7 Tips Cara Cegah Banjir di Kost Saat Musim Hujan Tiba

Posted in: Seputar Anak Kos

7 Tips Cara Cegah Banjir di Kost Saat Musim Hujan Tiba – Musim hujan terkadang menjadi masalah bagi beberapa daerah, terutama bagi daerah yang padat penduduk. Pasalnya, daerah padat penduduk cenderung kekurangan resapan air dan berisiko tinggi tergenang banjir ketika hujan deras datang. Salah satu kawasan yang sering terancam tergenang banjir adalah kawasan yang terdapat banyak hunian kost dan juga termasuk salah satu kawasan padat penduduk. Nah, kali ini Mamikos hendak membagikan beberapa tips cara cegah banjir di kost yang bisa kamu terapkan saat musim hujan tiba.

Informasi Terbaru Tips Cara Cegah Banjir di Kost

unsplash.com

Memasuki akhir tahun, curah hujan biasanya semakin tinggi dan membuat risiko banjir semakin tinggi pula. Kalau kamu tinggal di kost yang berada di kawasan padat penduduk atau kawasan lain yang sudah menjadi langganan banjir tiap tahun, maka sudah sepantasnya kamu bersiap-siap untuk mencegah banjir masuk ke dalam kamar kost kamu. Kadang memang kamu tidak bisa mencegah banjir terjadi di wilayah sekitar kost kamu, tetapi kamu tetap bisa mencegah kamar kost kamu ikut tergenang banjir yang melanda. Berikut ini adalah beberapa tips cara cegah banjir di kost yang bisa kamu terapkan untuk membuat kamar kost kamu aman dari genangan.

Daftar Lengkap Tips Cara Cegah Banjir di Kost

Saat hidup menjadi seorang anak kost, kamu mungkin akan mengalami beberapa masalah yang tak terelakkan. Tak hanya seputar masalah dengan penghuni kost lain, kamu mungkin terancam terkena banjir karena beberapa alasan. Bisa jadi kawasan sekitar kost yang memang menjadi langganan banjir, atau karena ada talang air bocor yang membuat kost kamu selalu kebanjiran setiap hujan deras datang. Simak 7 cara cegah banjir di kost yang telah Mamikos rangkumkan untuk membantu kamu mengatasi banjir saat musim hujan tiba berikut ini.

1. Cari Kost yang Memiliki Lubang Resapan Air

home.co.id

Tips cara cegah banjir di kost yang pertama adalah dengan mencari kost yang memiliki lubang air resapan. Kalau kamu baru saja hendak mencari kost atau berencana pindah kost karena selalu terkena banjir, kamu bisa memilih untuk mencari kost yang memiliki lubang resapan air, baik itu berbentuk sumur maupun biopori. Perlu kamu ketahui bahwa lubang resapan air berfungsi sangat efektif dalam membantu untuk mengalirkan air hujan ke dalam tanah dan ke sistem drainase. Kamu mungkin memang harus membayar uang kost ekstra untuk bisa tinggal di kost tersebut, tapi itu lebih baik daripada harus merelakan barang-barang kamu terendam banjir setiap hujan datang, bukan?

2. Cat Tembok Dengan Cat Pelapis dan Sealant

unsplash.com

Nah, kalau penyebab kamar kost banjir adalah karena rembesan air dari atap ke tembok, maka tips cara cegah banjir di kost yang bisa kamu terapkan adalah melapisi tembok kamar kamu dengan cat pelapis anti bocor dan sealant. Selain mengancam kamar kamu terendam banjir, air yang sering merembes melalui tembok seringnya menyebabkan jamur karena tembok mudah menjadi lembab. Selain itu, tembok akan menjadi rapuh serta menimbulkan retakan di beberapa sisi. Kalau pemilik kost tidak memperbolehkan kamu mengganti warna cat kamar, kamu bisa mencari cat pelapis yang memiliki warna sama agar tidak diketahui oleh pemilik kost.

3. Membuang Sampah Pada Tempatnya

unsplash.com

Tips cara cegah banjir di kost yang paling mudah adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Pemilik kost mungkin membuat talang air yang ujungnya dibuang ke pembuangan air kost, sehingga penting bagi kamu untuk memastikan bahwa tidak ada sampah yang menyumbat. Beberapa keteledoran anak kost yang sering dianggap remeh namun berdampak besar adalah membiarkan sampah bekas shampoo dan sabun sachet menyumbat pembuangan air kamar mandi. Pastikan bahwa kamu maupun teman kost kamu yang lain tidak melakukan itu dan selalu membuang sampah ke tempat yang seharusnya, ya!

4. Menanam Pohon di Halaman Kost

unsplash.com

Jika halaman kost kamu merupakan halaman tanah, maka kamu bisa menerapkan tips cara cegah banjir di kost yang selanjutnya. Minimnya keberadaan pohon di daerah kawasan padat penduduk seperti kawasan kost secara tidak disadari menyumbang peran besar dalam terjadinya banjir. Padahal, adanya pohon di sekitar kost dan rumah berfungsi sebagai penyerap air sehingga mampu meminimalisir terjadinya banjir. Kamu bisa meminta izin kepada pemilik kost untuk menanam pohon yang memiliki daya serap air yang tinggi seperti misalnya pacar air, pohon dukuh, pohon kenanga, hingga pohon mangga.

5. Mencari Kost Dengan Permukaan yang Tinggi

unsplash.com

Satu lagi tips cara cegah banjir di kost bagi kamu yang hendak pindah kost atau baru mencari kost, yaitu dengan mencari kost yang memiliki permukaan tinggi. Jika intensitas banjir di daerah tersebut tidak parah, cara ini mungkin cukup efektif membantu kamu mencegah kamar kostmu terdampak banjir yang tidak diinginkan. Cara ini sangat efektif terutama untuk kamu yang mau tidak mau harus tinggal di daerah yang permukaannya lebih rendah dari jalanan. Kalau intensitas banjirnya cukup tinggi, mungkin kamu harus mulai mempertimbangkan untuk mencari kost yang berada di dataran yang lebih tinggi juga demi menghindari banjir.

6. Memasang Triplek di Depan Pintu Kamar Kost

unsplash.com

Tips cara cegah banjir di kost yang selanjutnya bisa kamu terapkan dengan mudah terutama bagi anak kost yang memiliki budget terbatas. Memasang kayu triplek memang kedengarannya sederhana, namun ternyata cukup efektif untuk menghalau banjir memasuki kamar kost kamu, lho! Caranya adalah dengan memasang triplek dengan sekrup di daun pintu setinggi air yang biasanya datang ketika banjir. Selanjutnya di setiap sisi triplek bisa kamu lapisi dengan lelehan lilin atau plastik untuk mencegah air menerobos masuk ke dalam kamar kost kamu.

7. Kerja Bakti Rutin Dengan Penghuni Kost Lain

unsplash.com

Tips cara cegah banjir di kost yang terakhir adalah dengan rutin mengadakan kerja bakti dengan penghuni kost lainnya. Jika banjir biasanya terjadi karena masalah infrastruktur kost, maka kamu dan penghuni kost bisa mengadakan kerja bakti untuk memperbaikinya atau membersihkan kost dari sampah yang mungkin menyumbat saluran. Jika banjir nyatanya memang terjadi karena lingkungan sekitar, kamu bisa bahu-membahu untuk membersihkan lingkungan sekitar. Dengan memberi contoh seperti itu, kamu mungkin akan menggerakkan warga lain untuk juga ikut mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan agar terbebas dari banjir.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar beberapa tips cara cegah banjir di kost saat musim hujan tiba. Kita memang tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada alam, tapi kita bisa membatu untuk mengurangi dampak yang akan ditimbulkan kepada manusia. Banjir terkadang bukan bencana yang memang murni dari alam, tetapi karena keteledoran manusia dan ketidakpedulian untuk menjaga alam. Terapkan tips-tips di atas agar kamu tidak perlu pusing memikirkan barang-barang kamu jika terendam air jika musim hujan telah tiba. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.