4 PTN Jalur Mandiri Tanpa Uang Pangkal 2021

4 PTN Jalur Mandiri Tanpa Uang Pangkal 2021– Diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan persaingan ketat bisa menjadi pencapaian besar bagi seseorang. Untuk bisa diterima sebagai mahasiswa atau mahasiswi di PTN, perlu banyak persiapan, seperti dengan mengikuti seleksi dan ujian masuk. Tahun ini, jalur masuk yang dibuka PTN adalah SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. Pendaftar bisa menyesuaikan jalur yang akan dipilih dengan kondisinya masing-masing.

Perguruan Tinggi Negeri Jalur Mandiri Tanpa Uang Pangkal

pixabay.com

Pendaftar yang memilih jalur mandiri kemungkinan belum diterima melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN. Proses seleksi jalur mandiri di setiap PTN pun berbeda-beda. Ada PTN yang menjadikan nilai UTBK 2021 sebagai syarat, tetapi ada pula yang mensyaratkan tambahan nilai rapor, prestasi, dan portofolio. Setelah dinyatakan diterima di PTN tujuan, mahasiswa wajib mengikuti proses daftar ulang agar terdaftar di kampus tersebut.

Mekanisme daftar ulang di PTN juga bisa berbeda-beda. Pada proses tersebut, calon mahasiswa akan diminta untuk melengkapi data diri, menyerahkan dokumen, hingga membayar biaya tertentu. Selain biaya pembekalan untuk mahasiswa baru, ada pula uang pangkal yang wajib dibayar, serta uang semester. Jumlah uang pangkal bervariasi dan umumnya cukup besar. Oleh karena itu, pihak kampus akan memberikan keringanan berupa angsuran pembayaran uang pangkal. Jika kamu ingin mendaftar PTN melalui jalur mandiri yang tidak memberlakukan uang pangkal, berikut ini adalah kampus yang bisa kamu tuju.

1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

wikimedia.org

Jika ingin mendaftar PTN tanpa uang pangkal, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bisa menjadi tujuan. Tahun 2021, UNJ membuka pendaftaran jalur SBMPTN, jalur SNMPTN, serta jalur mandiri.

Biaya UKT

Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dibayarkan setiap semester. Besaran UKT di UNJ didasarkan pada golongan.

Biaya Uang Pangkal di UNJ

Sebagian program studi di UNJ memberlakukan biaya pangkal, namun pendaftar bisa memilih SPU sebesar nol rupiah untuk beberapa kategori jurusan.

Beberapa program studi tidak mewajibkan SPU, sedangkan program studi lainnya menetapkan biaya SPU minimal Rp. 5.000.000.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Kampus favorit yang ada di Indonesia, yaitu ITB tidak menerapkan uang pangkal untuk pendaftaran jalur mandiri. Kuota penerimaan jalur mandiri di ITB mencapai 30% dan ditujukan bagi pendaftar yang belum diterima jalur SNMPTN serta SBMPTN. Ketentuan penerimaan jalur mandiri di ITB dilakukan dengan hasil UTBK, nilai Rapor, serta kriteria lainnya (bagi pendaftar ke Fakultas/Sekolah selain FSRD). Untuk pendaftar di FSRD, terdapat ketentuan tambahan berupa hasil tes kemampuan seni rupa.

Biaya pendaftaran jalur mandiri ITB adalah Rp 100.000 dan Rp 150.000 (untuk pendaftar Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)). Setelah dinyatakan lolos ujian mandiri ITB, calon mahasiswa baru hanya dikenakan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) setiap semester. Besar biaya UKT untuk mahasiswa ITB adalah.

  1. Selain Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) UKT 1: Rp25.000.000, UKT 2: Rp12.500.000
  2. Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) UKT 1: Rp25.000.000, UKT 2: Rp12.500.000

Secara otomatis, calon mahasiswa baru jalur mandiri yang diterima akan dikenakan UKT 1 setiap semester. Namun, mahasiswa bisa mengajukan keringanan agar bisa mendapatkan UKT 2 apabila merasa keberatan dengan besaran UKT. Perubahan biaya UKT bisa dilakukan saat pelaksanaan pendaftaran mahasiswa baru ITB secara daring. Mahasiswa akan diminta menyerahkan dokumen-dokumen kelengkapan dan menunggu proses verifikasi. Kamu tidak perlu khawatir dengan biaya tersebut karena ITB memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mencicil biaya UKT setiap semester.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

https://litbang.kemendagri.go.id/

Tidak perlu sedih jika kamu belum diterima di UGM melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN. Tahun 2021, UGM mengadakan ujian mandiri menggunakan nilai UTBK. Komponen biaya yang perlu dikeluarkan calon mahasiswa UGM adalah biaya pendaftaran ujian mandiri (Rp 250.000). Setelah dinyatakan diterima, mahasiswa wajib membayar biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT). Besar UKT UGM didasarkan pada penghasilan kotor orang tua dan penghasilan tambahan.

  1. UKT 0 : Peserta Bidikmisi
  2. UKT 1: Penghasilan ≤ 500.000
  3. UKT 2: 500.000 < Penghasilan ≤ 2.000.000
  4. UKT 3: 2.000.000 < Penghasilan ≤ 3.500.000
  5. UKT 4: 3.500.000 < Penghasilan ≤ 5.000.000
  6. UKT 5: 5.000.000 < Penghasilan ≤ 10.000.000
  7. UKT 6: 10.000.000 < Penghasilan ≤ 20.000.000
  8. UKT 7: 20.000.000 < Penghasilan ≤ 30.000.000
  9. UKT 8: Penghasilan > 30.000.000

Selain peserta bidikmisi, mahasiswa akan dikenakan biaya minimal pada UKT 1 sebesar Rp 500.000. Maksimal biaya UKT yang perlu dibayarkan ada pada UKT 8. Jadi, pastikan terlebih dahulu penghasilan orang tua sebelum mendaftar jalur mandiri UGM.

4. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia membuka jalur mandiri untuk kamu yang belum mendapatkan kesempatan diterima di sana melalui SNMPTN atau SBMPTN. Program yang dibuka untuk jalur mandiri UI ditujukan untuk berbagai jenjang, mulai dari D3 hingga Doktoral. Selain itu, program spesialis dan program profesi pun dibuka.

Biaya pendidikan jalur mandiri UI didasarkan pada program pendidikan. Jadi, perbedaan jalur masuk tidak berpengaruh pada biaya yang akan dibayar. Secara umum, tidak ada uang pangkal untuk program S1 Reguler. Namun, untuk program lainnya di UI terdapat uang pangkal yang perlu dibayar saat pertama kali diterima.

Biaya UKT untuk jenjang S1 reguler dibedakan menjadi UKT Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) dan Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P). Besar biaya tersebut adalah. BOP-B adalah biaya operasional yang wajib dibayarkan. Besar biaya tergantung kemampuan sang penanggungjawab biaya pendidikan. Sebaliknya, BOP-P adalah biaya operasional dapat dipilih sendiri oleh penanggungjawab.

Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B)

Demikian informasi 4 PTN jalur mandiri tanpa uang pangkal 2021. Pilihlah kampus yang menyediakan jurusan atau program studi sesuai passion-mu. Besaran uang pangkal yang ditetapkan PTN melalui jalur mandiri memang cukup besar. Namun, kamu tidak perlu khawatir jika ternyata harus masuk PTN dengan uang pangkal tersebut. Berusahalah mencari beasiswa atau peluang lain untuk meringankan biaya studi. Selain itu, kamu juga bisa menyisihkan uang untuk berhemat dari uang bulanan orang tua atau bekerja paruh waktu. Selamat mencoba!

Sumber:
Biaya Kuliah Jalur Mandiri UNJ 
Biaya Kuliah Jalur Mandiri ITB
Biaya Kuliah Jalur Mandiri UGM
Biaya Kuliah Jalur Mandiri UI


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta