11 Tempat Wisata Yang Sudah Dibuka Saat New Normal Juni 2020, Saatnya Liburan

 Bella Carla | Rab, 17 Jun 2020

11 Tempat Wisata Yang Sudah Dibuka Saat New Normal Juni 2020, Saatnya Liburan – Pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling dirugikan dari pandemi Covid-19. Banyak usaha pariwisata dan hotel yang tepaksa ditutup dan menyebabkan pegawai diberhentikan atau dirumahkan. Di masa new normal ini sudah ada beberapa tempat wisaya yang dibuka kembali, meskipun belum seluruhnya. Di bawah ini Mamikos bagikan info terkait 11 tempat wisaya yang sudah dibuka pada masa new normal.

Deretan Tempat Wisata Yang Sudah Dibuka Saat New Normal

Tempat Wisata Yang Sudah Dibuka
unsplash.com

Beberapa tempat wisata di Ibukota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan kota lainnya sudah mulai dibuka kembali. Tentu saja seluruh tempat wisata yang buka ini tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memperbolehkan museum, perpustakaan, taman/RPTRA, dan pantai untuk dibuka kembali pada 8 Juni hingga 14 Juni. Sementara mal, taman rekreasi dan kebun binatang dapat beroperasi kembali pada 15 hingga 21 Juni.

Adapun berikut deretan tempat wisata yang sudah dibuka kembali pada masa new normal di beberapa daerah:

1. Kawasan Kota Tua (Jakarta)

mamikos.com

Kawasan Kota Tua menjadi salah satu kawasan wisata yang sudah dibuka kembali pada masa new normal. Museum-museum di Kota Tua pun tampak sudah mulai beroperasi kembali di pekan kedua masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Museum-museum di dalamnya seperti Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik, serta Museum Wayang kini bisa dikunjungi. Tentunya juga dengan membatasi kapasitas pengunjung, penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, dan jaga jarak.

2. Hutan Pinus Mangunan (Yogyakarta)

wonderfuljogja.com

Tak hanya kawasan Ibukota Jakarta saja, pemerintah Yogyakarta juga tengah menyiapkan sarana pariwisata dalam menyongsong new normal. Terdapat tiga objek wisata di Bantul yang diusulkan sebagai percontohan wisata dalam era baru ini, salah satunya adalah Hutan Pinus Mangunan. Tempat wisata yang satu ini pun siap menawarkan pesona kesejukan dan pemandangan menakjubkan bagi wisatawan. Untuk menjaga penyebaran virus Corona, pengelola hutan yang dapat ditempuh sekitar 1 jam dari pusat kota Yogyakarta ini sedang mempersiapkan penyediaan tempat cuci tangan dan membatasi pengunjung yang datang.

3. Farmhouse (Bandung)

liburananak.com

Kabupaten Bandung Barat yang terdata sebagai zona biru Pandemi Covid-19 mulai membuka kembali tempat wisata di kawasan Lembang. Salah satunya saja ada Farmhouse Bandung. Namun, pengelola wisata tetap harus memberlakukan protokol kesehatan ketat dengan membatasi jumlah kunjungan hanya 30% dari kapasitas tempat. Tak hanya itu saja, yang boleh mengunjungi Farmhouse Bandung hanyalah wisatawan yang berasal dari Jawa Barat.

4. Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur)

indonesia.go.id

Labuan Bajo yang terletak di Manggarai Barat menjadi pilot project destinasi wisata new normal. Standar berupa protokol kesehatan perlu diperhatikan agar bisa merasakan sensasi berlibur dengan aman dan menyenangkan. Mulai dari surga bawah laut berupa terumbu karang dan biota laut yang beragam dan menawan, berinteraksi langsung dengan keajaiban dunia alami di Taman Nasional Komodo, hingga menyaksikan langsung budaya lokal nan unik di Desa Wae Rebo, kampung eksotis yang berada di atas awan dengan rumah khas berbentuk segitiga.

5. The Great Asia Africa (Bandung)

assets.pikiran-rakyat.com

Great Asia Africa (GAA) sudah dibuka kembali sejak 13 Juni 2020 dengan jam operasional mulai pukul 09:00–18:00 WIB setiap hari. Sesuai dengan arahan Pemerintah Daerah Jawa Barat, hanya wisatawan asal Jawa Barat saja yang dapat berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Selanjutnya, wisatawan akan diperiksa suhu tubuh saat membeli tiket, wajib mengenakan masker, dan mencuci tangan sebelum masuk ke area wisata. Jumlah pengunjung juga dibatasi, hanya 30 persen dari kapasitas keseluruhan Great Asia Africa.

6. Monumen Nasional (Jakarta)

i.ytimg.com

Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan Monas juga akan dibuka kembali pada masa new normal ini. Diperkirakan Monas akan buka di minggu ketiga Juni 2020, atau bertepatan dengan evaluasi PSBB transisi. Ketika Monas kembali dibuka, tentunya protokol kesehatan pun juga akan dijalankan secara ketat. Seperti pengecekan suhu tubuh pengunjung, wajib bermasker, hingga jaga jarak antar-pengunjung dengan pengunjung lainnya.

7. Ancol (Jakarta)

img.jakpost.net

Taman Impian Jaya Ancol akan kembali dibuka untuk menerima pengunjung mulai 20 Juni 2020 mendatang. Dalam proses operasional akan diterapkan sejumlah prosedur dan protokol kesehatan. Nantinya ketika sudah kembali dibuka, tempat wisata yang satu ini sementara tidak memperbolehkan pengunjung yang masuk dalam kategori anak di bawah 5 tahun, ibu hamil, dan lansia usia 50 tahun ke atas.

8. Floating Market (Bandung)

fanniyahs.com

Floating Market menjadi salah satu tempat wisata yang juga diperbolehkan oleh Pemda Bandung untuk beroperasi kembali. Tentunya beroperasinya kembali Floating Market ini akan diberlakukan dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Floating Market juga akan membatasi jumlah kunjungan hanya 30% dari kapasitas tempat dan hanya boleh dikunjungi wisatawan Jawa Barat.

9. Ranca Upas (Bandung)

blog.airpaz.com

Sejak 13 Juni 2020 kemarin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mulai melakukan uji coba pembukaan kembali kawasan wisata. Namun tidak semua kawasan wisata dapat beroperasi kembali, kawasan wisata yang difokuskan untuk kembali dibuka ialah tempat wisata alam seperti Ranca Upas. Selama masa new normal ini, jumlah pengunjung Ranca Upas pun akan dibatasi sebanyak 50 persen saja dari daya tampung maksimal.

10. Taman Mini Indonesia Indah (Jakarta)

anekatempatwisata.com

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan kembali buka dengan membatasi jumlah wisatawan hingga sepertiga dari kapasitas tampung saat pemberlakuan normal baru. Selama penerapan kenormalan baru, TMII akan menutup sementara wahana dalam ruangan tertutup, seperti bioskop Keong Mas dan wahana air. Sementara wahana di luar ruangan seperti kereta gantung, Anjungan Nusantara, dan Taman Burung akan dibuka. Jam operasional TMII juga mengalami perubahan menjadi pukul 08.00-20.00 WIB untuk pintu masuk, sedangkan untuk wahana di dalam TMII pukul 08.00-16.00 WIB.

11. Museum Gudang Ransum (Sumatera Barat)

inioke.com

Pemerintah Sumatera Barat mengizinkan kembali sejumlah tempat wisata beroperasi, dengan menerapkan protokol kesehatan new normal. Salah satu tempat wisata yang diijinkan untuk dibuka kembali adalah Museum Gudang Ransum. Tempat wisata yang terletak di Jalan Abdul Rahman Hakim, Kota Sawahlunto ini merupakan kompleks bangunan bekas dapur umum para pekerja tambang batu bara, dan pasien RSU Sawahlunto yang ketika itu berjumlah ribuan. Terdapat 150 benda peninggalan di Museum Gudang Ransum, antara lain meliputi koleksi foto lama, koleksi kuali, rangsang, dan beragam peralatan dapur umum berukuran besar.

Itulah informasi terkait 11 tempat wisata yang sudah dibuka kembali pada masa new normal ini. Semoga informasi di atas cukup bermanfaat ya untuk kalian semua! Perlu diingat kembali bahwa kamu harus tetap mematuhi protokol kesehatan seperti yang sudah dianjurkan oleh pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19 di masa transisi ini. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Mamikos ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: