7 Tempat Wisata Tervaforit Untuk Liburan Hari Raya Idul Fitri di Jogja 2019

Posted on Posted in Ramadhan, Tempat Wisata

Tempat Wisata Lebaran di Jogja – Tradisi mudik lebaran bukan lagi hal yang aneh di kalangan masyarakat Indonesia. Tentu kamu yang berasal dari tanah rantau bisa merasakan sensasi mudik, berdesakan di angkot, bermacet-macetan di jalan, sebelum akhirnya bisa bertemu keluarga. Namun, jika kamu berasal dari Jogja dan tetap tinggal di Jogja, tentu kamu akan merasa bosan jika terus-menerus berada di rumah dan tidak kemana-mana.

Oleh karena itu, Mamikos akan memberikan informasi mengenai tempat wisata lebaran di Jogja yang dapat dikunjungi sendiri maupun bersama keluarga.

Tempat Wisata Liburan Hari Raya Idul Fitri di Jogja

  • Kebun Binatang Gembira Loka

Wisata kebun binatang adalah alteratif paling mudah sebagai lokasi tujuan untuk menghabsikan waktu libur lebaran. Kebun Binatang Gembiraloka tidak terlalu jauh dari pusat kota, bahkan kamu bisa menggunakan transportasi online atau angkutan kota untuk mencapainya. Aktivitas yang bisa dilakukan di kebun binatang sangat banyak, apalagi Kebun Binatang Gembira Loka memiliki banyak jenis satwa yang dirawat dan dipelihara dengan baik.

Biaya masuk kebun binatang sebesar 25.000 rupiah akan sebanding dengan pengalaman berkeliling yang kamu dapatkan. Setelah memasuki pintu masuk, kamu bisa melihat-lihat tempat pengawetan berbagai macam binatang yang terdapat di dalam ruangan. Ada pula tumbuh-tumbuhan yang sudah diberi nama, sehingga kamu tidak akan penasaran atau kesulitan mengenali jenisnya. Puas berada di dalam ruangan, mampirlah ke tempat pembenihan yang tidak jauh dari lokasi. Kamu akan menyaksikan ikan-ikan di dalam kolam-kolam dan siap untuk dikawinkan.

Kini saatnya kamu menjelajahi kebun binatang sambil merasakan teduhnya berjalan di bawah pohon-pohon besar. Suasana kebun binatang memang sangat asri. Jika merasa lelah, kamu bisa langsung mencari tempat-tempat duduk atau sekadar beristirahat di bawah pohon besar. Berbagai macam satwa liar, binatang yang bisa ditunggangi (gajah, unta), hingga binatang yang unik dan belum pernah kamu saksikan pun bisa kamu lihat secara langsung di Gembira Loka.

Agar kunjunganmu semakin menyenangkan, mintalah peta lokasi pada saat kamu selesai membayar tiket masuk. Dari peta tersebut, kamu bisa menentukan lokasi yang perlu kamu datangi terlebih dahulu, mulai dari taman reptil, taman burung, kandang mamalia, amfibi, ikan-ikan dan sebagainya. Bahkan, kamu juga bisa berinteraksi dengan burung-burung, misalnya memberi makan di dalam kandang besar secara langsung. Akan sangat berkesan melihat burung yang terbang bebas melewati kepala kita tanpa perlu takut dipatuk.

Sebenarnya, kamu perlu menyiapkan stamina yang cukup ketika memutuskan untuk berkunjung ke Gembira Loka karena sebelum mencapai pintu keluar, kamu masih akan diajak menjelajahi berbagai macam kandang mamalia. Tenang saja, jika lelah berkeliling terdapat kereta wisata yang bisa disewa. Ada pula area danau yang dimanfaatkan untuk permainan bebek kayuh. Selesai berkeliling, cobalah mampir membeli oleh-oleh di depan kebun binatang atau menyantap makanan lezat di sekitar lokasi.

  • Tamansari Water Castle

Jika kamu menyukai kegiatan wisata keraton, jangan lewatkan kunjungan ke Tamansari Water Castle. Lokasi tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari Malioboro, sehingga kamu bisa mencapainya menggunakan becak atau andong agar lebih berkesan. Namun, tidak jarang pula ada yang berjalan kaki untuk menghemat budget.

Tamansari Water Castle merupakan tempat yang unik dan memiliki sejarah penting. Dulunya, lokasi Tamnasari menjadi tempat raja menghabiskan waktu bersama istri sambil bercengkerama. Kolam-kolam pemandian yang terawat dengan suasana asri pun bisa kamu saksikan.

Jangan lupa untuk berfoto di spot-spot menarik yang terkenal. Tempat tersebut merupakan bekas masjid bawah tanah yang bahkan tempat imam memimpin shalat masih bisa kamu lihat. Meskipun suasana terasa agak gelap, namun lokasi Tamansari Water Castle memiliki banyak filosofi, tidak terkecuali masjid bawah tanahnya. Agar tidak berdesak-desakan dengan wisatawan lain yang bahkan rela datang dari luar negeri, kamu dapat mengunjungi Tamansari Water Castle pada hari biasa.

  • Maliboro

Kota Jogja selalu identik dengan kawasan Malioboro-nya yang sangat ikonik. Berbagai macam hal bisa kamu temukan di Malioboro, mulai dari tempat berbelanja barang-barang khas Jogja, mencicipi kuliner lezat di depan Pasar Beringharjo, mengunjungi museum yang terdapat di ujung jalan, mencoba berfoto di Titik 0 kilometer, hingga mencoba pengalaman naik andong secara langsung untuk berjalan-jalan di sekitar lokasi.

Malioboro juga memiliki spot foto yang sangat hits, yaitu di bawah papan penunjuk jalan. Lokasi Malioboro yang strategis karena dekat Stasiun Tugu menjadi semakin populer dan dijadikan alternatif utama kunjungan para wisatawan. Kini, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan area parkir kendaraan karena sudah tersedia area parkir luas di Abu Bakar Ali dan Ngabean, sehingga bus besar dan kendaraan roda empat tidak memenuhi bahu jalan.

  • Taman Pintar

Lokasi Taman Pintar tidak terlalu jauh dari Malioboro, sehingga kamu bisa menuju lokasi hanya dengan berjalan kaki. Biasanya, taman pintar memang identik dengan tujuan wisata edukasi bagi anak-anak. Namun, tidak ada salahnya jika kamu datang untuk mencari pengetahuan baru. Berbagai macam permainan edukasi akan tersaji.

Pada bagian depan, terdapat arena bermain yang bertema edukasi. Untuk bisa mencobanya, kamu tidak akan dikenakan biaya apapun. Hanya saja, jika ingin masuk ke lokasi Taman Pintar kamu perlu membayar biaya masuk. Kamu akan disambut dengan akuarium besar berisi berbagai macam ikan, pemandangan masa lampau beserta dinosaurusnya, dan sebagainya. Akan sangat mengasyikkan bisa menjelajahi Taman Pintar, apalagi bagi kamu yang memiliki adik kecil.

Cobalah untuk menaiki rumah simulasi gempa atau permainan edukasi lain yang tidak kalah menarik. Namun, kamu harus mengikuti kata pemandu yang terdapat di dekat alat tersebut. Jika datang pada akhir pekan, kamu bisa melihat pertunjukan eksperimen sains yang menakjubkan. Puas berjalan-jalan, mampirlah ke toko buku yang berada di samping Taman Pintar. Harganya yang murah membuat toko buku di dekat Taman Pintar seringkali diserbu pembeli. Jika ada pameran seni, sempatkanlah untuk mengunjungi Taman Budaya yang bisa kamu capai dengan berjalan kaki beberapa menit saja dari Taman Pintar.

  • Tebing Breksi

Wisata alam seakan menjadi tujuan yang tidak pernah usang bagi para wisatawan yang datang ke Jogja. Sebenarnya, ada spot yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Meskipun lokasinya bukan di pusat kota, namun Tebing Breksi dapat menjadi alternatif. Pahatan bebatuan akibat penambangan kapur terlihat mengagumkan. Spot foto di tempat ini juga sangat beragam. Agar bisa berfoto dengan suasana tidak biasa, datanglah pada sore hari atau menjelang petang ketika matahari akan terbenam.

Gunakan alternatif transportasi umum di sekitar lokasi apabila kamu tidak membawa kendaraan pribadi. Ada pula ojek yang akan memberi tumpangan. Siapkan budget maksimal 100.000 rupiah untuk pulang pergi, ya! Pemandangan yang akan kamu dapatkan di Tebing Breksi akan sebanding dengan budget yang kamu keluarkan.

  • Hutan Pinus Dlingo dan Hutan Pinus Imogiri

Kamu suka dengan foto-foto berlatar belakang hutan? Jika sedang berada di Jogja, kamu dapat mengunjungi Hutan Pinus Dlingo atau Hutan Pinus Imogiri sebagai alternatif. Lokasi Hutan Pinus Dlingo terdapat di Bantul. Gunakan kendaraan pribadi untuk mengakses lokasi agar tidak menunggu terlalu lama. Sepanjang perjalanan, kamu akan disambut pemandangan indah yang mengagumkan.

Hutan Pinus Dlingo memiliki spot foto hits di bagian dalam hutan, yaitu bagian amphitheater. Terdapat banyak papan kayu yang disejajarkan dari bawah hingga ke atas dengan rapi. Tidak heran jika suasana khas dengan penataan lokasi wisata yang apik ini membuat para wisatawan rajin berkunjung. Terkadang, di Hutan Pinus Dlingo juga diadakan acara bertema alam.

Hutan Pinus Imogiri juga tidak kalah cantik. Lokasinya lebih dekat dibandingkan Hutan Pinus Dlingo. Di hutan Pinus Imogiri, kamu bisa mencari spot foto ala twilight yang cocok diunggah di media sosial. Tenang saja, tidak ada biaya masuk yang dibebankan untuk bisa puas berfoto dan berkeliling di tempat wisata ini, sehingga isi dompet kamu akan tetap aman.

  • Bukit Kali Kuning

Dulunya tempat wisata di Yogyakarta ini pernah ramai wisatawan sebelum letusan Gunung Merapi tahun 2010 silam. Pada awal 2017, Bukit Kali Kuning bersemi kembali menjadi tempat wisata baru yang kece banget buat foto-foto.

Duduk santai sambil menikmati indahnya Gunung Merapi dan hutan sekitarnya yang tenang menjadi kegiatan yang paling menyenangkan. Apalagi ditemani dengan secangkir teh hangat atau kopi panas.

Sekian informasi tempat wisata lebaran di Jogja yang dapat Mamikos berikan. Masih terdapat banyak lokasi menarik yang bisa kamu datangi. Sebaiknya pilih waktu kunjungan ke berbagai macam lokasi wisata di Jogja pada hari biasa dan bukan akhir pekan, kecuali jika ada atraksi spesial yang hanya ditawarkan saat akhir pekan saja. Agar persiapanmu lebih matang dan tidak terburu-buru, Mamikos sarankan untuk menginap di sekitar lokasi.

Baca juga :  30 Oleh-oleh Khas Jogja yang Awet, Murah, dan Wajib Dibeli Wisatawan

Gunakan aplikasi kost mamikos untuk mencari berbagai macam kost Jogja murah dengan harga terjangkau. Kondisi keuanganmu akan tetap aman karena jenis kost yang ditawarkan bisa ditempati dalam jangka waktu harian serta dapat dihuni hingga 3 orang dalam satu kamar yang sama. Tertarik mencoba?