Untuk kamu Pengantin Baru : Sebaiknya Sewa Apartemen, Sewa Kost atau Langsung Beli Rumah ?

 Posted on Kamis, Juni 28th, 2018  Posted in Info properti  Mamikos

Sebaiknya Sewa Apartemen, Sewa Kost atau Langsung Beli Rumah ? – Menikah merupakan impian semua orang saat sudah menginjak usia yang matang. Namun setelah itu tempat tinggal menjadi masalah penting yang sering membuat pasangan bingung.

Mau tinggal dimana setelah menikah? Sewa apartemen, sewa kost atau langsung beli rumah sering melintasi pikiran pasangan baru yang akan menikah atau yang baru saja menikah.

Mungkin memang ada baiknya jika mempertimbangkan dengan matang masalah tempat tinggal ini bersama – sama. Kesampingan dulu ego masing – masing dan pikirkan lebih baik untuk pilih kost atau apartemen. Mungkin saja sudah lama anda dan pasangan mendambakan sewa apartemen yang memiliki suasana sejuk, namun masih belum terlaksana karena berbeda pendapat.

Sebaiknya Sewa Apartemen, Sewa Kost atau Langsung Beli Rumah ?

Saat ini sudah ada banyak sekali contoh sarana tenpat tinggal yang dapat dijadikan alternatif. Saking banyaknya mungkin justru hal ini yang membuat menjadi semakin membingungkan.

Semua pilihan tentu ada untung dan tidaknya, namun pasti ada beberapa poin yang lebih penting dalam menentukan pilihan tempat tinggal.

Untuk mempertimbangkan pilih sewa apartemen, sewa kost atau langsung beli rumah, ada baiknya jika anda mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian yang didapatkan hingga hal – hal yang perlu dipersiapkan.

Keuntungan dan Kerugian

Jika tidak ingin mengeluarkan banyak biaya anda bisa ikut tinggal bersama orang tua, tapi tidak semua orang memiliki pilihan ini bukan?

Jadi, mau tidak mau anda harus memilih untuk mencari tempat tinggal yang nyaman dan cocok untuk pasangan anda. Ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan dan salah satunya adalah keuntungan.

  • Sewa Apartemen

Sewa apartemen bisa dibilang cukup praktis dan efisien bagi pasangan yang baru saja menikah. Luas ruangannya cukup untuk dapat ditinggali bersama dengan pasangan anda. Tidak terlalu luas sehingga perabot yang dibutuhkan tidak akan terlalu banyak.

Bisa lebih hemat sedikit untuk urusan perabot. Mungkin ada beberapa dari kalian yang sudah menguras banyak uang tabungan sehingga anggaran untuk tempat tinggal juga pas – pasan. Untuk lebih berhemat anda bisa mencoba mencari apartemen yang lokasinya dekat dengan tempat kerja agar lebih hemat.

Apalagi saat ini banyak apartemen yang disewakan dengan harga murah dan terjangkau. Keuntungan sewa apartemen yang kedua yakni anda dan pasangan tidak perlu bingung masalah perawatan karena biasanya fasilitas seperti ini sudah disediakan oleh pihak apartemen.

Namun disamping memiliki banyak keuntungan, ternyata sewa apartemen untuk pengantin baru juga memiliki kekurangan.

Anda tidak bisa memiliki sertifikat hak milik, kemudian kehidupan di apartemen biasanya sangat individualis sehingga jarang terjadi interaksi sosial dengan tetangga.

Selain itu, anda sebagai penyewa hunian juga wajib mengikuti peraturan – peraturan yang ditetapkan bahkan untuk mendekor ruangan butuh ijin dari pihak yang bersangkutan.

  • Sewa Kost

Menyewa hunian petak yang tidak terlalu luas juga bisa dijadikan alternatif bagi kalian yang baru saja menempuh hidup baru. Sama dengan menyewa apartemen, sewa kost juga ada kelebihan dan kekurangannya jadi sebaiknya dipertimbangkan secara matang sebelum memutuskan.

Adapun kelebihan yang bisa anda dapatkan dari sewa kost adalah dari segi harga dan lokasi.

Biasanya kost pasutri tidak terlalu mahal, cukup terjangkau dan ada beberapa yang dilengkapi dengan fasilitas dapur umum. Selain itu, saat ini sudah banyak kost yang dibangun di sekitar area perkantoran jadi anda bisa mencari kost yang lokasinya dekat dengan kantor tempat anda dan pasangan bekerja.

Selain itu, jika anda atau pasangan masih kuliah, menyewa kost bisa lebih hemat dibandingkan apartemen atau membeli rumah.

Sedangkan dari segi kekurangan, sudah pasti ruangan yang disewakan tidak terlalu luas jadi anda tidak bisa meletakkan banyak perabotan. Apalagi anda sekarang harus tinggal berdua, mau tidak mau barang yang bisa diletakkan di kost jauh lebih sedikit.

Mungkin ada beberapa tempat kost yang memberikan kebebasan untuk membawa hewan peliharaan namun banyak pula kost yang melarang penyewa membawa masuk hewan peliharaannya.

  • Beli Rumah

Tidak jarang juga pasangan baru langsung membeli rumah setelah menikah. Pilihan ini bisa diambil bila anda sudah memiliki persiapan sebelumnya, dari segi harga maupun alasan lainnya.

Keuntungan yang bisa didapatkan dari membeli rumah baik itu baru atau lama, anda akan mendapatkan hak kepemilikan dari rumah dan bangunan.

Ini juga bisa dimanfaatkan untuk berinvestasi atau simpanan di masa yang akan datang. Keuntungan selanjutnya adalah anda memiliki keleluasan untuk mendekor atau menata furniture sendiri sesuai dengan keinginan anda. Pastinya jika rumah di desain sesuai dengan impian, sang penghuni juga jauh lebih betah.

Dan ternyata membeli rumah juga mempunyai kekurangan tersendiri lho. Setelah selesai membayar biaya bangunan dan tanah, anda masih harus mengeluarkan biaya untuk perawatan dan melengkapi perabot – perabot yang dibutuhkan. Apalagi jika rumah yang dibeli cukup luas, berarti anggaran untuk perawatan juga harus lebih banyak.

Hal – Hal yang Perlu diperhatikan

Layaknya kebutuhan yang lainnya, selain memikirkan keuntungan dan kerugian saat sewa apartemen, sewa kost atau langsung belu rumah ternyata ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Dengan mempertimbangkan hal – hal berikut ini mungkin akan memebri anda keyakinan dalam memilih tempat tinggal.

Lokasi

Pertama hal yang perlu anda perhatikan adalah lokasi. Bisa jadi ini juga akan mempengaruhi pengeluaran anda dan pasangan kedepannya. Dengan memperhatikan lokasi tempat anda dan pasangan bekerja akan lebih mudah untuk menentukan tempat tinggal mana yang akan dipilih.

Bila kantor anda dan pasangan terletak di pusat kota atau di daerah perkotaan, sewa apartemen dan sewa kost bisa jadi pilihan terbaik. Usahakaan untuk mencari yang letaknya dekat dengan kantor, lebih dekat lebih baik.

Lalu, jika kalian bekerja di pinggiran kota atau jauh dari pusat kota, memilih untuk membeli rumah bisa jadi alternarif. Rata – rata harga rumah yang letaknya jauh dari pusat kota lebih murah apalagi untuk daerah – daerah terpencil.

Harga

Selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah mengenai masalah harga, baik akan sewa apartemen, sewa kost atau membeli rumah tentu harga harus dipertimbangkan dengan baik dan matang.  Apalagi perbedaan antara sewa apartemen, kost dan memebli rumah juga cukup jauh.

Mungkin sewa kost adalah pilihan yang paling murah tapi tetap saja perlu adanya diskusi antara anda dan pasangan. Untuk masalah harga sebaiknya sesuaikan dulu dengan budget yang saat ini kalian miliki. Mungkin jika ingin tempat tinggal yang lebih besar dan mewah bisa diusahakan seiring berjalannya waktu.

Kenyamanan

Tentu saja hal ini merupakan bagian yang penting untuk dipertimbangkan. Kenyamanan tentu akan memepengaruhi pertimbangan anda dalam menentukan harga, lokasi dan pilihan tempat tinggal.

Kenyamanan bisa anda lihat dari segi keamanan, kebersihan, ketenangan dan privasi. Mungkin rumah bisa jadi pilihan terbaik jika anda mengutamakan kenyamanan.

Dengan memiliki rumah sendiri, anda akan merasa lebih leluasa untuk melakukan banyak hal seperti mendekorasi rumah, memelihara hewan dan yang lainnya. Selain itu, anda juga memiliki tetangga yang bisa diajak berinteraksi.

Nah, itulah tadi beberapa keuntungan, kerugian dan hal – hal yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk sewa apartemen, kost atau membeli rumah.

Semuanya kembali lagi pada persiapan dan budget yang anda miliki. Dimanapun anda tinggal, akan terasa nyaman dan menyenangkan bila ada orang terkasih bukan? Untuk itu pikirkan dengan baik dimana anda dan pasangan akan tinggal supaya tidak menyesal di kemudian hari. Selamat mencari tempat tinggal dan semoga infonya bermanfaat ya!

Dapatkan juga info apartemen murah di kota lain :