Pendaftaran Masuk AKMIL 2020/2021

 Mamikos | Sen, 23 Apr 2018

Pendaftaran Masuk AKMIL – Akademi Militer (AKMIL) adalah salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Pertahanan (KEMENHAN). Menjadi mahasiswa AKMIL merupakan salah satu kebanggaan tersendiri, baik bagi Anda sebagai mahasiswanya maupun bagi orang tua dan keluarga. Tentu perjuangan menjadi salah satu mahasiswa Akademi Militer tidak mudah, apalagi bagi Anda yang belum memiliki basic di bidang kemiliteran. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena informasi pendaftaran masuk AKMIL akan membantu Anda untuk bisa menjadi bagian dari AKMIL tahun ini. selamat membaca!

Informasi Seputar Pendaftaran Masuk AKMIL

Informasi Seputar AKMIL

Akademi Militer merupakan program pendidikan yang diadakan oleh TNI Angkatan Darat dengan tujuan mencetak lulusan yang paham di bidang militer dan kompeten di bidangnya. Lokkasi Akademi Militer  terdapat di Kota Magelang, Jawa Tengah.

Jika Anda mendapatkan kesempatan untuk meneruskan studi di Akademi Militer, maka Anda tidak akan dikenakan biaya studi, bahkan semua biaya pendidikan, termasuk biaya tempat tinggal di asrama, biaya makan tiga kali sehari, uang saku setiap bulan, seragam selama menempuh studi, hingga fasilitas belajar yang sangat lengkap bisa Anda dapatkan secara gratis. Lingkungan belajar yang kondusif di Akademi Militer akan membuat Anda lebih fokus dalam belajar dan meraih mimpi untuk menjadi seorang sarjana yang kompeten di bidangnya.

Lokasi Akademi Militer di Kota Magelang dengan ketinggian 400 meter dpl dikelilingi beberapa gunung, seperti Gunung Tidar, Gunung Sundoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu. Akademi Militer juga memiliki fasilitas penunjang lengkap seperti adanya Kompleks Panca Agra, Mess Sundoro, Mess Sumbing, Mess Dieng, Mess Merapi, Mess Kranggan, Ksatrian Akmil, kolam renang Pisangan, dan sebagainya.

Persyaratan Pendaftaran Masuk AKMIL

Jika Anda ingin menjadi mahasiswa Akademi Militer, maka Anda perlu memenuhi persyaratan yang diberikan, seperti membuktikan kewarganegaan RI, beriman dan bertakwa pada Tuhan YME, mematuhi Pancasila dan UUD 45, merupakan mahasiswa dengan rentang usia 18 – 22 tahun, serta sehat jasmani dan rohani.

Persyaratan lain yang perlu Anda penuhi sebelum mendaftar masuk di Akademi Militer adalah bukan merupakan anggota TNI/Polri serta bukan anggota PNS. Dengan ijazah SMA/MA yang dimiliki, serta menyanggupi syarat untuk tidak menikah selama menempuh studi di Akademi Militer, Anda juga harus siap ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia ketika menjalankan ikatan dinas selama 10 tahun. Biasanya, berlaku pula persyaratan tambahan seperti tidak diizinkannya tubuh yang bertato serta tindik (kecuali karena adat atau agama) dan bebas KKN selama proses seleksi AKMIL.

Cara Pendaftaran Masuk AKMIL

Pendaftaran AKMIL dilakukan dengan cara membawa dokumen-dokumen, seperti: kartu kewarganegaraan (untuk WNA), akta kelahiran, KTP calon dan KTP orang tua/wali, KK, STTB atau ijazah (dari jenjang SD, SMP, dan SMA), serta nilai rapor kelas 1-3. Dokumen tersebut perlu dibawa aslinya dan fotokopi dalam kondisi sudah dilegalisir. Sebagai calon mahasiswa baru AKMIL, Anda harus datang sendiri ke lokasi Ajen Kodam, Ajen Korem, atau Kodim setempat.

Jurusan di AKMIL

Sebelum Anda memutuskan untuk mendaftar salah satu program studi di Akademi Militer, Anda perlu mengetahui berbagai macam program studi yang diberikan, seperti:

  • Jurusan Elektro (gelar ST)
  • Jurusan Internasional (gelar SHI)
  • Jurusan Administrasi Ilmu Pemerintahan (gelar SIP)

Anda bisa mendapatkan gelar S1 tersebut setelah berhasil menyelesaikan 45 SKS dengan pembagian 14 SKS saat pendidikan di Taruna dan 31 SKS saat menempuh pendidikan di Sarcab.

Sebelum bisa mengikuti ujian tersebut, Anda harus menyelesaikan ilmu militer dalam jangka waktu 4 tahun terlebih dahulu dengan rincian sebagai berikut: 1 tahun Pendidikan Dasar Keprajuritan Chandradimuka (bersama taruna AAL, AAU, dan Akademi Kepolisian), 4 tahun dengan pendidikan tingkat I sampai dengan tingkat IV. Setelah menyelesaikan studi tersebut, Anda akan memperoleh gelar Sarjana Terapan Pertahanan (S.ST.Han).

Jalur Pendaftaran Masuk AKMIL

Untuk bisa menjadi bagian dari mahasiswa AKMIL, Anda perlu mengikuti tata cara pendaftaran AKMIL sebagai berikut:

  • Bukalah website ad.rekrutmen-tni.mil.id kemudian pilih menu ‘Taruna Akmil’
  • Klik tombol ‘daftar atau registrasi’ yang terdapat di bagian kanan area login
  • Isilah data pendaftaran yang diminta, kemudian cetak bukti pendaftaran
  • Bawalah bukti pendaftaran yang sudah dicetak ke Ajendam/Rem terdekat untuk divalidasi
  • Anda akan mendapatkan nomor peserta yang harus dibawa ketika proses seleksi
  • Catatlah waktu dan tempat seleksi yang ditentukan

Dalam proses pendaftaran masuk AKMIL, Anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun, sehingga Anda perlu waspada ketika ada oknum yang meminta uang jaminan dan sebagainya.

Materi Tes Seleksi Pendaftaran Masuk AKMIL

Persiapkan diri Anda untuk mengikuti seleksi masuk AKMIL dengan mengerjakan berbagai macam soal dan mekanisme lain yang harus dipenuhi. Pada tahap pengecekan awal, Anda akan melalui seleksi administrasi dan seleksi kesehatan tahap pertama. Selain itu, seleksi psiokologi, pengecekan jasmani (postur) dan parade (menentukan calon untuk mengikuti Rik Psikologi) juga dilakukan.

Seleksi dilanjutkan dengan tahap Rik/Uji Panda yang meliputi ujian administrasi, ujian kesehatan tahap II, rik/uji jasmani (garjas A, B, berenang, dan postur), sidang panda, dan mental ideologi.

Tahap seleksi tahap akhir yang perlu Anda tempuh adalah Rik/Uji Pusat yang meliputi ujian administrasi, ujian kesehatan tahap III, akademik, mental ideology, psikologi II atau psikologi lapangan, dan sidang Panpus.

Jika Anda dinyatakan lolos dan diterima menjadi salah satu mahasiswa Akademi Militer, maka Anda harus mengikuti pendidikan selama 4 tahun, kemudian menjalani pelantikan sebagai Perwira TNI AD berpangkat Letnan dua serta memiliki gelar S.T.Han.

 Tips Mengikuti Seleksi Masuk AKMIL

Setelah membaca syarat-syarat di atas, sudahkah Anda menentukan pilihan di AKMIL? Mamikos akan memberikan tips mengikuti seleksi masuk AKMIL agar peluang lolos menjadi lebih besar, diantaranya:

  • Lengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan Akademi Militer pada ketentuan di atas
  • Jika Anda ingin menjalani ujian kesehatan, tidak ada salahnya melakukan medical check up terlebih dahulu untuk mengetahui kekurangan di dalam tubuh dan bisa mengobatinya jauh-jauh hari. Perbanyaklah konsumsi buah dan air putih serta menghindari rokok, begadang, dan lebih rajin berolahraga.
  • Rajinlah belajar materi seleksi Akademi Militer karena proses seleksi tidak hanya didasarkan pada tes fisik saja, tetapi juga tes pengetahuan.
  • Biasakan diri untuk latihan fisik sebelum menjalani ujian, seperti tes lari, sit up, push up, dan sebagainya.
  • Bertanya pada alumni Akademi  Militer juga akan membantu Anda dalam menyiapkan fisik serta mental sebelum seleksi masuk diadakan.

Kontak Informasi Pendaftaran Masuk AKMIL

Informasi terkait pendaftaran masuk AKMIL bisa Anda dapatkan dengan datang langsung ke lokasi AKMIL Jalan Gatot Subroto, Magelang, Jawa Tengah.

Sekian informasi mengenai pendaftaran masuk AKMIL yang dapat mamikos berikan. Jangan lupa untuk mendownload aplikasi pencari kost mamikos secara gratis melalui ponsel android atau ios. Anda bisa mencari tahu berbagai macam kost dekat AKMIL atau kost Magelang murah  dekat AKMIL yang sesuai keinginan dengan berbagai jangka waktu sewa, mulai dari harian hingga tahunan. Selain itu, informasi mengenai lowongan kerja part time hingga fulltime pun akan Anda dapatkan. Berminat mencoba?

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: