Waspada, Ini 10 Penyakit Yang Sering Dialami Mahasiswa Dan Anak Kost!

 Posted on Rabu, Juni 19th, 2019  Posted in Seputar Anak Kost, Seputar Mahasiswa  Mamikos

Waspada, Ini 10 Penyakit Yang Sering Dialami Mahasiswa Dan Anak Kost! – Tidak ada di dunia ini manusia yang ingin sakit. Pasti semua ingin selalu sehat agar bisa tetap beraktifitas. Namun, faktor alam, yakni perubahan cuaca yang tidak menentu dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga mengakibatkan kita terkena suatu penyakit.

Namun, selain itu, terkadang penyakit juga muncul akibat pola makan yang salah, kurangnya waktu istirahat karena terlalu sering begadang, tidak pernah olahraga, dan pemilihan makanan yang tidak bersih dan sehat. Hal ini pula yang turut melanda para mahasiswa dan juga anak kost.

Ini 10 Penyakit Yang Sering Dialami Mahasiswa Dan Anak Kost! Hati-hati!

1. Diare

Diare adalah penyakit yang ditandai dengan buang air besar yang lembek atau cair, atau perlu bolak-balik ke toilet. Diare bisa terjadi pada siapa saja baik orang dewasa maupun anak-anak. Tergantung pada berapa lama diare berlangsung, ada 3 jenis diare: Diare akut yang berlangsung beberapa hari hingga seminggu, Diare yang berlangsung selama 3 minggu, Diare kronis yang berlangsung lebih dari 4 minggu.

2. Sakit Kepala

Sakit kepala adalah rasa sakit atau nyeri di kepala, yang bisa muncul secara bertahap atau mendadak. Nyeri bisa muncul di salah satu sisi kepala, atau di seluruh bagian kepala. Sakit kepala bisa membuat kepala terasa berdenyut, atau seperti terlilit kencang oleh tali.

3. Tifus

Tifus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Rickettsia typhi atau R. prowazekii. Bakteri ini bisa dibawa oleh ektoparasit, seperti kutu atau tungau pada tikus, dan kemudian menginfeksi manusia.

4. Demam Berdarah

Demam berdarah atau demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue. Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yang hidup di wilayah tropis dan subtropis.

5. Maag

Penyakit yang berupa peradangan hingga menyebabkan luka di lambung ini sangat sering dialami oleh anak kost. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori (H. pylori) dan penggunaan obat anti inflamasi non steroid (OAINS) seperti ibuprofen/aspirin dalam jangka panjang.

6. Flu, Demam, dan Batuk

Kamu yang kurang makan dan begadang semalaman mengerjakan tugas bisa langsung kena flu, kalau sudah kena flu pasti demam kemudian batuk. Daya tahan tubuh kamu menurun, maka virus flu bisa segera masuk ke tubuh kamu. Bila sudah demikian banyak-banyaklah mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Hepatitis

Penyakit hepatitis merupakan penyakit yang menyerang hati yang disebabkan oleh virus yang merusak sel-sel dan fungsi hati serta menyebabkan peradangan. Penyakit ini bisa menular dengan cepat akibat kebersihan makanan dan lingkungan yang tidak terjaga, obat-obatan tertentu. Makan di tempat yang kotor dengan sistem sanitasi yang tidak baik bisa menjadi penyebab kamu terserang hepatitis A.

8. Kurap

Kurap atau yang juga disebut dengan kadas adalah penyakit kulit akibat infeksi jamur yang menyerang permukaan teratas kulit. Kadas yang punya nama lain tinea corporis adalah penyakit yang ditandai dengan ruam merah pada kulit. Biasanya ruam kurap membentuk pola seperti cincin yang dikelilingi dengan pinggiran bersisik yang sedikit terangkat. Infeksi ini awalnya hanya menyerang area kulit tertentu hingga akhirnya menyebar ke bagian tubuh yang lain. Dilansir dari American Academy of Dermatology, tiap daerah yang terinfeksi memiliki nama yang berbeda.

9. Penyakit kulit panu

Panu adalah penyakit akibat infeksi jamur Malassezia yang ditemukan pada permukaan kulit. Umumnya, jamur yang secara normal tinggal pada kulit, seperti Malassezia, tidak menyebabkan masalah kesehatan. Banyak mikrobiota (atau organisme mikroskopik), termasuk jamur ini yang berperan untuk melindungi Anda dari infeksi dan patogen lain yang dapat membahayakan atau menyebabkan penyakit. Jamur dapat hidup berdampingan dengan sel tubuh dalam hubungan simbiotik, dengan sel kulit dan organisme kecil saling mendukung.

10. Kanker alias Kantong Kering

Penyakit yang satu ini sering sekali melanda anak kost dan juga mahasiswa terutama saat akhir bulan tiba. Nah, salah satu caranya mengatasi kanker alias kantor kering tersebut adalah dengan mencari kerja parttime atau freelance di sela-sela waktu luang. Kamu bisa menemukan banyak sekali lowongan kerja sesuai dengan yang kamu idamkan di Mamikos, lho!