10 Menu Buka Puasa Hemat dan Enak untuk Anak Kost

Posted on Posted in Ramadhan

10 Menu Buka Puasa Hemat dan Enak untuk Anak Kost – Waktu berbuka puasa biasanya yang paling ditunggu-tunggu setelah sehari penuh berpuasa. Namun, kamu perlu menanamkan pada diri sendiri bahwa waktu buka puasa bukanlah ajang untuk balas dendam, apalagi makan sepuasnya setelah seharian penuh menahan lapar. Biasanya, anak kost menghadiri kajian di masjid-masjid sambil menunggu waktu berbuka.

Terkadang, ada pula yang menjadikan acara kajian sebagai acara wajib yang harus didatangi demi mendapatkan takjil gratis. Namun, jika setiap hari kamu hanya mengandalkan takjil gratis, puasamu akan terasa biasa-biasa saja. Oleh karena itu, mamikos akan memberikan tips 10 menu buka puasa hemat dan enak untuk anak kost agar kamu tetap bisa stay di kost, apalagi jika sedang tidak ingin keluar kost.

Menu Buka Puasa Hemat

  • Menu buka puasa gorengan untuk anak kost

Jika kamu senang dengan menu makan gorengan, tidak ada salahnya memilih gorengan sebagai menu makan berbuka. Gorengan tidak selalu identik dengan tempe mendoan atau tahu goreng saja. Masih banyak pilihan gorengan yang bisa kamu dapatkan di pinggir jalan dengan harga terjangkau, seperti bakwan jagung, pisang goreng, lumpia, dan makanan lainnya. Harga gorengan yang tidak terlalu mahal (500 rupiah – 1000 rupiah per biji) akan membuat kantong anak kos tetap aman meskipun kiriman bulanan sedang tertunda. Kamu bisa memasak gorengan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan sederhana. Agar bisa menghemat pengeluaran, kamu pun bisa memasak bersama anggota kos lainnya.

  • Menu buka puasa nasi untuk anak kost

Nasi sebagai makanan pokok para anak kost akan sangat berharga ketika waktu berbuka tiba. Jika kamu tidak keberatan untuk langsung berbuka puasa dengan nasi, kamu bisa mencari lauk pauk untuk melengkapi sajian makananmu tersebut. Cobalah memasak telur dadar atau telur ceplok dan ditambah kecap jika ingin menghemat pengeluaran untuk berbuka puasa. Nasi yang dihidangkan bersama lauk kering seperti abon dan tempe kering pun bisa kamu jadikan alternatif bila tidak sempat membeli lauk di luar kost.

  • Menu buka puasa ayam untuk anak kost

Menu makan ayam untuk berbuka puasa masih menjadi sajian mewah bagi sebagian anak kost. Namun, dengan memilih warung makan yang tepat kamu bisa mendapatkan menu makan ayam yang harganya di bawah 10.000 rupiah. Sajian ayam seperti ayam rica-rica, ayam goreng krispi, tongseng ayam, gulai ayam, hingga ayam bumbu rujak pun bisa kamu dapatkan.

Tenang saja, meskipun tidak semua ayam yang ditawarkan harganya sama, kamu bisa memilih ayam bagian sayap atau kepala dengan harga lebih murah dibandingkan ayam bagian paha atau dada. Agar lebih hemat, kamu juga bisa langsung memilih menu paket dengan nasi dan minuman yang sudah termasuk pada harga. Menarik, bukan?

  • Menu buka puasa es buah untuk anak kost

Seharian penuh berpuasa membuat kamu merasa haus dan ingin mengonsumsi minuman dingin serta menyegarkan. Salah satu menu andalan yang banyak dijual di pinggir jalan untuk menghilangkan dahaga adalah es buah.

Terdapat berbagai macam variasi isian es yang dijual, mulai dari buah-buahan berwarna cerah, ditambah dengan kolang kaling, rumput laut, hingga cincau. Harganya pun cukup terjangkau antara 5000 – 10000 rupiah saja per porsinya. Jika tidak keberatan membuat es buah sendiri, kamu bisa patungan dengan teman-teman kost untuk membuat es buah. Jangan lupa membeli sirup agar es buahmu terasa lebih segar ya!

  • Menu buka puasa jajanan pasar untuk anak kost

Jajanan pasar tidak hanya dijual ketika pagi hari saja. Jika bulan puasa tiba, banyak pedagang yang sengaja menjual jajan pasar di lapak-lapak pinggir jalan atau di depan rumah. Sambil bernostalgia dengan jajanan pasar masa kecil, seperti memakan putu ayu, kue apem, kue lupis, roti soes, lemper, kue lapis, jenang, klepon, dan sebagainya. Harga jajanan pasar yang sangat terjangkau antara 500 rupiah – 2000 rupiah per buah tanpa batasan pembelian pun akan membuatmu bisa lebih leluasa mencicipi berbagai macam makanan.

 

  • Menu buka puasa olahan kurma untuk anak kost

Kurma ibarat makanan wajib yang selalu ada ketika bulan Ramadhan tiba. Bahkan, kurma juga dihidangkan sebagai sajian menu berbuka puasa karena kalorinya yang tinggi dan mengenyangkan. Kamu bisa mencoba berbagai olahan kurma agar tidak bosan, seperti jus kurma, kurma isi cokelat, puding kurma, es kurma, dan sebagainya. Belilah kurma berukuran besar sekaligus (1kg = 40.000 – 60.000 rupiah) agar lebih hemat.

  • Menu buka puasa sayuran untuk anak kost

Jika kondisi ekonomimu sedang tidak bersahabat, menu makan nasi sayur adalah makanan yang mengenyangkan sekaligus hemat. Cobalah untuk memasak menu sayur sendiri karena jauh lebih hemat dibandingkan dengan membeli sayur matang. Bumbu instan, seperti bumbu sayur asam, bumbu sayur sup, bumbu tumis, dan berbagai macam bumbu lainnya yang bisa kamu coba. Jangan takut untuk berkreasi dan bereksperimen demi mendapatkan menu sayur lezat tetapi murah.

  • Menu buka puasa kolak pisang untuk anak kost

Senada dengan kurma, menu berbuka kolak pisang yang terbuat dari olahan santan serta tambahan pisang menjadi sajian wajib ketika berbuka. Para pedagang makanan di pinggir jalan selalu diserbu para penikmat minuman bersantan ini. Cobalah untuk membuat kolak pisang di kost menggunakan bahan-bahan instan. Saat ini sudah tersedia santan instan berbentuk bubuk atau cair, sehingga kamu tidak perlu mengalami kesulitan jika harus menghaluskan kelapa.

Selain itu, membeli pisang beberapa biji di warung akan menghemat pengeluranmu. Jadi, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli santan dan pisang saja, namun kamu juga bisa menambahkan kolang-kaling dan daun pandan agar aroma kolak pisang menjadi lebih khas.

  • Menu buka puasa roti bakar untuk anak kost

Terkadang menu makan untuk kondisi darurat perlu kamu coba. Salah satu menu berbuka yang dapat kamu buat di kost menggunakan roti adalah roti bakar. Tidak punya alat pemanggang? Manfaatkan setrika untuk membantumu dalam membuat roti bakar lezat. Jika tidak memiliki setrika, pinjamlah setrika dari ibu kost atau teman lainnya. Buat roti bakarmu menjadi lebih lezat dengan menambahkan selai dan meises.

  • Menu buka puasa steak tempe untuk anak kost

Ingin makan makanan mewah namun terkendala budget?

Cobalah memasak steak tempe dengan cara yang sederhana. Kamu hanya perlu mengukus dan menumbuk tempe hingga halus, kemudian menambahkan bumbu-bumbu tambahan. Setelah itu, buatlah adonan tempe tadi menjadi berbentuk seperti steak agar lebih indah. Hidangkan bersama kentang goreng, irisan wortel dan buncis rebus, serta sayuran lainnya sesuai selera. Menu makan buka puasamu pun akan menjadi lebih sehat.

Menu makan yang paling enak adalah makanan yang dimakan pada waktu lapar. Bisa saja kamu lapar mata beberapa jam sebelum berbuka, namun pada saat waktu berbuka tiba, hanya dengan minum segelas teh hangat saja kamu sudah merasa kenyang dan bahagia. Kalau sudah begitu, makanan yang kamu buat tidak perlu mewah dan instagrammable bukan?

Kamu juga perlu belajar mengontrol nafsu makan dan memaksimalkan bakat memasakmu agar masakan yang kamu buat tidak terbuang dan mubadzir. Tidak ada salahnya untuk berbagi makanan berbuka puasa dengan penghuni kost lainnya karena masih banyak orang di luar sana yang tidak bisa makan pada bulan puasa.

Baca juga :  Manfaat Puasa Ramadhan yang Perlu Anda Tahu
Baca juga :  Ucapan Selamat Puasa Terbaru 1440 H 2019

Sekian informasi mengenai 10 menu buka puasa hemat dan enak untuk anak kost yang dapat mamikos berikan. Jangan lupa mengunduh aplikasi kost gratis mamikos melalui ponsel android atau ios, sehingga proses pencarian kost yang kamu inginkan menjadi lebih cepat. Aplikasi mamikos akan menampilkan berbagai macam kost yang fasilitasnya bisa kamu filter sesuai keinginan. Tidak perlu datang langsung ke lokasi kost hanya untuk memastikan ketersediaan kamar dan biaya sewa kamar. Sangat praktis dan mudah, bukan?