7 Situs Terbaik Cek Plagiasi Skripsi/Karya Tulis Online

7 Situs Terbaik Cek Plagiasi Skripsi/Karya Tulis Online – Buat kamu yang sekarang sedang bergelut dengan skripsi, sudah yakinkah kamu bahwa skripsi yang kamu kerjakan tersebut bebas dari plagiarisme? Karena seperti yang kita ketahui, setiap kampus umumnya sudah menerapkan batas plagiat.

Jika skripsi yang kamu kerjakan melewati dari batas plagiat tersebut, maka kamu pun bisa terancam tidak lulus.

Untuk mengecek skripsi yang sedang kamu kerjakan tersebut plagiasi atau tidak, berikut Mamikos berikan info 7 situs untuk cek plagiasi skripsi atau karya tulis online terbaru.

Deretan Situs Cek Plagiasi Skripsi / Karya Tulis Terbaru

h5b4k4m8.stackpathcdn.com

Kata plagiarisme dan plagiat sendiri sangat erat kaitannya dengan dunia pendidikan, khususnya skripsi. Skripsi sejak dulu memang telah menjadi momok bagi para mahasiswa.

Karena bagi mahasiswa manapun, ujian skripsi ini menjadi segalanya agar bisa mendapatkan gelar sarjana.

Agar skripsi kamu bisa dinyatakan lulus dan mendapatkan nilai yang sempurna, kamu pun harus memastikan bahwa data skripsi yang kamu peroleh tersebut kuat, kamu juga paham teori yang kamu gunakan. Dan yang terpenting, kamu harus memperhatikan masalah plagiarisme.

Untuk membantu kamu mengecek apakah skripsi kamu plagiat atau tidak, kamu bisa mengeceknya melalui 7 situs cek plagiasi skripsi di bawah ini.

Gambaran Plagiasi Skripsi

Pengertian plagiat menurut Pasal 1 angka 1 Permendiknas 17/2010 adalah perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai.

Macam-macam bentuk plagiat dalam penulisan karya ilmiah meliputi tetapi tidak terbatas pada (Pasal 2 ayat [1] Permendiknas 17/2010):

  1. mengacu dan/atau mengutip istilah, kata-kata dan/atau kalimat, data dan/atau informasi dari suatu sumber tanpa menyebutkan sumber dalam catatan kutipan dan/atau tanpa menyatakan sumber secara memadai;
  2. mengacu dan/atau mengutip secara acak istilah, kata-kata dan/atau kalimat, data dan/atau informasi dari suatu sumber tanpa menyebutkan sumber dalam catatan kutipan dan/atau tanpa menyatakan sumber secara memadai;
  3. menggunakan sumber gagasan, pendapat, pandangan, atau teori tanpa menyatakan sumber secara memadai;
  4. merumuskan dengan kata-kata dan/atau kalimat sendiri dari sumber kata-kata dan/atau kalimat, gagasan, pendapat, pandangan, atau teori tanpa menyatakan sumber secara memadai;
  5. menyerahkan suatu karya ilmiah yang dihasilkan dan/atau telah dipublikasikan oleh pihak lain sebagai karya ilmiahnya tanpa menyatakan sumber secara memadai.

Identifikasi Plagiasi Skripsi

Terdapat beberapa faktor yang dapat digunakan dalam mengidentifikasi plagiarism menurut Novanta (2009), yakni:

  1. Penggunaan kosakata
    Menganalisis kosakata yang digunakan dalam suatu tugas terhadap penggunaan kosakata sebelumnya dapat membantu menentukan apakah mahasiswa benar-benar telah menulis teks tersebut. Dengan menemukan suatu kosakata baru dalam jumlah yang besar (terutama kosa kata lanjut) dapat menentukan apakah mahasiswa menulis teks tanpa melakukan plagiarisme.
  2. Perubahan kosa kata
    Apabila penggunaan kosa kata berubah secara signifikan dalam suatu teks, hal ini dapat mengindikasikan plagiarisme dengan cara copy and paste.
  3. Teks yang membingungkan
    Apabila alur dari suatu teks tidak halus dan tidak konsisten, hal ini mengindikasikan penulis tidak menulis menggunakan pemikirannya sendiri atau beberapa bagian dari tulisannya bukanlah hasil karyanya.
  4. Penggunaan tanda baca
    Tidak wajar apabila dua orang penulis menggunakan tanda baca yang persis sama dalam membuat suatu karya tulis.
  5. Jumlah kemiripan teks
    Pasti ada beberapa kemiripan antara beberapa teks yang menulis dengan topik yang sama seperti nama-nama, istilah-istilah dan sebagainya. Bagaimanapun, tidak wajar bila beberapa teks yang berbeda memiliki kesamaan atau kemiripan teks dalam jumlah yang besar.
  6. Kesalahan ejaan yang sama
    Merupakan hal yang biasa terjadi bagi seseorang penulis dalam membuat suatu karya tulis. Menjadi tidak wajar bila beberapa teks yang berbeda memiliki kesalahan-kesalahan yang sama dalam pengejaan atau jumlah ejaan salah yang sama.
  7. Distribusi kata-kata
    Tidak wajar apabila distribusi penggunaan kata dalam teks yang berbeda memiliki kesamaan. Sebagai contoh, suatu teks memiliki parameter yang sama untuk suatu distribusi statistik yang digunakan untuk menjelaskan penggunaan istilah.
  8. Struktur sintaksis teks
    Hal ini menunjukkan plagiarisme mungkin saja telah terjadi jika dua teks secara jelas memiliki kesamaan struktur sintaksis. Hal yang wajar bila penggunaan struktur sintaksis yang digunakan oleh beberapa penulis akan berbeda.
  9. Rangkaian-rangkaian panjang kata yang sama
    Tidak wajar apabila suatu teks yang berbeda (bahkan yang menggunakan judul yang sama) memiliki rangkaian/urutan karakter yang sama.
  10. Orde kemiripan antar teks
    Hal ini bisa mengindikasikan plagiarisme apabila orde kecocokan kata atau frasa antar dua teks sama. Meskipun diajarkan untuk menyajikan fakta-fakta dalam suatu aturan (contohnya pendahuluan, isi, kemudian kesimpulan), kurang wajar jika fakta-fakta yang sama dilaporkan dalam orde yang sama.
  11. Ketergantungan pada kata atau frase tertentu
    Seorang penulis mungkin memilih penggunaan suatu kata atau frase tertentu. Kekonsistenan penggunaan kata-kata tersebut dalam suatu teks yang ditulis oleh orang lain dengan menggunakan kata yang berbeda dapat mengindikasikan plagiarisme.
  12. Frekuensi kata
    Tidak wajar apabila kata-kata dari dua teks yang berbeda digunakan dengan frekuensi yang sama.
  13. Keputusan untuk menggunakan kalimat panjang atau kalimat pendek. Tanpa sepengetahuan kita, para penulis tentu memiliki keputusan penggunaan panjang kalimat yang tidak biasa dikombinasikan dengan fitur-fitur lain.
  14. Teks yang dapat dibaca
    Penggunaan metrik/ukuran seperti index Gunning FOG, Flesch Reading Ease Formula atau SMOG dapat membantu menentukan suatu skor kemampuan. Tidak wajar apabila penulis yang berbeda akan memiliki skor yang sama.
  15. Referensi yang tidak jelas
    Apabila referensi yang muncul dalam suatu teks tetapi tidak terdapat pada daftar pustaka, hal ini dapat mengindikasikan plagiarisme cut and paste, dimana penulis tidak menyalin referensinya secara lengkap.

Sanksi Plagiasi Skripsi

Dalam bidang akademik, plagiat banyak dilakukan dalam penyusunan skripsi atau tugas akhir.

Bagi orang awam mungkin masih belum mengetahui bahwa sebenarnya plagiasi skripsi ini sudah ada undang-undang yang mengaturnya di dalam KUHP. UU Plagiasi skripsi ini diatur dalam ketentuan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (“UU Sisdiknas”), yang berbunyi “setiap perguruan tinggi menetapkan syarat kelulusan untuk mendapatkan gelar akademik, profesi, atau vokasi (Pasal 25 ayat [1] UU Sisdiknas).

Jika karya ilmiah yang digunakan untuk mendapatkan gelar akademik, profesi, atau vokasi terbukti hasil jiplakan, maka gelarnya akan dicabut (Pasal 25 ayat [2] UU Sisdiknas)”.

Apabila kamu ketahuan oleh kampus telah melakukan plagiasi skripsi, maka kamu tidak hanya akan dicabut gelar sarjananya saja tetapi juga diancam dengan pidana penjara paling lama dua tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp200 juta (Pasal 70 UU Sisdiknas).

Situs Cek Plagiasi Skripsi

1. Copyleaks

blog.travelpayouts.com

Situs copyleaks.com ini merupakan situs yang berbasis Cloud di mana nantinya kamu bisa melakukan pengecekan konten e-Learning di internet.

Copyleaks juga memiliki opsi untuk edukasi dan bisnis, lho di mana jika kamu ingin melakukan pengecekan skripsi maka disarankan kamu langsung memilih edukasi saja.

Situs Copyleaks ini juga dapat mengecek konten skrispi kamu dalam berbagai format. Sayangnya, untuk melakukan pengecekan secara gratis kamu hanya bisa mengecek maksimal 10 halaman saja.

2. Dupli Checker

whello.id

Nah, situs duplichecker.com juga bisa kamu andalkan untuk mengecek plagiasi skripsi atau karya tulis kamu secara online.

Kamu pun tidak harus berlangganan terlebih dahulu untuk bisa megecek skripsi kamu, cukup meng-copy paste teks yang kamu inginkan dan memasukkannya ke situs ini untuk mengecek masalah plagiarismenya.

Memiliki tampilan yang sederhana, situs Dupli Checker memungkinkan kamu untuk melakukan pengecekan sebanyak 50 kali saja setiap harinya jika kamu mendaftar secara cuma-cuma.

3. Plagiarisma

tech2integrate.files.wordpress.com

Seusai dengan namanya, situs Plagiarisma ini memang digunakan untuk melakukan pengecekan plagiasi. Untuk menggunakannya juga cukup mudah, namun dengan proses yang bertahap.

Situs Plagiarisma melalui laman plagiarisma.net ini bisa membantu kamu untuk mengecek apakah skripsi kamu plagiasi atau tidak. Plagiarisma dirancang memang untuk mahasiswa dan pendidik agar dapat melakukan dokumen tertentu telah diterbitkan di suatu tempat (internet) atau belum.

Setelah kamu selelsai melakukan pengecekan, kamu pun nantinya akan mendapatkan laporan hasil plagiasi dari semua sumber yang disalin.

Jika kamu tidak ingin berlangganan, Plagiarisma hanya menyediakan percobaan gratis untuk mengecek file sebanyak maksimal 5000 kata saja.

Jika kamu ingin melakukan pengecekan lebih dari angka tersebut, kamu pun harus berlangganan premium.

4. PlagScan

i.pinimg.com

Dirancang untuk pendidikan dan bisnis, situs plagscan.com bisa kamu andalkan untuk mengecek skripsi kamu.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengupload file skripsi kamu dengan formas MWord atau pdf. Atau kamu pun bisa copy paste skripsi kamu ke dalam kotak teks yang tersedia di PlagScan.

Setelah kamu pindai, nantinya akan muncul laporan persentase teks yang plagiat berikut unsur-unsur apa saja yang plagiat tersebut.

Di situs PlagScan ini juga sudah ada penanda warna berbeda untuk menunjukkan hasil file yang kamu pindai. Untuk mengecek skripsi menggunakan PlagScan ini, kamu cukup mendaftar saja.

Kamu pun juga bisa melakukan pengecekan secara gratis tanpa berlangganan. Namun, setelah itu kalau kamu memang ingin berlangganan kamu pun akan diberikan tiga pilihan berlangganan yang tersedia untuk memeriksa dokumen.

5. PaperRater

plagtools.com

Melalui situs paperrater.com, kamu bisa mengecek plagiasi skripsi kamu secara gratis. Selain bisa mengecek masalah plagiarisme, PaperRater juga dapat kamu manfaatkan untuk mengecek grammar yang kamu gunakan.

Dirancang oleh pengembang yang merupakan para linguis dan ahli di bidangnya, PaperRater dapat dipercaya untuk masalah kualitasnya. Kamu pun bisa melakukan pengecekan skripsi kamu secara gratis di PaperRater ini.

6. PlagTracker

cdn.techinasia.com

Plagtracker.com memang dirancang khusus untuk mahasiswa, pendidik, hingga penerbit buku.

Kamu pun bisa melakukan pengecekan skripsi kamu di PlagTraceker apakah sudah diupload di internet atau belum sebelumnya.

Setelah selesai melakukan pengecekan, kamu pun akan mendapatkan laporan dari PlagTracker seputar hasil plagiasi dari semua sumber yang disalin.

PlagTraceker bisa digunakan secara gratis, namun kamu hanya bisa melakukan pengecekan skripsi kamu dengan maksimal 5000 kata saja.

Jika ingin melakukan pengecekan dengan jumlah kata yang lebih banyak, kamu pun harus berlangganan premium terlebih dahulu.

7. Unicheck

unicheck.com

Situs unicheck.com ini sangat Mamikos rekomendasikan untuk para mahasiswa dan pendidik.

Jika kamu menggunakan situs Unicheck ini, kamu pun tidak perlu lagi install aplikasi ke device karena kamu bisa melakukan pengecekan secara online.

Situs Unicheck ini memungkinkan kamu untuk secara bersamaan memindai teks-teks dari format yang berbeda yang kamu butuhkan dalam waktu 4 detik per teks-pemindaian, tanpa penurunan kecepatan.

Situs ini juga bisa mengecek bagian terkecil hasil tiruan hingga 16 miliar halaman, termasuk dokumen di Google dan Bing lho.

Setiap kamu melakukan pengecekan, nantinya Unicheck akan memberikan laporan plagiasi. Di dalam laporan tersebut akan disuguhkan persentase kesamaan dan keaslian fail yang dipindai, sekaligus semua elemen yang disorot dengan hyperlink ke sumber-sumber aslinya.

Tak hanya itu saja, semua fail kamu pun akan tersimpan aman di dalam akun personal yang sudah kamu buat melalui Unicheck.

Untuk bisa melakukan pengecekan skripsi melalui Unicheck, kamu harus berlangganan dengan biaya paling murah sekitar $4,99 per bulannya.

Namun, kamu juga masih bisa melakukan pengecekan secara gratis dengan maksimal 275 kata saja.

Di dalam dunia pendidikan saat ini, kasus plagiat sudah dianggap sebagai suatu kasus yang serius lho.

Sebagai generasi milenial, harusnya kamu mampu menghasilkan skripsi sendiri tanpa harus meniru atau merugikan pihak lain.

Nah, semoga saja informasi seputar 7 situs terbaik cek plagiasi skripsi atau karya tulis online di atas bisa berguna ya untuk kamu.

Jangan lupa untuk download dan install aplikasi Mamikos di ponsel kamu jika kamu membutuhkan membutuhkan informasi seputar sewa properti seperti kost-kostan hingga rumah kontrakan.

Di aplikasi Mamikos ini kamu bisa mendapatkan akses yang lebih praktis lagi untuk menemukan seluruh informasi sewa properti yang diinginkan.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta