Tips Memilih AC Untuk Rumah Kostan Agar Lebih Hemat Listrik

Posted in: Bisnis Kost Mitra Kos

Tips Memilih AC Untuk Rumah Kostan Agar Lebih Hemat Listrik – Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang memiliki cuaca cukup panas ketika musim kemarau tiba. Orang-orang mencoba mengatasi udara panas tersebut dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memasang AC. Tapi terkadang pemasangan AC justru membuat tagihan listrik melonjak tiap bulannya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Mamikos akan memberikan beberapa tips memilih AC terutama untuk rumah kostan agar lebih hemat listrik.

Informasi Terbaru Tips Memilih AC Untuk Rumah Kostan

unsplash.com

Para pemilik kost tentunya ingin memberikan pelayanan terbaik bagi para penghuni kost agar mereka semakin betah tinggal di kost. Salah satu fasilitas yang bisa diberikan kepada para penghuni kost adalah pemasangan AC di kamar kost untuk menghalau udara panas. Akan tetapi, para pemilik kost juga harus memperhatikan pemasangan AC agar tidak berujung pada pemborosan listrik dan memberatkan kedua belah pihak. Simak beberapa tips memilih AC untuk rumah kostan berikut ini agar tagihan listrik bulanan tidak melonjak.

Daftar Lengkap Tips Memilih AC Agar Hemat Listrik

Supaya para pemilik kost bisa memberikan fasilitas terbaik tanpa perlu pusing memikirkan tagihan listrik, simak tips memilih AC untuk rumah kostan yang berikut ini.

1. Sesuaikan PK Dengan Luas Kamar

unsplash.com

Tips memilih AC yang pertama adalah menyesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan kamar kost. PK sendiri sebenarnya merupakan besaran tenaga yang dihasilkan oleh mesin pendingin ruangan, termasuk AC. Mempertimbangkan besaran PK menjadi salah satu tips memilih AC yang paling penting karena akan menentukan rata atau tidaknya sebaran udara dingin dan tagihan listrik. Untuk menentukan besaran PK dari AC yang akan digunakan, para pemilik kost harus mengetahui luas ruangan kamar kost dengan rumus panjang ruangan (m) x lebar ruangan (m) x tinggi ruangan/3 (m) x 500.

Hasil akhir perhitungan akan dilihat dengan menggunakan satuan BTU yang merupakan singkatan dari British Thermal Unit. Satuan tersebut akan menggambarkan besarnya kemampuan pendingin ruangan untuk mengurangi udara panas di dalam ruangan dengan ukuran tertentu dalam waktu satu jam. Setelah mendapat hasilnya, para pemilik kost bisa menyesuaikan perhitungan dengan kriteria pemilihan PK berikut ini.

  1. 5.000 BTU/h gunakan AC berukuran ½ PK
  2. 7.000 BTU/h gunakan AC berukuran ¾ PK
  3. 9.000 BTU/h gunakan AC berukuran 1 PK
  4. 12.000 BTU/h gunakan AC berukuran 1 ½ PK
  5. 18.000 BTU/h gunakan AC berukuran 2 ½ PK

2. Sesuaikan Tipe AC

unsplash.com

Perlu diketahui bahwa ada tiga tipe AC, yaitu inverter, low watt, dan standard. Tipe AC low watt sendiri sebenarnya cocok untuk rumah yang memiliki kapasitas listrik yang kecil. Untuk tipe standard dan low watt memiliki cara kerja yang sama dengan kinerja kompresor yang lebih kecil untuk tipe rendah daya. Sehingga, AC tipe tersebut bisa dibilang sebagai AC yang cocok jika ingin lebih menghemat daya.

Beda halnya dengan AC inverter yang biasanya akan bekerja lebih keras ketika baru saja dinyalakan. Akan tetapi, kinerja AC tersebut bisa diturunkan ketika suhu ruangan sudah dingin. Jika para penghuni kost cenderung menggunakan AC selama lebih dari enam jam tiap harinya, maka para pemilik kost bisa memilih untuk memasang AC inverter.

3. Sesuaikan Jenis AC

unsplash.com

Di pasaran, ada begitu banyak ragam pilihan jenis AC yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Beberapa jenis AC tersebut di antaranya adalah AC split, AC standing floor, hingga AC cassete. Nah, tips memilih AC yang selanjutnya adalah menentukan jenis AC apa yang kira-kira pas dengan rumah kostan. Sebagai rekomendasi dari Mamikos, jenis AC split dan cassete merupakan jenis AC yang umum digunakan untuk penggunaan rumahan, termasuk untuk kost-kostan.

4. Sesuaikan Dengan Jumlah Orang

unsplash.com

Tips memilih AC untuk rumah kost yang selanjutnya adalah menyesuaikan dengan jumlah orang di dalam satu ruangan. Perlu diketahui bahwa ternyata jumlah orang di dalam suatu ruangan juga akan mempengaruhi apakah AC terasa dingin atau tidak. Semakin banyak orang di dalam kamar kost maka AC semakin tidak akan terasa dinginnya. Jika pemilik kost akan membuat kamar kost yang berisi dua orang, maka para pemilik kost bisa memilih AC dengan daya yang lebih besar dibandingkan dengan AC untuk kamar kost yang berisi satu orang saja.

5. Perhatikan Fitur yang Tersedia Pada AC

unsplash.com

Apakah AC yang dipilih sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap dan berfungsi dengan sempurna? Melihat fitur apa saja yang tersedia di AC pilihan juga merupakan salah satu tips memilih AC yang penting untuk diperhatikan. Pastikan bahwa AC telah memiliki fitur dasar seperti mode otomatis, sleep, hingga rendah konsumsi daya untuk menghemat pengeluaran listrik kost. Namun, pastikan juga bahwa fitur-fitur tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para penghuni kost agar tidak sia-sia, ya!

6. Pilih AC yang Memiliki Brand

unsplash.com

Memilih AC yang memiliki brand juga menjadi salah satu tips memilih AC yang bisa diterapkan. AC yang memiliki brand atau merek terkenal mungkin memang dibanderol dengan harga yang tidak murah. Akan tetapi, AC tersebut biasanya direkomendasikan oleh banyak orang dan sudah terbukti kualitasnya. Sehingga, jangan takut memilih AC branded karena selama ada harga pasti juga akan ada kualitas yang baik.

7. Tentukan Budget yang Akan Dikeluarkan

unsplash.com

Tips memilih AC yang selanjutnya dan tak kalah penting adalah dengan menentukan budget yang akan dikeluarkan untuk membeli AC. Ada beragam jenis AC baik itu dari kelas low end, mid, hingga high end. Pemilik kost hanya tinggal menentukan budget, preferensi, dan kebutuhan AC yang akan dibeli. Dengan perhitungan yang telah dilakukan, pastikan bahwa jumlah budget tersebut bisa digunakan untuk membeli AC yang sesuai dengan kualitasnya.

8. Cari AC yang Hemat Listrik

unsplash.com

Membeli AC yang hemat listrik juga menjadi salah satu tips memilih AC yang patut diterapkan. Para pemilik kost harus bisa mempertimbangkan untuk membeli AC yang bisa membuat ruangan tetap dingin namun tidak boros listrik dan tidak terlalu mahal. Meskipun hemat listrik, banyak AC yang memiliki kinerja baik seperti AC pada umumnya. Bahkan ada pula AC yang akan mati ketika ruangan sudah dingin dan akan menyala kembali saat udara ruangan menjadi panas.

Rekomendasi AC Agar Hemat Listrik

Selain menerapkan tips memilih AC, para pemilik kost juga harus tahu beberapa rekomendasi AC yang mampu menghemat pengeluaran listrik namun juga berkualitas baik. Berikut adalah beberapa rekomendasi AC hemat listrik yang bisa dipilih untuk rumah kostan beserta spesifikasinya.

1. Sharp AC ½ PK AH-A5SEY Standard

• Harga: sekitar Rp2.925.000
• Daya: 390W
• Freon Ramah Lingkungan R410A
• Powerful Jetstream
• Ukuran (L x W x H cm) 88x30x23
• Berat (kg): 35
• Kapasitas ½ PK

2. Daikin AC FTNE15JEV ½ PK

• Harga: sekitar Rp3.450.000
• Kapasitas: ½ PK
• Freon R410
• Daya: 340 low watt
• Ukuran (L x W x H cm): 85x25x30
• Berat (kg): 30
• Type: Air Conditioner split 1

3. Samsung AC Split ½ PK AR05JRFLAW Standard R410

• Harga: sekitar Rp2.550.000
• Fast Cooling
• Daya Listrik: 360W
• Freon Ramah Lingkungan R410A
• Kapasitas: ½ PK
• Ukuran (L x W x H cm) 72x24x18
• Berat (kg): 30

4. Panasonic AC Low Standard Wall Mounted Split ½ PK – CS CU-YN5RKJ

• Harga: Rp. 2.849.000
• Hemat Listrik/low watt
• Ukuran (L x W x H cm) 25 x 100 x 30 cm
• Berat (kg): 45

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar tips memilih AC untuk rumah kostan agar tetap hemat listrik. Sebagai salah satu fasilitas, tidak ada salahnya memasang AC agar penghuni kost tetap nyaman selama berada di kamar kost. Tidak masalah memasang AC selama perhitungan telah dilakukan dan tetap mampu menghemat daya listrik agar tidak memberatkan pemilik kost maupun penghuni kost dalam membayar sewa kost. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: