Tugas-Tugas Malaikat Munkar & Nakir Serta Perbedaanya Lengkap

Tugas-Tugas Malaikat Munkar & Nakir Serta Perbedaanya LengkapSecara umum, malaikat diartikan sebagai salah satu makhluk supranatural yang ditemui dalam berbagai agama dan mitologi. Malaikat juga sering digambarkan sebagai salah satu makhluk surgawi yang baik hati dan berperan sebagai perantara antara Tuhan dengan manusia.

Tugas Malaikat Munkar & Nakir

unsplash.com/@vjpedro

Malaikat ini ada dalam kepercayaan Islam dan juga Kristen. Kedua agama ini memang mempercayai keberadaan malaikat, namun dengan persepsi dan pemahaman yang berbeda-beda. Maka dari itu, kamu tidak bisa menyamaratakan malaikat dari kedua agama ini.

Namun untuk kali ini, kamu hanya akan diberikan informasi seputar malaikat dalam versi agama Islam. Dalam ajaran agama Islam, malaikat diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dengan terbuat dari cahaya atau nur.

Malaikat juga disebut sebagai makhluk yang sangat taat kepada Allah dan tidak pernah membangkang kepada-Nya serta juga merupakan makhluk yang tidak memiliki nafsu. Tidak makan dan minum atau bahkan tidak pernah tidur.

Sebenarnya, dalam ajaran agama Islam menyatakan bahwa terdapat ribuan malaikat, hanya saja ada 10 nama malaikat yang memang wajib untuk diimani. Ke sepuluh malaikat memiliki tugas berbeda-beda dan wajib untuk diimani oleh para kaum muslimin, baik keberadaanya ataupun tugas yang diembannya.

Wujud malaikat memang sangat sulit untuk dinalar oleh akal manusia. Hanya saja, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam pernah memberikan gambaran bagaimana wujud dari malaikat jibril yang pernah menemuinya.

Namun terlepas dari wujud malaikat Jibril sang pembawa wahyu tersebut, maka salah satu contoh malaikat dalam agama Islam yaitu malaikat Munkar dan Nakir. Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai malaikat yang bernama munkar dan Nakir ini, maka di bawah ini akan disebutkan informasinya lebih jelas.

Siapa Malaikat Munkar Dan Nakir?

Umat Islam tentu sudah tidak asing lagi dengan nama 2 malaikat ini, pasalnya cepat atau lambat setiap manusia akan bertemu dengan malaikat yang bernama Munkar dan Nakir ini. Hal ini dikarenakan malaikat Munkar dan Nakir ini merupakan malaikat yang memiliki tugas untuk menanyakan atau menguji keyakinan dari orang-orang atau manusia yang sudah mati di alam barzah nanti.

Dalam ajaran Islam menyatakan bahwa apabila ruh tersebut sudah meninggalkan jasad yang berarti sudah mengalami kematian, maka ruh tersebut akan berjalan menuju alam barzah atau disebut dengan alam kubur.

Nantinya, ruh akan bertemu dengan malaikat Munkar dan Nakir ini. Kemudian ruh akan diberikan beberapa pertanyaan yang akan dimulai ketika proses penguburan telah selesai hingga 70 langkah orang terakhir meninggalkan tempat penguburan mayat tersebut. 

Namun ada pendapat lain yang menyatakan bahwa pertanyaan tersebut akan mulai diberikan oleh kedua malaikat penjaga alam kubur ini pada saat proses penguburan hingga 40 langkah dari orang terakhir meninggalkan tempat pemakaman.

Pertanyaan Yang Dilontarkan Malaikat  Munkar dan Nakir Dalam Kubur

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa dua malaikat ini akan memberikan beberapa pertanyaan kepada mayit. Sebenarnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sudah pernah memberikan bocoran mengenai pertanyaan apa saja yang akan dilontarkan atau diberikan oleh kedua malaikat penjaga kubur ini. Adapun beberapa pertanyaan yang pastinya ditanyakan oleh malaikat Munkar dan Nakir adalah sebagai berikut.

1. Man rabbuka atau siapa Tuhanmu?

2. Ma dinuka atau apa agamamu?

3. Man nabiyyuka atau siapa nabimu?

4. Ma kitabuka atau apa kitabmu?

5. Aina qiblatuka atau dimana kiblatmu?

6. Man ikhwanuka atau siapa saudaramu?

Bocoran 6 pertanyaan di atas seharusnya menjadikan manusia untuk selalu berusaha agar menjalani kehidupannya sesuai dengan keinginan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jika dilihat kembali, pertanyaan di atas sangatlah mudah untuk dijawab ketika manusia masih berada di dunia.

Namun berbeda halnya apabila manusia tersebut sudah ada di alam kubur. Sebab jawaban yang akan diberikan oleh manusia di alam kubur kepada malaikat Munkar dan Nakir akan tergantung dari bekal amal ibadah serta keimanan yang ada pada diri masing-masing manusia.

Wujud Malaikat Munkar Dan Nakir

Dari kecil tentu kamu sebagai umat Islam sudah diajarkan untuk mengimani keberadaan malaikat, meskipun hingga saat ini ini kamu dan umat Islam yang lainnya masih belum bisa mengetahui wujud asli dari malaikat tersebut.

Namun seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam pernah memberikan gambaran mengenai Malaikat Jibril yang pernah menemuinya. Beliau mengatakan bahwa Malaikat Jibril memiliki 600 sayap yang membentang dari arah timur ke arah barat.

Sedangkan malaikat Izrail memiliki 4 wajah yaitu wajahnya berada di muka, di bagian punggung, kepala dan bahkan di bagian telapak kaki. Sekarang, cobalah merenungi seperti apa bentuk dari malaikat Munkar dan Nakir yang akan memberikan pertanyaan-pertanyaan di alam kubur kelak.

Tentu sangat sulit untuk membayangkan karena jika dilihat dari kesaksian Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tersebut memberikan gambaran bahwa antara malaikat Jibril dan isroil memiliki bentuk dan rupa yang berbeda-beda. Maka bisa dipastikan pula bahwa malaikat Munkar dan Nakir ini juga memiliki wajah dan bentuk yang berbeda dari malaikat Jibril dan isroil

Meskipun wujud dari malaikat Munkar dan Nakir ini tidak bisa dibayangkan oleh pikiran manusia, namun terdapat seorang peneliti bidang aqidah dari Aswaja NU center PWNU Jawa Timur yang bernama Gus Nur Rohmad yang menyampaikan bahwa kedua malaikat penjaga kubur ini memiliki sosok yang sangat menyeramkan.

Hal ini dikarenakan kata munkar tersebut merupakan suatu istilah yang memang tidak begitu enak untuk didengar. Bahkan perbuatan dosa pun juga disebut sebagai perbuatan yang mungkar.

Dengan begitu, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa malaikat Munkar dan Nakir ini merupakan makhluk Allah yang sangat menyeramkan dan memiliki bentuk yang cukup menakutkan. Hal ini diperkuat dengan salah satu sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang pernah mengatakan bahwa roh dari orang-orang yang sudah dikuburkan nantinya akan berjumpa dengan dua malaikat yang hitam dan biru yaitu bernama munkar dan Nakir.

Malaikat ini juga disebut sebagai malaikat yang keras, kasar, memiliki warna hitam dan kebiru-biruan seperti malam yang gelap gulita, suaranya pun sangat menakutkan bagaikan petir yang menggelegar.

Malaikat Munkar dan Nakir ini juga dilengkapi dengan mata yang tajam seperti api yang menyala-nyala, giginya bagaikan tombak, sedangkan rambutnya terseret di atas tanah dan kedua tangannya selalu membawa alat pemukul atau disebut palu.

Palu ini hanya bisa dibawa dan diangkat oleh malaikat ini. Apabila seluruh makhluk di muka bumi ini berupaya untuk mengangkat alat pemukul tersebut maka tidak akan pernah mampu untuk mengangkatnya walaupun hanya sejengkal.

Jumlah Malaikat Munkar Dan Nakir

Pernahkah kamu berpikir mengenai jumlah dari malaikat penjaga dan pemberi pertanyaan di alam barzah ini? Jika iya  maka kamu tidak perlu khawatir karena hampir semua orang pasti pernah memikirkan hal ini.

Sebab jumlah orang yang meninggal dalam satu waktu bisa mencapai ribuan. Inilah yang menjadi awal munculnya pertanyaan mengenai jumlah dari malaikat Munkar dan Nakir ini. Untuk mengetahui jawabannya, maka kamu perlu mengingat beberapa pernyataan diatas bahwa jumlah malaikat yang diciptakan oleh Allah sangatlah banyak bahkan ribuan.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa malaikat Munkar dan Nakir  yang diciptakan dan sengaja ditugaskan oleh Allah subhanahu wa ta’ala untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada orang yang sudah meninggal yang berada di alam barzakh tersebut merupakan kelompok malaikat, bukan individu malaikat atau hanya satu malaikat saja.

Sehingga malaikat-malaikat ini merupakan kelompok malaikat yang sebagian namanya bernama munkar dan sebagian lagi yang bernama Nakir yang kemudian nantinya kelompok-kelompok malaikat ini yang akan diutus oleh Allah subhanahu wa ta’ala untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan kepada setiap mayat yang meninggal.

Perbedaan Malaikat Munkar Dan Nakir

Pertanyaan semacam ini tentu sering dilontarkan, khususnya oleh para anak kecil atau bahkan mualaf yang masih sedikit kebingungan mengenai dari malaikat-malaikat seperti munkar dan Nakir. Karena biasanya kedua malaikat ini selalu disandingkan dan tidak terpisahkan.

Pertanyaan seputar perbedaan  malaikat Munkar dan Nakir  tentu pasti pernah terpikirkan. Namun sejauh apapun kamu mencari jawaban seputar perbedaan antara malaikat Munkar dan Malaikat Nakir, maka sangat sulit untuk menemukan jawabannya.

Kamu bisa mencoba untuk mencari informasinya di berbagai sumber, mulai dari buku Islami, Al-Qur’an, hadist, kajian-kajian, pendapat dari para alim ulama atau bahkan melalui internet. Namun bisa dipastikan bahwa kedua malaikat ini memang tidak memiliki perbedaan.

Karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala menciptakan malaikat Munkar dan Nakir dengan tugas, bentuk, rupa dan wujud yang sama. Sehingga bisa dipastikan bahwa kedua malaikat penjaga kubur sekaligus yang memberikan pertanyaan kepada orang yang meninggal ini tidak memiliki perbedaan yang berarti. Hanya saja dari segi nama yang berbeda.

Nasib Ruh Setelah Bertemu Malaikat Munkar Dan Nakir

Setiap manusia yang meninggal pasti akan bertemu dengan kedua malaikat di alam kubur yang bernama munkar dan Nakir. Semua umat yang meninggal pastinya akan mendapatkan pertanyaan dari malaikat yang menyeramkan ini, baik itu umat Islam, Kristen, Konghucu, Hindu, Budha dan semua umat yang hidup di muka bumi pasti akan merasakan takutnya bertemu dengan kedua malaikat yang menyeramkan ini.

Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh malaikat Munkar dan Nakir  ini memang sangat mudah. Hanya saja seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa akan terasa sulit untuk menjawabnya apabila tidak terdapat keimanan dalam diri manusia tersebut.

Bagi orang yang beriman, maka jika mampu untuk menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan oleh kedua malaikat tersebut maka akan mendapatkan kelapangan di alam kubur hingga sampai datangnya hari kiamat nanti.

Namun berbeda dengan kondisi dari orang-orang yang ingkar atau yang tidak bisa menjawab dari pertanyaan kedua malaikat ini, maka mereka akan mendapatkan siksaan yang bersih di alam kubur hingga datangnya hari kiamat.

Demikianlah beberapa informasi seputar malaikat Munkar dan Nakir yang bisa kamu ketahui kedua malaikat ini memang terkenal sangat menyeramkan. Sebagaimana yang sudah digambarkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang menyatakan bahwa warna dari malaikat Munkar dan Nakir ini hitam kebiru-biruan.

Memang setiap ruh yang bertemu dengan malaikat yang bernama mungkar dan Nakir ini pasti akan merasakan rasa takut yang berlebihan. Namun untuk bisa lolos dari setiap pertanyaan yang disampaikan oleh malaikat ini, maka pastikan bahwa kamu sudah menyiapkan keimanan dan amal saleh yang banyak selama hidup di dunia. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah