35 Peluang Usaha 2020 Yang Paling Laris Banyak Calon Pembeli

35 Peluang Usaha 2020 Yang Paling Laris Banyak Calon Pembeli – Di tahun 2020, pilihan bisnis semakin beragam. Tak heran, banyak pula yang sudah mulai pintar dan kreatif untuk mencari peluang usaha. Adanya media digital yang semakin berkembang juga membuat para pelaku bisnis bisa lebih fleksibel dalam menjalankan usahanya kapan pun dan di mana pun. Buat kamu yang tertarik terjun ke dunia bisnis, cek 35 peluang usaha yang paling laris di tahun 2020 berikut ini.

Deretan Rekomendasi Peluang Usaha 2020

unsplash.com

Tidak mudah bagi orang menemukan peluang usaha untuk dijalankan, keterbatasan pengalaman dan modal menjadi halangan dalam menjalankan usahanya. Ada banyak peluang usaha yang selalu muncul dan berseliweran di depan mata. Untuk bisa menjalankan suatu usaha tentunya perlu perencanaan yang tepat. Kamu pun harus menentukan terlebih dahulu bisnis apa yang ingin dijalankan, lalu mempelajari peluang usaha bisnis tersebut kemudian.

Nah, buat kamu yang ingin memulai usaha namun masih bingung menentukan usaha mana yang tepat. Berikut Mamikos sudah rangkumkan 35 peluang usaha di tahun 2020 yang paling laris dan bisa untuk kamu pertimbangkan:

1. Usaha Boba Drink

unsplash.com

Ada yang menyebut bubble drink, namun jenis minuman ini memang lebih populer dikenal dengan nama boba drink. Bisnis ini mulanya dipopulerkan oleh negeri Taiwan. Bahan-bahannya sangat sederhana, yakni cuma tepung tapioka, air hangat, dan pewarna makanan. Bagian tersulitnya barangkali soal strategi pemasaran karena di mal-mal sudah didominasi oleh brand besar seperti Xing Fu Tang.

Jika ingin lebih mudah lagi terjun di bisnis ini, kamu bisa mencoba bermitra dengan waralaba boba drink. Misalnya Mobo Thai Tea, NINE, Wano Boba Tea, atau Fat Boba Drink. Modal yang diperlukan untuk menjalin kemitraan kira-kira 4,5 juta Rupiah. Modal tersebut nantinya dipakai untuk beli paket waralaba yang berisi booth, bahan baku, banners, dan lain-lain.

2. Laundry

unsplash.com

Aktivitas mencuci baju bisa menjadi hal yang cukup sulit dilakukan karena keterbatasan waktu yang dimiliki oleh pekerja kantoran. Bisnis laundry bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyasar orang-orang yang tidak bisa meluangkan waktu mereka untuk mencuci baju. Meskipun bisnis laundry sudah banyak sekali, namun tidak ada salahnya kamu mencobanya. Cari lokasi yang memang cukup ramai seperti lokasi yang dekat dengan kos-kosan, apartemen, perkantoran, atau bahkan kampus.

3. Clothing Line

unsplash.com

Fashion sudah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi beberapa kalangan. Bahkan sudah semakin banyak brand-brand baju lokal di kalangan anak muda yang kini menjamur di tanah air. Meskipun persaingan semakin ketat, tidak ada salahnya kamu mencoba bisnis clothing line jika memang dunia fashion adalah jiwa kamu. Sekarang pun tidak hanya wanita saja yang haus akan kebutuhan fashion-nya, namun para pria juga sudah mulai membutuhkannya.

Kamu bisa membuat clothing line yang sesuai dengan minat kamu. Jika kamu tertarik dengan baju-baju pria, kamu bisa fokus untuk membuat kemeja dan t-shirt yang keren untuk pelanggan pria kamu. Namun, jika kamu memiliki antusias untuk merancang pakaian wanita, kamu bisa fokus pada baju-baju wanita seperti dress, outer, dan masih banyak lagi.

4. Katering

unsplash.com

Buat kamu yang hobbi kulineran atau hobi memasak, bisnis katering bisa menjadi pilihan yang sangat menyenangkan untuk berbisnis. Selain bisa mengembangkan hobi memasak yang kamu miliki, penghasilan pun akan mengalir deras jika kamu berhasil menarik pelanggan secara luas. Apalagi jika kamu tinggal di perkotaan, bisnis ini sangatlah menggiurkan.

Kamu bisa menyasar para pekerja kantoran dan menawarkan jasa katering kamu untuk menu siang dan malam. Tak hanya itu saja, orang-orang perantau yang tinggal di kos atau apartemen juga bisa menjadi sasaran empuk bisnis kamu. Dengan berbagai variasi makanan yang kamu tawarkan untuk mereka, bisnis katering kamu akan berjalan lancar.

5. Barbershop

unsplash.com

Peluang bisnis yang satu ini mengharuskan kamu mempunyai keahlian memotong rambut. Kamu pun harus menguasai gaya-gara rambut yang sedang tren atau disukai banyak orang, baik perempuan atau laki-laki. Penataan rambut kini sudah menjadi tren gaya hidup masyarakat.

Memulai bisnis barbershop pun tak perlu modal yang besar. Kamu hanya membutuhkan modal untuk membuat bangunan atau sewa, peralatan cukur dan biaya promosi awal. Jika kamu memiliki ruangan rumah yang cukup luas, kenapa tidak kamu manfaatkan saja untuk dijadikan barbershop.

6. Makeup Artist (MUA)

unsplash.com

Usaha di bidang Makeup Artist kini telah menjadi incaran banyak orang, terutama wanita yang ingin mengembangkan bakatnya dalam merias wajah. Jika kamu gemar berdandan atau hobbi merias wajah teman, maka kini saatnya kamu mengembangkan hobi kamu menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Mulailah menjadi MUA dari mulut ke mulut, atau kamu juga bisa menggunakan media sosial seperti Instagram untuk sarana memasarkan jasa kamu. Selain skill merias yang dibutuhkan, kamu juga harus pandai-pandai memilih alat-alat makeup yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan kamu nantinya.

7. Desain CV

unsplash.com

Jumlah pencari kerja tiap tahunnya terus bertambah, ini membuktikan bahwa persaingan di luar sana memang sangatlah ketat. Bahkan, beberapa HR di perusahaan-perusahaan besar mengaku bahwa Curriculum Vitae adalah salah satu filter mereka untuk mencari kandidat sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Jadi, sangat penting bagi para pelamar untuk memiliki CV yang tak hanya menarik, namun juga berisi informasi yang menjual sehingga HR tertarik untuk memanggilnya sebagai salah satu kandidat untuk diwawancarai atau dites.

Inilah kesempatan bagi kamu untuk masuk dan menawarkan bisnis unik ini. Kamu bisa membuka jasa desain CV untuk para jobseeker, terutama bagi mereka yang fresh-graduate, jasa kamu sangatlah dibutuhkan. Jika kamu menekuni bisnis ini, akan ada banyak orang yang tertarik untuk menggunakan jasa kamu. Masih banyak orang yang belum begitu paham bagaimana cara membuat CV yang baik dan menarik.

8. Blogging

unsplash.com

Sekarang ini, iklim bisnis terlihat lebih modern dan condong ke media digital sehingga ide bisnis pertama ini akan sangat tepat untuk kamu. Blog menjadi medium yang sudah lama digunakan bagi mereka yang sangat mencintai kegiatan menulis. Namun, di tengah gencarnya era globalisasi ini, bisnis blog bisa menjadi peluang yang manis dan menjanjikan karena kebutuhan informasi berjalan sangat pesat. Banyak orang yang mencari informasi di media online dan blog adalah salah satu wadahnya.

Jika blogging adalah salah satu pilihan berbisnis kamu, hal yang pertama kamu lakukan adalah mencari karakter dan tema besar dari tulisan blog kamu. Bisa juga disesuaikan dengan passion kamu sehingga akan lebih mudah mendapatkan inspirasi untuk menulis. Menjadi blogger juga akan membawa banyak keuntungan kalau kamu terus berkomitmen untuk mengembangkan tulisan. Kamu juga bisa bekerja sama dengan brand atau bisnis lainnya, dengan begitu peluang bisnis kamu akan terbuka semakin lebar karena tidak sedikit pula perusahaan yang tertarik untuk menggunakan jasa kamu sebagai pengiklan produk mereka di blog kamu.

9. Online Courses/Teaching

unsplash.com

Jika kamu salah satu orang yang ingin mengandalkan pengetahuan sebagai peluang bisnis online kamu, maka online course (teaching) adalah bisnis yang cocok. Kamu bisa membuka usaha dan berbagi ilmu kepada mereka yang membutuhkan serta tertarik untuk belajar. Kami bisa memberikan kelas online dengan subjek pelajaran yang bervariasi, mulai dari kelas bisnis, bahasa asing, hingga kelas soft/hard skills seperti Microsoft Office, Photoshop, atau bahkan kelas yang membahas tentang onderdil kendaraan.

Bisnis yang satu ini bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan bagi kamu yang ingin menekuninya karena tidak sedikit orang yang ingin mempelajari pengetahuan atau skill tertentu. Akan tetapi, mereka tidak ingin repot keluar rumah dan internet adalah jalan pintas mereka. Jadi, bisnis online kamu bisa menjadi jawaban untuk mereka yang ingin belajar tanpa harus keluar rumah.

10. Desain Grafis

unsplash.com

Karena dunia industri yang kreatif adalah industri yang terus berkembang. Terbukti dengan banyaknya permintaan desain grafis yang datang dari berbagai kalangan. Mulai dari perusahaan kecil dan menengah yang ingin mempromosikan brand-nya, hingga event organizer yang membutuhkan desain grafis untuk campaign-nya. Semakin kamu memiliki portofolio desain dari berbagai klien, harga yang kamu bisa tawarkan pun jadi semakin mahal.

11. Thrift Shop

unsplash.com

Thrift shop adalah toko yang menjual barang-barang bekas masih mulus dan bisa dipakai. Akhir-akhir ini, anak muda di Indonesia kebanyakan fokus pada pilihan pakaian vintage yang dijual melalui media sosial atau portal jual beli barang. Jadi, kalau orang tua kamu memiliki baju zaman dulu yang masih layak pakai, jangan dulu dibuang karena kamu bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha. Kamu juga bisa berburu pakaian vintage ini diberbagai grosir pakaian bekas dengan harga sangat murah dan kemudian menjualnya kembali.

12. Affiliate Marketing

unsplash.com

Bisnis affiliate merupakan salah satu jenis usaha yang tidak perlu mengeluarkan modal. Bahkan bisnis ini menjadi salah satu bisnis online yang paling banyak dinikmati oleh Internet Marketer Indonesia. Kamu bisa mendapatkan uang dengan cara membagikan sebuah link afiliasi atau menjual produk orang, Jika seseorang membeli barang melalui link afiliasimu maka kamu akan mendapatkan komisi yang telah ditentukan.

Kamu hanya perlu membagikan link afiliasi dan mempromosikan produk melalui sosial media untuk menarik orang membeli barang melalui link afiliasi kamu. Kamu juga bisa memanfaatkan blog dengan membuat konten khusus marketing. Banyak sekali situs marketplace atau online shopping yang menyediakan fitur afiliasi saat ini.

13. Event Organizer/Planner

unsplash.com

Jika kamu adalah tipe orang yang suka dengan tantangan, maka bisnis Event Organizer bisa menjadi pilihan. Menekuni bisnis Event Organizer adalah salah satu usaha yang membutuhkan kreativitas dan energi yang tinggi. Jika kamu menyukai tantangan dan ingin mengasah sisi kreatif dan organizing skills kamu, maka bisnis ini akan sangat cocok untuk dijalani. Yang perlu disiapkan adalah staff-staff yang akan membantu kamu dalam menyusun dan mengeksekusi ide dalam setiap acara.

14. Ahli Komputer

unsplash.com

Teknologi sudah menjadi makanan sehari-hari di era digital yang semakin berkembang pesat ini. Namun, tidak sedikit juga orang yang masih kurang paham mengenai detail teknologi komputer. Jika ada sesuatu yang salah dengan komputer, mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki masalah ini.

Kamu akan sangat sukses dalam menjalani bisnis sebagai ahli komputer jika kamu memiliki pengetahuan mengenai software dan hardware dalam sebuah komputer serta cara-cara tertentu dalam memperbaiki kerusakan dalam dua komponen besar sebuah komputer tersebut. Sedikitnya orang yang memiliki pengetahuan mengenai komputer, peluang bisnis ini akan menjadi tambang emas bagi kamu yang memiliki skill tersebut. Pelanggan kamu akan rela membayar harga yang cukup mahal untuk menggunakan jasa kamu.

15. Warung Kopi

unsplash.com

Kamu juga bisa mencoba mulai berbisnis dengan membuka usaha warung kopi. Jika kamu memiliki tempat yang tidak termanfaatkan sepenuhnya, kamu bisa memanfaatkannya menjadi warung kopi. Usaha warung kopi saat ini tengah naik daun, dan banyak yang mencoba peruntunganya.

Warung kopi memiliki pangsa pasar yang cukup bagus dari kalangan anak muda. Anak muda biasanya nongkrong bersama teman-temannya di warung kopi. Kamu bisa menawarkan harga yang terjangkau disertai fasilitas wifi, agar bisa menarik konsumen lebih banyak lagi.

16. Usaha Sayur Organik

unsplash.com

Makanan organik memiliki kadar gizi yang tinggi dengan tingkat kesehatan yang sangat baik untuk dikonsumsi karena dalam menanamnya tidak menggunakan pestisida sama sekali. Saat ini mulai banyak pertanian dan budidaya sayur organik, karena selain harganya lebih mahal kamu bisa memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Kamu mungkin sudah tahu, sekarang banyak sekali wisata agro atau wisata yang menyediakan dan memperbolehkan pengunjungnya untuk bercocok tanam dan mengenal lebih jauh tentang sayuran dan buah-buahan.

17. Usaha Jual Foto

unsplash.com

Jika kamu seorang yang suka fotografi dan tidak tahu cara mendapatkan uang dari hasil karya jepretan kamu. Mungkin kamu bisa mulai untuk menjual karyamu dan dijadikan sebagai bisnis online yang menguntungkan. Cobalah untuk menjual hasil karya kamu secara online melalui beberapa situs penyedia penjualan foto. Beberapa situs penjualan foto terpuler saat ini seperti Istockphoto.com, ShutterStock.com, Fotolia.com dan StockFresh.com, dll.

18. Wedding Photographer

unsplash.com

Setiap pasangan yang ingin melangsungkan upacara pernikahan, tentunya membutuhkan seseorang yang mengabadikan momen spesial tersebut. Di sinilah peran fotografer sangatlah dibutuhkan. Bagi kamu yang punya hobi di bidang fotografi dan sangat tertarik dengan momen-momen spesial seperti pernikahan, bisnis ini cocok untuk kamu. Tidak ada yang lebih menyenangkan dari mendapatkan penghasilan dari hobi yang kamu miliki, bukan?

Layaknya para fotografer pada umumnya, kamu perlu menyediakan kamera sebagai senjata utama dalam mendapatkan momen-momen tertentu pada saat sesi pernikahan beserta dengan alat-alat esensial yang lainnya. Tidak hanya saat upacara pernikahan berlangsung, kamu juga bisa menawarkan jasa memotret untuk sesi pre-wedding si calon pengantin. Sesi pemotretan bisa dilakukan di studio ataupun di luar ruangan. Selain itu, ketajaman mata kamu dalam mengambil foto menjadi hal yang paling penting di sini untuk membuat momen spesial tersebut menjadi semakin sempurna.

19. Tour Guide

unsplash.com

Beda dengan menjalankan usaha sebagai konsultan travel, bisnis tour guide tidak memaksakan kamu untuk memiliki pengetahuan administrasi dalam menjalankannya. Dalam menekuni usaha ini, kamu dituntut untuk memiliki pengetahuan pariwisata yang dalam. Pengetahuan ini mencakup tempat wisata seperti kuliner, pakaian, dan destinasi-destinasi yang menarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjung yang dituntun oleh bisnis kamu. Tidak hanya mengetahui tempat tersebut, kamu juga perlu memiliki informasi yang detail mengenai rute terbaik menuju tempat-tempat wisata tersebut, jenis medan yang harus ditempuh dalam perjalanan, dan hal-hal penting yang perlu diketahui pelanggan kamu.

20. Travel Consultant

unsplash.com

Jika kamu memiliki ketertarikan di dunia traveling, maka jenis usaha yang satu ini akan cocok dengan kamu. Jika jalan-jalan keliling Indonesia bahkan ke luar negeri adalah hobi utama kamu, bisnis ini akan menjadi bisnis yang kamu idam-idamkan. Menjalankan bisnis sebagai travel consultant tidak hanya memberikan jadwal penerbangan untuk pelanggan kamu, tapi kamu bisa memberikan pengetahuan tentang budaya negara yang akan dikunjungi. Selain itu, kamu juga bisa membantu dan menuntun mereka mengenai informasi pembuatan paspor, visa, dan hal-hal administratif lainnya.

21. Usaha Freelancer

unsplash.com

Menjadi seorang freelancer adalah bisnis modal kecil yang sangat menguntungkan, kerja tidak perlu rapi, cukup pakai kaos oblong dan dirumah pun sudah bisa mendapatkan uang. Namun jika kamu seorang freelance kamu harus bisa memperhatikan masalah waktu atau deadline yang diberikan oleh klien. Kamu bisa mendapatkan job dari memanfaatkan situs Fiverr.com, Ads.id, Projects.co.id, Sribulancer.com. Kamu harus menjaga kepercayaan pelanggan kamu agar kedepannya bisa di rekomendasikan.

22. Social Media Influencer Manager

unsplash.com

Istilah social media influencer tentu kini sudah sangat akrab di telinga masyarakat. Kehadiran social media influencer pun beragam sesuai dengan bidang yang mereka geluti. Namun, tidak sedikit juga dari mereka yang kewalahan dalam me-manage aktifitas media sosial mereka, bahkan ada yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai hal ini. Ini bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk memberikan jasa influencer manager untuk mereka.

Kebanyakan influencer mendapatkan tawaran brand deals dari brand ternama dan biasanya mereka diberikan kontrak yang sulit dimengerti. Di sinilah peran kamu untuk mereka, kamu bisa membantu mereka memberikan pengetahuan mengenai sisi bisnis dari pekerjaan yang mereka geluti. Layaknya manager artis, kamu juga bisa mem-filter brand mana yang pantas untuk bekerja sama dengan para influencer tersebut.

23. Salon Kecantikan

unsplash.com

Pada dasarnya semua perempuan ingin cantik, sehingga memulai usaha di bidang kecantikan tentu akan sangat menjanjikan. Kini, usaha di bidang kecantikan semakin terbuka lebar dan banyak peluang usaha baru dengan adanya teknologi terbaru seperti sulam alis, sulam bibir, eyelash extension dan lainnya. Yang perlu kamu perhatikan adalah bakat dasar di bidang kecantikan, kemudian perdalam teknik dan keterampilan kamu. Dan sudah dipastikan kedepannya usaha kamu akan berjalan dengan baik.

24. Percetakan

unsplash.com

Usaha percetakan menjadi salah satu piliha usaha yang menguntungkan dan wajib kamu pertimbangkan. Mengingat kini sudah ada banyak orang yang membutuhkan jasa percetakan seperti percetakan print, percetakan banner, percetakan spanduk, percetakan undangan, dll. Sehingga hal ini dapat dijadikan peluang usaha, dan layak untuk dikembangkan.
Bukan hanya membuka usaha dibidang percetakan, sebaiknya kamu juga menyediakan jasa pengetikan, fotokopi, scan, dll. Dengan begitu kamu bisa mempunyai keuntungan yang maksimal, Dengan cukup menjalankan beberapa bisnis yang mudah dalam satu genggaman.

25. Jasa Membuat Website

unsplash.com

Jasa membuat website nyatanya juga menjadi salah satu peluang usaha terbaik di tahun ini. Yang mana, usaha satu ini bisa dicoba oleh kamu yang tertarik dan memiliki keahlian di bidang web development. Karena, keuntungan yang kamu dapatkan cukup besar. Kamu tidak hanya mendapatkannya dari membuat website saja, tetapi kamu juga bisa mendapatkan keuntungan apabila melakukan kerja sama dengan pihak lain.

26. Jasa Desain Online

unsplash.com

Peluang usaha selanjutnya yang wajib kamu coba adalah membuka jasa desain online. Pasalnya, desain akan selalu dibutuhkan, baik itu desain poster, spanduk, brosur ataupun desain-desain lainnya. Buat kamu yang ingin memulai usaha ini, kamu tidak membutuhkan modal yang besar. Sebab, dalam hal ini kamu hanya membuka jasa desain online saja, bukan mengurusnya sampai menjadi bentuk fisik yang nyata atau pencetakan.

Oleh sebab itu, kamu mungkin hanya membutuhkan peralatan penunjang, seperti laptop atau komputer dan koneksi internet. Kemudian untuk masalah harga sendiri, kamu bisa memberikannya sesuai dengan kemampuan, waktu yang dihabiskan, latar belakang hingga jam terbangmu selama menjadi seorang desain grafis. Namun tentu saja, harga yang kamu berikan tersebut harus sesuai dengan kualitas desain yang diberikan pada customer.

27. Jasa Penitipan Anak (Day Care)

unsplash.com

Karena perkembangan ekonomi, umumnya saat ini pasangan harus sama-sama bekerja untuk bisa memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Karena alasan inilah banyak pasangan yang sama-sama bekerja atau berbisnis. Akibatnya buah hatinya biasa terlantar, dan mereka berusaha semaksimal mungkin agar hal itu tidak terjadi.

Misalnya saja dengan mencari jasa penitipan anak yang terjamin untuk menitipkan buah hati mereka selama jam kerja. Nah, ini juga bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan nih sekarang ini. Jangan ragu membuka jasa penitipan anak dengan pekerja yang memang ahli di bidangnya.

28. Jasa Grooming untuk Peliharaan

unsplash.com

Kamu pecinta hewan, atau bahkan kamu memiliki hewan peliharaan di rumah dan berpikiran untuk mengembangkan usaha yang berkaitan dengan hewan peliharaan? Ini dia bisnis yang sangat pas untuk kamu. Kamu mungkin tertarik untuk membuka bisnis pet grooming. Terutama bagi kamu yang hidup di kota-kota besar yang masyarakatnya sangat hobi merawat hewan peliharaan mereka, jasa pet grooming sangatlah dibutuhkan.

Kamu bisa membantu mereka yang tidak punya banyak waktu untuk memandikan hewan peliharaan mereka, merapikan bulu-bulunya, serta menjaganya agar tetap bersih dan sehat. Tidak hanya menawarkan jasa membersihkan hewan peliharaan, kamu juga bisa menawarkan jasa untuk menjaganya jika si empunya sedang berada di luar kota atau luar negeri untuk sementara waktu. Pasti akan sangat menyenangkan memiliki bisnis ini, terlebih jika kamu memang suka dengan binatang peliharaan.

29. Jasa Penyewaan Kamera

unsplash.com

Ketika orang ingin mengabadikan momen spesial atau dokumentasi baik foto maupun video dibutuhkan sebuah kamera, Namun harga kamera tergolong cukup mahal. Nah, ini tentunya bisa menjadi suatu peluang usaha untuk kamu. Modal yang dikeluarkan untuk usaha ini hanya peralatan yang berhubungan dengan fotografi, seperti kamera, tripod, memori, dll.

Namun disarankan untuk jenis kamera adalah yang terbaik dan harga yang sesuai dengan fasilitas yang didapatkan. Agar menaikkan kepercayaan penyewa kedepannya. Kamu juga bisa menyediakan penyewaan sebuah drone, mengingat saat ini belum banyak orang yang menyewakannya. Mengingat belum banyak jasa penyewaan kamera yang juga menyediakan penyewaan drone, namun kini banyak yang membutuhkannya.

30. Jasa Babysitting

unsplash.com

Di kota besar, beberapa orang tua memiliki kesibukan yang sangat tinggi. Mereka disibukkan dengan pekerjaan mereka sehingga waktu untuk menjaga anak di rumah sangatlah terbatas. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi kamu yang tertarik untuk menawarkan jasa babysitting.

Apalagi jika kamu sangat menyukai anak-anak, usaha ini akan menjadi bisnis yang menyenangkan. Ada beberapa jenis babysitting yang bisa kamu tawarkan. Pertama adalah visit babysitting, jasa babysitting yang bisa kamu lakukan dengan mengunjungi rumah pelanggan untuk menjaga anaknya di rumah. Atau kedua, daycare atau baby/child hotel, kamu dapat menyediakan tempat bagi orang tua yang ingin menitipkan anak selama mereka bekerja.

31. Bisnis Perhiasan Handmade

unsplash.com

Banyak orang menganggap penampilan adalah segalanya, rasanya belum lengkap jika mereka tidak menggunakan aksesoris untuk menambah daya tarik mereka. Di sinilah kamu bisa membuka peluang bisnis perhiasan handmade milik kamu. Perhiasan yang dibuat dengan tangan akan sangat dihargai karena membutuhkan ketelatenan dan detail.

Selain itu, perhiasan handmade biasanya dibuat dengan kuantiti yang terbatas. Itulah salah satu yang menjadikan perhiasan handmade lebih spesial. Kualitas juga menjadi nomor satu untuk perhiasan handmade sehingga kamu bisa menambahkan ciri khas pada produk tersebut.

32. Bisnis Travel dan Rental Mobil

unsplash.com

Travelling menjadi bagian dari gaya hidup dan tren sebagian orang. Banyak orang melakukan travelling untuk tujuan refreshing. Sehingga usaha travel saat ini menjadi sebuah bisnis yang cukup menjanjikan. Kamu juga bisa membuka cabang jasa bisnis rental mobil pada usaha travel yang kamu jalankan.

Jika beberapa kalian menganggap bisnis travel dan rental mobil harus memiliki modal yang banyak kamu salah. Karena nyatanya, kamu bisa mencoba usaha travel dengan modal minim. Asalkan kamu dapat melihat peluang usaha dan tentunya tekun dalam menjalankan usaha travel tersebut.

33. Supplier Furniture

unsplash.com

Peluang usaha yang satu ini bisa mendatangkan keuntungan yang cukup menjanjikan untuk kamu. Mengingat banyak pemilik rumah yang ingin melengkapi isi rumah mereka dengan furnitur tertentu, mulai dari tempat tidur, meja, kursi, dan barang mebel lainnya. Akan sangat membantu jika kamu memiliki pengalaman atau pengetahuan dalam membuat furnitur dari kayu mentah dan memiliki sisi kreatif dalam merakit barang-barang mebel. Apalagi zaman sekarang para millenials mulai melek dengan kebutuhan papan mereka, sehingga furniture yang modern dan kekinian menjadi barang yang sangat mereka cari.

34. Car Wash

unsplash.com

Semua orang pasti menginginkan mobil kesayangan mereka selalu tampak bersih. Car wash menjadi tempat andalan pemilik mobil yang tidak punya waktu untuk membersihkan mobilnya sendiri. Usaha car wash menjadi bisnis yang tidak ada matinya apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya.

Kesibukan masyarakat kota besar tidak membiarkan para pemilik mobil meluangkan waktu dan tenaga untuk mencuci mobilnya sendiri. Di sinilah car wash menjadi sangat penting bagi mereka. Tidak hanya mobil saja, namun kamu bisa membuka jasa untuk mencuci kendaraan roda dua di outlet kamu.

Hal-hal yang kamu perlu siapkan pun bervariasi. Jika kamu ingin memulai usaha car wash dengan budget minim, kamu hanya perlu menyediakan sabun cuci mobil, spons khusus untuk mobil, serta selang dan aliran air. Namun, jika kamu siap untuk mengeluarkan uang yang cukup banyak, kamu bisa membeli alat pembersih mobil otomatis untuk proses cuci mobil yang cepat dan terjamin.

35. Coworking space

unsplash.com

Kalau zaman dahulu, orang ingin memulai bisnis selalu memikirkan untuk sewa ruko atau rukan. Zaman sekarang ada solusi baru yang disebut coworking space. Di mana coworking space ini adalah properti yang disewakan untuk kerja dengan fasilitas-fasilitas yang mendukung, seperti internet, telepon, fax, ruang rapat, bantuan administrasi dan lain sebagainya. Ibarat kalau mahasiswa tinggal di rumah kos, nah kalau pebisnis bisa mulai dari coworking space.

Nah, itu tadi 35 peluang usaha di tahun 2020 yang paling laris dan banyak dicari oleh calon pembeli. Kira-kira peluang usaha yang mana nih yang bakal kamu geluti? Jika kamu masih ingin mencari informasi menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Mamikos dan temukan infonya di sana.