10 Nama-Nama Malaikat Beserta Tugasnya dalam Islam dan Dalilnya 

Posted in: General Informasi
Tagged: Nama Malaikat

10 Nama Nama Malaikat Beserta Tugasnya dalam Islam dan Dalilnya – Dalam Islam mengetahui nama malaikat merupakan hal yang wajib dilakukan. Dengan mengetahui nama setiap malaikat, maka umat muslim mengimani rukun iman untuk mengimani makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari cahaya tersebut. 

Nama-Nama Malaikat

unsplash.com/@royarka

Rukum iman merupakan pilar kedua dalam Islam setelah rukun islam, jadi umat muslim yang tidak mengimani dan melakukan rukun iman, maka keisalamannya patut untuk dipertanyakan. Kamu yang hendak belajar mengenai malaikat bisa memulainya dengan mengetahui nama, tugas, serta dalil dari 10 malaikat ciptaan Allah. 

Pengertian Malaikat

Malaikat dalam Islam berasal dari kalimat jamak, jamin malakun, artinya pengutusan. Nama nama malaikan beserta tugasnya dapat ditemukan dalam berbagai buku maupaun hadist, beberapa malaikat juga disebutkan peran dan namanya di dalam al-Quran.

Malaikat dibuat oleh Allah dari cahaya atau nur, malaikat juga tidak memiliki keistimewaan, baik rububiyah ataupun uluhiyah. Malaikat menjadi makhluk yang dekat dan taat kepada Allah dan memiliki tugas lain untuk mengawasi perilaku manusia. Allah menerangkan tentang tugas malaikat dalam surat al-Baqarah ayat 258. 

Di dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa Rasul Allah telah beriman kepada al-Quran yang diturunkan kepada mereka, begitu pula orang-orang yang beriman juga mengimani al-Quran. Semuanya, yakni umat muslim beriman kepada Allah, malaikat ciptaan-Nya, kitab yang diturunkan kepada Rasul-Nya dan dan Rasul yang menyampaikan ajaran-Nya.

Allah juga menjelaskan terkait dengan sifat dan tugas malaikat dalam surat al-Anbiya ayat 19-20, di dalam surat tersebut disebutkan bahwa malaikat tidak angkuh untuk menyembah Allah dan tidak merasa letih beribah kepada-Nya. 

Nama Malaikat dan Tugasnya 

Berikut ini merupakan nama nama malaikat beserta tugasnya yang wajib diketahui dalam Islam, diantaranya adalah:

1. Malaikat Jibril 

Jibril merupakan malaikat yang menyampaikan wahu kepada rasul Allah. Setelah Rasulullah Muhammad wafat, tugas Jibril telah selesai dan tidak menyampaikan wahyu lagi kepada manusia. Tugas lain yang dimiliki oleh Jibril dan masih terus dilakukannya sampai sekrang adalah meniupkan roh ke janin manusia. 

Ayat al-Quran yang menjelaskan tentang malaikat Jibril salah satunya adalah surat An-Nahl ayat 102, yang berbunyi:

قُلْ نَزَّلَهُۥ رُوحُ ٱلْقُدُسِ مِن رَّبِّكَ بِٱلْحَقِّ لِيُثَبِّتَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَهُدًى وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ

Arti dari ayat tersebut adalah: Katakanlah, Jibril menurunkan al-Quran dari Tuhanmu dengan kebenaran, guna meneguhkan hati orang orang yang beriman, serta menjadi penunjuk kabar gembira bagi mereka yang berserah diri kepada Allah. 

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail bertugas memberikan dan membagikan rezeki kepada manusia dan seluruh makhluk hidup yang lain. Kamu yang hendak menghafalkan nama nama malaikat beserta tugasnya tidak boleh melupakan malaikat Mikail. 

Malaikat ini selain bertugas membagikan rezeki, juga bertugas untuk mengatur panas, tanaman yang ada di bumi, hujan dan lainnya. Semua tugas tersebut dikerjakan oleh malaikat Mikail dengan sepenuh hati. Malaikat Mikail dijelaskan tugasnya dalam banyak hadis sahih. 

3. Malaikat Israfil

Malaikat lain yang memiliki tugas penting adalah Malaikat Israfil, malaikat ini memiliki tugas untuk meniup sangkakala pada hari kiamat dan hari kebangkitan. Tugas malaikat Israfil ini dijelaskan dalam surat az-Zumar di ayat 68, yang berbunyi:

وَنُفِخَ فِى الصُّوْرِ فَصَعِقَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗ ثُمَّ نُفِخَ فِيْهِ اُخْرٰى فَاِذَا هُمْ قِيَامٌ يَّنْظُرُوْنَ

Arti dari ayat tersebut adalah: Dan sangkakala kemudian ditiup, maka matilah semua makhluk yang ada di langit dan di bumi, kecuali mereka yang dikehendaki oleh Allah. Kemudian ditiup lagi sangkakala itu, maka seketika mereka bangun dari kuburnya menunggu keputusan Allah. 

4. Malaikat Izrail

Nama nama malaikat beserta tugasnya yang lain adalah malaikat Izrail, malaikat ini bertugas untuk mencabuut nyawa makhluk hidup. Tidak ada satupun mahluk yang tidak akan dicabut nyawanya oleh malaikat ini. Malaikat Izrail tega mencabut nyawa makhluk lain sebab memang begitulah tugasnya. 

Terdapat ayat al-Quran yang menjelaskan tentang tugas malaikat Izrail, yakni surat As-Sajdah ayat ke-11, bunyi dari ayat tersebut adalah:

قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ

Sedangkan terjemahan dari ayat tersebut adalah: Katakanlah, bahwa malaikat maut yang diserahi untuk mencabut nyawamu akan mematikanmu, kemudian kepada Tuhanmu, kamu akan dikembalikan. 

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar merupakan malaikat yang menanyai manusia di dalam kubur, setelah manusia meninggal. Tugasnya adalah menanyakan perihal keimanan yang dimiliki oleh seseorang, malaikat ini juga akan menandatangi manusia yang selama hidupnya berbuat keburukan. Banyak riwayat yang mengatakan malaikat Munkar akan datang dengan wujud yang menyeramkan. 

Selama menanyai manusia, malaikat ini membawa godam besar yang merupakan senjatanya. Ketika manusia ditanya oleh malaikat Munkar dan tidak bisa menjawab, maka godam tersebut akan menghantam tubuh manusia sampai hancur. Manusia kemudian akan dibangkitkan lagi dan ditanyai, diberikan pertanyaan yang sama, dan dihancurkan lagi jika tidak bisa menjawab. 

6. Malaikat Nakir

Nama nama malaikat beserta tugasnya selanjutnya adalah malaikat Nakir, malaikat ini memiliki sifat yang bertolak belakang dengan malaikat Munkar. Tugasnya adalah menanyakan hal hal baik yang sudah dilakukan oleh manusia sepanjang hidupnya. Wujudnya juga indah dipandang, menurut riwayat hadis yang menceritakannya. 

Dikatakan pula, manusia yang didatangi oleh Malaikat Nakir nantinya akan masuk surga karena memiliki amal baik yang lebih banyak. Sama seperti malaikat Munkar, malaikat Nakir akan datang kepada manusia setelah mereka mati di alam kubur. 

7. Malaikat Raqib 

Malaikat ketujuh adalah malaikat Raqib, yang bertugas untuk mencatat semua amal kebaikan yang telah dilakukan oleh manusia. Semasa hidup, semua perbuatan, amal sholeh dan berbagai kegiatan baik yang dilakukan manusia akan dicatat oleh malaikat Raqib. Dengan catatan tersebut, apabila amalan baik yang dimiliki lebih berat, tentunya akan mendapatkan ganjaran yang sesuai.

8. Malaikat Atid

Berbeda dengan malaikat Raqib, malaikat Atid bertugas untuk mencatat semua amal buruk yang dilakukan oleh manusia. Malaikat Atid bertugas bersama dengan malaikat Raqib, diriwayatkan bahwa malaikat Atid ada di tangan kiri manusia, sedangkan di tangan kanan adalah malaikat Raqib. 

Tugas malaikat Atid dan Raqib dijelaskan dalam al-Quran, surat al-Qaf ayat 17-18, dengan bunyi sebagai berikut:

اِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيٰنِ عَنِ الْيَمِيْنِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيْدٌ

Arti dari ayat tersebut adalah : Ingatlah ketika dua malaikat mencatat perbuatan manusia, yang satu duduk di tangan kanan, yang satu duduk di tangan kiri. 

9. Malaikat Malik

Daftar dalam nama nama malaikat berserta tugasnya dalam Islam selanjutnya adalah malaikat Malik. Malaikat Malik merupakan malaikat yang menjaga pintu neraka, tugasnya dijelaskan dalam al-Quran surat az-Zuhruf ayat 77, dengan bunyi ayat:

وَنَادَوْا يَا مَالِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَ ۖ قَالَ إِنَّكُمْ مَاكِثُونَ

Arti dari ayat tersebut adalah sebagai berikut: Dan mereka berseru, “Wahai Malaikat Malik! Biarlah Tuhanmu mematikan kami saja. Dan Malik menjawab, “Sungguh kamu akan tetap tinggal di neraka ini”.

10. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan merupakan malaikat yang bertugas untuk menjaga pintu surga. Surga diperuntukkan bagi mereka yang sudah beramal baik dan mentaati perintah Allah selama di dunia. Tugas malaikat Ridwan dijelaskan dalam al-Quran dan hadis, begitu pula rincian pintu mana yang ia jaga. 

Sifat-Sifat Malaikat dalam Islam 

Dalam Islam, malaikat memiliki sifat sifat yang tidak dimiliki oleh makhluk Allah yang lain, diantaranya adalah:

1. Diciptakan dari Cahaya 

Malaikat, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, merupakan makhluk yang diciptakan dari cahaya atau nur. Hal tersebut berdasarkan hadis yang diriywatkan oleh Muslim, dalam hadist tersebut Rasullulah mengatakan kepada Aisyah bahwa malaikat diciptakan Allah dari cahaya, sedangkan jin dari nyala api. 

2. Taat Kepada Allah 

Malaikat taat dengan semua perintah yang diberikan oleh Allah, hal tersebut juga dijelaskan dalam surat at-Tahrim ayat 6. Dalam ayat tersebut, dijelaskan bahwa manusia dianjurkan untuk memelihara dirinya dan keluarganya dari api neraka. Dijelaskan pula bahan bakar neraka adalah manusia dan batu, dan penjaganya adalah manusia yang keras dan kasar sifatnya. 

Malaikat tersebut tidak mendurhakai Allah, walaupun namanya tidak tercantum dalam nama nama malaikat berserta tugasnya yang wajib diimani dan diketahui oleh manusia. Mereka selalu mengerjakan semua perintah dari Allah tanpa membantah.  

3. Bukan Pria atau Wanita

Dijelaskan pula bahwa malaikat tidak memiliki jenis kelamin sebagaimana manusia, mereka bukan laki-laki dan bukan perempuan. Malaikat tidak memiliki jenis kelamin dan tidak memiliki nafsu, berbeda dengan makhluk lain yang diciptakan Allah. 

4. Tidak Makan dan Minum 

Malaikat juga tidak memiliki nafsu untuk makan ataupun minum, jadi malaikat tidak merasakan haus ataupun lapar. Hal tersebut dijelaskan dalam surat ad-Dzariyat ayat 24-28. Dalam surat tersebut dikisahkan Nabi Ibrahim di datangi oleh tamu, sebagaimana tuan rumah yang baik, Nabi Ibrahim menyajikan makanan dan minuman. 

Setelah dipersilahkan untuk makan dan minum, tamu tersebut menolak untuk makan. Diketahui lebih lanjut, tamu tersebut tenyata merupakan malaikat, yang hendak memberikan kabar kepada Nabi Ibrahim berdasarkan perintah dari Allah. 

5. Memiliki Sayap

Dalam surat al Ftahir ayat 11, dijelaskan bahwa malaikat memiliki sayap. Hampir semua nama nama malaikat beserta tugasnya memiliki sayap. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa Allah menurunkan malaikat sebagai utusan, guna mengurus berbagai macam urusan manusia. 

Malaikat memiliki sayap dengan jumlah masing-masing dua, tiga, dan empat. Dijelaskan pula bahwa Allah menciptakan ciptaan-Nya dan memiliki kuasa untuk menambahkan apa-apa sesuai kehendak-Nya. 

6. Tidak Bosan dengan Perintah Allah

Malaikat memiliki sifat yang taat kepada Allah, hal tersebut dijelaskan dalam surat al-Anbiya’ ayat 20. Di dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa malaikat selalu bertasbih kepada Allah siang dan malam, tanpa henti-hentinya. Mereka juga tidak bosan dengan berbagai perintah yang diberikan oleh Allah. 

Terkait dengan jumlah malaikat, hanya Allah yang mengetahui jumlah malaikat secara pasti, sebab Dia-lah yang menciptakannya. Namun sebagai umat Islam, kita hanya diberi kewajiban untuk mengimani 10 nama malaikat saja. 

Demikianlah rincian terkait dengan nama nama malaikat beserta tugasnya dan sifat yang dimiliki oleh malaikat. Dengan informasi tersebut, semoga kamu bisa mendapatkan pengetahuan terkait dengan malaikat wajib yang harus diimani oleh umat Islam. Kamu juga bisa mengetahui lebih dalam mengenai malaikat dengan membaca hadis dan buku Islam. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah