Pendaftaran PDSS SNMPTN 2020/2021

 Mamikos | Sen, 08 Okt 2018

Pendaftaran PDSS SNMPTN 2020/2021 – Pendaftaran SNMPTN sendiri memiliki dua keterlibatan seperti pertama Sekolah dan yang kedua adalah siswa, sebab mereka yang bisa mengikuti seleksi SNMPTN adalah mereka yang berprestasi selama sekolah jika tidak maka dipastikan tidak akan bisa mengikuti seleksi untuk SNMPTN, maka dari itu hendaknya konfirmasikan pada pihak sekolah bila kamu memang ingin mengikuti seleksi SNMPTN sesuai yang ada.

Pendaftaran PDSS SNMPTN 2020/2021

Mungkin diantara kalian masih banyak yang bertanya-tanya apa itu PDSS. Untuk anak-anak yang baru saja lulus sekolah menengah atas alias SMA atau sederajat pasti paham betul soal PDSS yang merupakan singkatan dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa. PDSS adalah sistem informasi penyimpanan data nilai rapor siswa dalam rangka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Jadi, buat siswa/ sekolah yang tidak mengisi PDSS, tentu saja tidak akan bisa mengikuti SNMPTN. Itu artinya siswa juga akan mengalami kerugian karena tak memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan koreksi nilai rapor.

Disini akan dijelaskan mengenai beberapa ketentuan yang akan dibahas secara rinci untuk bisa kamu ikuti. Ketentuan yang dimaksud adalah bagaimana mengisi ketentuan PDSS Sekolah dimana sekolah memiliki peran aktif dalam melakukan pengisian datas sekolah dan siswa.

Selanjutnya jika memang sudah siswa yang sudah direkomendasikan akan mendapatkan Login untuk melakukan pendaftaran melalui situs resmi yang ada maka dari itu untuk itu jangan sia-siakan peluang yang ada karena kesempatan tidak akan datang utnuk kedua kalinya secara umum tugas dari siswa melanjutkan pendaftaran yang telah dilakukan oleh sekolah untuk mengisi data diri untuk lebih jelas kami akan merangkumnya seperti dibawah ini simak selengkapnya dibawah ini.

Pendaftaran PDSS SNMPTN

 

Tata Cara Mengikuti SNMPTN

Tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui tiga tahap, yaitu (1) pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, (2) pemeringkatan, dan (3) pendaftaran SNMPTN oleh siswa.

Pengisian dan Verifikasi PDSS

  1. Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  2. Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mendapatkan password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  3. Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password.
  4. Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Prose Pengisian PDSS dilakukan oleh sekolah setelah selesai siswa juga bertugas melakukan verifikasi namun hal ini bisa dilakukan apabila sekolah sudah memberikan login untuk mengakses pdss snmptn untuk lebih jelas berikut kami berikan mekanisme tata cara pendaftaran yang bisa dilakukan oleh sekolah baik sekolah SMA/MA atau SMK/MAK untuk lebih jelas berikut informasinya.

 

Persyaratan

  1. SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik.
  2. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.
  3. Sekolah yang siswanya akan mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  4. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik, serta terdaftar di PDSS.
  5. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.

Persyaratan Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:

  1. SMA/MA, SMK negeri maupun swasta, (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN.
  2. Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

Persyaratan Siswa Pendaftar

 

Pendaftaran SNMPTN

Siswa SMA/MA, SMK kelas terakhir pada tahun ini yang:

  1. memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    1. akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya;
    2. akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya;
    3. akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya;
    4. akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
  2. memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  3. memiliki nilai rapor semester satu sampai semester lima (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester satu sampai semester tujuh (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  4. memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).

Pengisian PDSS SNMPTN Sekolah

Tugas dari sekolah adalah memilih Siswa/i yang pantas mengikuti SNMPTN berdasarkan nilai rapot selama SMA selanjutnya sekolah harus mengisi data PDSS Pangkalan Data Sekolah dan Siswa dimana seperti Nilai Rapot, dan prestasi diraih web.snmptn.ac.id menjadi situs untuk melakukan proses ini selanjutnya mengikuti semua ketentuan yang ada termasuk yang sedang kita bahas proses akhir dari peran sekolah adalah sampai pada akhirnya siswa yang direkomendasikan mendapatkan NISN dan Password untuk melakukan login SNMPTN.

Login Sekolah

Proses login sekolah dilakukan melalui situs resmi https://pdss.snmptn.ac.id/sekolah cari sekolah anda dan lakukan login kemudian apabila dibutuhkan sekolah dapat melakukan perubahan akreditasi sekolah dan perubahan data lainnya namun jika tidak silahkan menuju menu utama pada situs yang telah disebutkan seperti kita ketahui bersama terdapat prosedur yang harus dilengkapi, namun untuk sekolah yang rutin melakukan pengisian PDSS untuk data yang sama bisa menggunakan data tahun lalu hal ini akan lebih memudahkan proses pengisian PDSS SNMPTN.

Lupa Password

Seringkali sekolah karena kurun waktu 1 tahun bukan waktu yang sebentar menyebabkan pihak sekolah lupa password hal itu tidak perlu dikwatirkan karena melalui panel lupa password bisa dilakukan reset baik melalui email mapupun upload dokumen saya kira bapak-ibu sekalian tidak perlu dijelaskan lagi karena sudah sangat paham, oke kalu begitu lanjut pada proses berikutnya.

Pendaftaran Sekolah Baru

Nah ini sedikit tambahan sebelum bapak ibu melanjutkan proses berikutnya, bagi sekolah yang belum terdaftar silahkan melakukan pendaftaran pada portal yang sama bagian kanan akan terdapat beberapa form yang harus diisi sekolah, tedapat dua katagori sekolah yang sudah ada pada data pdss atau yang belum sama sekali, kedua perbedaan ini terletak pada melanjutkan untuk yang belum harus mendaftar dari awal, apabila sudah selesai maka kompirmasi pendaftaran akan ada pada email pendaftaran, selanjutnya bisa melakukan perubahan akreditasi dan mengkapi informasi sekolah jika sudah selesai silahkan menuju pada halaman depan situs.

Pengelolaan Informasi Sekolah

Pada proses ini sekolah dapat melakukan perubahan password apabila dibutuhkan kemudian mengubah data sekolah apabila juga dibutuhkan serta perubahan akreditas secara umum untuk jenjang pendidikan sekolah sama saja prosedur yang bisa dilakukan pada menu ini, tentu ini sudah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan sekolah untuk proses perekomdasian sekolah apabila sudah selesai dapat melanjutkan proses berikutnya.

Pendaftaran Jurusan

Untuk sekolah SMK/MAK maka ada tambahan untuk pendaftaran jurusan sekolah harus melakukan pengisian dengan cara tambahkan jurusan selanjutnya apabila sudah selesai klik “Simpan” untuk sekolah umum seperti SMA/MA tidak perlu dilakukan pendaftaran jurusan langsung pada proses berikutnya.

Pendefinisian Kurikulum

Pendefinisian kurikum dilakukan untuk membuat kurikulum berisi data kurikulum yang digunakan bagi yang menggunakan KTSP silahkan isi sesuai dengan  kurikulum tersebut sementara untuk K13 silahkan isi dengan kurikulum data k13, bagi kelas reguler silahkan isi dengan kelas reguler sementara untuk akselerasi sesuai dengan akselerasi 4 atau 6, sekolah juga dapat menyalin dari data tahun sebelumnya hal ini dinilai akan memudahkan apabila kurikulum tetap sama seperti tahun lalu, kemudian jangan lupa untuk menyimpan hasil pengisian pendefinisian kurikulum. Selain itu untuk data yang salah sekolah dapat melakukan perubahan atau bahkan menghapus data yang tidak dibutuhkan pada proses ini apabila semua sudah selesai maka pihak sekolah dapat melanjutkan ke proses berikutnya.

Pendaftaran Kelas.

Pihak sekolah dapat mendaftarkan kelas dengan mengentri dari kelas X sampai dengan kelas XII silahkan daftarkan kelas baru kemudian mengubah nama kelas, apabila tidak dibutuhkan silahkan hapus kelas, kemudian setelah menyelesaikan proses ini maka pihak sekolah harus melakukan proses berikutnya, jangan lupa untuk seve berkas yang sudah diisi.

 

 

Pengisian Data Siswa

Sekolah harus mengisi semua data yang berkaitan dengan siswa yang akan direkomendasikan kemudian apabila sudah selesai silahkan simpan, kemudian mengisi data perkelas dari mulai awal sekolah sampai lulus, atau dapat mengisi data dari tahun sebelumnya tinggal lakukan perubahan, jika terdapat kesalahan dapat dirubah, dihapus, pada saat semua data yang diisi sudah tersimpan jadi jangan kwatir. Jangan lupa simpan apabila sudah selesai.

Pengisian Nilai Siswa

Dalam pengisian nilai sekolah dapat memasukan nilai dengan skala 4 sampai 100 perbedaan terletak pada pengisian kurikulum karena akan berdampak pada penggunaan kurikulum baik KTSP dan K13, silahkan entri semua data apabila sudah selesai silahkan simpan. Pada menu yang sama sekolah untuk sistem sks memiliki form yang berbeda dengan sekolah pada umumnya, kemudian perubahan bisa dilakukan apabila dibutuhkan atau penghapusan. Pengisian meliputi nilai perkelas, nilai remedial bagi siswa yang pernah melakukan remedial, simpan perubahan apabila sudah selesai.

Verifikasi  Pengisian PDSS Sekolah dan Siswa

Biasanya akan terdapat perubahan setelah melakukan pengisian PDSS oleh sekolah kemudian bagi finalisasi namun semua data masih dapat dilakukan perubahan atau penghapusan sebelum siswa melakukan verifikasi, namun apabila siswa melakukan verifikasi data pengisian PDSS tidak bisa dirubah lagi, untuk itu pastikan verifikasi oleh sekolah dilakukan secara detail.

Pencatatan Status Khusus Siswa

Setelah melakukan ujian nasional atau ujian sekolah biasanya pihak sekolah harus melakukan pencatatan status khusus siswa dengan mencari data sebelumnya kemudian tambhakan status pencatatan khusus siswa biasanya selain dari itu pihak sekolah harus mengisi nilai tambahan kemudian dapat juga merubah dan menghapusnya apabila ada yang salah. Jangan lupa untuk simpan perubahan.

Dashboard PDSS

Setelah proses tersebut selesai maka pihak sekolah akan kembali pada menu utama situs PDSS SNMPTN, pada proses ini harus dilakukan finalisasi melalui proses berikutnya untuk itu informasi ini dirasa sangat penting jangan sampai setelah kembali pada menu utama pihak sekolah lupa melakukan finalisasi pengisian PDSS untuk itu segera melanjutkan pada proses berikutnya.

Finalisasi PDSS SNMPTN

Ini merupakan tahap akhir pengisian PDSS yang harus diselesaikan oleh sekolah pada menu finalisasi akan tampil beberap ketetapan jangan lupa untuk ceklist data kemudian kemudian klik tombol simpan, selanjtunya akan muncul status final pada menu tersebut akan menampilakan data berikupa semua berkas sudah terisi dengan benar dan telah final. Anda dapat mengundah Surat Peryataan.

Bantuan.

Ini merupakan informasi tambahan apabila dibutuhkan untuk proses mengikuti petunjuk manual pendaftaran atau dapat melakukan pelaporan apabila terdapat permasalahan yang dihadapi saat pengisian PDSS SNMPTN sebelumnya serta mengajukan pertanyaan jika ada yang perlu ditanya, bagi yang tidak mengalami masalah dapat melewatkan menu ini dan melanjutkan para proses terkahir.

Pengelolaan Password Siswa.

Dari Hasil pengisian PDSS SNMPTN sekolah akan mendapatkan lampiran mengenai username berupa NISN terdaftar dan Password kemudian kepala sekolah atau yang mewakili dapat mengundah password atau melakukan perubahan  pada password yang telah diterima setelah semua selesai maka proses selanjutnya menyerahkan password yang ada kepada siswa yang bersangkutan.

Verifikasi Nilai Rapot dan Pengisian PDSS Siswa.

Setelah siswa bersangkutan mendapatkan login dari sekolah maka tahap yang harus dilakukan adalah siswa harus melakukan verifikasi terkait dengan pengisian PDSS yang sudah dilakukan sekolah melalui situs http://pdss.snmptn.ac.id/siswa, apabila semua data sudah terverifikasi maka siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran pada tahapan selanjutnya, berkas yang telah diverifikasi siswa seperti yang telah dijelaskan diatas tidak akan bisa dirubah lagi oleh sekolah. Jangan lupa waktu verifikasi PDSS siswa sudah tertera pada jadwal.

Pengisian PDSS SNMPTN Siswa.

Setelah mendapatkan Login dari sekolah maka siswa berkewajiban melakukan Pendaftaran bisa dilakukan sendiri dan dibantu pihak sekolah untuk bisa melakukan Pendaftaran harus login terlebih dahulu melaluihttp://web.snmptn.ac.id kemudian ikuti petunjuk Pendaftaran yang ada sampai selesai dan isi semua data diri sesuai identitas anda nantinya proses seleksi akan dilakukan melalui verifikasi nilai rapot selama sekolah baik itu SMA/SMK/MA sederajat. Jangan lupa untuk cetak bukti pendaftaran untuk informasi lebih lanjut mengenai Cara Pengisian PDSS SNMPTN untuk siswa silahkan akses link yang ada.

Jika semua proses sudah benar maka ada sedikit tambahan untuk semua informasi umum yang anda bisa baca kami mengutip informasi ini melalui situs resmi SNMPTN melalui Panel informasi Umum untuk lebih jelas langsung saja simak ketentuan umum yang bisa anda gunakan untuk tambahan proses pendaftaran SNMPTN, karena sifat dari ketentuan adalah wajib yang harus dipenuhi jika memang ingin mengikuti Pendaftaran SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN

  1. Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  3. Pendaftar pada program studi seni dan keolahragaan wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id
  4. Pendaftar mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Bagi sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet, dapat melakukan pengisian PDSS maupun pendaftaran di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.

Pendaftaran SNMPTN oleh siswa

Untuk memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran disini kami akan memberikan informasi terkait dengan pendaftaran SNMPTN yang bisa dilakukan oleh siswa untuk lebih jelas berikut kami berikan rincian mengenai Pendaftaran SNMPTN yang dilakukan oleh siswa sesuai dengan ketentuan pendaftaran setelah mendapatkan login dari sekolah siswa harus melakukan pendaftaran SNMPTN melalui pdss.snmptn.ac.id.

Login Siswa.

Dalam proses Pendaftaran SNMPTN hendaknya siswa harus melakukan login menggunakan username berupa NISN terdaftar kemudian password dari yang telah diperoleh melalui sekolah melalui situs resmi melakukan verifikasi https://pdss.snmptn.ac.id/siswa selanjutnya untuk proses pendaftaran dilaksanan melalui situs http://web.snmptn.ac.id/siswa kemudian melanjutkan proses berikutnya pada pendaftaran SNMPTN. Untuk siswa yang berupertama kali melakukan login setelah melakukan login hendaknya mengganti password yang telah didapat agar keamanan login anda terjaga.

Informasi yang dituliskan di sini hanya sebagai referensi, contoh atau acuan bagi para siswa/i yang membutuhkan pengetahuan mengenai PDSS SNMPTN. Informasi selengkapnya mengenai pendaftaran PDSS SNMPTN dapat dilihat langsung ke situs resminya.