Pengumuman Hasil Seleksi FK Kedokteran UNUSA 2020/2021

Pengumuman Hasil Seleksi FK Kedokteran UNUSA 2020/2021 – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mengelar penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran (FK) sebanyak empat gelombang. Meskipun dibuka sebanyak empat gelombang, namun pihak Unusa akan melihat kembali kuota yang lolos pada Prodi Pendidikan Dokter gelombang III. Kini, pengumuman hasil seleksi FK UNUSA gelombang III telah diumumkan, yuk cek informasi lengkapnya di bawah ini.

Info Terbaru Seleksi FK Kedokteran UNUSA

redaksi.duta.co

Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta populer di kota Surabaya, UNUSA didirikan oleh Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (YARSIS). Berbekal pengalaman lebih dari 33 tahun dalam mengeloloa insitusi pendidikan maka berdirilah UNUSA pada tahun 2013. Kini, UNUSA sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dan LAMPT-Kes. Buat kamu yang ingin mengenyam pendidikan Kedokteran, tak ada salahnya kamu mempertimbangkan kampus yang satu ini.

Sekilas Tentang Seleksi FK Kedokteran UNUSA

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) menggelar tes masuk Fakultas Kedokteran (FK) untuk gelombang tiga periode pertama lewat online atau dalam jaringan (daring). etua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNUASA menjelaskan, tes penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran tahap 3 ini digelar selama empat periode yang berurutan hingga bulan September 2020. Tes gelombang ketiga periode pertama digelar dua hari mulai 6-7 Juni 2020.

Dalam tes seleksi ini, calon mahasiswa kedokteran menjalani beberapa tes seperti tulis, Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Potensi Prestasi Akademik (TPPA), Tes Bahasa Inggris, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Melalui tes ini untuk mengetahui tingkat keterampilan dan kecerdasan calon mahasiswa baru di Program Studi (Prodi) Pendidikan Dokter UNUSA. Yang pasti, UNUSA akan menguji empati, kematangan emosi, kerja sama, serta pengambilan keputusan yang tepat dari calon mahasiswa kedokteran UNUSA.

Alasan Kuliah di FK Kedokteran UNUSA

Di bawah ini adalah beberapa keunggulan FK Kedokteran UNUSA yang bisa kamu pertimbangkan.

  • Mempunyai Fasilitas Dua Rumah Sakit Milik Sendiri

Salah satu keunggulan UNUSA adalah program studi yang berkaitan dengan dunia kesehatan. Pasalnya, selain berpengalaman di bidang kesehatan, UNUSA didukung oleh dua rumah sakit milik sendiri, yakni Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya dan Rumah Sakit Islam Ahmad Yani Surabaya. Kedua rumah sakit ini dapat dimanfaatkan mahasiswa menjadi tempat praktik mahasiswa.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran tak akan kesulitan mencari tempat coas. Begitu juga dengan mahasiswa Fakultas Keperawatan dan Kebidananan serta ilmu kesehatan lainnya. Mahasiswa jurusan sistem informasi juga dapat melakukan praktek di kedua rumah sakit tersebut.

  • Lulusan UNUSA Memperoleh Ijazah dan Sertifikat Profesi

Sejak awal, UNUSA telah menyadari persaingan dunia kerja yang akan dihadapi mahasiswanya sangat ketat. Karenanya, mahasiswa yang belajar di UNUSA pada akhir studi tidak hanya memperoleh ijazah, melainkan juga akan dibekali dengan sertifikat profesi. UNUSA memiliki 17 skema kompetensi untuk enam fakultas. Sebagian besar bekerja sama dengan lembaga sertifikasi profesi dan lembaga pelatihan profesional yang telah mendapatkan izin resmi dari pemerintah. Lembaga-lembaga itu yang melatih keterampilan mahasiswa sesuai dengan kompetensinya.

Dengan demikian, lulusan UNUSA mempunyai keunggulan dibanding dengan perguruan tinggi lainnya. Skema kompetensi tersebut untuk jurusan Manajemen, Akuntansi, Keperawatan dan Kebidanan, K3 dan Gizi, Sistem Informasi, dan Koperasi. Dipastikan, lulusan UNUSA akan menguasai teori, terampil dalam praktik dan siap memasuki dunia kerja.

  • Menguasai Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Bermasyarakat

Selain diasup dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilan, mahasiswa UNUSA juga dididik untuk memiliki karakter dan akhlak yang baik. Mereka disiapkan untuk bisa terjun di dalam masyarakat yang majemuk ini serta memikiki daya adaptasi tinggi. Mahasiswa UNUSA dilatih terjun ke masyarakat untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan sesuai dengan disiplin ilmunya.

Dengan demikian, begitu lulus sudah siap menerapkan ilmu dan keterampilan yang diperoleh di masyarakat. Melalui pembelajaran lebih dini bermasyarakat ini, lulusan UNUSA tak akan lagi canggung ketika harus mempraktikan ilmunya. Cerdas mempraktikkan ilmunya dan luas bergaul di masyarakat.

  • Lulusan Memiliki Digital Culture

Sistem perkuliahan di UNUSA dilengkapi dengan metode belajar berbasis elektronik dan digital. Salah satu metode pembelajaran digital di UNUSA adalah e-Sorogan. Yakni sebuah metode belajar-mengajar dengan cara mahasiswa menyodorkan kemampuan atau buku pembelajaran.

Metode belajar sorogan ini lazim dilakukan di pondok pesantren. Santri yang siap diuji kiainya menyodorkan (sorogan) buku untuk dilihat kemampuannya. Ketika ada kesalahan, kiai atau ustad langsung mengoreksinya. Dengan begitu santri dapat langsung memperoleh ilmu dari sang kiai.

Pengumuman Seleksi FK Kedokteran UNUSA

Di UNUSA, buku yang biasanya menggunakan kitab kuning tersebut diganti dengan perangkat digital Tablet. Setiap mahasiswa baru mendapatkan Tablet gratis yang berisi semua rangkuman mata kuliah. Dengan tablet ini memudahkan mahasiswa dalam proses belajar mengajar, menulis, berbicara, dan berinteraksi dengan dosen. Dengan digital culture, lulusan UNUSA bisa responsif mengakses informasi terkini, berorientasi memutakhirkan ilmu dan wawasannya setiap saat.

Info Daftar Ulang Seleksi FK Kedokteran UNUSA

Pengumuman seleksi FK Kedokteran UNUSA gelombang III periode Maret telah mengikuti seleksi online pada 6 hingga 7 Juni 2020 lalu. Kini, UNUSA pun telah mengumumkan hasil dari seleksi tersebut melalui laman unusa.ac.id. Pihak UNUSA juga menegaskan bahwa peserta yang dinyatakan lulus dalam seleksi tersebut wajib untuk melakukan proses daftar ulang yang diadakan pada 11 Juni hingga 20 Juni 2020 sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Bagi yang tidak melakukan pendaftaran ulang pada tanggal yang dijadwalkan, maka peserta tersebut dinyatakan gugur.

Adapun berikut ketentuan daftar ulang seleksi FK Kedokteran UNUSA gelombang III periode Maret:

  1. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus segera mengedit dan melengkapi isian biodata online di pmb.unusa.ac.id
  2. Calon mahasiswa melakukan pembayaran 100% yaitu :
    • Biaya DOP Semester I
    • Biaya DPP (sesuai dengan yang ditulis di surat pernyataan biaya DPP saat berlangsungnya wawancara)
    • Biaya PKKMB
    • Biaya Asuransi
  3. Pembayaran dilakukan secara Online Banking Payment melalui teller Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah, Bank Syariah Mandiri, Bank Mega Syariah dengan Kode Pembayaran Daftar Ulang sebagai berikut : 04 + Nomor Tes Peserta, atau dengan menggunakan Virtual Account Bank Negara Indonesia (BNI)
  4. Calon mahasiswa mengirimkan berkas persyaratan Daftar Ulang melalui email pmb@unusa.ac.id dengan subjek: Daftar Ulang FK_Nama Camaba_ No Tes Camaba.
  5. Berkas Daftar Ulang yang dikirimkan antara lain:
    • Biodata camaba yang sudah diedit lengkap
    • Kartu Peserta
    • Bukti pembayaran daftar ulang
      1. Surat pernyataan camaba yang sudah di tanda tangani dan diberi materai 6000, meliputi:
      2. Surat Pernyataan Kesanggupan Mematuhi Peraturan di Unusa
    • Surat Pernyataan Kesanggupan Menanggung Biaya Pendidikan
    • Surat Pernyataan Ketentuan Pengembalian Biaya
    • Surat pernyataan memenuhi berkas terkait surat sehat dan bebas narkoba dari RSUD Setempat, RSI A. Yani Surabaya, atau RSI Jemursari (dikumpulkan setelah Wabah Pandemi Covid-19 Berakhir)
    • Berkas lain, jika pada saat pendaftaran belum lengkap.
  6. Biaya Program Studi S1 Pendidikan Dokter Unusa antara lain:
    • DOP:  Rp28.000.000
    • Biaya PKKMB: Rp850.000
    • Asuransi: Rp200.000

Demikian informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait pengumuman hasil seleksi FK Kedokteran UNUSA 2020/2021. Hingga kini, UNUSA sendiri belum mengumumkan lebih lanjut kapan gelombang pendaftaran selanjutnya untuk FK UNUSA dibuka. Kamu pun bisa mengunjungi situs Mamikos secara berkala untuk mendapatkan informasi terbarunya.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: