11 Prospek Kerja Lulusan Bimbingan Konseling yang Menjanjikan

 Nana | Sel, 23 Jun 2020

11 Prospek kerja lulusan bimbingan konseling yang menjanjikan — Mungkin kamu sempat membatin dan bertanya-tanya, seorang lulusan bimbingan konseling, kira – kira bisa jadi apa sih? Atau berprofesi apa setelah lulus nanti? Tidak ada salahnya juga saat kamu bertanya akan hal itu.

Sebab, beberapa waktu terakhir profesi lulusan bimbingan konseling sedang sering banyak dibahas. Maka, kali ini Mamikos akan memberikan informasi terkini terkait prospek kerja lulusan bimbingan konseling yang cukup menjanjikan dan bisa kamu pertimbangkan.

Prospek Kerja Lulusan Bimbingan Konseling yang Menjanjikan

Prospek kerja lulusan bimbingan konseling yang menjanjikan
https://www.pexels.com/

Mamikos dalam blog ini memberikan sederet informasi bermanfaat yang bisa memberikan kamu inspirasi baru. Diantaranya adalah lowongan kerja jurusan bimbingan konseling, universitas jurusan bimbingan konseling terbaik di indonesia, gelar sarjana bimbingan konseling, apa saja yang dipelajari di jurusan bimbingan konseling, alasan masuk jurusan bimbingan konseling, hingga mata kuliah bimbingan konseling. Lengkap bukan.

Oleh karena itu, Mamikos sarankan untuk kamu mengikuti terus perkembangan artikel yang Mamikos upload di sini agar kamu tidak ketinggalan dengan info-info terbaiknya. Jadi sudah siap dengan info prospek kerja lulusan bimbingan konseling tersebut? Mari langsung saja simak penjelasan lebih lengkap seperti yang tertera di bawah.

Daftar Kesempatan Kerja Lulusan Bimbingan Konseling yang Menarik

1. Pengajar atau Guru BK

https://www.pexels.com/

Daftar pertama dari rangkaian prospek kerja lulusan bimbingan konseling adalah menjadi pengajar atau guru BK. Kenapa guru BK menjadi ujung tombak keberhasilan pengembangan peserta didik? Sebab seorang guru bimbingan konseling memiliki fungsi dan peran tinggi dalam semua kegiatan pendidikan.

Makanya kehadiran seorang guru BK ini salah satu yang diperhitungkan oleh tiap sekolah sekarang. Apalagi untuk menghadapi era globalisasi saat ini kita ketahui bahwa perubahan karakter peserta didik sangat jauh berbeda dengan zaman dahulu. Karena faktanya Indonesia sangat membutuhkan banyak konselor dan nyatanya hanya sedikit dan tidak memenuhi kebutuhan.

Kebutuhan konselor di Indonesia sangat dibutuhkan dengan jumlah tidak kurang dari 100.000 konselor demi mendampingi 19 juta jumlah siswa. Jumlah konselor yang tidak sebanding dengan siswa di tingkat SLTP dan SLTA tentu menjadi peluang besar untuk mereka jurusan BK. Maka kamu pun bisa mempertimbangkan prospek kerja lulusan bimbingan konseling satu ini.

2. Hipnoterapis

Prospek kerja lulusan bimbingan konseling yang menjanjikan
https://www.pexels.com/

Daftar kedua dari prospek kerja lulusan bimbingan konseling yang menjanjikan adalah seorang hipnoterapis. Tidak hanya lulusan Psikologi saja yang bisa menjadi seorang hipnoterapis lho. Seorang lulusan Bimbingan Konseling juga memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi seorang hipnoterapis.

Namun sebelumnya kamu perlu melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi termasuk mengikuti berbagai pelatihan agar dapat menjadi hipnoterapis handal. Untuk besaran gaji atau upah seorang hipnoterapis profesional di Indonesia bisa mencapai Rp 300 ribu hingga Rp 2 jutaan per durasi tertentu. Cukup menarik bukan.

3. Staf HRD

https://pixabay.com/

Menjadi seorang lulusan bimbingan konseling tentu saja kamu bisa memilih karir sebagai seorang Human Resource Development atau HRD. Gaji seorang kepala HRD sebuah perusahaan bisa mencapai angka Rp 10 juta hingga belasan juta rupiah lho.

Sementara besaran gaji untuk staf HRD berkisar pada angka Rp 5 juta hingga Rp 7 jutaan. Kemampuan psikologi kepribadian yang diajarkan di bangku kuliah tentu saja dapat kamu manfaatkan dengan baik di bidang pekerjaan satu ini.

4. Lembaga Kesehatan Mental (LAPAS)

https://pixabay.com/

Prospek kerja lulusan bimbingan konseling satu ini pun cukup menjanjikan. Sebab kamu akan bertanggung jawab untuk menolong dalam menuntaskan permasalahan-permasalahan terhadap mental masyarakat yang terganggu. Apalagi saat ini populasi manusia semakin bertambah dan pertumbuhan globalisasi pun semakin berkembang.

Hal ini tentu saja menciptakan persaingan antara pribadi yang semakin ketat dalam beberapa aspek dan hal. Maka tidak heran pada akhirnya tidak sedikit yang merasakan permasalahan sehingga tidak sedikit pula yang stress. Untuk hal tersebut maka lulusan jurusan Bimbingan konseling ini mempunyai pengaruh yang paling besar. Makanya untuk prospek kerja lulusan bimbingan konseling satu ini masih banyak dicari.

5. Konselor Masyarakat

https://www.pexels.com/

Seorang lulusan bimbingan konseling juga bisa mempertimbangkan prospek kerja satu ini. Teruntuk kamu yang seorang lulusan jurusan bimbingan konseling tentu saja berkesempatan memiliki cakupan profesi yang lebih luas.

Mulai dari terapis islam, konsultan, motivator dan pembimbing/ pendamping (advokasi). Maka prospek kerja satu menjadi konselor masyarakat ini cukup menjanjikan. Apalagi jika mengingat tidak sedikit persoalan yang dirasakan oleh masyarakat luas di Indonesia.

6. Dinas Sosial (Panti)

https://www.pexels.com/

Prospek kerja lulusan bimbingan konseling berikutnya adalah bekerja di sebuah Dinas Sosial. Ya, Dinas Sosial juga sangat membutuhkan orang lulusan bimbingan konseling dengan jumlah yang tidak sedikit. Sebab anak-anak yang ada di panti asuhan juga memerlukan seorang yang dapat memahami mereka.

Tidak hanya itu, dituntut juga orang yang bisa menguasai berbagai konsep dan pendekatan bimbingan serta memiliki intelektual untuk memahami masalah psikologis individu ataupun kelompok misalnya saja di berbagai Dinas Sosial atau Panti tertentu. Tidak mengherankan jika tenaga kerja lulusan bimbingan konseling sangat diperlukan di bidang ini.

7. Pusat Rehabilitasi

Prospek kerja lulusan bimbingan konseling yang menjanjikan
https://www.pexels.com/

Prospek kerja lulusan bimbingan konseling yang menjanjikan selanjutnya adalah di Pusat Rehabilitasi. Pusat rehabilitasi sangat memerlukan kamu yang seorang lulus jurusan Bimbingan Konseling sebab kamu tentu berkompeten untuk membantu menuntaskan masalah psikologi mereka.

Disamping itu kamu juga bisa menjadi media atau tempat konseling masalah yang sedang mereka hadapi di masyarakat. Kamu dapat membantu mereka menghadapi dan mengatasinya dengan memberi pelatihan, motivasi, maupun tindakan mediasi yang dapat mengurangi tingkat stres dalam menghadapi setiap masalah di hidup mereka. Kesabaran dan ketelitian tentu sangat menonjol dari para lulusan sejati bimbingan konseling ini.

8. Jasa Layanan Tes Psikologi

https://www.pexels.com/

Prospek kerja selanjutnya dari bimbingan konseling adalah jasa layanan tes Psikologi. Sebab, ada beberapa perusahaan dan instansi pemerintah yang juga memerlukan jasa layanan tes psikologi ini. Jika di sekolah ada guru BK, maka peran jasa layanan tes psikologi juga diperlukan di perusahaan atau instansi.

Kehadiran mereka menjadi semacam pengukur atau indikator psikologis atau kejiwaan para pegawainya. Namun sebelum kamu menjadi seorang yang bertanggung jawab untuk melakukan tes psikologi, maka kamu wajib melanjutkan jenjang pendidikan hingga S2.

9. Konsultan Pendidikan Lembaga Bimbingan Belajar

Prospek kerja lulusan bimbingan konseling yang menjanjikan
https://www.pexels.com/

Prospek kerja lulusan bimbingan konseling yang menjanjikan selanjutnya adalah seorang konsultan pendidikan lembaga bimbingan belajar atau bimbel. Jadi, siapa bilang jika konsultan pendidikan hanya ada di sekolah formal atau resmi saja? Bimbel juga memerlukan tenaga seorang konsultan pendidikan lho.

Kamu bisa memilih karir sebagai konsultan pendidikan di berbagai lembaga bimbingan belajar yang ada di Indonesia. Ada banyak lulusan bimbingan konseling yang tertarik untuk menjadi tenaga konseling di LBB sebab prospek kerja ini bisa membuat kamu memperoleh upah yang terbilang tinggi.

10. Konselor Pendidikan

https://www.pexels.com/

Prospek kerja seorang bimbingan konseling berikutnya adalah seorang konselor pendidikan. Seorang konselor memiliki tugas yang tentu sangat berat sesuai dengan gaji yang ditawarkan pada mereka. Biasanya seorang konselor pendidikan akan memberikan arahan untuk pilihan pendidikan anak.

Nah, untuk jasa konseling satu ini mematok tarif tertentu. Maka tidak heran juga apabila seorang konselor pendidikan bisa memiliki gaji jutaan hingga belasan juta dengan pengalaman di bidang konseling selama 3-5 tahun saja. Sebab biasanya yang memakai jasa seorang konselor pendidikan orang-orang menengah ke atas.

11. Konsultan Pengembangan SDM

https://www.pexels.com/

Prospek kerja Bimbingan Konseling juga terbuka lebar bagi kamu yang ingin menjadi seorang konsultan pengembangan Sumber Daya Manusia atau SDM. Tidak hanya itu saja. Kamu juga berpeluang untuk mengisi divisi HRD di perusahaan-perusahaan besar dan terkemuka. Gaji seorang yang bekerja sebagai konsultan atau HRD ini bisa mencapai angka Rp 10 juta hingga Rp 15 juta rupiah per bulannya. Cukup besar, bukan?

Mata Kuliah Jurusan Bimbingan Konseling

Usai kamu mengetahui apa saja prospek kerja lulusan bimbingan konseling yang menjanjikan seperti penjelasan Mamikos di atas, maka kini saatnya kamu ketahui apa saja sih mata kuliah jurusan bimbingan konseling tersebut. Jadi sebelum menentukan masuk jurusan Bimbingan Konseling, maka tidak ada salahnya jika kamu mengetahui beberapa mata kuliah yang akan dipelajari.

Mata kuliah jurusan bimbingan konseling yang akan kamu pelajari di antaranya adalah:

  1. Pengantar Pendidikan
  2. Antropologi
  3. Sosiologi
  4. Psikologi Pendidikan
  5. Dasar Bimbingan Konseling
  6. Bimbingan dan konseling pengembangan
  7. Dasar pemahaman perilaku
  8. Landasan Psikologis pendidikan
  9. Landasan sosial BK
  10. Pengantar Konseling
  11. Kesehatan Mental dan lain sebagainya.

Perkiraan Biaya Kuliah Jurusan Konseling

Kamu mulai mempertimbangkan untuk masuk ke jurusan bimbingan konseling karena mulai tertarik dengan prospek kerja lulusan bimbingan konseling yang menjanjikan di atas? Mamikos paham. Sebab biasanya ketika sudah mengetahui jenjang karir dari suatu bidang , maka ketertarikan untuk melanjutkan sekolah ke bidang tersebut pun menjadi jauh lebih besar.

Kali ini, Mamikos juga akan memberikan informasi terkait besaran biaya kuliah jurusan konseling yang malah bisa dikatakan cukup terjangkau. Sebab cakupannya masuk dalam dunia pendidikan. Apalagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) telah menerapkan sistem pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) yang menjadikan biaya pendidikan lebih ekonomis.

UKT tertinggi di kampus negeri yakni berkisar antara Rp. 4,4 juta per semester, tanpa uang pangkal. Namun hal tersebut berbeda dengan sistem pembayaran yang diterapkan di kampus lainnya yang mewajibkan mahasiswa membayar uang pangkal.

Oleh karenanya, setelah kamu memutuskan untuk memilih jurusan ini, ada baiknya kamu mencari tahu kampus mana saja yang menerapkan sistem UKT sebagai biaya pendidikannya. Tujuannya agar kamu bisa tetap berkuliah dan mengambil jurusan bimbingan konseling ini. Tenang saja, Mamikos punya lho infonya.

Kemudian untuk Perguruan Tinggi Swasta yang menyelenggarakan jurusan Bimbingan Konseling, biasanya besaran biaya kuliahnya tergantung dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak universitas tersebut. Akan tetapi, sebagai gambaran untuk kamu, biaya kuliah Bimbingan Konseling di Perguruan Tinggi Swasta juga berkisar antara Rp. 4,4 juta per semesternya. Namun kembali lagi, tiap kampus berbeda juga peraturan dan ketentuannya.

Demikianlah tadi artikel Mamikos mengenai prospek kerja lulusan bimbingan konseling yang menjanjikan yang ada di Indonesia. Kamu pasti sudah tertarik akan salah satu prospek kerja lulusan bimbingan konseling yang sudah Mamikos jabarkan di atas tadi. Semoga informasi tadi membantu dan dapat memberikan kamu sebuah pengetahuan baru.

Mamikos juga ingatkan bahwa di aplikasi pencari kos Mamikos bahwa ada sederet informasi hunian kos-kosan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Disamping itu, blog Mamikos nya memberikan kamu sederet berita terkini tentang dunia kampus, mahasiswa, pendidikan dan berita umum lainnya yang update. Makanya unduh aplikasi pencari kos tersebut sekarang.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: