Start yang Digunakan Dalam Lari Jarak Pendek Adalah? Ini Jawabannya




Start yang Digunakan Dalam Lari Jarak Pendek adalah? Ini Jawabannya — Saat kamu akan melakukan lari, baik jarak pendek atau jarak jauh, ada start yang perlu dipersiapkan.

Apabila kamu penasaran start yang digunakan dalam lari jarak pendek, maka kamu wajib membaca ulasannya di artikel Mamikos ini.




Mengenal Posisi Start yang Digunakan Lari Jarak Pendek

Posisi start yang digunakan dalam lari jarak pendek adalah jongkok atau dikenal juga sebagai crouch start. Aturan satu ini berbeda dengan posisi start (mulai) untuk lari jarak menengah yang disebut melayang dan berdiri bagi pelari yang melakukan lari jarak jauh.

Posisi start ini sangat penting bagi pelari sebab ini jadi momen awal ketika otot-otot melakukan gerakan secara mendadak dengan kekuatan yang optimal.

Karena itu, pelari selalu wajib melakukan pemanasan terlebih dulu sebelum melakukan start untuk mencegah terjadinya cedera baik yang ringan ataupun serius.

Posisi Saat Melakukan Start Jongkok

Tujuan start jongkok (crouch start) pada saat melakukan lari jarak pendek adalah supaya setiap pelari yang berlomba dalam kondisi yang sama. Sebab ketika melakukan start, posisi kedua kaki dan tangan pelari sama-sama menyentuh tanah.

Saat sudah berada di posisi start jongkok ini, pelari juga memerlukan teknik tertentu. Dimulai dari aba-aba bersedia, siap, dan ya, barulah para pelari siap untuk meluncur dan berlari dengan kecepatan penuh dan maksimal.

Tiga Jenis Start Jongkok

1. Long Start/Start Panjang

Pada saat melakukan start ini pelari akan membuat jarak ibu jari kaki depan dan belakangnya sekitar 50 hingga 70 cm.

2. Medium Start/Start Menengah

Saat melakukan start ini, pelari akan membuat jarak ibu jarik kaki depan dan belakang sekitar 40 hingga 55 cm saja.

3. Bunch Start/Start Pendek

Pada teknik start ini, jarak antara ibu jari kaki depan dan belakang adalah 25 hingga 30 cm.

Informasi mengenai start yang digunakan dalam lari jarak pendek di atas mengakhiri juga ulasan Mamikos pada kesempatan ini.

Mudah-mudahan saja apa yang sudah kamu baca pada ulasan start yang digunakan dalam lari jarak pendek ini dapat memberikan wawasan baru untuk kamu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya




Kost Dekat UIN Jakarta