8 Barang yang Harus Kamu Beli Saat Ingin Menempati Rumah Baru

8 Barang yang Harus Kamu Beli Saat Ingin Menempati Rumah Baru — Barang pengisi rumah menjadi salah satu yang wajib dipikirkan apalagi jika kamu berencana untuk menempati rumah baru. Tidak harus dengan barang mewah dan mahal, sebab ada beberapa barang wajib yang dijual dengan harga yang terjangkau dan bisa kamu pilih untuk mengisi ruang di rumah baru tersebut.

Pada kesempatan kali ini Mamikos akan memberikan kamu beberapa referensi mengenai daftar barang kebutuhan rumah tangga yang perlu kamu cari dan pilih untuk mengisi beberapa ruang di rumah baru kamu. Langsung saja simak penjelasan mengenai daftar barang yang harus kamu beli jika kamu hendak menempati rumah baru kamu berikut ini.

Daftar Barang yang Perlu Kamu Cari Untuk Menempati Rumah Baru

unsplash.com/Pickawood

Seperti yang sudah Mamikos ungkap di atas bahwa pada kesempatan ini Mamikos akan memberikan kamu mengenai kumpulan barang yang perlu kamu beli jika kamu hendak menempati rumah baru. Apa saja kira-kira barang yang perlu kamu sediakan untuk mengisi ruang di rumah baru tersebut? Simak penjelasan beberapa barang tersebut di postingan Mamikos kali ini.

1. Barang Kebutuhan Istirahat

unsplash.com/Deconovo

Barang pertama yang perlu kamu pertimbangkan ada saat hendak menempati rumah baru adalah barang kebutuhan istirahat. Untuk poin satu ini kamu bisa memilih tempat tidur dengan dipan, atau kasur spring bed tanpa dipan yang kini banyak dijual. Untuk harganya pun bisa kamu sesuaikan lagi dengan kondisi keuangan kamu saat ini.

A. Ranjang tidur

Ketika kamu hendak pindah ke sebuah rumah baru, memiliki ranjang tidur adalah salah satu hal yang wajib. Tempat tidur yang nyaman serta baik dapat menjaga kualitas tidur atau istirahat kamu. Memiliki ranjang tidur yang nyaman juga bisa membuat tidur atau istirahat kamu menjadi nyenyak. Faktor nyaman ini juga amat penting untuk diperhatikan sebab akan memengaruhi kondisi fisik serta kondisi emosi kamu saat bangun keesokan harinya. Tentu kamu tidak ingin bukan merasa suasana hati kamu rusak gara-gara istirahat kamu kurang atau punggung yang sakit?

B. Bantal dan Guling

Setelah ranjang tempat tidur, kamu juga memerlukan bantal dan guling untuk menopang kepala dan posisi tidur kamu agar tetap nyaman. Kamu dapat memilih bantal dan guling yang tidak terlalu keras tapi juga jangan terlalu lembek. Jika bantal sudah terlalu lembek dan usang, sebaiknya ganti bantal kamu dengan yang baru. Sebab bantal dan guling yang sudah tidak layak dapat memengaruhi juga kualitas istirahat kamu.

2. Barang Kebutuhan Penyimpanan Pribadi

unsplash.com/Pickawood

Dari daftar barang berikutnya yang perlu kamu beli saat hendak menempati rumah baru adalah barang kebutuhan untuk penyimpanan pribadi kamu seperti baju dan lainnya. Meskipun saat ini lemari pun sudah banyak jenis dan modelnya, tapi benda satu ini tetap perlu kamu cari untuk mengisi ruang di rumah kamu.

A. Lemari

Setelah Mamikos membahas tempat tidur di atas, lemari menjadi barang selanjutnya yang perlu kamu miliki. Lemari juga dapat berfungsi untuk menyimpan beberapa baju, sprei, selimut, sampai bedcover pun bisa kamu taruh dan letakkan di sana. Jangan lupa untuk memilih lemari dengan model yang minimalis saja dan tidak memakan banyak tempat agar ruang di rumah kamu tetap terlihat lega dan nyaman. Untuk awal, kamu bisa menjadikan lemari sebagai tempat serbaguna. Kamu bisa menaruh baju dan beberapa barang lain di sana.

B. Laci

Masih dalam barang yang perlu kamu beli saat hendak menempati rumah baru. Jika lemari sudah terlalu penuh dan tidak dapat memuat barang lainnya, maka kamu bisa sediakan laci kecil untuk menaruh berkas penting seperti dokumen rumah, surat penting dan lainnya.

3. Barang Kebutuhan Perlengkapan Masak dan Makan

unsplash.com/Becca Tapert

Barang selanjutnya yang bisa kamu sediakan dan beli saat hendak menempati rumah baru adalah peralatan dapur dan peralatan makan. Kamu perlu makan setiap hari, bukan. Dan untuk mengatur pengeluaran, kamu pun bisa memasak di rumah ketimbang jajan atau beli makan di luar. Nah, untuk menunjang hal tersebut maka kamu perlu menyediakan alat dapur dan makan di rumah baru kamu tersebut.

A. Peralatan dapur

Peralatan dapur yang menjadi barang wajib untuk kamu beli di antaranya adalah, panci besar, wajan/ teflon, teko, dan satu panci kecil, sudip dan lainnya. Karena mayoritas orang Indonesia memakan nasi, maka jangan lupa untuk membeli juga penanak nasi. Kini ada banyak penanak nasi berbagai ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan harian.

B. Peralatan makan

Setelah peralatan masak yang sudah Mamikos lampirkan di atas, kini saatnya menelusuri berbagai peralatan makan untuk dibeli. Beberapa peralatan makan dasar seperti piring, sendok, garpu mangkuk dan cangkir, dan saringan menjadi barang wajib yang perlu kamu beli. Sesuaikan jumlah dan kualitas nya dengan bujet kamu saat ini. Jangan terkecoh dengan barang-barang aesthetic dan semacamnya yang biasanya dijual dengan lebih mahal. Beli lah barang-barang yang memang berguna sebagai penunjang kamu menyantap makanan.

4. Barang Kebutuhan Untuk Kebersihan

pexels.com/Yaroslav Shuraev

Masih di rangkaian barang yang harus kamu beli saat hendak menempati rumah baru. Barang kebutuhan berikutnya yang kamu perlu cari dan beli adalah peralatan kebersihan atau kamar mandi. Untuk penjelasan kebutuhan kebersihan tersebut dapat kamu simak berikut ini.

A. Peralatan kebersihan diri

Apa saja kira-kira peralatan kamar mandi yang perlu kamu beli? Kebutuhan kebersihan tersebut di antaranya adalah sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, pembersih wajah, dan lain sebagainya. Poin ini bisa kamu sesuaikan juga dengan kebutuhan kebersihan kamu, namun beberapa kebutuhan wajibnya sudah Mamikos rangkum di atas.

B. Kebersihan kamar mandi

Selain peralatan kebersihan diri, jangan lupa untuk membeli juga peralatan kebersihan untuk kamar mandi kamu supaya tetap bersih. Beberapa alat kebersihan seperti sikat, pembersih lantai, pengharum ruang dan lainnya bisa kamu sediakan.

5. Barang Kebutuhan Cuci Mencuci

pexels.com/Max Vakhtbovych

Barang kebutuhan berikutnya yang perlu kamu beli adalah kebutuhan cuci mencuci. Baik mesin cuci, ember, papan penggilas, sikat, dan sabun pencuci bajunya. Jika kamu memiliki uang berlebih, maka membeli mesin cuci akan jauh lebih memudahkan pekerjaan dan praktis. Namun apabila kamu belum mempunyai dana untuk membeli mesin cuci, maka kamu bisa membeli dan menyediakan ember pencuci, papan penggilas atau sikat pencuci.

A. Mesin cuci dan sabun pencuci

Mesin cuci bisa kamu pilih untuk memudahkan kamu dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Membeli mesin cuci juga bisa kamu pilih jika dana yang kamu miliki cukup. Sebab pada zaman sekarang, membeli dan memiliki mesin cuci menjadi hal yang wajar karena efisiensi yang akan dirasakan penggunanya. Sebab memiliki mesin cuci sendiri akan jauh lebih hemat daripada memasukkannya ke penatu.

6. Barang Kebutuhan Penyimpanan Makanan

pexels.com/Max Vakhtbovych

Masih di daftar barang kebutuhan yang perlu kamu beli saat hendak menempati rumah baru. Ada penyimpanan makanan seperti lemari atau kulkas yang bisa kamu sediakan di rumah. Kamu dapat meletakkannya di dapur atau di dekat meja makan. Dengan memiliki kulkas atau tempat menyimpan makanan ini kamu pun jadi bisa lebih memastikan bahwa makanan kamu bisa awet dan aman dari gangguan semut, kucing, atau serangga.

A. Kulkas

Menyediakan kulkas di rumah atau sebuah lemari penyimpanan dapat menjaga kualitas dari hidangan makanan kamu. Jadi selain rice cooker, membeli lemari es atau lemari penyimpanan biasa dapat membuat bahan makanan kamu aman. Jika dana kamu mencukupi, maka jangan ragu untuk memilih dan membeli kulkas untuk lebih banyak menyimpan bahan makanan basah seperti daging dan sayur. Sementara jika dana belum mencukupi, tidak masalah dengan lemari penyimpanan biasa pun. Jangan terlalu memaksakan dan tetap tinjau kondisi bujet yang kamu miliki saat ini.

7. Barang Kebutuhan Ruang Makan

pexels.com/Pixabay

Daftar barang berikutnya yang perlu kamu beli ketika hendak menempati sebuah rumah baru adalah barang yang akan memenuhi ruang makan. Meski mungkin jika untuk awal ruang makan menjadi sesuatu yang terlalu tak diperhatikan untuk sebagian besar orang. Akan tetapi, jika kamu memiliki ruang untuk membuat ruang makan, maka kamu bisa menyediakan meja makan.

A. Meja makan

Meja makan dapat menjadi barang yang cukup penting untuk mengisi rumah baru kamu. Namun, dikarenakan bujet yang harus disediakan lebih besar, biasanya tidak banyak yang langsung menyediakan meja makan ini. Tapi kamu pun dapat menyiasatinya dengan mencari meja makan second hand yang sudah banyak dijual di e-commerce. Di masa depan jika bujetnya sudah mencukupi, maka kamu pun dapat mengganti meja makan tersebut dengan mereka atau kualitas yang jauh lebih bagus.

8. Barang Kebutuhan Penunjang Hiburan

pexels.com/Lisa

Opsi berikutnya yang masuk dalam barang yang perlu kamu beli saat ingin menempati rumah baru adalah penunjang hiburan. Opsi satu ini tidak bersifat tambahan dan bukan wajib. Jadi kamu dapat melewatinya saja apabila belum ada dana yang bisa dialokasikan ke sana.

A. Peralatan Hiburan

Beberapa barang penunjang hiburan yang bisa kamu sediakan jika bujet kamu mencukupi di antaranya adalah smart TV, Playstation, bluetooth speaker, dan lain sebagainya. Barang-barang elektronik tersebut tidak mendesak, namun kamu bisa menyediakannya sebagai media hiburan yang bisa kamu nikmati di kala suntuk dan penat dengan pekerjaan.

Kesimpulan

Beberapa daftar barang yang harus kamu beli saat hendak menempati rumah baru tersebut tidak harus sekaligus kamu beli atau sediakan. Tetap sesuaikan dengan bujet atau kondisi keuangan kamu supaya tidak memaksakan. Sebab dari beberapa barang di atas, tentu ada barang wajib dan tidak wajib. Untuk mengetahuinya kamu bisa melihat dari urgensi atau keharusan karena situasi mendesak dari barang-barang tersebut.

Misalnya saja, antara barang atau peralatan dapur dan penunjang hiburan, manakah yang harus kamu beli dan perhatikan lebih dulu? Tentu saja peralatan dapur dahulu sebab setiap hari kamu perlu makan. Sementara untuk penunjang aktivitas hiburan bisa kamu tunda terlebih dulu sampai bujet nya mencukupi. Begitu juga dengan beberapa kebutuhan lainnya yang sudah Mamikos lampirkan di atas. Jadi meskipun daftarnya sudah Mamikos atur di atas, jangan terpaku pada daftar tersebut.

Butuh inspirasi hunian kos terbaik saat ini? Kamu bisa mengandalkan situs dan aplikasi Mamikos sekarang juga. Sebab daftar hunian kos yang tersedia di sana dijamin terbaik dan bisa kamu pilih sesuai kebutuhan kamu saat ini. Mencari hunian di Mamikos juga jauh lebih efisien, praktis, dan pastinya lebih dapat menghemat waktu kamu. Unduh aplikasi Mamikos atau kunjungi situsnya sekarang di sini.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah