Pendaftaran PPDB Online SMP SMA/SMK Temanggung 2021

Posted in: Informasi
Tagged: PPDB

Pendaftaran PPDB Online SMP SMA/SMK Temanggung 2021 – Penerimaan peserta didik baru di Temanggung tahun 2021 sudah mulai dibuka. Seleksi tidak hanya ditujukan pada siswa-siswi di Sekolah Dasar (SD) saja, tetapi juga siswa sekolah menengah.

Pendaftaran PPDB Sekolah Menengah di Temanggung

https://ppdb.temanggungkab.go.id/

Penerimaan siswa-siswi baru di Indonesia sudah dilaksanakan dengan menggunakan bantuan teknologi, termasuk di Temanggung. Selain lebih mudah dan cepat, prosesnya pun transparan karena dapat diakses semua pihak. Setelah selesai dengan seleksi peserta didik di tingkat Sekolah Dasar, terdapat seleksi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) yang diselenggarakan untuk siswa siswi sekolah menengah. Sebagai pendaftar PPDB yang memilih lokasi studi di Temanggung, penting untuk mencari tahu informasi pendaftaran sekolah menengah hingga tahap pengumumannya.

Informasi PPDB SMP SMA/SMK Temanggung 2021

Jadwal penyelenggaraan PPDB untuk semua jenjang pendidikan di Temanggung sudah menjadi kewenangan Pemerintah Daerah (Pemda) dan akan dilakukan secara serentak. Catat jadwal berikut agar kamu bisa mempersiapkan diri menjalani seleksi PPDB di jenjang tujuanmu.

• 27 April 2021 – 30 April 2021: Tahap sosialisasi Perbup PPDB
• 26 April 2021 – 24 Mei 2021: Tahap update dan verifikasi calon peserta didik baru, verifikasi calon peserta didik baru jalur perpindahan tugas orang tua, dan verifikasi piagam serta surat keterangan peringkat nilai rapor
• 18 Mei 2021 – 21 Mei 2021: Simulasi pendaftaran online
• 31 Mei 2021 – 4 Juni 2021: Tahap pendaftaran PPDB online jalur non zonasi
• 5 Juni 2021: Pengumuman hasil seleksi PPDB online jalur non zonasi
• 7 Juni 2021 – 9 Juni: Tahap pendaftaran PPDB online jalur zonasi
• 10 Juni 2021: Tahap pengumuman hasil seleksi PPDB jalur zonasi
• 11 Juni 2021 – 12 Juni 2021: Pendaftaran ulang siswa yang dinyatakan lulus seleksi

Berdasarkan jadwal di atas, pendaftaran PPDB online terbagi menjadi jalur zonasi dan jalur non zonasi. Pastikan kamu mendaftarkan diri di jalur yang sesuai kondisi terkini dengan memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan.

Jalur Pendaftaran PPDB di Temanggung

Teknis pelaksanaan PPDB di Temanggung yang mencakup informasi jadwal pelaksanaan PPDB, syarat PPDB, tata cara pendaftaran, kawasan zonasi, jalur seleksi, bentuk seleksi, konversi dan nilai sudah diatur. Di tahun 2021, terdapat empat macam jalur yang dibuka pada PPDB online untuk memeratakan akses pendidikan dan meningkatkan mutu diantaranya:

  1. Jalur zonasi
  2. Jalur afirmasi
    Pada jalur afirmasi, pendaftar wajib melampirkan kartu dan atau Surat Keputusan (SK) keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah. Selain itu, pendaftar juga menyerahkan surat pernyataan dari orang tua atau wali peserta didik terkait kesediaan untuk diproses secara hukum apabila memalsukan bukti keikutsertaan program penanganan keluarga tidak mampu bagi pendaftar jalur afirmasi.
  3. Jalur perpindahan tugas orang tua atau wali
    Pada jalur perpindahan tugas orang tua, pendaftar melampirkan surat penugasan secara resmi.
  4. Jalur prestasi
    Pendaftar jalur prestasi menyertakan surat keterangan nilai rapor serta bobot peringkat rapor dan atau sertifikat perlombaan di bidang akademik atau bidang non akademik.

Pendaftar wajib menyertakan surat pernyataan kebenaran data dan dokumen yang diserahkan saat melakukan pendaftaran PPDB online. Perlu diketahui bahwa aturan yang berlaku untuk setiap jalur tidak sama, sehingga penting bagi kamu mengetahui perbedaan masing-masing jalur tersebut. Pada jalur zonasi dan jalur perpindahan tugas orang tua, pendaftar berasal dari dalam zona, sedangkan jalur afirmasi dan jalur prestasi dapat dipilih siswa dari dalam zona dan dari luar zona.

Kuota jalur zonasi untuk SMP sebanyak 70 persen, sedangkan untuk SMA/SMK belum dirilis secara resmi. Adapun kuota jalur prestasi SMP sebesar 10%, kuota jalur afirmasi 15%, dan jalur perpindahan tugas orang tua atau wali 5%. Apabila tersisa kuota pada jalur afirmasi, jalur prestasi, dan jalur perpindahan orang tua atau wali, maka kuota akan dialihkan ke seleksi jalur zonasi.

Ketentuan Bagi Pendaftar PPDB Temanggung

Ketentuan umum bagi pendaftar jenjang SMP adalah:

  1. Berusia maksimal 15 tahun per 1 Juli 2021 serta menyerahkan akta kelahiran
  2. Mempunyai akta kelahiran. Apabila pendaftar belum mempunyai akta saat melakukan pendaftaran, akta dapat diganti dengan surat pernyataan kesanggupan orang tua atau wali untuk melengkapi dokumen tersebut selambat-lambatnya pada semester dua.
  3. Melampirkan dokumen Kartu Keluarga (KK) yang terbit paling singkat satu tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB online Temanggung. Apabila pendaftar tidak mempunyai KK akibat bencana alam dan atau bencana sosial, KK dapat diganti dnegan Surat Keterangan Domisili dari RT atau RW yang sudah dilegalisasi kelurahan atau kepala desa. Pada surat tersebut diterangkan bahwa peserta didik yang bersangkutan sudah berdomisili paling singkat selama satu tahun sejak surat keterangan domisili diterbitkan (sebelum tanggal pendaftaran PPDB online berlangsung)

Pengumuman untuk PPDB jenjang SMA/SMK di Temanggung belum dirilis secara resmi. Namun, kamu bisa memantau laman website https://ppdb.temanggungkab.go.id/.

Mekanisme Pelaksanaan PPDB

Pelaksanaan PPDB untuk jenjang SMP dan SMA/SMK mengikuti tahapan berikut ini:

  1. Pengumuman pendaftaran PPDB jenjang sekolah menengah
  2. Pendaftaran PPDB jenjang sekolah menengah
  3. Seleksi calon peserta didik baru sesuai jalur pendaftaran yang dipilih
  4. Pengumuman penetapan peserta didik baru
  5. Pendaftaran ulang

Alur Pendaftaran PPDB Temanggung 2021

Masih bingung untuk melakukan pendaftaran PPDB online Temanggung tahun ini? Pahami alur pendaftaran calon peserta didik berikut ini.

  1. Pendaftar dapat menghubungi sekolah masing-masing untuk memperoleh akun pendaftaran PPDB online. Nantinya, calon peserta akan mendapatkan pilihan-pilihan sekolah yang dapat dipilih di wilayah zonasi. Peserta dapat memilih maksimal dua pilihan dan menetapkan pilihan pertama dan pilihan kedua. Urutan dan pilihan sekolah tersebut masih dapat diubah peserta PPDB hingga dua kali sampai batas sebelum pendaftaran PPDB berakhir.
  2. Persiapkan dokumen sesuai syarat yang ditetapkan saat pendaftaran PPDB.
  3. Lakukan login ke laman website https://ppdb.temanggungkab.go.id/
  4. Lengkapi data-data yang diminta
  5. Lakukan pendaftaran PPDB sesuai jalur yang diinginkan: jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua atau wali, jalur prestasi
  6. Lengkapi berkas-berkas pendaftaran sesuai syarat yang ditetapkan
  7. Kirimkan berkas tersebut ke sekolah tujuan
  8. Pantau informasi seleksi PPDB Temanggung selama seleksi berlangsung

Informasi pendaftaran PPDB Online SMP SMA/SMK Temanggung 2021 dapat kamu akses dengan mengunjungi laman resmi https://ppdb.temanggungkab.go.id/. Semua informasi terbaru dapat kamu akses tanpa harus datang ke lokasi setiap sekolah. Pastikan koneksi internet yang kamu gunakan stabil agar proses mendapatkan informasi lancar serta tidak terkendala sinyal. Apabila masih ada pertanyaan terkait pendaftaran di sekolah menengah yang kamu tuju, hubungi kontak panitia PPDB yang tertera. Semoga bermanfaat.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta