Niat & Tata Cara Mandi Bersih Hari Raya Idul Fitri 2021

Niat & Tata Cara Mandi Bersih Hari Raya Idul Fitri 2021 — Apabila kamu hendak menyambut pelaksanaan hari raya Idul Fitri kamu pasti perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Salah satunya adalah dengan membaca niat dan mandi bersih.

Nah, pada kesempatan ini Mamikos akan memberikan info penting mengenai bacaan niat dan tata cara mandi bersih di hari raya Idul Fitri 2021 yang pastinya perlu untuk kamu ketahui. Penasaran seperti apa? Simak terus selengkapnya di bawah ini.

Bacaan Niat dan Tata Cara Mandi Bersih yang Benar di Hari Raya Idul Fitri

grid.com

Mamikos sudah menyinggung di atas bahwa sangat penting untuk kamu tahu bagaimana bacaan niat dan tata cara mandi bersih yang benar dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Penjelasan lengkapnya kamu bisa baca dengan saksama sebagai berikut.

1. Pelaksanaan Salat Idul Fitri

Salat Idul Fitri merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Islam saat hendak merayakan hari kemenangan setelah berhasil melawan hawa nafsu melalui berpuasa selama tiga puluh hari lamanya.

Ibadah tersebut masuk dalam kategori ibadah sunnah muakad yang artinya apabila dikerjakan kamu akan mendapatkan pahala pahala. Sebaliknya, apabila tidak kamu kerjakan maka kamu tidak akan berdosa.

Meski begitu, hukum sunnah muakad juga berarti merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan Rasulullah untuk dilaksanakan supaya kamu mendapatkan kebaikan.

Selain itu ibadah tersebut juga dapat meningkatkan kadar iman dan takwa kepada Allah SWT.

2. Tujuan Mandi Bersih Sebelum Hari Raya Lebaran Idul Fitri

Kamu pasti tahu bahwa tujuan dari mandi adalah bagian dari upaya membersihkan anggota badan dari bau yang tidak sedap, dan membuat tubuh kembali segar dan bugar.

Oleh sebab itu, melakukan mandi bersih sebelum waktu berangkat shalat hari raya lebaran Idul Fitri adalah yang paling baik. Sedikit berbeda jika mandinya setelah pertengahan malam maka kemungkinan bau badan akan kembali lagi, begitu juga kesegaran tubuh.

3. Hukum Mandi Bersih Sebelum Pelaksanaan Salat Ied

Mandi sebelum mendirikan salat Idul Fitri memang tidak wajib untuk dilaksanakan. Akan tetapi, kamu perlu tahu apabila salat tersebut kamu tunaikan maka dapat menjadi tambahan pahala. Apalagi jika kamu mengucapkan niat yang sungguh-sungguh.

Sesuai dengan hadis terkait mandi sunnah Idul Fitri, diterangkan bahwa Rasulullah SAW melakukan mandi terlebih dahulu sebelum menunaikan salat dua rakaat pada Hari Raya Lebaran Idul Fitri sebagaimana yang tertera sebagai berikut.

“Bahwasannya Nabi Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha.” (HR. Ibnu Majah)

Kemudian untuk waktu yang dianjurkan dalam melaksanakan mandi bersih sunnah Idul Fitri ialah sebelum maupun setelah dikerjakannya salat Subuh. Namun sesuai ajaran agama Islam, mandi sunnah sebelum shalat Idul Fitri ini dapat dilaksanakan mulai tengah malam.

Penjelasan tersebut sesuai dengan apa yang pernah diucapkan oleh Syaikh al-Baijuri sebagai berikut.

“Waktu masuknya mandi sunnah (Idul Fitri/Idul Adha) pada tengah malam.” (Hasyiyatu Asy-Syaikh Ibrahim al-Baijuri ala Syarh al-Allamah Ibn al-Qasim al-Ghazi ‘ala Matn asy-Syaikh Abi Syuja dalam al-Ilmiyyah, 1999).

3. Bacaan Niat dan Tata Cara Mandi Sunah Hari Raya Lebaran Idul Fitri

Seseorang pernah bertanya pada ‘Ali radhiyallahu ‘anhu mengenai mandi. ‘Ali menjawab, “Mandi lah setiap hari jika kamu mau.” Orang tadi berkata, “Bukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan?” ‘Ali menjawab, “Mandi pada hari Jum’at, hari ‘Arafah, hari Idul Adha dan Idul Fitri.”

Sementara mengenai tata cara panduan mandi sunnah pada hari raya lebaran Idul Fitri tersebut harus dilakukan sebelum pergi sholat ied. Sementara untuk cara pelaksanaannya sama dengan mandi pada umumnya.

Yaitu kamu harus mengguyur seluruh badan dari atas hingga bawah, kanan hingga kiri diguyur dengan air sampai bersih sebagaimana kamu melakukan mandi biasa sehari-hari. Namun kamu juga disunnahkan untuk mengikuti tata cara yang dianjurkan sebagai berikut.

4. Tata Cara Mandi Sunnah Sebelum Pelaksanaan Salat Idul Fitri

  1. Membaca Bismillah
  2. Berwudhu sebelum Mandi
  3. Berkumur dan memasukkan air ke dalam hidung
  4. Membaca dua kalimat syahadat
  5. Membasuh kotoran yang menempel pada tubuh
  6. Menghadap kiblat apabila mandi tidak dalam keadaan tanpa busana
  7. Membasuh dua sampai tiga kali
  8. Meletakkan tempat air yang besar di sebelah kanan dan yang kecil sebelah kiri
  9. Berada di tempat yang bisa terhindar dari percikan air
  10. Tidak meminta bantuan orang lain kecuali udzur
  11. Membasuh dari bagian atas dan dahulukan yang kanan

Nah, di bawah ini Mamikos sudah lampirkan bacaan niat mandi sunah sebelum pelaksanaan solat hari raya Idul Fitri. Bacalah dengan saksama. Bacaan niat saat hendak mandi bersih Idul Fitri yaitu.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى|

Nawaitu ghusla liyaumi ‘iiedil fitri sunnatan lillahi ta’alaa

Yang artinya :
Sengaja saya Mandi pada hari Raya Idul Fitri Sunnah karena Allah Ta’ala.

5. Sunnah Lain yang Dapat Menambah Pahala Selain Mandi Bersih Idul Fitri

Menambah jumlah pahala kita bukan hanya dengan melaksanakan mandi bersih sunnah hari raya Idul Fitri saja lho. Sebab selain mandi, sunnah yang dianjurkan untuk kamu lakukan sebelum berangkat untuk menunaikan salat Idul Fitri diantaranya adalah:

  1. Memperindah (berhias) diri pada hari Raya Idul Fitri.
  2. Memakai wewangian bagi laki-laki.
  3. Mencukur rambut dan memotong kuku
  4. Mengumandangkan takbir.
  5. Mengenakan pakaian terbaik untuk salat Idul Fitri.
  6. Makan (meski sedikit) sebelum berangkat salat Idul Fitri ataupun sebelum mandi sunnah.
  7. Berjalan kaki bersama keluarga menuju lokasi salat Idul Fitri berjamaah.
  8. Melaksanakan salat Idul Fitri di lapangan atau tempat terbuka lainnya.
  9. Mengajak semua anggota keluarga ke lokasi salat Idul Fitri.
  10. Berjalan kembali ke rumah melalui jalan yang berbeda pada waktu berangkat salat.

Mengapa umat Islam dianjurkan untuk makan terlebih dahulu sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri itu berdasarkan hadis dari Buroidah. Beliau berkata:

“Rasulullah dahulu tidak keluar (berangkat) pada saat Idul Fitri sampai beliau makan dan pada Iedul Adha tidak makan sampai beliau kembali, lalu beliau makan dari sembelihan kurbannya.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, sanadnya hasan).

Itulah tadi ulasan yang dapat Mamikos sampaikan terkait bacaan niat dan tata cara mandi bersih yang benar di hari raya Idul Fitri 2021. Mudah-mudahan apa yang telah Mamikos sampaikan di atas tadi bermanfaat dan berguna untuk kamu dalam menyambut suka cita Idul Fitri.

Jangan lupa bahwa aplikasi Mamikos akan memberikan kamu banyak rekomendasi hunian terbaik yang bisa kamu akses sekarang juga. Unduh aplikasinya dengan gratis via Appstore dan Playstore sekarang dan nikmati kemudahan memperoleh hunian dengan satu aplikasi.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah