10 PTN Paling Banyak Peminat di SBMPTN 2020

Posted in: Pendidikan SBMPTN

10 PTN Paling Banyak Peminat di SBMPTN 2020 – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN tahun 2020 telah selesai dilaksanakan. LTMPT telah mengumumkan hasil kelulusan para peserta tepat pada tanggal 14 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB kemarin. LTMPT juga mencatatkan beberapa PTN paling banyak peminat di SBMPTN tahun 2020 ini. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Informasi Terbaru PTN Paling Banyak Peminat di SBMPTN 2020

ugm.ac.id

SBMPTN tahun 2020 ini telah terlaksana dengan lancar meskipun dilaksanakan di tengah kondisi wabah Covid-19 yang Indonesia. Meski begitu, para peserta tetap bersemangat mendaftar dan datang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK untuk dasar seleksi SBMPTN 2020. Ratusan ribu peserta juga telah memilih perguruan tinggi impian mereka sebagai salah satu tahap pendaftaran dalam UTBK SBMPTN. Berikut adalah daftar lengkap PTN paling banyak peminat di SBMPTN 2020 yang telah Mamikos himpun.

Data Statistik Peserta SBMPTN 2020

Sebelum memaparkan data tentang PTN paling banyak peminat di SBMPTN 2020, Mamikos akan terlebih dahulu memaparkan data statistik akhir peserta SBMPTN 2020. Menurut laporan yang diberikan oleh LTMPT, jumlah peserta yang mendaftar untuk mengikuti UTBK SBMPTN tahun 2020 ini adalah sebanyak 702.420 peserta. Selain itu, ada sebanyak 46 peserta dengan disabilitas tunanetra yang juga mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian. Meskipun tidak semua peserta datang mengikuti ujian, tingkat kehadiran peserta SBMPTN 2020 kali ini mencatatkan angka yang cukup baik.

Ketua LTMPT, Mohammad Nasih menyebutkan bahwa hanya ada sebesar 23,87 persen peserta UTBK yang dinyatakan lolos dalam SBMPTN 2020 dari jumlah total peserta. Ada sebanyak 167.653 peserta yang lulus dan diterima menjadi mahasiswa baru di perguruan tinggi pilihan masing-masing di mana tingkat keketatan mencapai satu banding lima secara nasional. Dari total 546.370 pendaftar non KIP Kuliah, ada sebanyak 123.099 peserta yang lolos SBMPTN. Sementara dari jumlah 156.050 peserta KIP Kuliah ada sebanyak 44.554 peserta yang dinyatakan lolos SBMPTN 2020.

Selain itu, LTMPT juga menyebutkan bahwa ada beberapa peserta yang dinyatakan gugur atau didiskualifikasi keikutsertaannya dalam SBMPTN 2020. Ada 510 peserta SBMPTN yang didiskualifikasi di mana 218 peserta di antaranya membawa ponsel, berbicara dengan peserta lain, dan memfoto serta menyebarkan soal saat pelaksanaan ujian. Sementara sejumlah 292 peserta lainnya didiskualifikasi oleh panitia karena foto yang diunggah ketika melakukan pendaftaran atau dibawa saat ujian tidak sesuai dengan wajah peserta bersangkutan. Sehingga, para peserta tersebut mau tak mau harus dihentikan dari seleksi.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

ugm.ac.id

PTN paling banyak peminat di SBMPTN 2020 yang berada di peringkat pertama adalah Universitas Gadjah Mada atau UGM. Ya, tahun 2020 ini, UGM mencatatkan diri sebagai perguruan tinggi negeri yang memiliki peminat terbanyak dalam SBMPTN. Jumlah pendaftar yang memilih UGM dalam SBMPTN 2020 adalah sebanyak 62.507 peserta. Sementara UGM hanya membuka daya tampung sebanyak 2.454 kursi saja.

2. Universitas Brawijaya (UB)

sosiologi.ub.ac.id

Universitas Brawijaya atau UB juga masuk ke dalam jajaran PTN paling banyak peminat di SBMPTN tahun 2020 ini setelah UGM. Jumlah peserta yang mendaftarkan diri dan memilih UB dalam SBMPTN 2020 adalah sebanyak 61.743 peserta. UB sendiri hanya membuka daya tampung sebesar 6.012 kursi saja dari seluruh daya tampung total. Angka tersebut kemudian menempatkan UB di nomor dua dalam daftar PTN paling banyak peminat di SBMPTN tahun 2020.

3. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

tribunnews.com

PTN paling banyak peminat di SBMPTN yang selanjutnya adalah Universitas Padjadjaran atau UNPAD. Tahun 2020 ini, UNPAD berada di urutan ketiga untuk PTN paling banyak peminat di SBMPTN Perguruan tinggi negeri yang terletak di Bandung, Jawa Barat ini memiliki sebanyak 56.446 peserta yang memilihnya dalam gelaran SBMPTN 2020. Sementara itu, UNPAD sendiri membuka daya tampung untuk penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN sebanyak 2.437 kursi saja.

4. Universitas Indonesia (UI)

mediaindonesia.com

Tahun 2020 ini, Universitas Indonesia atau UI berada di peringkat nomor empat dalam daftar PTN paling banyak peminat di SBMPTN. Dari seluruh peserta yang mendaftarkan diri untuk mengikuti UTBK SBMPTN, ada sebanyak 54.897 peserta yang memilih UI sebagai perguruan tinggi pilihan mereka dalam SBMPTN. Pihak UI sendiri menetapkan daya tampung untuk jalur SBMPTN sebanyak 1.678 kursi saja. Sementara sisanya telah ditempati oleh mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dan yang lainnya akan diperuntukkan bagi para peserta yang mengikuti Seleksi Mandiri atau SIMAK UI.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

uns.ac.id

UNS atau Universitas Sebelas Maret juga masuk ke dalam jajaran 10 PTN paling banyak peminat di SBMPTN 2020. Tahun ini, UNS menempati posisi nomor lima setelah UGM, UB, UNPAD dan UI. Dari keseluruhan pendaftar UTBK SBMPTN, jumlah peserta peminat UNS dalam SBMPTN 2020 adalah sebanyak 51.974 peserta. Dari jumlah tersebut, UNS hanya menerima sebanyak 3.427 peserta saja, sesuai dengan daya tampung penerimaan melalui SBMPTN yang telah ditetapkan sebelumnya.

6. Universitas Diponegoro (UNDIP)

tempo.co

Setelah UNS, peringkat nomor enam untuk PTN paling banyak peminat di SBMPTN 2020 ditempati oleh Universitas Diponegoro atau UNDIP. LTMPT menyebutkan bahwa ada sebanyak 51.418 peserta yang memilih UNDIP saat mendaftarkan diri untuk mengikuti UTBK SBMPTN tahun 2020. Sementara jumlah daya tampung yang disiapkan oleh UNDIP untuk penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN tahun 2020 ini adalah sebanyak 3.042 kursi saja.

7. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

kompas.com

Universitas Pendidikan Indonesia atau yang biasa disingkat dengan UPI jumlah masuk ke dalam daftar sepuluh besar PTN paling banyak peminat di SBMPTN 2020. UPI sendiri menempati peringkat tujuh dan berada di bawah UGM, UB, UNPAD, UI, UNS, dan UNDIP. Sesuai dengan data yang dirilis oleh LTMPT, peserta peminat UPI dalam SBMPTN tahun 2020 adalah sebanyak 45.767 peserta. Untuk daya tampung, UPI menyiapkan sebanyak 4.871 kursi untuk peserta yang mendaftar melalui jalur SBMPTN.

8. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

uny.ac.id

Satu lagi perguruan tinggi dari Yogyakarta yang juga masuk ke dalam daftar sepuluh PTN paling banyak peminat di SBMPTN 2020, yaitu UNY atau Universitas Negeri Yogyakarta. Tahun ini, UNY mencatatkan sebanyak 42.592 peserta yang memilihnya saat mendaftar UTBK SBMPTN. UNY sendiri telah mempersiapkan sebanyak 2.211 kursi untuk para peserta yang diterima menjadi mahasiswa baru melalui jalur penerimaan SBMPTN. Angkat tersebut kemudian menempatkan UNY pada peringkat delapan dalam jajaran PTN paling banyak peminat di SBMPTN 2020.

9. Universitas Sumatera Utara (USU)

usu.ac.id

Selanjutnya ada USU atau Universitas Sumatera Utara yang menduduki peringkat nomor sembilan untuk PTN paling banyak peminat di SBMPTN 2020. Ya, USU mencatatkan diri sebagai salah satu dari 85 PTN yang masuk ke dalam jajaran PTN paling banyak peminat di SBMPTN 2020. Tahun ini, ada sebanyak 41.907 peserta yang memilih USU sebagai perguruan tinggi pilihan dalam SBMPTN. Untuk penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN sendiri, USU membuka daya tampung sebanyak 3.148 kursi.

10. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

unj.ac.id

Peringkat nomor sepuluh dalam daftar PTN paling banyak peminat di SBMPTN 2020 ditempati oleh UNJ atau Universitas Negeri Jakarta. Sesuai dengan data yang dirilis oleh LTMPT, jumlah peserta peminat UNJ dalam SBMPTN tahun 2020 ini adalah sebanyak 39.524 peserta. Pihak UNJ sendiri membuka daya tampung sebanyak 2.213 kursi untuk para peserta yang diterima melalui jalur SBMPTN.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar daftar lengkap 10 PTN paling banyak peminat di SBMPTN 2020. Apakah kamu salah satu dari peserta yang memilih dan diterima di salah satu perguruan tinggi di atas? Jika kamu belum diterima, kamu tidak perlu bersedih hati terlalu lama karena masih ada jalur Seleksi Mandiri yang bisa kamu coba daftar di salam satu perguruan tinggi di atas. Semoga informasi ini bermanfaat! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta