Contoh Proposal Kegiatan di Lingkungan Masyarakat dan Cara Membuatnya

Contoh proposal kegiatan di lingkungan masyarakat dan cara membuatnya – Ketika akan mengadakan suatu kegiatan, biasanya akan diajukan proposal kegiatan. Proposal tersebut memuat informasi tentang rincian kegiatan berserta waktu pelaksanannya.

Contoh Proposal Kegiatan di Masyarakat dan Cara Membuatnya

https://unsplash.com/@romaindancre

Kegiatan di lingkungan masyarakat yang membutuhkan proposal kegiatan seringkali berkaitan dengan suatu acara. Misalnya saja acara lomba 17-an, lomba jalan sehat, peringatan suatu acara, event olahraga, atau kegiatan skala kecil di lingkungan RW dan kelurahan. Biaya penyelenggaraan acara yang terbatas menjadi salah satu alasan perlunya proposal kegiatan. Selain itu, untuk kegiatan yang menghadirkan banyak orang seringkali diperlukan proposal kegiatan agar memperoleh izin.

Jika kamu sering terjun di masyarakat dan mengadakan acara, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan pembuatan proposal kegiatan. Pada proposal kegiatan terdapat rencana yang tertuang pada rancangan kerja. Harapannya, dengan mengajukan proposal kegiatan akan ada bantuan dana, izin, atau sponsor acara.

Sebagai referensi, berikut ini contoh proposal kegiatan yang ada di lingkungan masyarakat beserta cara pembuatannya.

Fungsi Proposal Kegiatan Masyarakat

Proposal kegiatan masyarakat berisi rencana kegiatan yang diajukan pada suatu pihak berfungsi sebagai bentuk pelaporan ketika melakukan kegiatan. Selain itu, proposal kegiatan masyarakat juga berfungsi untuk pengajuan permohonan dana atau izin pada pihak sponsor agar memberikan bantuan demi terselenggaranya acara.

Tujuan Proposal Kegiatan Masyarakat

Tujuan proposal kegiatan masyarakat yang diberikan pada penerima adalah mendapatkan izin kegiatan. Oleh karena itu, diperlukan penjelasan yang terperinci terkait acara yang diselenggarakan agar izin lebih mudah didapatkan.

Proposal kegiatan juga bertujuan untuk memperoleh dukungan berbagai pihak, apalagi jika acara yang diselenggarakan adalah acara besar. Tidak hanya itu, proposal kegiatan masyarakat juga diberikan untuk mendapatkan bantuan dana, baik dari lembaga tertentu atau dari sponsor.

Cara Membuat Proposal Kegiatan Masyarakat

Pahami langkah berikut sebelum kamu membuat proposal kegiatan masyarakat.

1. Sistematika Penulisan Proposal Kegiatan

Membuat proposal kegiatan tidak bisa sembarangan dan harus sesuai format. Sekalipun tidak ada panduan pasti terkait sistematika penulisannya, jadikan format standar penulisan proposal kegiatan sebagai acuan. Semakin lengkap sistematika proposal yang kamu lengkapi, akan semakin yakin pula pihak penerima proposal dalam membantu jalannya kegiatan.

2. Tentukan Topik yang Akan Diangkat

Sebagai pembuat proposal kegiatan masyarakat, sangat penting menentukan topik yang bisa meraih simpati banyak orang dan digemari masyarakat. Kamu bisa mempertimbangkan budaya atau kebiasaan masyarakat sekitar. Misalnya saja di kelurahan X ada banyak atlet bulu tangkis, maka kamu bisa mengajukan proposal kegiatan masyarakat lomba bulu tangkis antar kelurahan.

3. Buat Kerangka Penulisan Proposal Kegiatan Masyarakat

Kerangka penulisan proposal sangat penting untuk kamu yang masih belum terbiasa membuat proposal. Kerangka tersebut adalah gambaran global atau ide pokok yang nantinya akan dikembangkan sesuai kebutuhan.

4. Objektivitas Proposal

Isi proposal kegiatan masyarakat adalah fakta-fakta dan bukan karangan. Sebab, nantinya akan ada laporan pertanggungjawaban yang harus diberikan setelah acara terselenggara. Jika kamu mengarang cerita untuk mendapatkan bantuan dari penerima proposal, dikhawatirkan hal tersebut jusru menjadi masalah di kemudian hari.

Format Penulisan Proposal kegiatan masyarakat

1. Judul Proposal Kegiatan Masyarakat

Judul pada proposal kegiatan masyarakat diletakkan pada bagian sampul. Karena judul adalah bagian pertama yang akan dibaca penerima, buatlah judul semenarik mungkin. Namun, hindari judul yang berlebihan dan tidak menggambarkan kegiatan.

2. Latar Belakang Penyelenggaraan Kegiatan Masyarakat

Membuat bagian latar belakang proposal kegiatan masyarakat bisa dikatakan gampang-gampang susah. Pembuat proposal perlu mengetahui seluk beluk acara, alasan kegiatan dilaksanakan, sudah berapa kali kegiatan tersebut dilaksanakan dan berhasil, sejarah kegiatan tersebut diadakan, hingga tokoh penting yang mendukung kegiatan tersebut.

3. Landasan Kegiatan

Hal yang menjadi dasar penyelenggaraan kegiatan masyarakat ditulis pada bagian tersebut.

4. Tujuan Kegiatan

Cantumkan tujuan yang akan dicapai ketika menyelanggarakan suatu kegiatan. Kamu bisa fokus pada tujuan untuk warga masyarakat setempat hingga khalayak.

5. Tema Kegiatan

Gambaran terkait kegiatan yang akan dilaksanakan tergambar pada tema kegiatan. Tuliskan tema yang mewakili kegiatan secara utuh dan menyeluruh.

6. Sasaran Kegiatan

Sebelum mengajukan proposal kegiatan masyarakat, tentukan dulu pihak yang akan menjadi sasaran kegiatan tersebut. Bisa juga kamu mempertimbangkan peserta kegiatan pada kegiatan.

7. Jadwal Kegiatan

Jangan lupa untu mencantumkan jadwal kegiatan atau jadwal acara secara rinci pada proposal kegiatan masyarakat. Hal ini berfungsi untuk membuktikan bahwa kegiatan masyarakat yang dilaksanakan memang sudah direncanakan dengan baik dan tidak asal-asalan. Berikan pula keterangan waktu dan tempat pelaksanaan.

8. Susunan Acara

Pihak yang menerima proposal kegiatan masyarakat pastinya ingin mengetahui susunan acara. Pada bagian tersebut, tuliskan secara jelas, urut, dan mudah dipahami terkait waktu kegiatan, jenis kegiatan, dan penanggung jawab masing-masing kegiatan.

9. Susunan Panitia

Cantumkan pula susunan panitia pelaksana kegiatan masyarakat tersebut, mulai dari ketua, sekretaris, bendahara, beserta nama lengkapnya.

10. Rencana Anggaran

Adanya penjelasan tentang rencana anggaran pada proposal kegiatan masyarakat sangat penting jika proposal tersebut akan digunakan untuk mengajukan dana. Perlu diketahui bahwa sekalipun panitia penyelenggara ingin mengumpulkan banyak dana, poin-poin yang ditulis pada rencana anggaran tetap perlu realistis. Gunakan format nomor urut, jumlah kebutuhan, volume, dan dana yang diperlukan.

11. Penutup

Bagian penutup proposal kegiatan masyarakat berisi ucapan terima kasih pada para pihak yang berkenan membantu dan diajak bekerja sama.

Berikut ini contoh proposal kegiatan di lingkungan masyarakat yang dapat kamu modifikasi.

Proposal Kegiatan Kerja Bakti Menyambut Ramadhan di Kelurahan Maju Lancar

Pendahuluan

A. Latar Belakang

Kebersihan lingkungan di Kelurahan Maju Lancar perlu menjadi perhatian penting.
Beberapa titik lokasi mengalami penumpukan sampah, apalagi petugas kebersihan mengalami masalah pengangkutan karena jalan penghubung kelurahan putus akibat banjir.
Masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mengolah dan membuang sampah menumpuknya hingga berbau menyengat.
Menjaga kebersihan bisa dilakukan dari lingkungan rumah tangga, hingga lingkungan yang lebih luas.
Untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H, panitia kegiatan kerja bakti menyambut Ramadhan di Kelurahan Maju Lancar mengadakan acara kerja bakti agar seluruh warga dapat berkontribusi.
Berbeda dari kerja bakti tahun sebelumnya, pada acara kerja bakti di tingkat kelurahan, kegiatan tidak berfokus pada menyapu jalan, mengecat pagar, dan membersihkan masjid.
Masyarakat Kelurahan Maju Lancar akan mendapatkan pendampingan terkait pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah daur ulang.
Harapannya, budaya membersihkan lingkungan akan tertanam dan hubungan baik antar warga dapat terjalin.

B. Tujuan Kegiatan

Membersihkan lingkungan jelang Ramadhan 1443
Memberikan pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga
Memberikan pelatihan pengelolaan sampah daur ulang
Menjalin hubungan baik antar warga Kelurahan Maju Lancar

Isi Proposal

A. Tema Kegiatan

Kegiatan kerja bakti menyambut bulan suci Ramadhan di Kelurahan Maju Lancar ini bertema “Manfaatkan Sampah Menjadi Manfaat, Sambut Ramadhan dengan Suka Cita”

B. Sasaran Kegiatan

Sasaran kegiatan kerja bakti ini adalah warga masyarakat di Kelurahan Maju Lancar

C. Jadwal Kegiatan

Kegiatan kerja bakti menyambut bulan suci Ramadhan di Kelurahan Maju Lancar dilaksanakan dalam dua hari, yaitu Sabtu, 19 November 2021 dan Minggu, 20 November 2021.

D. Susunan Acara

Hari I: Sabtu, 19 November 2021
Kegiatan daur ulang sampah
07.00 – 08.00 Pengkondisian peserta dan registrasi
08.00 – 09.00 Sambutan kepala kelurahan, sambutan narasumber
09.00 – 10.00 Kegiatan daur ulang sampah rumah tangga (organik)
10.00 – 11.00 Evaluasi hasil daur ulang
11.00 – 12.00 ISHOMA
12.00 – 15.00 Kegiatan daur ulang sampah anorganik
15.00 – 16.00 Evaluasi hasil daur ulang
16.00 – Selesai Penutupan

Hari II: Minggu, 20 November 2021
05.00 – 05.30 Persiapan dan pembagian tim
05.30 – 11.00 Kerja bakti membersihkan lingkungan kelurahan
11.00 – 12.00 ISHOMA dan penutupan

E. Susunan Panitia

Adapun susunan panitia kerja bakti menyambut bulan suci Ramadhan di Kelurahan Maju Lancar adalah:
Pelindung: Kepala Kelurahan Maju Lancar
Penanggung Jawab: Ketua Karang Taruna Maju Lancar
Ketua:
Wakil Ketua:
Sekretaris:
Bendahara:
Seksi Acara:
Seksi Humas dan Publikasi:
Seksi Konsumsi:
Seksi Perlengkapan:
Seksi Dekorasi Dokumentasi:
Seksi Keamanan:
F. Anggaran Kegiatan
Rencana anggaran kegiatan ini sebesar Rp. 7.500.000 dengan rincian terlampir.

G. Penutup

Demikianlah proposal kerja bakti menyambut bulan suci Ramadhan di Kelurahan Maju Lancar ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Semoga acara ini dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya.
Atas bantuan dan partisipasi Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.
Malang, 10 November 2021

Demikian informasi contoh proposal kegiatan di lingkungan masyarakat dan cara membuatnya yang baik dan benar. Kini, kamu sudah memahami tata cara pembuatan proposal kegiatan agar bisa mendapatkan sponsor dan bantuan dana. Ketika acara tersebut berjalan, jangan lupa untuk mengambil dokumentasi agar lebih mudah ketika membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan di lingkungan masyarakat. Semoga bermanfaat.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah