Pendaftaran PPDB Online SMP/ MTs 2021/2022

Pendaftaran PPDB Online SMP/ MTs 2021/2022 – Informasi yang akan Mamikos bagikan baru-baru ini Mamikos yakin akan sangat berguna terutama bagi kamu yang hendak mendaftarkan diri pada PPDB online SMP/MTS 2021/2022. Jadi jika kamu memang memerlukan informasi tersebut, maka kamu perlu membaca ulasan artikel Mamikos ini sampai akhir. Mari kita mulai pembahasannya.

Pendaftaran PPDB Online SMP/ MTs

https://siedoo.com/

Penjelasan Mengenai Persiapan Pendaftaran PPDB Online Seluruh Daerah di Indonesia

Seleksi PPDB 2021 menerima calon siswa baru untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh wilayah kabupaten kota di Indonesia.

Bagi kamu atau keluarga / kerabat dekat kamu yang akan melanjutkan sekolah ke jenjang SMP sederajat di wilayah Kota Kabupaten tahun 2021/2022 pastinya sedang sibuk melakukan persiapan pendaftaran PPDB online. Memang, saat ini pemerintah di masing-masing wilayah sudah memfasilitasi warganya untuk melakukan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB semua jenjang pendidikan secara online. Untuk pendaftaran PPDB SMP 2021 dilakukan secara online melalui web portal resmi yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.

Situs ini dipersiapkan sebagai pengganti pusat informasi dan pengolahan seleksi data siswa peserta PPDB periode 2021 2022 secara online real time process untuk pelaksanaan PPDB Online. Di bawah ini ini akan segera Mamikos bagikan informasi tentang Jadwal Cara dan Syarat Pendaftaran PPDB Online SMP/ MTs 2021/2022.

Pendaftaran PPDB Online SMP/ MTs 2021/2022

Berikut ini adalah Jadwal Pelaksanaan PPDB SMP/MTS online yang dilakukan pada bulan Mei s/d Juli 2020 sebagai acuan.

Perubahan yang Terjadi Pada PPDB 2021/2022

Saat ini dapat Mamikos berikan informasi bahwa ada beberapa perubahan-perubahan yang terjadi pada seleksi PPDB Online SMP/ MTs 2021/2022. Namun kamu pasti penasaran dengan bentuk perubahan atau apa sih perbedaannya PPDB tahun 2021/2022 ini?

Permendikbud telah menerbitkan surat nomor 44 Tahun 2019 Mengenai PPDB yaitu untuk TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Dan mengacu pada Juknis PPDB TK, SD, SMP, SMP, SMK Tahun Pelajaran 2021/2022, yang sudah diatur dalam Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 Untuk PPDB harus dilaksanakan berdasarkan asas Keadilan; Nondiskriminatif, kecuali di sekolah yang secara khusus melayani peserta didik dari kelompok gender atau agama tertentu; Transparan; Akuntabel; Objektif.

Peraturan Menteri terkait Petunjuk Teknis PPDB TK, SD, SMP, SMA, SMK 2020/2021 ini juga memiliki sebuah tujuan. Menurut Juknis PPDB TK SD SMP Tahun Pelajaran 2021/2022, syarat usia wajib dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir. Akta kelahiran siswa yang bersangkutan tersebut dikeluarkan oleh pihak berwenang dan dilegalisir oleh lurah/kepala desa. Atau pejabat lain setempat yang berwenang sesuai domisili calon peserta didik.

Syarat Pendaftaran PPDB SMP/MTS 2021/2022

Berikut ini sudah Mamikos sertakan juga syarat pendaftaran PPDB SMP/MTS 2020/2021 yang perlu kamu simak dengan saksama diantaranya adalah:

Persyaratan calon peserta didik baru kelas 7 (tujuh) SMP:

  1. Sudah berusia paling tinggi 15 (lima belas) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan; dan
  2. Memiliki ijazah SD/sederajat atau dokumen lain yang menjelaskan telah menyelesaikan kelas 6 (enam) SD.

Jalur Pendaftaran PPDB SMP 2021/2022

  1. Pendaftaran PPDB dilaksanakan melalui jalur sebagai berikut:
    a. Zonasi;
    b. Afirmasi;
    c. Perpindahan tugas orang tua/wali; dan/atau
    d. Prestasi.
  2. Jalur zonasi sebagaimana dimaksud dengan ayat (1) huruf a paling sedikit 50% (lima puluh persen) dari daya tampung Sekolah.
  3. Jalur afirmasi sebagaimana dimaksud dengan ayat (1) huruf b paling sedikit 15% (lima belas persen) dari daya tampung Sekolah.
  4. Jalur perpindahan tugas orang tua/wali sebagaimana dimaksud dengan ayat (1) huruf c paling banyak 5% (lima persen) dari daya tampung Sekolah.
  5. Dalam hal masih terdapat sisa kuota dari pelaksanaan ayat (2), ayat (3), dan ayat (4), Pemerintah Daerah dapat membuka jalur prestasi sebagaimana dimaksud ayat (1) huruf d.

Informasi Mengenai Pendaftaran SMP Jalur Zonasi

Mamikos juga ingin menyampaikan sebuah informasi mengenai pendaftaran SMP Jalur Zonasi yang seperti tertera sebagai berikut:

Jalur Zonasi adalah sebuah jalur yang diperuntukan untuk siswa yang berdomisili di wilayah zonasi yang ditetapkan pemerintah daerahnya. Domisili tersebut harus berdasarkan alamat pada kartu keluarga atau dokumen resmi lainnya. Jalur ini juga mengakomodir pagi siswa penyandang disabilitas.

Jumlah peserta didik diterima paling sedikit adalah 50% (sembilan puluh persen) dari daya tampung sekolah. Model dan konsep zonasi sekolah ini adalah wewenang dari masing-masing Pemerintah Daerah sesuai kewenangannya.

Zonasi Tabel Jarak

Zonasi Tabel Jarak ditentukan dari nilai zona berdasar pada bobot nilai yang sudah ditentukan dalam tabel.

Zonasi Model Batas Daerah (Kota/Kab, Kecamatan, Kelurahan, RW, RT)

Zonasi Model Batas Daerah merupakan area zonasi pada lokasi sekolah untuk menentukan daerah yang termasuk dalam zona dan luar zona.

Zonasi Radius Jarak Mapping

Zonasi Radius Jarak Mapping yaitu menentukan zona sekolah berdasarkan radius yang sudah di otomatisasi oleh sistem berdasarkan radius tempat tinggal dengan sekolah.

Radius pointing diset oleh operator sekolah mengacu pada titik lokasi sekolah dengan titik lokasi tempat tinggal siswa.

Zonasi Model Rayon

Untuk zonasi model ini digunakan untuk menentukan Sekolah-sekolah sesuai rayon yang sudah ditetapkan, agar mengurangi pengelompokan pilihan pada Sekolah Favorit.

Perlu kamu ketahui juga bahwa zonasi model rayon tidak terbatas berdasarkan wilayah administratif saja, tapi dapat juga disesuaikan dengan pembagian-pembagian rayon dengan kriteria tertentu. Semisal, pembagian sekolah unggulan dan tidak, dan lain sebagainya.

Zonasi Pilihan Sekolah

Model zonasi ini dapat membatasi pilihan sekolah tujuan berdasarkan asal lulusan sekolah siswa.

Zonasi Berdasarkan Jarak Tempuh

Model ini untuk menentukan perhitungan jarak, dari domisili dengan sekolah tujuan berdasarkan dengan jarak tempuh menggunakan kendaraan tertentu.

Contoh daerah yang menerapkan Zonasi Jarak Tempuh diantaranya adalah:
Lingkup Provinsi: Prov. DKI Jakarta, Prov. Jawa Tengah dan Prov Sulawesi Selatan
Lingkup Kota dan Kabupaten: Kota Malang, Kota Samarinda, Kota Kupang dan beberapa daerah lainnya.

Cara Pendaftaran PPDB SMP Online
2021/2022

Alur Pelaksanaan Pendaftaran PPDB SMP
2021/2022

Di bawah ini merupakan penjelasan lengkap dari alur pelaksanaan PPDB SMP periode 2021/2022 yang bisa kamu simak dengan saksama.

Jadi apa sajakah prosedur pendaftaran Jalur Reguler PPDB jenjang SMP yang perlu kamu ketahui, Mamikos sudah melampirkan informasi yang kamu perlukan tersebut sebagai berikut:

  1. PPDB dilakukan secara langsung atau melalui sekolah asal mendaftarkan diri di situs resmi PPDB-Online masing-masing wilayah kabupaten kota ;
  2. Mengisi form yang disiapkan dengan mengikuti ketentuan yang berlaku;
  3. Cetak tanda bukti pengajuan pendaftaran online;
  4. Langsung lakukan verifikasi pendaftaran online pada salah satu sekolah yang dituju;
  5. Terima bukti verifikasi pendaftaran sebagai syarat seleksi PPDB Online;
  6. Calon peserta didik baru dapat melihat hasil seleksi PPDB secara online di portal web situs resmi masing-masing wilayah pada menu hasil seleksi, SMS, Mobile Apps; dan
  7. Calon peserta didik yang dinyatakan diterima pada tahap akhir wajib daftar ulang pada waktu yang ditentukan, jika sampai batas akhir tidak melakukan daftar ulang dinyatakan mengundurkan diri.

Jadi seperti itulah ulasan Mamikos mengenai pendaftaran PPDB online SMP/MTS 2021/2022 yang bisa disampaikan kali ini. Mamikos berharap dengan adanya ulasan mengenai pendaftaran PPDB online SMP/MTS 2021/2022 kamu jadi memiliki pengetahuan dan informasi baru yang berguna untuk ke depannya. Mamikos ingin sekadar mengingat bahwa di aplikasi pencari kost Mamikos, ada banyak informasi yang bisa kamu dapatkan. Salah satunya adalah mengenai info hunian kost-kostan yang pastinya kamu butuhkan. Akses aplikasinya sekarang untuk informasi selengkapnya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta