Terbukti! Cara Ampuh Menghemat Listrik Token/Pulsa Agar Tidak Boros

Terbukti! cara ampuh menghemat listrik token / pulsa agar tidak boros – Tagihan listrik bagi sebagian orang adalah hal yang harus dipikirkan. Bahkan, ketika mendapatkan gaji, ada uang yang harus langsung dialokasikan untuk tagihan, termasuk tagihan listrik. Tentu jika tagihannya keluar satu bulan sekali, tidak akan terasa berat. Tagihan tersebut berlaku untuk listrik pascabayar. Tapi, jika kamu menggunakan listrik prabayar seperti listrik pulsa atau token, bisa saja kamu akan sering mengeluarkan uang untuk membelinya.

Tips Ampuh Menghemat Listrik Token

pixabay

Biaya listrik token pun turut menjadi masalah untuk anak kost di perantauan. Sebenarnya, biaya listrik token bisa diminimalisir sesuai pemakaian. Lalu, bagaimana cara menghemat listrik token atau listrik pulsa agar tidak membengkak? Berikut tips jitu yang bisa diterapkan agar kamu tidak perlu sering membeli pulsa listrik.

Mengetahui Perbedaan Listrik Prabayar (Token/Pulsa) dan Listrik Pascabayar

Sebelum Mamikos menjelaskan cara menghemat listrik pulsa, perlu kamu ketahui terlebih dahulu perbedaan antara listrik pulsa dan listrik biasa. Listrik pulsa atau listrik token memang belum lama ada. Layanan listrik tersebut disediakan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

• Listrik Prabayar

Listrik prabayar atau disebut juga listrik token (pulsa) sudah mulai dikembangkan. Sudah banyak rumah-rumah dan tempat usaha yang menggunakan listrik token. Kemudahannya, kamu tidak perlu mengantre di PLN untuk membayar listrik setiap akhir bulan. Jika listrik sudah habis, tinggal isi token melalui bank atau melalui marketplace untuk mendapatkan kode. Nantinya kode tersebut bisa diisikan ke meteran dan pulsa listrik otomatis bertambah.

• Listrik Pascabayar

Listrik pascabayar adalah listrik yang langsung bisa dipakai tanpa harus membeli pulsa. Nantinya pelanggan akan diminta membayar tagihan pada akhir bulan. Setiap bulan akan ada petugas PLN yang datang ke rumah dan mencatat nomor. Jika dulu pembayaran dilakukan di kantor PLN, saat ini pembayaran bisa dilakukan dengan mudah dimana saja. Kamu pun tidak perlu khawatir tiba-tiba mati listrik seperti ketika kehabisan listrik pulsa.

Tips Menghemat Listrik Pulsa atau Listrik Token

Kini saatnya kamu menerapkan tips agar listrik token atau listrik pulsa tidak membengkak. Alasannya, semakin sering kamu mengisi pulsa, pengeluaran juga akan bertambah. Berikut ini adalah tips untuk mengemat pengeluaran listrik pulsa yang bisa kamu terapkan di rumah atau di kost.

1. Membuat Daftar Alat Elektronik yang Digunakan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pulsa listrik adalah membuat daftar alat listrik. Baik kamu yang tinggal di rumah atau di kost bisa melakukannya. Gunakan selembar kertas berisi nomor, nama alat listrik, dan daya listrik. Dengan demikian kamu bisa menentukan alat listrik yang boros dan yang hemat. Alat listrik dengan daya tinggi akan memakan banyak kuota pulsa. Pengeluaranmu akan membengkak jika alat tersebut kamu gunakan terlalu sering atau asal-asalan.

2. Mematikan Alat Elektronik Jika Tidak Digunakan

Cara paling efektif untuk mengurangi biaya listrik token yang membengkak adalah mematikan alat elektronik. Terbukti bahwa alat listrik yang dibiarkan menyala, seperti magic com yang terus-menerus aktif, lampu kamar, dan kulkas, akan membuat listrik boros. Jika kamu masih bisa menyiasati penggunaan alat listrik dengan alternatif alat lainnya, tentu biaya listrik dapat dikurangi.

Tempelkan stiker jam penggunaan alat-alat listrik di rumah. Misalnya saja lampu ruang tamu hanya boleh dinyalakan pukul 17.00 – 05.00. Tempel stiker tersebut di stop kontak lampu, sehingga kamu mudah mengingatnya. Orang lain atau anggota keluarga lainnya yang melihat pun bisa saling membantu.

Alat elektronik yang berpotensi membuat tagihan pulsa listrik membengkak adalah televisi. Apabila kamu merasa mengantuk, sebaiknya langsung matikan televisi agar tidak sia-sia. Lebih baik listrik tersebut digunakan untuk menyalakan alat elektronik lainnya.

3. Menggunakan Lampu LED

Cara memperlambat meteran listrik prabayar yang paling mudah adalah dengan menggunakan lampu LED. Penggunaan lampu di rumah atau di kost memang tidak bisa dihindari. Terlebih lagi jika ruangan tidak mendapatkan pencahayaan alami berupa sinar matahari.

Sekilas lampu LED memang terdengar mahal. Tapi, pengeluaran tersebut akan sebanding dengan energi listrik yang bisa dihemat. Faktanya, sebuah bohlam dengan daya 60 Watt memiliki tingkay kecerahan seperti LED 7 Watt saja. Usia lampu LED pun lebih panjang dibandingkan bohlam biasa. Jadi, pertimbangkan untuk mengeluarkan budget besar di awal, tetapi tetap menghemat biaya listrik.

4. Menggunakan Laptop daripada Komputer PC

Meteran listrik pulsa boros bisa disebabkan penggunaan PC yang tanpa henti. Jika kamu bekerja dengan menghabiskan banyak waktu di depan layar, sebaiknya gunakan laptop. Daya yang dibutuhkan untuk menge-charge laptop lebih sedikit dibandingkan ketika menggunakan PC yang harus tersambung listrik.

Penggunaan laptop juga dinilai lebih praktis. Kamu bisa membawa laptop kemana pun, bahkan ke kamar. Pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu dan pastinya tagihan listrik tidak membengkak.

5. Mengurangi Penggunaan Magic Com

Daya listrik cukup besar diperlukan dalam memasak nasi menggunakan magic com. Untuk mengurangi pulsa listrik, masak air menggunakan kompor. Cara tersebut efektif membuat waktu memasak di magic com menjadi lebih singkat. Tidak hanya itu, listrik pun bisa lebih hemat.

6. Menggunakan Setrika Otomatis

Pengaturan panas pada setrika dengan suhu terlalu tinggi membutuhkan daya listrik lebih besar. Agar bisa berhemat, pilih setrika otomatis yang akan langsung mati ketika suhu terlalu tinggi. Selain bisa menurunkan daya listrik, setrika otomatis tidak akan membuat pakaianmu berlubang karena suhu terlalu panas.

7. Tidak Menggunakan Pengering Saat Musim Panas

Mesin cuci saat ini seakan menjadi kebutuhan pokok di rumah. Alat yang membantu ibu rumah tangga tersebut tidak hanya digunakan untuk mencuci, tetapi juga membilas hingga mengeringkan. Hematlah kuota listrik dengan menjemur pakaian di luar ruangan, terlebih lagi ketika matahari bersinar terik. Pemakaian pengering pada mesin secara berlebihan bisa menguras pulsa listrik.

8. Menggunakan Kode Penghemat Listrik Token

Cara token listrik gratis mungkin belum bisa kamu dapatkan karena saat ini pengamanan cukup ketat. Namun, kamu bisa melakukan hack meteran listrik prabayar dengan memasukkan kode penghemat listrik. Meteran dari PT PLN memiliki tombol-tombol dengan kombinasi angka yang akan memunculkan fungsi berbeda.

Selain digunakan untuk memasukkan kode isi ulang listrik agar tetap menyala, ada banyak fungsi angka pada meteran listrik. Sebagai tambahan informasi, perbedaan merk meteran listrik akan berpengaruh pada perbedaan kode tombol. Berikut ini daftar kode dan fungsi tombol meteran PLN. Cara menggunakannya adalah dengan menekan kode, dilanjutkan tombol dan enter.

• Kode Meteran Merk ITRON

00: Restart meter apabila ada kegagalan atau akan memeriksa
03: Mengetahui total KWh listrik sebelumnya
07: Mengetahui batas KWh
09: Mengetahui daya yang digunakan
41: Mengetahui Voltase listrik
44: Mengetahui jumlah ampere yang sedang terpakai
47: Mengetahui daya yang sedang terpakai
54: Kode TOKEN terakhir
59: Mengetahui Jumlah KWh pengisian terakhir
69: Counter jumlah berapa kali mati
75: Mengecek ID meter PLN prabayar
79: Mengecek batas minimal alarm
456xx: Mengubah batas minimal alarm (misalnya 45605 untuk 5 KWh)
78: Mengecek delay alarm dalam menit
123xx: Mengubah delay alarm (misalnya 12315 untuk 15 menit)
90: Mematikan lampu LED

• Kode Meteran Merk HEXING (ketik kode, kemudian accept)

800: Merestart meter
851: Mengetahui total KWh listrik yang sudah lalu
807: Mengetahui Voltase listrik
808: Mengetahui jumlah Ampere yang sedang terpakai
814: Mengetahui daya yang sedang terpakai
852: Kode TOKEN terakhir
817: Mengetahui jumlah KWh pengisian terakhir
809: Counter jumlah berapa kali mati
804: Mengecek ID Meter PLN prabayar
812: Mematikan alarm batas KWh
801: Mengecek sisa KWh
815: Mengetahui tanggal pengisian terakhir

9. Memanfaatkan Alat Penghemat Listrik Token

Jika kamu tetap belum bisa melakukan kedelapan tips di atas, cobalah menggunakan alat penghemat listrik prabayar. Saat ini sudah banyak dijual alat untuk menghemat listrik pulsa. Fungsi alat tersebut cukup beragam, misalnya membuat arus perangkat elektronik lebih stabil, meningkatkan efisiensi jaringan, hingga menghemat listrik pada tarikan awal. Pastikan memilih tempat yang terpercaya ketika membeli alat penghemat listrik, ya!

Tips penghematan di atas sebenarnya juga bisa diterapkan ketika menggunakan listrik prabayar. Cara menghemat pulsa listrik 900 watt akan sama seperti menghemat listrik dengan daya di atasnya. Demikian informasi cara menghemat listrik pulsa atau token agar tidak boros. Apabila kostmu menerapkan pembayaran listrik menggunakan listrik token, diskusikan hal tersebut pada teman-teman satu kost. Pilih kost terbaik di aplikasi rumah kost Mamikos agar sesuai kebutuhan dan budget.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah