Mengenal Lapisan Epidermis Kulit dan Fungsinya Lengkap

Posted in: Mapel Pelajar

Mengenal Lapisan Epidermis Kulit dan Fungsinya Lengkap – Kulit merupakan salah satu organ tubuh manusia dan hewan yang dianggap sangat penting. Semua makhluk hidup yang ada di bumi ini tentunya memiliki kulit yang akan berfungsi sebagai lapisan penutup organ dalam tubuh, otot, sel-sel dan berbagai hal lainnya yang ada di dalam tubuh.

Agar kulit ini terlihat semakin maksimal, maka Anda harus menjaga kondisi kesehatannya. Perlu diketahui bahwa lapisan paling luar dari kulit manusia disebut dengan lapisan epidermis. 

Lapisan Epidermis Kulit

gooddoctor.co.id

Lapisan epidermis ini yang akan membantu dan melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Adapun informasi lebih lengkap mengenai lapisan epidermis kulit dan fungsinya akan dijelaskan di bawah ini:

Apa Itu Lapisan Epidermis Kulit?

Lapisan epidermis merupakan sebuah lapiaan kulit yang letaknya di bagian paling luar kulit yang terdiri atas epitel yang berlapis gepeng dengan lapisan tanduk. Perlu diketahui bahwa lapisan terluar ini hanya terdiri dari jaringan epitel dan tidak mempunyai pembuluh darah atau bahkan  limf. Maka dari itu, semua nutrien dan oksigen hanya akan diperoleh dari kapiler pada lapisan dermis.

Sel-Sel Epidermis

Ada sekitar 4 jenis sel epidermis yang ada pada kulit Anda, yaitu sebagai berikut:

1. Keratinoset

Keratinosit merupakan sel terbanyak dengan jumlah 85% hingga 95% yang berasal dari ektoderm permukaan. Sel yang satu ini merupakan sel epitel yang mengalami keratinisasi dan menghasilkan lapisan yang kedap air dan bisa berfungsi sebagai perisai pelindung tubuh.

2. Melanosit

Sebelum Anda mengetahui lapisan epidermis kulit dan fungsinya lebih dalam, maka Anda perlu tahu bahwa melanosit adalah sel yang jumlahnya sekitar 7% hingga 10% yang merupakan sel kecil dengan cabang dendritik Panjang dan tipis serta berakhir pada keratinosit di bagian stratum basal dan spinosum. Sel ini terletak di antara sel pada stratum basal, folikel rambut dan sedikit pada bagian dalam dermis.

3. Sel Langerhans

Sel ini merupakan sel dendritik yang memiliki bentuk irregular dan bisa ditemukan pada bagian keratinosit, khususnya dalam stratum spinosum. Sel ini tidak berwarna dan berperan dalam respon imun kulit karena merupakan sel pembawa antigen yang akan berfungsi untuk merangsang reaksi hipersensitifitas tipe lambat pada kulit.

4. Sel Merkel

Sel ini memiliki jumlah yang sangat sedikit yang berasal dari krista neuralis dan bisa ditemukan pada bagian lapisan basal kulit tebal, folikel rambut dan membran mukosa mulut. Sel ini juga merupakan sel besar dengan cabang sitoplasma pendek.

Macam-Macam Lapisan Epidermis Kulit

Lapisan epidermis kulit ini terdiri dari 5 lapisan yaitu:

1. Stratum Basal

Sebelum Anda mengetahui lapisan epidermis kulit dan fungsinya lebih dalam, maka Anda perlu tahu bahwa lapisan pertama dari lapisan epidermis yaitu lapisan ini terletak di bagian paling dalam dan terdiri atas satu lapisan sel yang tersusun secara berderet deret di atas membran basal dan melekat pada dermis dibawahnya.

Pada lapisan ini biasanya akan terlihat gambaran mitotik sel proliferasi selnya akan berfungsi untuk regenerasi epitel. Sel sel yang ada pada bagian lapisan ini akan bermigrasi ke arah permukaan agar bisa memasuki sel-sel pada lapisan yang lebih superficial.

Pergerakan ini akan semakin cepat apabila terdapat luka dan regenerasinya dalam keadaan normal cepat.

2. Stratum Spinosum

Sebelum Anda mengetahui lapisan epidermis kulit dan fungsinya lebih dalam, maka Anda perlu tahu bahwa lapisan ini merupakan lapisan epidermis kulit yang terdiri atas beberapa lapis sel yang bentuknya besar besar dan berbentuk poligonal dengan inti lonjong dan sitoplasmanya memiliki warna kebiruan.

Apabila Anda melakukan pengamatan dengan pembesaran objek sebanyak 45 kali, maka Anda bisa melihat pada bagian dinding sel yang berbatasan dengan sel disebelahnya akan terlihat taju taju yang seolah-olah akan menghubungkan sel yang satu dengan yang lainnya.

Pada bagian tajuk inilah akan terletak desmosom yang akan melekatkan sel sel satu dengan yang lainnya. Pada bagian lapisan ini biasanya makin ke atas bentuk sel maka semakin gepeng.

3. Stratum Granulosum

Sebelum Anda mengetahui lapisan epidermis kulit dan fungsinya lebih dalam, maka Anda perlu tahu bahwa lapisan ketiga dari lapisan epidermis yaitu merupakan lapisan yang terdiri atas dua hingga empat lapis sel gepeng yang didalamnya mengandung banyak granula basofilik yang disebut juga dengan granula keratohialin.

Apabila dilihat menggunakan mikroskop elektron, ternyata merupakan amorf tanpa membran tetapi dikelilingi oleh ribosom. Mikrofilamen ini melekat pada permukaan granula.

4. Stratum Lusidum

Sebelum Anda mengetahui lapisan epidermis kulit dan fungsinya lebih dalam, maka Anda perlu tahu bahwa lapisan keempat dari lapisan epidermis yaitu merupakan lapisan yang dibentuk oleh dua hingga tiga lapisan sel gepeng dan tembus cahaya serta agak sedikit eosinofilik atau lapisan ini disebut juga dengan lapisan bening.

Di lapis bening ini tidak ada inti ataupun organel yang terdapat pada bagian sel-selnya. Meskipun ada jumlahnya sangat sedikit.

5. Stratum Korneum

Sebelum Anda mengetahui lapisan epidermis kulit dan fungsinya lebih dalam, maka Anda perlu tahu bahwa lapisan kelima dari lapisan epidermis yaitu lapisan ini terdiri atas banyak lapisan sel-sel mati yang berbentuk pipih, tidak bisa berinti serta sitoplasmanya tidak bisa digantikan oleh keratin. Sel-sel yang ada di paling atas permukaan merupakan zat tanduk yang terhidrasi dan selalu terkelupas. Maka dari itu, lapisan ini disebut juga dengan lapisan tanduk.

Fungsi Lapisan Epidermis Kulit

Adapun beberapa fungsi dari lapisan epidermis kulit ini yaitu:

  1. Kegunaan lapisan epidermis kulit dan fungsinya yaitu bisa menghasilkan sel kulit baru dan bisa memperbarui sel-sel kulit yang mati dengan waktu rekreasi sekitar 27 hari.
  2. Lapisan epidermis juga menentukan warna kulit manusia 
  3. Lapisan epidermis akan mampu melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet karena ada pigmen melanin yang ada pada bagian epidermis.
  4. Lapisan ini akan berfungsi sebagai pertahanan tubuh.
  5. Akan membantu pembentukan kuku dan rambut yang disebabkan adanya keratinosit yang akan berfungsi untuk memproduksi keratin yaitu protein pelindung yang akan membentuk kulit, kuku dan rambut.
  6. Kegunaan lapisan epidermis kulit dan fungsinya yaitu bisa menghasilkan vitamin D karena terdapat keratinosit yang berperan dalam proses enzimatik.
  7. Lapisan epidermis juga mampu mengatur respon imun karena terdapat lapisan skuamosa pada jaringan epidermis ini yang nantinya akan menjadi tempat disimpannya sel-sel Ranger Hans yang berfungsi untuk melawan zat asing yang masuk ke dalam kulit.
  8. Lapisan epidermis juga akan mampu mempengaruhi kulit dalam merasakan sentuhan karena adanya sel merkel yang berfungsi untuk menerima sensasi sentuhan.

Demikianlah beberapa informasi mengenai lapisan epidermis kulit dan fungsinya yang harus Anda ketahui. Lapisan epidermis memiliki fungsi yang sangat banyak bagi tubuh manusia, termasuk diantaranya untuk melindungi kulit dari sinar UV yang bisa membuat kulit terlihat lebih kusam.

Maka dari itu, Anda harus memastikan bahwa lapisan kulit Anda terawat dengan baik dan benar. Agar Anda bisa merasakan manfaat atau fungsi dari kulit secara maksimal.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta