Pendaftaran Online PPDB Jateng SMA SMK 2021/2022

Pendaftaran Online PPDB Jateng SMA SMK 2021/2022 –
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tahun 2021 masih akan dilakukan seperti pada tahun 2020 kemarin yaitu secara online. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengikuti anjuran yang telah dikeluarkan oleh pemerintah demi menekan angka penyebaran COVID-19 sehingga para orang tua atau wali murid maupun calon peserta didik baru tidak perlu untuk bertemu secara fisik. Terdapat beberapa informasi terkait dengan pendaftaran Online PPDB Jateng yang dapat kamu baca di bawah ini.

Informasi Terkait Pendaftaran PPDB Online Jateng SMA SMK 2021/2022

unsplash.com

Aktivitas belajar mengajar juga harus mengikuti keadaan pandemi COVID-19. Pergantian metode pertemuan menjadi daring, termasuk pembelajaran juga berdampak pada proses pendaftaran Online PPDB Jateng. Sesuai dengan SE Menteri Kemendikbud No. 4 Tahun 2020, pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2021/2022 kali ini dianjurkan untuk secara online. Hal ini dikarenakan mengurangi potensi penyebaran COVID-19 karena pelaksanaan PPDB ini memiliki potensi yang cukup tinggi untuk membuat kerumunan. 

Proses pendaftaran peserta didik baru untuk memasuki jenjang SMA dan SMK dialihkan menjadi online dengan berbagai jalur dan alur pendaftaran yang dibuat menyesuaikan dengan keadaan yang ada. Siswa atau orang tua dapat melakukan pendaftaran di rumah tanpa perlu ke luar rumah. Mari simak informasi singkat terkait dengan pendaftaran Online PPDB Jateng di bawah ini!

Jalur Pendaftaran PPDB Online SMA SMK Jateng

PPDB Online memiliki 4 jenis jalur yang dapat digunakan untuk mendaftar, diantaranya yaitu jalur zonasi, perpindahan orang tua, afirmasi, dan prestasi. Bagi peserta didik baru yang ingin mendaftarkan diri ke SMA dapat menggunakan keempat jalur yang ada, sementara untuk pendaftaran SMK dapat menggunakan jalur afirmasi dan prestasi saja. Penjelasan terkait dengan keempat jalur yang digunakan untuk pendaftaran Online PPDB Jateng seperti berikut ini:

1. Jalur Zonasi

Calon peserta didik baru akan diterima melalui jalur zonasi setidaknya sebesar 50 persen dari keseluruhan kuota kursi yang ada. Jalur ini merupakan prioritas bagi calon peserta didik baru yang memiliki jarak terdekat antara tempat tinggal dengan sekolah. Biasanya tiap daerah akan menetapkan jarak maksimal agar dapat mendaftarkan diri melalui jalur ini.

Untuk kamu yang berencana menggunakan jalur zonasi untuk pendaftaran Online PPDB Jateng, kamu perlu untuk membawa beberapa persyaratan. Tanggal terbitnya Kartu Keluarga (KK) yang digunakan sebagai bagian dari persyaratan pendaftaran paling singkat satu tahun sebelum tanggal pendaftaran.

2. Jalur Afirmasi

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyediakan kuota sebesar 15 persen untuk calon peserta didik baru yang ingin masuk menggunakan jalur afirmasi. Bagi para calon peserta didik yang ikut serta dalam program pemerintah terkait penanganan kemiskinan dapat mendaftarkan diri melalui jalur ini. Zona lokasi tempat tinggal calon peserta didik tidak menjadi masalah dan dapat di luar jarak yang sudah diatur dalam zonasi. Biasanya pihak sekolah akan melakukan verifikasi data untuk memastikan yang diinput sudah sesuai.

3. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua atau Wali

Bagi calon peserta didik yang harus mengikuti perpindahan orang tua atau wali karena pekerjaan mereka dapat mendaftarkan diri melalui jalur pendaftaran Online PPDB Jateng satu ini. Kuota yang disediakan oleh pemerintah setempat yaitu 5 persen dari total keseluruhan kursi yang ada. Calon peserta didik baru dapat menyerahkan bukti perpindahan tugas orang tua atau wali sebagai bagian dari persyaratan. pendaftaran.

4. Jalur Prestasi

Tersedia pula jalur yang dikhususkan untuk calon peserta didik baru yang memiliki prestasi dan tidak masuk ke dalam jalur zonasi. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyediakan sebesar 30 persen kuota dari total kursi yang ada untuk jalur satu ini. Jalur prestasi saat ini ditentukan oleh nilai rapor dari semester satu hingga lima. Selain itu, juga dapat menggunakan penghargaan minimal tingkat kabupaten atau kota, baik akademik maupun non-akademik.

Alur Pendaftaran PPDB Online SMA SMK Jateng

Dalam pendaftaran Online PPDB Jateng, terdapat empat skema alur yang dapat digunakan, tergantung pada kebijakan tiap daerahnya diantaranya:

Alur Pendaftaran Model B Plus

  1. Calon peserta didik baru menyelesaikan seluruh berkas persyaratan yang dibutuhkan.
  2. Calon peserta didik baru atau orang tua/wali mengakses jateng.siap-ppdb.com.
  3. Calon peserta didik mengajukan pendaftaran dengan cara mengisi formulir yang ada pada laman tersebut.
  4. Calon peserta didik baru mengunggah dokumen persyaratan yang tadi sudah disiapkan.
  5. Calon peserta didik baru memilih tujuan sekolah yang diinginkan.
  6. Calon peserta didik baru melakukan pencetakan bukti pendaftaran setelah proses selesai dilakukan.
  7. Calon peserta didik baru menunggu operator sekolah untuk memverifikasi pendaftaran yang tadi telah selesai dilakukan secara online.
  8. Pengumuman hasil seleksi dapat dilihat pada laman jateng.siap-ppdb.com.

Alur Pendaftaran Model C Plus

  1. Calon peserta didik baru mempersiapkan seluruh persyaratan yang ada.
  2. Calon peserta didik baru mengakses laman jateng.siap-ppdb.com.
  3. Calon peserta didik baru melakukan login pada laman tersebut dengan menggunakan nomor peserta, tanggal lahir, serta jenis kelamin.
  4. Calon peserta didik baru melakukan pengisian formulir setelah berhasil login.
  5. Calon peserta didik baru memilih sekolah yang ingin dituju.
  6. Calon peserta didik baru mencetak bukti pendaftaran yang sudah didapatkan secara online.
  7. Hasil seleksi nantinya akan diumumkan pada laman jateng.siap-ppdb.com.

Alur Pendaftaran Model D Plus

  1. Calon peserta didik baru memastikan bahwa seluruh persyaratan telah dipersiapkan.
  2. Calon peserta didik baru melakukan akses pada laman jateng.siap-ppdb.com.
  3. Calon peserta didik baru mengisi formulir yang ada pada tersebut agar dapat mengajukan pembuatan akun.
  4. Calon peserta didik baru melakukan unggah seluruh dokumen persyaratan yang tadi sudah dipersiapkan di awal.
  5. Calon peserta didik baru menunggu operator untuk memverifikasi berkas yang telah diunggah dan permintaan pengajuan akun.
  6. Calon peserta didik baru memilih tujuan sekolah yang diinginkan.
  7. Calon peserta didik baru dapat mencetak tanda bukti pendaftaran.
  8. Hasil seleksi PPDB online dapat dilihat melalui jateng.siap-ppdb.com.

Persyaratan Pendaftaran PPDB Online SMA SMK Jateng

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik sebelum melakukan pendaftaran Online PPDB Jateng 2021/2022 diantaranya:

  1. Usia calon peserta didik baru maksimal 21 tahun saat pendaftaran dilakukan.
  2. Calon peserta didik baru sudah menyelesaikan dan lulus dari studi SMP atau sederajat.
  3. Memenuhi berkas seperti akta kelahiran, kartu keluarga, ijazah lulus SMP atau sederajat, dan nilai rapor dari semester satu hingga lima atau dokumen pendukung lain yang menjelaskan.
  4. Bagi calon peserta didik baru yang berasal dari luar negeri wajib untuk menyertakan surat bertanda tangan direktur jenderal dan menjelaskan telah selesai menempuh sekolah menengah.
  5. Bagi calon peserta didik baru penyandang disabilitas terdapat pengecualian dalam beberapa dokumen yang tidak perlu untuk dicantumkan.

Berikut ini video tentang pendaftaran Online PPDB Jateng yang telah dilaksanakan pada tahun lalu agar kamu mendapatkan gambaran lebih jelas:

Sebelum pendaftaran Online PPDB Jateng SMA SMK untuk tahun ajaran 2021/2022 resmi dibuka, kamu dapat melengkapi beberapa berkas dokumen yang dibutuhkan dari sekarang.

Baca juga :

  1. Link & Cara Pendaftaran PPDB Bantul SMA SMK 2021
  2. Link & Cara Pendaftaran PPDB Surakarta SMA SMK 2021
  3. Link & Cara Pendaftaran PPDB Sleman Online 2021/2022
  4. Pendaftaran PPDB Online SMA/SMK Jogja Sleman 2021/2022
  5. Cara Verifikasi Nilai Rapor Saat PPDB Online 2021/2022

Informasi di atas dapat kamu cermati dengan baik sehingga nantinya proses pendaftaran dapat berjalan secara lancar hingga selesai. Semoga pendaftaran dapat berjalan dengan lancar dan kamu mendapatkan sekolah yang diinginkan. Jangan lupa download aplikasi Mamikos, terutama jika kamu berencana untuk belajar tinggal di kost ketika sudah masuk SMA atau SMK nanti.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta