Pendaftaran Masuk PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara) 2019/2020

 Mamikos | Rab, 23 Mei 2018

Pendaftaran Masuk PKN STAN – Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan (KEMENKEU). Peminat ujian masuk STAN selalu membludak dari tahun ke tahun. Tidak mengherankan, memang. Sebagai salah satu PTK favorit yang menjadi bagian top 10 PTK di Indonesia, STAN memang memberikan banyak kemudahan untuk mahasiswanya. Jika Anda ingin menjadi mahasiswa STAN, bacalah artikel pendaftaran masuk PKN STAN berikut ini.

Pendaftaran Masuk PKN STAN 2019/2020

1. Informasi Seputar PKN STAN

Sebagai salah satu Sekolah Tinggi Kedinasan, PKN STAN merupakan Perguruan Tinggi Vokasi yang menawarkan program studi diploma berfokus pada bidang keuangan negara. Di PKN STAN, Anda dapat memilih pendidikan vokasi dengan jenjang DI hingga jenjang doktor (S3). Sejarah STAN sebelum berubah nama dan memiliki banyak peminat tentu cukup panjang, bahkan sudah sejak tahun 1952. Dulunya, STAN pernah dikenal dengan Akademi Pajak dan Pabean (1956), Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara (1959), Institut Ilmu Keuangan (1967), hingga menjadi STAN yang sudah dikenal.

Visi PKN STAN adalah “menjadi Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia yang menghasilkan pengelola keuangan negara bereputasi internasional”, sehingga jika Anda memiliki visi sama seperti visi PKN STAN, maka tidak ada salahnya untuk mendafta sebagai salah satu mahasiswanya.

2.  Jurusan dan Program Studi PKN STAN

Sebelum Anda mendaftar sebagai salah satu mahasiswa PKN STAN, Anda perlu mengetahui berbagai jurusan dan program studi yang ditawarkan. Tidak semua program studi dibuka untuk jenjang diploma I atau diploma III, sehingga Anda perlu lebih selektif dalam memilih program studi di PKN STAN. Terdapat beberapa jurusan di PKN STAN yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu:

  • Jurusan Akuntansi
  • Jurusan Pajak
  • Jurusan Kepabeanan dan Cukai
  • Jurusan Manajemen Keuangan

Setelah Anda mengetahui jurusan yang terdapat di PKN STAN, kini saatnya Anda mencari tahu program studi yang ditawarkan kampus ini.

  • Jurusan Akuntansi PKN STAN: program studi akuntansi (D4), program studi akuntansi (D3)
  • Jurusan Pajak Politeknik PKN STAN: program studi pajak (D3), program studi pajak bumi dan bangunan atau penilai (D3), program studi pajak (D1)

Proses perkuliahan di jurusan pajak tidak hanya diselenggarakan di satu tempat, melainkan di balai-balai diklat dengan lokasi tersebar di Indonesia.

  • Jurusan Kepabeanan dan Cukai PKN STAN: program studi kepabeanan dan cukai (D3), program studi kepabeanan dan cukai (D1)
  • Jurusan Manajemen Keuangan Politeknik PKN STAN: program studi kebendaharaan negara (D3), program studi manajemen aset (D3), program studi kebendaharaan negara (D1)

Pertimbangkanlah dengan baik jenjang program studi yang akan Anda ambil karena akan sangat menentukan karir kedepan. Jangan lupa pula untuk mencari tahu jalur pendaftaran masuk PKN STAN agar Anda bisa diterima di salah satu program studi yang diinginkan.

3. Pendaftaran Masuk PKN STAN

Seleksi penerimaan mahasiswa baru PKN STAN tahun 2019 dibuka untuk program Diploma I dan diploma III. Program studi yang ditawarkan dalam pendataran masuk STAN meliputi 9 program studi di bawah ini:

  • Program studi kebendaharaan negara (D1)
  • Program studi kepabeanan dan cukai (D1)
  • Program studi pajak (D1)
  • Program studi akuntansi (D3)
  • Program studi kebendaharaan negara (D3)
  • Program studi kepabeanan dan cukai (D3)
  • Program studi manajemen aset (D3)
  • Program studi pajak (D3)
  • Program studi pajak bumi dan bangunan atau penilai (D3)

PKN STAN juga menyediakan kuota khusus (jalur afirmasi) untuk putra-putri yang berasal dari wilayah Indonesia, seperti Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan NTT, sehingga peluang Anda untuk diterima jika berasal dari lokasi tersebut akan lebih tinggi. Namun, kuota yang ditawarkan untuk program reguler lebih banyak dibandingkan kuota khusus.

4. Syarat pendaftaran PKN STAN

Jika Anda ingin mendaftar salah satu program studi di PKN STAN, maka beberapa syarat yang harus Anda penuhi diantaranya:

  • Lulus tahun 2019, 2018, atau 2017 dari sekolah menengah atas sederajat
  • Persyaratan nilai untuk bisa menjadi bagian mahasiswa PKN STAN adalah nilai ijazah yang tidak boleh kurang dari 70.
  • Batas usia yang ditetapkan untuk menjadi mahasiswa PKN STAN adalah 20 tahun dan tidak lebih dari 20 tahun pada tanggal 1 September 2019.
  • Anda perlu memberi bukti bebas NAPZA, mampu berbicara, melihat dan melihat dengan baik, memiliki kemampuan berdiskusi, serta tidak menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda
  • Anda diharapkan tidak menikah selama menempuh studi di PKN STAN
  • Terdapat beberapa syarat tambahan yang diberlakukan untuk program studi kebapeanan dan cukai,seperti tinggi badn minimal 165 cm (laki-laki) dan 155 cm (perempuan), tidak cacat badan, bebas buta warna, serta memiliki rabun jauh maksimal 2 dioptri.
  • Jika Anda mengikuti program afirmasi, maka Anda harus mendapatkan surat rekomendasi dari sekolah serta memiliki salah satu dari kedua orang tua yang berasal dari wilayah tersebut.
  • Biaya pendaftaran untuk bisa mengikuti PKN STAN adalah 300.000 rupiah.

5. Cara Mendaftar PKN STAN

Jika Anda tertarik untuk menjadi bagian dari mahasiswa PKN STAN, persiapkan diri dengan baik untuk mendaftar pada 9 April s.d. 30 April 2019. Namun, pastikan bahwa Anda hanya melakukan pendaftaran pada satu sekolah kedinasan di kementerian yang bersangkutan agar tidak gugur. Isilah formulir pada website http://sscndikdin.bkn.go.id dan lengkapilan informasi yang diperlukan. Setelah Anda mengisi data unit penempatan, data pilihan spesialisasi, dan mengunggah semua persyaratan yang diperlukan, Anda dapat langsung mengunci data untuk bisa memperoleh kode MVA (Mandiri Virtual Account) kemudian membayar biaya pendaftaran pada tanggal 9 April s.d. 30 April 2019. Jangan lupa mencetak bukti peserta ujian untuk dibawa ke lokasi.

Lengkapilah persyaratan tambahan yang ditetapkan untuk program afirmasi, seperti surat rekomendasi kepala sekolah, akta kelahiran atau ijazah, identitas orang tua kandung, serta surat keterangan hubungan keluarga yang disahkan kepala desa atau kelurahan.

6. Pelaksanaan Ujian PKN STAN

Setelah Anda mendaftar ujian masuk PKN STAN, Anda akan mengikuti ujian tertulis pada tanggal yang sudah ditentukan, yaitu pada 3 – 13 Juli 2019. Persiapkan dengan baik materi yang diujikan seperti Seleksi Kompetensi Dasar (tes karakteristik pribadi, tes intelegensi umum, tes wawasan kebangsaan), Tes Potensi Akademik, dan Tes Bahasa Inggris. Setelah itu, Anda akan diminta menjalani tes kesehatan dan tes kebugaran pada 4 – 9 Agustus 2019. Pengumuman kelulusan PKN STAN dilaksanakan pada 23 Agustus 2019, sedangkan perkuliahan akan dimulai pada 9 September 2019.

7. Kontak Informasi PKN STAN

Jika Anda masih ingin mengetahui berbagai macam informasi tentang pendaftaran mahasiswa baru PKN STAN, maka Anda bisa datang ke kampus PKN STAN Jalan Bintaro Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan. Hubungi pula nomor telepon (021) 736-1654-58 pada jam kerja jika tidak bisa datang ke lokasi.

Demikian informasi pendaftaran masuk PKN STAN yang dapat mamikos berikan. Persiapkan diri dengan baik agar peluang untuk diterima sebagai salah satu mahasiswa STAN bisa Anda dapatkan. Jika Anda adalah mahasiswa rantau, jangan lupa untuk mencari kost dekat STAN Jakarta murah yang fasilitasnya lengkap serta bisa disewa dengan harga terjangkau. Berbagai macam kost di STAN yang jangka waktu sewanya harian hingga tahunan bisa Anda pilih.

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: