Pesan Untuk mahasiswa: Pilih Kost atau Sewa Apartemen?

 Posted on Kamis, September 27th, 2018  Posted in Info properti  Mamikos

Pesan Untuk mahasiswa: Pilih Kost atau Sewa Apartemen? – Menjadi mahasiswa ternyata ada banyak hal yang bisa dipertimbangkan supaya bisa bertahan hidup apalagi saat jauh dari kampung halaman dan orang tua. Saat ini memang bukan jamannya lagi untuk selalu berjaga dan unjuk kemampuan di kandang sendiri. Setelah lulus dari SMA nyatanya ada banyak pelajar yang berusaha melakukan berbagai macam cara supaya bisa masuk ke perguruan tinggi yang diimpikan bahkan walau harus kuliah di luar pulau. Jika tinggal di daerah yang belum dikenal yang pasti tempat tinggal menjadi faktor sekunder yang akan membuat pelajar nyaman. Untungnya di kota – kota besar seperti jakarta, kini tersedia sewa kost murah jakarta pusat hingga sewa apartemen di jakarta pusat. Karena banyaknya pilihan, sehingga mahasiswa justru dibuat bingung akan pilih kost atau sewa apartemen?

Pesan Untuk mahasiswa: Pilih Kost atau Sewa Apartemen?

Bahkan kini di daerah – daerah seperti jogja dan semarang yang banyak dijadikan tujuan oleh mahasiswa juga menyediakan hunian vertikal demi kenyamanan. Jadi, bukan hanya menyediakan kost jogja namun kini hadir pula apartemen jogja yang juga banyak diburu oleh mahasiswa. Lagi – lagi karena semakin banyaknya sarana yang disediakan, para mahasiswa justru semakin bingung mau pilih kost atau sewa apartemen. Karena jika dilihat dari segi fasilitas apartemen memang lebih unggul namun untuk masalah biaya tentu saja ada perbedaan yang harus dipertimbangkan.

Lebih baik kost atau apartemen masih menjadi alternatif yang harus dipikirkan secara matang. Apalagi jika melihat bahwa saat ini sudah banyak apartemen yang sengaja disediakan untuk mahasiswa. Dengan melihat keuntungan dan kelebihan dari masing – masing tempat tinggal mungkin anda akan lebih paham apa saja sih yang dibutuhkan dan apa saja yang ternyata justru membuat semakin susah.

Keuntungan dan Kelebihan

Kost

Hunian tapak yang sangat praktis ini memang sudah tersebar di berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Menyewa kost telah menjadi hal wajar yang sering dicari kebanyakan orang. Bahkan di daerah solo kost dibagi menjadi kost putra, kost putri dan kost pasutri dengan fasilitas yang berbeda – beda pula. Kost harganya berkisar mulai daro 300ribu untuk daerah – daerah seperti semarang, malang, palembang dan lain – lain. Sedangkan untuk kost di kota – kota besar seperti jakarta, bandung, tangerang, surabaya dan lainnya kost ditawarkan dari harga 600ribu bahkan ada yang lebih dari 2juta per bulan.

Memilih hunian tapak yang disebut kost ini bisa dibilang cukup praktis dan hemat budget bagi kalangan mahasiswa. Tapi tetap saja memilih tempat tinggal tentu ada resiko yang harus dihadapi. Jika anda memilih untuk tinggal di kost, berikut daftar kekurangan dan kelebihan yang perlu anda ketahui sebelumnya.

Keuntungan dari menyewa kost yang pertama adalah harganya yang sudah pasti lebih murah dibandingkan dengan sewa apartemen. Bahkan bedanya bisa sampai 100% antara kost dengan apartemen. Jika budget terbatas, mungkin sewa kost bisa jadi pilihan terbaik. Kedua, jika anda memilh sewa kost, ini akan semakin mempermudah anda saat akan pindahan dari kost yang satu dengan yang lainnya. Ketiga, rata – rata pengawasan untuk sewa kost biasanya jauh lebih ketat karena kost biasanya langsung berhubungan dengan sang pemilik. Bahkan ada juga sewa kost yang ada di dalam rumah.

Kekurangan dari menyewa kost ternyata juga ada beberapa yang perlu untuk diperhatikan. Pertama, yakni ruangannya yang hanya bisa dihuni satu atau dua orang saja karena luasnya yang minimalis. Kedua, karena ruangan yang sempit anda tidak bisa menyimpan semua barang di kamar kost. Ketiga, kost memiliki suasana yang lebih ramai dibandingkan dengan apartemen terutama kost untuk keluarga yang memperbolehkan ada anak kecil. Kemudian kekurangan dari sewa kost adalah penggunaan kamar mandi dan dapur yang terbatas. Selain itu, pemilik kost juga biasanya memberikan batasan dalam menerima tamu.

Pertimbangan memilih kos harus benar – benar dipikirkan secara matang. Bukankah hunian yang nyaman adalah impian semua orang? untuk itu anda bisa memanfaatkan kelebihannya sebagai faktor untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Apartemen

Hunian vertikal yang satu ini memang menjadi idola bagi semua kalangan terutama untuk kalangan eksekutif dan menengah ke atas. Tapi bukan berarti mahasiswa yang uangnya pas – pas an tidak bisa sewa apartemen ya. Saat ini harga sewa apartemen sudah disesuaikan dengan kondisi keuangan masyarakat di sekitarnya, sehingga semua bisa menikmati pelayanan yang layak. Sebagai contoh ada sewa apartemen di semarang yang ditawarkan dengan harga mulai dari 2.5juta per bulan. Meskipun sedikit lebih mahal, namun kini harga sewa apartemen di kota metropolitan juga semakin beragam.

Dalam memilih apartemen sebagai sarana tempat tinggal, tetap saja ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang harus anda ketahui untuk dapat dibandingkan dengan sewa kost. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari sewa apartemen.

Kelebihan dari tinggal di apartemen tentu saja salah satunya adalah karena faktor fasilitas yang jauh lebih lengkap dan beragam dibandingkan kost. Kedua, sewa apartemen juga bisa dihuni oleh beberapa orang bahkan untuk tempat tinggal dengan keluarga. Kemudian suasana diapartemen tidak terlalu berisik karena rata – rata penghuninya sudah sibuk dengan urusan masing – masing. kelebihan yang lainnya adalah lokasi apartemen yang cukup strategis. Karena merupakan hunian mewah dan modern sehingga biasanya apartemen terletak di tengah kota atau di kawasan bisnis. Ini juga bisa anda manfaatkan sebagai kesempatan untuk berbisnis atau membuka usaha.

Kekurangan dalam sewa apartemen adalah harganya yang mahal termasuk dengan biaya hidup untuk tinggal di apartemen belum lagi jika terjadi kerusakan dan yang lainnya. Kedua, harus ada beberapa perjanjian yang ditaati sehingga anda tidak bisa pindah setiap waktu anda ingin pindah. Jika melanggar peraturan anda akan dikenakan tarif untuk membayar kerugian karena melanggar kontrak. Kekurangan selanjutnya dari sewa apartemen adalah jarang ada interaksi sosial, jadi ada kemungkinan anda tidak kenal dengan penghuni yang lainnya.

Selain melihat kekuranagn dan kelebihan dari kost dan apartemen di atas, ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum akhirnya memilih tempat tinggal. Tidak perlu terburu – buru, silahkan pikirkan dengan cermat dan matang mana hunian yang harus anda pilih. Dan inilah dia hal – hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sarana tempat tinggal.

1. Lokasi

Memilih lokasi yang tepat adalah faktor utama untuk menghemat pengeluaran anda. Semakin dekat jarak dari kampus dengan tempat tinggal maka semakin sedikit pula pengeluaran yang akan anda habiskan. Karena anda saat ini masih menjadi mahasiswa, berarti keseharian yang akan anda lalui kebanyakan akan dihabiskan di tempat tinggal dan kampus. Untuk itu penting survey lokasi tempat tinggal baik itu kost atau apartemen dari yang terdekat dari kampus. Banyak kost yang kini sudah tersebar di area kampus, bangunan menjulang tinggi seperti apartemen juga dikembangkan di sekitar area kampus. Ternyata ada banyak pilihan yang dapat dijadikan pertimbangan ya.

Jika anda kuliah di kota – kota besar, mungkin di jakarta anda juga perlu memeprtimbangkan lalu lintas yang semakin macet. Hal ini dapat anda jadikan pedoman dalam menentukan waktu berangkat ke kampus. Mungkin lokasi tempat tinggal lumayan dekat dengan kampus, tapi anda lupa memeprtimbangkan lalu lintas yang ternyata sangat padat. Wah malah nanti anda akan sering telat masuk kampus lho.

Kemudian jika anda tidak membawa kendaraan pribadi, silahkan pertimbangkan juga untuk akses transportasinya. Kira – kira kendaraan apa yang bisa digunakan untuk perjalanan ke kampus dan berapa rata – rata tarif transportasi untuk jarak jauh dekat. Dengan mengetahui hal ini, untuk membuat perkiraan biaya hidup juga lebih mudah dan gampang. Contohnya, misalnya anda sewa kost di sleman jogja, kendaraan yang bisa digunakan adalah angkutan kota, bus transjogja dan kereta api. Tarif masing – masing juga berbeda dan perlu dicari tahu terlebih dahulu.

2. Budget

Masalah keuangan adalah hal krusial yang perlu dipertimbangkan. Pada umumnya untuk akomodasi biaya yang perlu disisihkan adalah sekitar 30%-35% dari pendapatan. Namun karena masih menjadi mahasiswa yang mungkin belum punya penghasilan tetap anda bisa mempertimbangkan keuangan keluarga terutama orang tua yang setiap bulan harus kirim uang. Usahakan untuk mencari tempat tinggal yang sesuai dengan isi kantong, yang penting tempat yang dipilih nyaman, aman dan lingkungannya bersih.

Perhitungan budget juga akan membantu anda dalam memilih hunian, dengan menentukan tarif untuk sarana tempat tinggal pencarian anda bisa diperkecil lingkupnya. Sehingga anda bisa fokus mencari tempat yang sesuai harganya dengan kondisi kantong. Nggak mungkin kan kalau anda hanya memiliki budget kisatann 500 – 900 ribu tapi mau mencari tempat tinggal yang harganya di atas 2juta?

Untuk sewa kost per bulan biasanya harga yang ditentukan sudah termasuk dengan biaya listrik, air dan service. Sedangkan untuk menyewa apartemen biasanya belum termasuk dengan biaya perawatan dan lain sebagainya. tergantung juga dengan kesepakatan anda dan pemilik apartemen.

3. Privasi

Berbicara mengenai privasi tentu saja masing – masing orang memiliki kepribadian yang berbeda. Ada yang bahkan tidak suka sama sekali jika ada orang lain yang mengusik ruangannya atau mungkin tidak suka jika harus berbagi ruangan dengan orang lain. Untuk kamar kost biasanya ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi, seperti tidak boleh menerima tamu lebih dari jam 9, tidak boleh bawa hewan peliharaan, gerbang akan ditutup jika sudah jam tertentu dan sebagainya. Sehingga anda tidak bisa terlalu bebas.

Sewa apartemen biasanya memberikan kebebasan privasi yang lebih menguntungkan karena anda bebas menerima tamu dan pulang di jam berapapun dari kampus. Selama itu masih ruang pribadi anda, anda akan diberikan kebebasan untuk melakukan aktvitas apapun. Dari masak, nonton tv, bawa hewan peliharaan dan lain – lain.

4. Kenyamanan

Ada orang yang memilih apartemen karena tidak ingin repot dengan urusan perawatan dan sebagainya. Ada pula orang yang lebih memilih kost karena ingin lebih mandiri dalam mengurus tempat tinggal. Tingkat kenyamanan dari setiap orang memang berbeda – beda. Baik itu kost atau sewa apartemen, kembali lagi pada kebutuhan masing – masing pihak. Jika memerlukan ruang privasi anda bisa memilih apartemen daripada kost.

Untuk dapat memilih tempat tinggal, anda perlu mempertimbangkan segala kebutuhan yang nantinya akan anda cari dan inginkan. Kenyamanan adalah kebutuhan yang akan menentukan apakah anda betah atau tidak dengan tempat yang dipilih. Disamping menyesuaikan dengan harga dan lokasi, kenyamanan memang tidak boleh luput dari petimbangan.

5. Keamanan

Hal selanjutnya yang wajib dipertimbangkan jika ingin mencari tempat tinggal adalah tingkat keamanan. Tingkat keamanan tidak hanya menyangkut area di tempat tinggal saja tapi juga lingkungan sekitarnya. Pertimbangkan untuk memilih sarana tempat tinggal yang memiliki sistem keamanan 24jam atau yang ada penjaganya. Kost – kostan biasanya dijaga sendiri oleh sang pemilik dan tidak jarang juga kost yang dilengkapi dengan kamera pengawas. Kalau mau pilih kost, sebaiknya pilih yang ada pengawasnya atau yang ada CCTVnya. Lalu, untuk apartemen tidak perlu diragukan lagi karena setiap apartemen biasanya dilengkapi dengan CCTV di setiap sudutnya dan ada juga petugas keamanan yang stand by selama 24 jam.

Kesimpulan

Disini kesimpulan yang dapat diambil dari kost dan apartemen adalah menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan kita. Apakah kita hanya membutuhkan tempat tinggal yang luas dan mewah atau kita juga harus mempertimbangkan harga, kenyamanan dan keamanan yang didapatkan. Saat di perantauan, banyak waktu yang akan anda habiskan di tempat yang anda tinggali sehingga memerlukan waktu untuk dapat memilih hunian mana yang paling tepat dan bikin betah. Jangan tergesa – gesa dalam menentukan sarana tempat tinggal, lebih baik dari jauh – jauh hari anda mulai mencari informasi seputar hunian – hunian di atas.

Dapatkan juga info apartemen murah di kota lain :

Pesan Untuk mahasiswa: Pilih Kost atau Sewa Apartemen?

Pesan Untuk mahasiswa: Pilih Kost atau Sewa Apartemen?