Trik Ala Mamikos Supaya Kamar Kost-mu Sejuk Meski Tanpa AC

 karin | Sel, 12 Nov 2019

Trik Ala Mamikos Supaya Kamar Kost-mu Sejuk Meski Tanpa AC – Kamar idaman, tentunya yang bisa membuat betah penghuninya, sekaligus tempat yang bisa membuat nyaman saat digunakan untuk beristirahat. Bila kamu punya budget lebih, tentunya kamu akan memilih kost dengan fasilitas AC, namun bagaimana bila tidak? Tenang saja, kamu tetap bisa kamar yang sejuk dan nyaman dengan tips berikut ini, tanpa menggunakan AC.

Trik Ala Mamikos Supaya Kamar Kost-mu Sejuk Meski Tanpa AC

1. Letakkan kipas angin di tempat yang tepat

Agar angin yang dihasilkan dari kipas angin optimal, tentunya letak kipas angin sangat berpengaruh. Sebab, cara kerja kipas angin hanya membuat sirkulasi udara atau angin lebih baik dengan memutarnya sehingga ruangan tidak berasa panas atau pengap. Oleh karena itu, pastikan kipas angin tidak langsung mengarah ke tubuh atau kepala. Kamu juga bisa meletakkan kipas angin mendekati jendela kemudian taruh semangkuk es batu di depan kipas angin untuk memberi rasa sejuk ketika kipas angin berputar dalam ruangan.

2. Simpan tanaman berukuran sedang di kamar

Rupanya tanaman efektif memberikan kesejukan bagi kamar karena mengeluarkan oksigen di siang hari. Nah, oksigen inilah yang akan membuat kamar lebih sejuk. Namun, sebelum tidur sebaiknya keluarkan tanaman dari kamar karena karbon dioksida yang dikeluarkan tanaman pada malam hari tidak baik dihirup terutama ketika sedang tidur.

3. Gunakan warna cerah untuk cat tembok agar memberikan perasaan sejuk

Warna tembok ternyata bisa memberikan pengaruh terhadap kesejukan kamar. Kamar dengan tembok yang dicat dengan warna gelap biasanya akan terasa lebih sumpek dan panas. Sebaliknya, kamar dengan warna tembok cerah seperti warna putih, biru muda, dan hijau muda memberikan perasaan sejuk dan tenang bagi penghuninya.

4. Matikan lampu atau gunakan lampu neon

Menggunakan lampu pijar rupanya dapat memancarkan panas bila terus dihidupkan. Bila tidak digunakan atau ditinggal tidur, sebaiknya matikan lampu, atau gunakan lampu neon saja.

5. Perhatikan pintu kamar

Menutup kamar akan mencegah udara dingin memasuki area-area kamar di saat hari-hari yang terik. Jika ingin memanfaatkan udara sejuk, biarkan udara ini mengalir secara alami di rumah.

Nah, selain tips di atas, ada lagi nih tips menarik yang juga bisa kamu ikuti tentang mengondisikan kamar kost agar tetap sejuk dan tentunya nyaman, tanpa menggunakan AC. Simak yuk videonya di bawah ini!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: