8 Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar dan Cara Memperbaikinya Tanpa ke Tukang Service

Posted in: General Informasi
Tagged: Kipas Angin

8 Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar dan Cara Memperbaikinya Tanpa ke Tukang Service – Penyebab kipas angin tidak berputar itu beragam, dan ketika kejadian sangat meresahkan. Apalagi saat kondisi sedang panas, rasa gerah yang dirasakan akan membuat emosi. Tetapi, tidak lagi perlu untuk membawanya sendiri, karena bisa tahu solusi untuk masalah itu.

Selalu menjadi hal yang membuat kesal ketika kipas angin rusak, terlebih di hari yang panas. Biasanya, kita akan langsung buru-buru untuk membawanya ke tukang service, dan akan lebih kesal lagi ketika harus membayar. Karena biasanya, penyebabnya itu tidak seberapa.

Maka dari itu, kamu sebenarnya perlu untuk mencoba mencari tahu sendiri apa yang menjadi alasan kipas angin tidak mau berputar. Bisa jadi karena saklar, atau ada yang tersangkut pada kisi kipas angin. Perlu diketahui, penyebab kipas angin tidak berputar bisa diatasi sendiri.

Jadi, mulai sekarang, kamu tidak perlu lagi untuk sibuk membawa kipas angin yang rusak itu ke tukang service dan menghabiskan uang. Kalau masalahnya sepele, kenapa tidak mencoba memperbaiki sendiri? Jadi, biasanya karena apa saja kipas angin tidak mau berputar?

Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar dan Solusinya

unsplash.com/@yechan0422

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kamu perlu identifikasi apa masalah yang membuat kipas angin hingga tidak mau berputar. Setiap masalah itu, ada solusi tersendiri sehingga tidak bisa menyelesaikan satu masalah dengan solusi masalah kipas angin saja.

Jadi, meskipun kamu pernah bertanya kepada tukang servis soal bagaimana caranya untuk menyelesaikan masalah tertentu, jika diaplikasikan kepada masalah lain, tidak akan pernah berfungsi. Lantas, apa saja penyebab kipas angin tidak mau berputar dan apa solusinya?

1. Switch Putar berada di Posisi Mundur

Penyebab pertama yang mungkin terjadi adalah karena switch kipas berada di posisi mundur, lalu apa sebenarnya ini? Jadi, saklar berfungsi untuk mengontrol arah putaran kipas. Bisa diarahkan mengikuti jarum jam, atau berlawanan jarum jam.

Ketika switch berada di posisi mundur, kipas tidak akan bisa bergerak karena tidak bisa mendeteksi ke arah mana akan bergerak. Penyebab kipas angin tidak berputar ini bisa diselesaikan dengan bongkar bagian tengah kipas, dan geser switch ke netral.

Setelah itu, pasang lagi dan coba nyalakan. Ketika kipas sudah mulai berputar, matikan kipas dan bongkar lagi untuk memastikan switch tidak berpindah ke posisi mundur lagi. Jadi, apakah kipas sudah bisa berputar dan aman digunakan lagi?

2. Saklar di Dinding Rusak

Sebelumnya mungkin penyebab kipas angin tidak berputar itu ada di switch dalam kipas, tetapi saklar listrik yang biasanya berada di dinding atau tempat colokan juga bisa menjadi penyebabnya. Berarti ini bukan karena kipas angin itu yang rusak.

Saklar di dinding jika rusak sudah otomatis tidak bisa digunakan untuk alat yang membutuhkan listrik apapun. Karena sifatnya menjadi penghantar listrik, maka harus memiliki daya listrik. Jika rusak, solusi paling bagus adalah memasang saklar lain.

Selain itu, jangan pernah biarkan bagian mana saja dari kipas itu longgar. Saklar yang dipasang salah, akan membuat kabel terputus secara sendiri dan menjadi penyebab kipas angin tidak berputar. Jika tidak bisa menguncinya, coba minta tolong saja.

3. Kabel Kipas Angin yang Longgar

Kabel juga bisa menjadi penyebab kipas angin tidak mau berputar. Kabel yang longgar terutama akan merusak beberapa sambungan penting dan vital untuk menjalankan kipas angin. Ini hanya longgar, belum lagi jika kabel kipas angin itu sudah putus.

Penyebab kipas angin tidak berputar jika karena kabel ini bisa diakali dengan berbagai cara. Bukan berarti kamu harus mengganti kipas angin yang baru, melainkan bisa mencoba langkah-langkah ini untuk membuat kipas angin kembali berputar:

  • Periksa seluruh kabel yang berhubungan dengan kipas
  • Jika menemukan area kabel yang longgar, kendurkan lagi dan periksa kabelnya
  • periksa setiap sambungan kabel dan kencangkan mur kecil kabel longgar itu
  • jika sambungan saklar ada yang menghitam, berarti ada yang terbakar
  • potong saja dan sambungkan lagi kabel yang bagus dan tidak longgar
  • sambungkan lagi dan nyalakan kipas

4. Motor Penggerak yang Sudah Rusak

Jika solusi sebelumnya belum memberikan hasil yang jelas untuk kipas angin milik kamu, mungkin masalahnya ada pada motor penggerak kipas tersebut. Apa itu motor penggerak? Jadi, itu ibarat mesin yang ketika ada daya, akan menggerakkan kipas.

Motor ini adalah aspek yang vital untuk diperhatikan karena jika sudah rusak, maka jangan harap bergerak lagi, kecuali penyebab kipas angin tidak berputar itu diatasi. Tidak perlu membawanya ke tukang servis, yang perlu kamu lakukan antara lain:

  • Bongkar dulu casing kipas untuk menutupi mesin
  • Mulai membersihkan debu dan serpihan
  • Coba hidupkan, jika masih tidak bisa bergerak, coba lepas kabel dari motor penggerak kipas
  • Beli motor kipas baru yang sudah ada di toko servis
  • Coba pasang lagi motor dan sambungkan kabelnya
  • Hidupkan selama 5 menit dulu dan matikan, karena motor kipas baru mudah panas

5. Sudah Tidak Lama Digunakan

Coba kamu ingat lagi, kapan terakhir kamu menggunakan kipas angin itu, apakah sudah sangat lama? Kami mengatakan demikian karena salah satu penyebab kipas angin tidak berputar adalah karena kipas angin tidak pernah digunakan sejak lama.

Alasan tidak bisa bergerak ini ada bermacam-macam. Kabel yang longgar, motor dalam kipas yang tidak pernah dipanaskan, atau bisa jadi karena banyak kotoran. Ada juga kemungkinan karena tidak lama digunakan, ketiganya menjadi penyebabnya.

Untuk solusinya sendiri, mungkin kamu bisa membongkar dulu dan melihat apa yang menjadi penyebabnya. Untuk membersihkan mungkin mudah, tetapi kalo soal motor penggeraknya, motornya tidak lagi sama dengan model kipas saat ini.

6. Sering Dibawa ke Tukang Servis yang Salah

Coba ingat-ingat dulu apakah tukang servis untuk memperbaiki kipas kamu itu sering berganti? Alasan kami bertanya soal ini adalah karena itu bisa menjadi salah satu sebab kipas angin rusak juga. Rusak karena tukang servis ini juga sering terjadi.

Tidak semua tukang servis mengerti masalah kipas, dan memang dia bisa perbaiki, tetapi hanya untuk jangka waktu yang pendek. Sedangkan jika kipas kembali digunakan untuk waktu tertentu, gejala rusak yang sama akan kembali lagi.

Penyebab kipas angin tidak berputar ini bisa diatasi dengan mulai memperbaiki sendiri saja, atau jika tidak ingin repot, kamu bisa menelpon ke layanan yang telah disediakan. Biasanya teknisi yang datang professional dan bisa atasi masalah itu.

7. Memilih Brand yang Salah

Brand juga berperan untuk menjadi penyebab kerusaan sebuah kipas. Jangan mudah tergiur iklan dan harga murah, dan ini sangat berlaku saat pemilihan kipas yang akan dibeli. Kami sarankan, beli saja dari brand yang menawarkan jaminan garansi.

Tidak semua brand kipas buruk, tetapi, kamu bisa identifikasi mana yang harus dibeli dan mana yang harus dihindari dengan melihat material yang digunakan. Jangan plastik biasa saja karena bahan itu akan membuat kipas lebih cepat panas.

Penyebab kipas angin tidak berputar jika melihat alasan produsen kipas ini bisa kita kenali dengan suara “buzzing” yang memekakkan telinga jika sudah dihidupkan lama. Belum lagi material plastik akan membuat kipas angin tidak stabil dan getar.

8. Umur Kipas Angin yang Sudah Tua

Membahas soal poin ini, pikiran kita mungkin akan langsung mengarah ke berapa lama kipas angin bisa bertahan. Dari sini juga, kami perlu menekankan lagi bahwa penyebab dari kipas angin tidak berputar tidak melihat umur kipas, tetapi tentang cara merawat.

Soal berapa lama umur kipas angin yang pasti, tidak ada data yang jelas. Jika kita merawatnya dengan salah, maka umurnya juga akan semakin pendek. Tetapi, di luar sana ada saja yang kipas angin sudah dibeli 20 tahun lalu, tetapi masih berputar.

Tetapi secara keseluruhan, umur rata-rata kipas angin itu berkisar antara 10 hingga 20 tahun. Angka segitu masih harus dilihat lagi berdasarkan brand atau spesifikasi kipas angin itu. Tetapi, semua juga berkaitan dengan cara menjaga kipas angin, seperti:

Jangan Menggunakan Kipas dalam waktu yang terlalu lama

Semua perusahaan mungkin akan mengatakan bahwa kipasnya akan tetap bisa digunakan untuk 24 jam setiap hari, alias tidak perlu ditutup. Tetapi ini juga yang akan menjadi penyebab kipas angin tidak berputar nantinya.

Memang pada saat awal, kipas angin memiliki motor penggerak yang bagus. Tetapi jika sudah terlalu panas, maka kesehatan motor itu juga akan menurun. Sehingga disarankan agar yang mau menjaga kipas itu dipakai wajar saja.

Pilih Kipas Angin Sesuai Peruntukkan

Yang kedua adalah kamu wajib pilih kipas angin sesuai dengan peruntukkan. Kipas angin indoor, hanya untuk dalam ruangan, sementara yang outdoor, hanya digunakan diluar ruangan. Karena ini akan berefek ke umur kipas.

Kipas akan membutuhkan serapan angin dan daya dari motor untuk menghasilkan dingin. Dan motor itu memiliki spesialisasinya masing-masing. Jadi, ketika kipas indoor menyerap angin luar, maka bisa cepat rusak.

Bersihkan Kipas Secara Teratur

Apa susahnya untuk membersihkan kipas, tidak sulit bukan? Tidak sulit, tetapi jika dilakukan secara teratur, ini akan menyelamatkan kipas angin kamu dari semua penyebab kipas angin tidak berputar dan kerusakan lain.

Cukup menggunakan air dan lap saja, kipas akan kembali bersih. Tetapi jika kamu ingin udara yang dihasilkan lebih dingin, vacuum saja motor dan kisi kipas agar tidak ada debu. Dijamin, udara yang dihasilkan akan lebih dingin.

Oleskan Pelumas ke Kipas

Solusi terakhir untuk menjaga kipas agar bisa berumur lebih panjang adalah dengan melumasi kipas secara efektif. Jika tidak ada pelumas, minyak ringan saja sudah cukup. Ini akan berefek ke kinerja kipas yang tidak terpakai itu.

Mengoleskan pelumas di semua sudut yang dianggap terlalu kering saja. Ini akan membuat kipas bekerja dengan lebih licin dan tidak tergesek benda yang akan merusakinya. Jadi, langkah ini juga penting untuk kamu lakukan.

Kipas angin yang sudah menjadi penyelamat kita saat hari sedang panas ini penting untuk kita rawat juga. Tidak perlu ribet, hanya dengan rutin membersihkannya saja sudah cukup. Tetapi efek membersihkan dapat menjauhkannya dari penyebab kipas angin tidak berputar.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah