10 Tips Beraktivitas Selama Masa New Normal

10 Tips Beraktivitas Selama Masa New Normal – Di tengah pandemi COVID-19, kini pemerintah mulai memberlakukan fase new normal. Kondisi new normal ini merupakan praktik relaksasi dari PSBB yang sudah dijalankan beberapa wilayah di Indonesia. Memasuki masa new normal, tentunya kita harus banyak beradaptasi dengan segala hal. Agar kamu tidak kebingungan ketika beraktivitas di masa new normal, kamu bisa ikuti beberapa tips di bawah ini.

Deretan Tips Selama Masa New Normal

Tips Beraktivitas Selama Masa New Normal

unsplash.com

Beradaptasi dengan new normal menjadi skenario yang dipilih banyak negara dalam mempercepat penanganan COVID-19, sekaligus memulihkan aktivitas sosial-ekonomi masyarakat. Fase new normal dapat diartikan sebagai kelonggaran atas kebijakan pembatasan aktivitas sosial dan ekonomi secara bertahap oleh pemerintah. Mulai bulan Juni 2020, berbagai tempat umum seperti mall, pertokoan, kantor, stasiun, dan tempat ibadah di beberapa daerah sudah mulai dibuka. Namun, pemerintah tetap mengharuskan masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19.

Apa Itu New Normal?

New normal adalah langkah percepatan penanganan COVID-19 dalam bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi. Skenario new normal dijalankan dengan mempertimbangkan kesiapan daerah dan hasil riset epidemiologis di wilayah terkait. Penerapan new normal ini akan bersamaan dengan pendisiplinan protokol kesehatan yang dikawal jajaran Polri dan TNI. Selanjutnya, tatanan normal yang baru akan diperluas jika dinilai efektif.

Bagaimana Protokol Selama Masa New Normal?

Menuju new normal selama pandemi COVID-19, WHO telah menyiapkan pedoman transisi yang wajib dipatuhi. Dalam protokol tersebut, negara harus terbukti mampu mengendalikan penularan COVID-19 sebelum menerapkan new normal. Pengendalian ini juga harus bisa dilakukan di tempat yang memiliki kerentanan tinggi misal panti jompo, fasilitas kesehatan mental, dan wilayah dengan banyak penduduk. Langkah pengendalian dengan pencegahan juga harus diterapkan di tempat kerja, seperti jarak fisik, fasilitas mencuci tangan, dan etika pernapasan.

Tips Selama Masa New Normal

Berikut ada 10 tips yang bisa kamu terapkan ketika beraktivitas di masa new normal:

1. Lakukan aktivitas di luar ruangan

unsplash.com

Jika kamu bisa melakukan sesuatu di luar ruangan, maka lakukanlah di luar ruangan. Hindari melakukan sesuatu di dalam ruangan karena virus COVID-19 bisa menyebar lewat percikan yang mengambang di udara, lalu mendarat di permukaan yang biasanya bisa tersentuh oleh tangan. Aktivitas di luar ruangan terbukti dapat mencegah penyebaran virus semacam itu. Karena dengan udara terbuka maka secara tidak langsung akan membuat percikan yang mengambang di udara akan lebih sulit mengenai orang.

2. Hindari keramaian

unsplash.com

Meskipun kamu sudah diperboleh beraktivitas di luar rumah, kamu harus tetap menjaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain. Hal ini dilakukan guna mencegah penularan COVID-19, karena semakin dekat dengan orang lain maka risiko tertular akan semakin besar pula. Ini juga berlaku jika kamu melakukan aktivitas di luar ruangan. Meski luar ruangan lebih aman ketimbang di dalam ruangan, lebih baik hindari kerumunan.

3. Menggunakan masker

unsplash.com

Di masa new normal, pemerintah mewajibkan masyarakat untuk selalu menggunakan masker di mana pun ketika kamu beraktivitas di luar rumah selama masa new normal. Jika kamu memakai masker, maka lebih kecil peluangnya kamu menyebarkan virus dari percikan saat bernapas, berbicara, bernyanyi, tertawa, batuk, bersin, atau apa pun yang bisa kamu lakukan dengan mulut dan hidung. Masker juga menghalangi percikan dari orang lain ke depan mulut dan hidung kamu. Tidak harus menggunakan masker medis, kamu dapat menggunakan masker kain untuk aktivitas sehari-hari.

4. Menjaga kebersihan

unsplash.com

Hal yang paling penting dilakukan ketika beraktivitas di luar rumah di masa new normal adalah menjaga kebersihan. Jangan lupa untuk sering mencuci tangan menggunakan sabun anti-bakteri. Usahakan untuk selalu mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun. Namun jika kamu menemukan air, kamu bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70 persen dan moisturizer agar tangan tetap bersih dan lembab.

Selain kebersihan diri, kamu juga perlu memerhatikan kebersihan benda-benda sekitar. Jangan lupa untuk menyemprotkan cairan antiseptik pada benda-benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, keran air, atau saklar lampu. Hal ini penting untuk dilakukan guna mencegah penularan COVID-19.

5. Tetap rutin berolahraga

unsplash.com

Agar tubuh kamu tetap sehat dan daya tahan tubuh meningkat, usahakan untuk tetap berolahraga di masa new normal. Meski sudah boleh menjalankan aktivitas di luar, sebaiknya kamu berolahraga di rumah guna meminimalisir bertemu banyak orang, sehingga mengurangi risiko tertular virus. Kamu bisa berolahraga minimal tiga kali seminggu dengan durasi 30-60 menit per sesi, misalnya menggunakan treadmill atau angkat beban dengan dumbell. Selain olahraga lari dan angkat beban, kini banyak sekali yang menawarkan kelas online seperti yoga agar tubuh tidak kaku setelah lama bekerja.

6. Bersihkan sesuatu yang ingin disentuh dengan disinfektan

unsplash.com

Lakukanlah pembersihan tempat yang akan kamu sentuh dengan disinfektan. Sejauh ini, ada beberapa jenis disinfektan yang bisa kita gunakan. Pertama, alkohol berkadar 70 persen yang bisa disemprotkan ke permukaan barang-barang yang sering digunakan. Kedua, kita juga bisa menggunakan disinfektan lain, seperti yang dibuat menggunakan campuran larutan bayclin dan air.

7. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi

unsplash.com

Mengkonsumsi makanan bergizi memegang peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Selain karbohidrat dan protein, cukupi kebutuhan serat dengan mengonsumsi sayur dan buah. Agar kebutuhan asupan gizi tetap terpenuhi, kamu bisa memasak makanan sehat sendiri di rumah. Jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen penambah daya tahan tubuh seperti Stimuno untuk menunjang aktivitasmu di luar rumah di masa new normal ini.

8. Menggunakan pakaian berbahan ringan dan sejuk

unsplash.com

Memakai masker dan face shield akan membuatmu merasa panas serta mudah berkeringat. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan pakaian berbahan ringan, sejuk dan hindari yang berwarna gelap serta ketat agar tidak iritasi maupun gatal. Kamu juga bisa menggunakan pakaian yang memiliki banyak kantung agar lebih mudah mengambil hand sanitizer jika diperlukan. Jika ingin menggunakan aksesoris, gunakanlah yang ringan dan tidak menyulitkanmu saat harus beraktivitas di luar ruangan.

9. Jangan lupa me time

unsplash.com

Masa new normal tentunya akan membuat beberapa orang stress karena harus beradaptasi kembali dengan keadaan baru. Stres dapat memberikan efek buruk pada sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan sakit. Oleh sebab itu, kamu pun harus tetap menjaga kesehatan mental di masa new normal. Jangan lupa untuk mengalokasikan sedikit waktumu untuk me time dengan melakukan kegiata yang membuatmu senang, misalnya mendengarkan musik, membaca buku, atau sekedar menonton film.

10. Mengutamakan opsi belanja online

unsplash.com

Di era new normal, setiap aktivitas kegiatan harus dibarengi dengan protokol kesehatan COVID-19, termasuk pada saat berbelanja kebutuhan sehari-hari. Ada baiknya kamu tetap berbelanja secara online guna mencegah penularan COVID-19. Belanja online kini dinilai lebih aman untuk mengurangi risiko penularan virus Corona. Sebab, minimnya kontak fisik saat belanja online, dibandingkan harus pergi ke pasar atau mal.

Itulah 10 tips beraktivitas selama masa new normal yang bisa Mamikos bagikan kepada kalian. Menghadapi kehidupan new normal bukanlah sesuatu yang mudah. Kamu perlu mempersiapkan segala sesuatu agar bisa tetap nyaman beraktiviitas. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Mamikos secara berkala ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: