Pendaftaran CPNS Untuk Lulusan S1 Semua Jurusan 2021/2022

Posted in: CPNS
Tagged: cpns

Pendaftaran CPNS Untuk Lulusan S1 Semua Jurusan 2021/2022 -Informasi mengenai pendaftaran CPNS untuk lulusan S1 semua jurusan adalah salah satu informasi yang paling dicari oleh masyarakat Indonesia hampir setiap tahun. Pekerjaan sebagai PNS tentunya sudah menjadi idaman bagi masyarakat Indonesia. Dengan gaji tetap dan pekerjaan yang teratur, masyarakat menganggap bahwa PNS merupakan pekerjaan yang baik untuk jangka panjang. 

Pendaftaran CPNS Untuk Lulusan S1 Semua Jurusan

kompas.com

Setiap tahun pasti ada banyak fresh graduate yang bergelar sarjana. Kebanyakan lulusan sarjana ingin langsung melamar pekerjaan agar bisa segera mendapatkan penghasilan yang nantinya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Seseorang yang sudah lulus kuliah memang sudah sewajarnya untuk mulai berhenti bergantung pada orang tua dan segera hidup mandiri.

Lulusan sarjana di era modern masih memiliki minat yang cukup tinggi untuk menjadi PNS. Maka dari itu, mereka pasti sangat menantikan informasi terbaru seputar tes CPNS. Jika kamu adalah salah satunya, maka kamu wajib menyimak informasi berikut ini.

Pendaftaran Tes CPNS S1 Tahun 2021/2022

Berikut ini adalah informasi seputar pendaftaran CPNS untuk lulusan S1 semua jurusan untuk tahun 2021/2022 :

  1. Syarat Pendaftaran
  2. WNI

Syarat pertama adalah pendaftar merupakan WNI. Seseorang yang ingin mendaftar tes CPNS untuk periode 2021/2022 haruslah WNI. Untuk membuktikan status kewarganegaraan cukup simpel yaitu dengan menunjukkan KTP.

Tidak Pernah Diadili Selama Lebih Dari 2 Tahun

Syarat kedua adalah tidak pernah diadili selama lebih dari 2 tahun. Seseorang yang melakukan tindakan kriminal atau pelanggaran terhadap peraturan pasti akan mendapatkan sanksi dari lembaga penegak keadilan. Seseorang yang bisa mendaftar tes CPNS untuk periode 2021/2022 adalah mereka yang tidak pernah dipenjara selama lebih dari 2 tahun.

Tidak Dipecat

Syarat ketiga adalah tidak pernah dipecat atau diberhentikan secara tidak hormat dari TNI, Polri, PNS, BUMN, dan perusahaan swasta. Pemecatan atau pemberhentian secara tidak hormat biasanya dilakukan pada karyawan yang memang sudah kelewatan. Maka dari itu, pendaftar tes CPNS harus memenuhi persyaratan ini sebagai bukti attitude yang baik.

Tidak Sedang Menjabat di Entitas Pemerintahan

Syarat keempat adalah pendaftar tidak sedang menempati jabatan di entitas pemerintahan. Jika seorang pegawai pemerintahan memaksa untuk mendaftar CPNS, maka dia akan langsung ditolak karena secara administratif tidak lolos.

Tidak Menjalani Pendidikan di Akademi Ikatan Dinas

Syarat kelima adalah tidak sedang menjalani pendidikan di Akademi ikatan dinas. Seseorang yang sedang menjalani pendidikan di ikatan dinas nantinya akan diproyeksikan untuk menjadi pegawai pemerintahan yang baru. Maka dari itu, seseorang yang bisa mengikuti pendaftaran CPNS untuk lulusan S1 semua jurusan adalah mereka yang tidak masuk di ikatan dinas.

Nilai Rata-Rata Minimal “B”

Syarat keenam adalah pendaftar harus memiliki nilai rata-rata minimal B. Mendapatkan rata-rata nilai B menunjukkan bahwa pendaftar menjalankan kewajibannya di kampus dengan baik. Jadi, kemampuan kognitif dari pendaftar masuk ke dalam kriteria yang diinginkan oleh pemerintah.

Tidak Memiliki Tato atau Tindik

Syarat ketujuh adalah pendaftar tidak boleh memiliki tato atau tindik. Seorang pendaftar yang memiliki tato atau tindik akan langsung ditolak ketika mengikuti pendaftaran CPNS. Pengecualian diberikan kepada mereka yang memasang tato atau tindik sebagai bagian dari tradisi adat istiadat atau agama.

Memiliki Fisik dan Mental yang Sehat

Syarat kedelapan adalah memiliki fisik dan mental yang sehat. Seseorang yang ingin mendaftar tes CPNS untuk periode 2021/2022 haruslah memiliki kesehatan fisik dan mental yang bagus. Untuk membuktikan hal tersebut biasanya pihak penyelenggara meminta surat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga lain yang sejenis.

Lulusan S1

Syarat kesembilan adalah pendaftar CPNS haruslah seorang lulusan sarjana. Seseorang yang ingin mengikuti pendaftaran CPNS untuk lulusan S1 semua jurusan harus menyelesaikan pendidikan S1 atau lebih tinggi. Dengan kualifikasi pendidikan di bawah S1, nantinya pendaftar tidak akan lolos dari seleksi administrasi.

Bebas Narkoba

Syarat kesepuluh adalah bebas dari narkoba. Narkoba merupakan barang yang dilarang oleh pemerintah Indonesia untuk digunakan atau diperjual belikan. Seseorang yang terbukti menggunakan narkoba dianggap melanggar hukum. Maka dari itu, pendaftar CPNS harus memiliki bukti bebas narkoba berupa surat NAPZA dari rumah sakit.

Siap Ditempatkan di Luar Pulau

Syarat kesebelas adalah pendaftar harus siap untuk ditempatkan di luar pulau. Pemerintah menegaskan bahwa penempatan untuk PNS baru disesuaikan dengan kebutuhan untuk setiap daerah. Maka dari itu, pendaftar CPNS harus siap untuk ditempatkan di mana saja termasuk di luar pulau.

Tidak Menjabat Sebagai Pengurus Partai Politik

Syarat kedua belas adalah pendaftar tidak sedang menjabat sebagai pengurus partai politik. Jika memang seorang pendaftar memaksa untuk mengikuti pendaftaran CPNS untuk lulusan S1 semua jurusan, maka dia akan langsung gagal dalam seleksi administrasi.

  1. Alur Pendaftaran
  2. Registrasi Online

Langkah pertama adalah melakukan registrasi secara online. Registrasi online bisa dilakukan di website resmi yang disediakan BKN untuk penerimaan pegawai baru yaitu https://sscn.bkn.go.id. Pendaftar diwajibkan mengisi data yang dibutuhkan seperti NIK pada KTP dan NIK pada KK.

Upload Berkas

Langkah kedua adalah upload berkas. Pendaftar diwajibkan untuk melakukan scanning terhadap berkas-berkas yang dimilikinya karena nanti akan diupload di website. Dalam melakukan upload berkas, pendaftar harus memperhatikan tipe dari file dan ukuran maksimal dari file supaya berkas bisa diupload. 

Mencetak Bukti Pendaftaran

Langkah ketiga adalah mencetak bukti pendaftaran. Pendaftar yang sudah menyelesaikan upload berkas di website nantinya akan mendapatkan file bukti pendaftaran. File bukti pendaftaran bisa langsung diunduh dan dicetak. 

Mencetak Kartu Ujian

Langkah yang terakhir adalah mencetak kartu ujian. Pendaftar yang dinyatakan berhasil lolos dari seleksi administrasi nantinya akan mendapatkan file kartu ujian. File kartu ujian bisa langsung diunduh dan dicetak. Kartu ujian nantinya akan digunakan ketika pendaftar menjalani tes tertulis di lokasi yang sudah ditentukan oleh penyelenggara.

  1. Berkas Pendaftaran
  2. Transkrip Nilai dan Ijazah

Yang pertama adalah transkrip nilai dan ijazah. Pendaftar diharuskan melakukan scanning terlebih dahulu pada transkrip nilai dan ijazah agar menjadi soft file. Setelah menjadi soft file, nantinya pendaftar bisa langsung mengunggah dokumen di website yang disediakan.

Kartu Keluarga dan KTP

Yang kedua adalah Kartu Keluarga dan KTP. Pendaftar diharuskan melakukan scanning terlebih dahulu pada Kartu Keluarga dan KTP agar menjadi soft file. Setelah menjadi soft file, nantinya pendaftar bisa langsung mengunggah dokumen di website yang disediakan.

Pas Foto 3×4

Yang ketiga adalah pas foto 3×4. Karena pemberkasan dilakukan secara online, maka pendaftar diharuskan mengirimkan foto dalam bentuk file. File foto harus memenuhi kriteria yang ditentukan oleh panitia. Ukuran dari foto adalah 3×4 dan pose foto haruslah formal.

Itulah beberapa informasi penting mengenai pendaftaran CPNS untuk lulusan S1 semua jurusan. Jika kamu adalah fresh graduate yang sedang ingin menjadi PNS, maka kamu wajib untuk selalu update informasi seputar pendaftaran CPNS. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah