akuntansi perusahaan jasa pada dasarnya bisa dilakukan dengan mudah selama Anda memahami ilmu akuntansi dengan baik. Bagi Anda yang belum memahami ilmu akuntansi, tentu akan jauh lebih baik jika Anda merekrut karyawan yang memahami ilmu akuntansi atau Anda juga bisa menggunakan jasa akuntan keuangan eksternal untuk membantu perusahaan Anda.

Meski Anda akan menyerahkan urusan administrasi keuangan ini pada karyawan atau pihak ketiga, namun ada baiknya jika Anda juga memahami siklus akuntansi dari perusahaan jasa yang akan didirikan. Berikut ini beberapa penjelasan singkat mengenai siklus akuntansi pada perusahaan jasa yang dipaparkan sebelumnya.

1. Analisa Transaksi

Siklus akuntansi yang paling umum dilakukan pada sebuah perusahaan pertama kali adalah analisa transaksi. Proses analisa transaksi sendiri berbeda dengan proses penjurnalan, namun proses ini merupakan proses awal yang bisa membantu proses penjurnalan selesai lebih cepat.

Analisa transaksi dilakukan dengan menyusun atau memisahkan seluruh transaksi yang terjadi sesuai dengan jenis atau kategorinya. Proses analisa transaksi bisa dilakukan dengan memisahkan bukti transaksi sesuai dengan jenisnya untuk kemudian menjadi acuan saat penyusunan jurnal.

2. Penjurnalan

Setelah proses analisa transaksi selesai dilakukan, siklus akuntansi perusahaan jasa selanjutnya adalah proses penjurnalan. Jika proses analisa transaksi bertujuan untuk mengkategorikan setiap transaksi, maka proses penjurnalan merupakan proses pencatatan seluruh transaksi hasil analisa tersebut sesuai dengan akun buku besar yang terpengaruh oleh transaksi tersebut.

Selama proses penjurnalan, setiap transaksi akan dicatat sesuai urutan tanggal transaksi dengan mencatat nama atau kode akun buku besar yang terpengaruh serta nominal dari transaksi tersebut. Jenis jurnal yang dimaksud dalam tahapan ini adalah jurnal umum, sehingga seluruh transaksi disatukan dalam satu jurnal dan dicatat sesuai urutan tanggal transaksi.

3. Posting Transaksi

Setelah seluruh transaksi selesai dibuatkan jurnal, siklus akuntansi perusahaan jasa selanjutnya yang harus dilakukan adalah memosting transaksi. Posting transaksi sendiri merupakan aktifitas pencatatan akun buku besar yan ada dalam jurnal umum ke dalam buku besar transaksi.

Buku besar merupakan kumpulan akun atau rekening pembukuan yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang mempengaruhi posisi saldo dari akun tersebut. Proses posting dilakukan dengan mencatat akun yang telah masuk dalam jurnal umum sesuai tanggal transaksi dan posisi debit kredit saldo yang terpengaruh oleh transaksi tersebut.

4. Menyusun Neraca Lajur

Setelah proses posting transaksi ke buku besar selesai dilakukan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyusun neraca lajur. Neraca lajur atau neraca saldo merupakan daftar saldo dari akun atau rekening yang ada dalam buku besar.

Saat proses posting buku besar, seluruh akun atau rekening akan ditutup dengan kesimpulan saldo dari setiap akun setelah seluruh transaksi tercatat. Saldo akhir dari akun yang tertera dalam buku besar tersebut di salin atau di masukkan dalam neraca lajur atau neraca saldo untuk kemudian di totalkan di kedua sisi yaitu debit dan kredit. Saat total sisi debit dan total sisi kredit memiliki jumlah yang sama, maka seluruh proses siklus akuntansi perusahaan jasa yang Anda lakukan sudah dilakukan dengan tepat.

5. Menyusun Laporan Keuangan

Setelah neraca saldo berhasil dibuat, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan yang disusun terdiri dari laporan laba rugi, laporan arus kas, serta laporan perubahan modal berdasarkan jurnal dan neraca saldo yang telah dibuat sebelumnya.

Laporan keuangan ini bisa menggambarkan posisi laba dan keuangan perusahaan atas pengaruh setiap transaksi yang ada dalam perusahaan baik transaksi internal maupun eksternal. Setelah laporan keuangan tersusun, Anda bisa menilai apakah perusahaan berjalan dengan baik atau tidak.

6. Mencatat Jurnal Akhir

Proses selanjutnya yang perlu dilakukan dalam siklus akuntansi perusahaan jasa adalah membuat jurnal akhir yaitu jurnal penyesuaian, jurnal penutup, dan jurnal pembalik atas transaksi yang tercatat dalam jurnal dan laporan keuangan. Jurnal penyesuaian dan jurnal penutup dibuat untuk mengoreksi setiap kesalahan pencatatan transaksi yang ada serta menyesuaikan saldo dari beberapa akun seperti akun dari transaksi pembayaran dimuka.

Jurnal pembalik sendiri dibuat untuk mengembalikan saldo akun-akun yang telah ditutup pada jurnal penutup. Ketiga jurnal ini diperlukan untuk merapikan atau mengoreksi saldo akun atau rekening yang ada dalam neraca saldo sehingga bisa menghasilkan neraca akhir untuk penutupan pencatatan dengan saldo yang akurat.

7. Menyusun Neraca Akhir

Tahap akhir dari siklus akuntansi perusahaan jasa yang harus dilakukan adalah menyusun neraca akhir. Neraca akhir pada dasarnya memiliki format yang sama dengan neraca saldo. Proses pembuatan neraca akhir juga cukup serupa dengan proses pembuatan neraca saldo.

Neraca akhir sendiri merupakan laporan ringkasan saldo akun yang digunakan sebagai patokan untuk memulai siklus akuntansi pada periode berikutnya. Setelah proses penyusunan neraca akhir selesai dilakukan, maka semua proses siklus akuntansi perusahaan Anda telah selesai.

Itulah siklus akuntansi pada perusahaan jasa yang perlu Anda pahami saat Anda akan mendirikan sebuah perusahaan jasa. Penjelasan diatas pada dasarnya hanya penjelasan umum saja namun bisa dijadikan sebagai patokan saat Anda akan mulai merapikan administrasi perusahaan Anda.

Selama praktik pengerjaan yang Anda lakukan di perusahaan Anda kelak, mungkin Anda akan menemukan beberapa perbedaan dan masalah yang harus diselesaikan saat Anda mengikuti setiap langkah siklus akuntansi diatas. Memahami seluruh siklus akuntansi perusahaan jasa dan mendapat bimbingan dari pihak yang memang lebih memahami seluk beluk ilmu akuntansi bisa menjadi pilihan yang tepat saat Anda akan mengelola perusahaan jasa. Memastikan siklus akuntansi perusahaan Anda berjalan dengan tertib akan membuat administrasi perusahaan Anda lebih tertata.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah