13 Tips Jitu Menghemat Penggunaan Listrik untuk Anak Kost

13 Tips Jitu Menghemat Penggunaan Listrik untuk Anak Kost – Sebagai penyewa kost, membawa alat elektronik, minimal laptop dan handphone adalah hal yang wajib. Namun, bagi penyewa kost lainnya, rasanya kurang lengkap jika belum membawa media untuk hiburan di dalam kost, seperti televisi maupun radio. Selain itu, alat elektronik untuk membuat lebih nyaman ketika berada di dalam kost seperti kipas angin dan kulkas pun seringkali dibutuhkan para penghuni.

Cara Menghemat Pemakaian Listrik Kamar Kost

pixabay.com

Berbagai macam alat elektronik yang digunakan di kamar kost tentunya akan berdampak pada tagihan listrik. Jika kamu menyewa kamar kost yang sudah memberlakukan biaya listrik dengan biaya sewa kamar, tentu bukan masalah besar. Sebab, jumlah alat elektronik yang kamu bawa tidak akan berpengaruh pada biaya sewa kamar kost. Lain halnya jika kamu menyewa kost yang membedakan biaya listrik dengan biaya sewa kamar kost, tagihanmu bisa membengkak karena barang elektronik yang dibawa.

Sebenarnya menghemat listrik di kamar kost tidak hanya berlaku untuk penyewa kost yang memberlakukan biaya terpisah saja. Sebagai penghuni kost yang baik, kamu perlu menghemat listrik untuk menghemat energi di bumi. Lalu, bagaimana cara menghemat listrik ala anak kost yang bisa kamu lakukan?

1. Mematikan Alat Listrik Saat Tidak Digunakan

pixabay.com

Cara paling mudah untuk menghemat listrik ala anak kost adalah dengan mematikan alat listrik yang tidak digunakan. Meskipun terdengar mudah, banyak anak kost yang malas melakukannya dan berakhir dengan menunda-nunda penghematan. Misalnya saja ketika kamu melihat televisi menyala padahal sudah tidak ditonton atau lampu tidur yang tetap menyala padahal sudah ada matahari. Mulai saat ini, cobalah untuk lebih peka pada keadaan sekitar dan langsung mematikan alat elektronik ketika sudah tidak kamu pakai.

2. Mengganti Alat Listrik Berdaya Besar

pixabay.com

Melonjaknya biaya listrik yang perlu dibayar anak kost juga bisa dipengaruhi penggunaan jenis alat listrik. Untuk mengetahui besaran daya listrik yang kamu gunakan, buatlah daftar alat-alat yang membutuhkan energi listrik milikmu. Mulailah dengan membuat daftar alat listrik yang wajib kamu gunakan atau hanya kamu pakai dalam waktu-waktu tertentu saja. Dari daftar tersebut kamu bisa mengetahui jenis alat listrik yang perlu diganti atau tidak digunakan terlalu sering.

3. Menggunakan Lampu Hemat Energi

pixabay.com

Tagihan listrik yang membengkak bisa diakibatkan oleh penggunaan lampu. Jika seluruh ruangan kost menggunakan lampu pijar, biaya listriknya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan kost yang memakai lampu hemat energi. Sebab, lampu pijar berumur pendek dan tidak terlalu awet dibandingkan dengan lampu LED. Lampu yang hemat energi memang lebih mahal dibandingkan lampu pijar. Namun, jika dihitung-hitung, lampu LED mampu bertahan lebih lama.

4. Menggunakan AC Saat Diperlukan

pixabay.com

Penggunaan AC terus-menerus ternyata bisa membuat tagihan listrik anak kost melambung tinggi. Untuk menyiasatinya, nyalakan AC hanya pada saat darurat atau ketika kipas angin tidak bisa menghilangkan suasana panas di kamar. Jika masih bisa menggunakan alternatif membuka jendela kamar atau dengan menggunakan kipas biasa, kamu tidak perlu menyalakan AC. Penggunaan AC terus-menerus juga bisa membuat lapisan ozon menipis. Jadi, bersikap bijaklah dalam menggunakan alat elektronik selama menjadi anak kost.

5. Menggunakan Listrik Token

pixabay.com

Untuk mengontrol tagihan listrik, salah satu solusi yang dapat kamu terapkan adalah menggunakan listrik token atau listrik pulsa. Kamu bisa membeli pulsa listrik sesuai anggaranmu, misalnya tidak boleh lebih dari 100 ribu rupiah per bulan. Jika sudah, lakukan pengecekan meteran listrik secara rutin. Besaran daya listrik yang tertera pada meteran akan membuatmu lebih memperhatikan pemakaian apabila sudah melebihi rencana.

6. Mematikan Lampu pada Siang Hari

pixabay.com

Slogan ‘matikan lampu saat tidak digunakan’ terdengar akrab di telinga. Namun, sebagai anak kost, kamu tetap perlu mematikan lampu pada siang hari ketika tidak digunakan. Apabila kamar kostmu berukuran kecil dan hanya mengandalkan pencahayaan dari lampu, siasati penggunaan listrik yang besar dengan lampu LED. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan lampu berdaya rendah.

7. Memanfaatkan Penerangan Alami

pixabay.com

Dibandingkan menggunakan lampu sebagai sumber cahaya utama, manfaatkanlah penerangan alami dari sinar matahari. Pada pagi hari, bukalah jendela kamar dan matikan lampu tidur. Kamar pun akan lebih terang dan terhindar dari kelembaban berlebihan. Apabila memungkinkan, sewalah kamar kost di lantai dua, lantai tiga, dan seterusnya. Mungkin saja cahaya matahari tidak dapat masuk jendela di lantai satu, sehingga kamu perlu memilih kamar di lantai yang lebih tinggi.

8. Mencuci Secara Manual

pixabay.com

Fasilitas mesin cuci yang ditawarkan kost dapat dimanfaatkan oleh seluruh penghuni. Namun, kamu tidak boleh asal-asalan menggunakannya. Pakailah mesin cuci pada saat tertentu atau saat mendesak saja. Apabila kamu masih bisa mencuci manual menggunakan tangan, tidak perlu menggunakan mesin cuci. Selain itu, usahakan tidak menggunakan mesin cuci saat cucian hanya sedikit karena daya yang dibutuhkan tetap besar. Jika sudah selesai mencuci dan melihat matahari bersinar terik, jemur pakaian di bawah matahari dibandingkan mengeringkannya dengan mesin cuci.

9. Meminimalisir Penggunaan Dispenser

pixabay.com

Sebagai anak kost, kamu perlu mencari tahu alat listrik yang memang benar-benar diperlukan dan hanya menjadi pelengkapi saja. Ketika memutuskan akan membawa dispenser, pertimbangkan besar daya yang dibutuhkan, apalagi jika kamu akan selalu menyalakannya. Dispenser yang terdiri dari air dingin dan air panas akan membutuhkan daya yang besar.

Apabila aktivitasmu banyak dihabiskan di luar ruangan kost, kamu tidak perlu menyalakan dispenser tersebut dan bisa memanfaatkan air dingin dari kulkas. Jika membutuhkan air panas, kamu tetap bisa memasak air menggunakan kompor di dapur.

10. Menggunakan Kulkas Secara Kolektif

pixabay.com

Anak kost yang ingin menyimpan bahan makanan agar tahan lama biasanya membutuhkan kulkas. Namun, untuk anak kost dengan budget sewa kamar pas-pasan dan khawatir dengan tagihan listrik yang membengkak, hindari menggunakan kulkas pribadi. Ajaklah teman-teman kost yang lain untuk menggunakan satu kulkas yang sama. Selain itu, kamu juga bisa menghemat listrik dari kulkas dengan cara tidak membuka pintu kulkas terlalu lama.

11. Menyiasati Penggunaan Rice Cooker

pixabay.com

Rice cooker dianggap sebagai barang bawaan wajib anak kost agar bisa bertahan hidup. Bahkan, untuk anak kost rice cooker tidak hanya berfungsi untuk memasak nasi. Ada banyak resep masakan hemat ala anak kost dengan menggunakan rice cooker. Tips menghemat listrik rice cooker untuk anak kost bisa kamu dapatkan dengan trik khusus. Misalnya, dibandingkan menunggu air mendidih di rice cooker, siasati dengan memasak air panas terlebih dahulu di kompor. Cara ini bisa menghemat listrik meskipun tidak terlalu besar.

12. Memilih Setrika Otomatis

pixabay.com

Sebagai anak kost yang ingin berusaha mandiri dan tidak mau bergantung pada jasa laundry, membawa setrika sendiri bisa dilakukan. Namun, kamu perlu melihat jenis setrika yang dibawa beserta mode yang digunakan. Aktifkan mode otomatis agar setrika yang sudah mencapai panas maksimal bisa mati secara otomatis. Tanpa mengaktifkan mode ini, setrika akan berada di tingkat panas yang sama dan membutuhkan daya listrik besar.

13. Memanfaatkan Hiburan Tanpa Listrik

pixabay.com

Hiburan anak kost tidak selalu didapatkan dari internet, bermain game, atau menonton drama korea. Masih ada alternatif hiburan anak kost yang tidak perlu bergantung pada listrik. Dibandingkan menonton televisi di kamar kost, kamu bisa memilih jalan-jalan bersama teman. Untuk mengisi waktu luang, bercengkerama dengan penghuni kost lain atau bersantai di gazebo kost pun bisa kamu lakukan.

Demikian informasi 13 tips jitu menghemat penggunaan listrik untuk anak kos yang bisa kamu coba. Tips-tips tersebut sangat mudah diterapkan. Mungkin saja kamu akan merasa kesulitan pada awalnya. Namun, lama-kelamaan kamu akan terbiasa dan tidak akan kesulitan ketika harus berhemat tentang listrik. Anak kost pun punya kontribusi besar untuk menjaga sumber daya alam di bumi. Sudah siap untuk berkontribusi?


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah