27 Ucapan Idul Adha 2020 Paling Berkesan, Lengkap dengan Gambar, Cocok Untuk Status Medsos dan Pesan WA

 Mamikos | Sen, 01 Jun 2020

Ucapan Idul Adha 2020 Paling BerkesanIdul Adha adalah sebuah hari raya Islam, yaitu hari dimana diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Pada hari raya Idul Adha ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

27 Ucapan Idul Adha Paling Berkesan, Lengkap dengan Gambar, Cocok Untuk Status Medsos dan Pesan WA

Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idulfitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam.

Pusat perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji.

Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji.

Tanya apa ucapan Idul Adha yang paling berkesan dan menyentuh hati? Untuk itu, kali ini Mamikos akan memberikan contoh ucapan Idul Adha  paling berkesan dan menyentuh hati yang bisa kamu tujukan ke kenalan atau orang terkasih.

Sebentar lagi adalah Hari Raya Idul Adha atau yang sering kita kenal dengan hari qurban. Sama halnya dengan saat perayaan idul fitri di malam takbiran, banyak orang saling memberi ucapan dan mungkin kamu juga pernah mendapatkannya?

Ya, tidak bisa dipungkiri bahwa tradisi ini memang masih berlanjut hingga saat ini.Biasanya ucapan – ucapan untuk hari raya ini disampaikan secara beragam, baik itu hanya copy paste dari teman yang lain atau ada juga yang berniat hati dengan membuatnya secara pribadi.

Sebenarnya membuat ucapan Idul Adha yang menyentuh hati tidak terlalu sulit, ada banyak contohnya di internet dan kamu juga bisa membuatnya berdasarkan apa yang ingin kamu sampaikan.

Bahkan ada juga yang sampai begadang semalaman demi mendapatkan kata – kata yang bagus dan menyentuh hati banyak orang. Ucapan yang disampaikan bisa berupa syair, puisi, atau pantun yang dirangkai dengan apik.

Kata Ucapan Idul Adha

Setelah melihat tips untuk membuat ucapan Idul Adha di atas, pastinya kini anda sudah penasaran bagaimana sih cara membuat ucapan Idul Adha / status Idul Adha yang paling berkesan dan menyentuh? Langsung saja, berikut ada contoh ucapan Idul Adha paling berkesan dan menyentuh :

Ucapan Eid Mubarak Idul Adha Untuk Teman / Sahabat / Mertua

1. Ucapan Idul Adha Untuk Sahabat

Tidak lupa juga sahabat tercinta, tentu kita ingin membuat ucapan yang berkesan karena sahabat adalah salah satu orang terdekat.

Supaya semakin dekat dengan sahabat tercinta, tidak ada salahnya kalau kamu mau bersusah payah membuat ucapan yang menyenthuh hati. Tidak perlu bingung, kamu bisa conteh contoh berikut :

‘Gema takbir telah dikumandangkan, sinyal idul adha sudah datang, di kesempatan kali ini aku ingin menyampaikan selamat idul adha 1440H untuk sahabatku tercinta. Semoga ampunan dan barokah bisa selalu kita peroleh’

“Hidup adalah timbal balik, Apa yang kamu berikan akan kembali, apa yang kamu tanam akan tumbuh, dan apa yang kamu korbankan akan berbuah pahala. Selamat berkurban dan mohon maaf lahir dan batin”

“Senandung Takbir bergema di hati Mengagungkan kebesaranmu Illahi Robbi Mengingatkan betapa kecilnya diri ini Meski kerap berbuat salah dan khilaf Sungguh maafkan aku sahabat”

“Tahukan Engkau Sahabatku? Setiap helai rambut dari Qurban itu akan diibaratkan sebagai satu kebaikan di dalam diri”

“Ya Allah jadikanlah setiap helaan napas kami sebagai bukti cinta kepada-Mu Jadikanlah kurban kami sebagai jalan panjang mendekati-Mu Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H”

“Memaafkan memang takkan bisa mengubah masa lalu, tetapi dengan memaafkan, masa depan yang penuh dengan persaudaraan akan terlahir. Semoga di hari yang agung ini, kita dapat saling memaafkan dan di limpahi semua keberkahaan. Selamat Idul Adha”

2. Ucapan Idul Adha Penuh Doa

Karena ini merupakan perayaan yang penuh berkah, ada baiknya jika membuat ucapan idul adha yang penuh dengan doa. Doa untuk penerima ucapan atau untuk kedua pihak. Contohnya :

‘Tidak ada ucapan lain yang indah selain doa, dan di hari yang mulia ini sembari mengucap Selamat Hari Raya Idul Adha aku berdoa agar kita selalu diberkahi rejeki yang berlimpah sehingga tidak lelah untuk saling berbagi’

“Setiap satu helai rambut kurban adalah satu kebaikan. Maka tebarlah kebaikan di hari Idul Adha yang mulia ini”

“Makna Idul Adha adalah semangat kita dalam berkurban, harapan kita akan ampunan, dan keteguhan kita dalam beriman. Selamat hari raya Idul Adha 1441 H”

“Semoga hari-harimu kelak dipenuhi kelezatan, selezat daging kurban. Imanmu diberi keteguhan, seteguh Ismail. Serta hidupmu dipenuhi bimbingan layaknya Ibrahim sang kekasih Tuhan”

“On This Holy Occasion of Eid-al-adha, May The Blessings of God Lighten up ur Way, And Lead You to Happiness, Success & Peace, Have a Very Happy Eid-ul-Adha”

3. Ucapan Idul Adha Untuk Kerabat

Hari raya idul adha juga biasanya digunakan untuk acara bermaaf – maafan dengan kerabat baik lewat telepon atau sms.

Nah, tidak boleh ketinggalan kamu juga harus membuat ucapan idul adha yang cocok dikirimkan untuk kerabat kamu. Contohnya :

‘Nabi Ibrahim selalu menjadi inspirasi untuk memperbaiki diri, di hari yang penuh berkah ini aku ingin memperbaiki diri dengan mengucap maah lahir batin selamat idul adha dan semoga Allah selalu mengampuni dosa kita’

“Berbagi itu memberi, memberi adalah menanam, setiap yang kita tanam akan berbuah lebih banyak. Itulah rahasia dan keajaiban memberi dan berbagi. Selamat menyambut Idul Adha 1441 H teman”

“wali hari kurbanmu dengan penuh senyuman dan kebahagiaan layaknya mereka yang begitu bahagia menerima pemberian darimu. Semoga kurbanmu berkah, amin”

“Cinta sejati adalah pengorbanan dengan keikhlasan. Seperti pengorbanan Ismail di hari raya kurban. Selamat Idul Adha 1441 H”

“Indahnya kata karena lisan, indahnya taman karena bunga, indahnya kerabat karena bermaafan, indahnya lebaran karena kuucapkan selamat idul adha”

4. Ucapan Idul Adha Untuk Teman / calon pendamping hidup

Momen ini juga bisa digunakan untuk lebih dekat dengan orang – orang terkasih. Jangan ketinggalan juga buat kamu yang punya calon pendamping, buatkanlah ucapan idul adha yang berkesan dan menyentuh supaya kalian bisa lebih dekat. Contohnya :

‘Semua begitu berarti dan bermakna, semuanya berwarna dan begitu indah, kali ini aku ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha untukmu orang terkasihku semoga kita tidak pernah lelah berbagi kebaikan’

“Eid ul Adha is eid of sacrifice And commitment to Allahs orders May Allah bless us with the same in all circles of life And help all amongst us Who are helpless, worried Selamat Hari raya Idul Adha 2020”

“Update Status di Facebookan, Up-date Status Sambil Chattingan, Ada Banyak Kesalahan, Mohon diMaafkan dihari Lebaran. Selamat Hari Raya Idul Adha sayangku…”

5. Ucapan Idul Adha dengan Pantun

Cara memberi ucapan idul adha yang satu ini juga sering kita jumpai karena banyak yang menggunakan pantun untuk saling berkirim ucapan di hari raya.

Kamu juga bisa membuatnya untuk orang – orang yang kamu cintai lho. Contohnya :

‘Sepuluh jariku susun rapi, Bunga melati pengharumnya wangi, Mari saling berbagi, Tidak lupa aku mohon maaf setulus hati’

“Ayam berkokok menyambut pagi, Tunaikan Shalat ied bersama sanak saudari Keberkahan pagi nan fitri Semoga Hari Raya Idul Adha ini selalu memberi arti”

“Waktu mengalir bagaikan derasnya air, tak terasa setahun sudah kita menanti hari penuh kemenangan dan keikhlasan ini. Selamat menunaikan hari raya idul adha”

“Mata kadang salah melihat Mulut kadang salah mengucap Hati kadang salah menduga Dengan niat tulus suci dan Ikhlas Mohon maaf lahir dan batin Selamat Idul Adha”

“Memaafkan memang takkan bisa mengubah masa lalu, tetapi dengan memaafkan masa depan yang penuh persaudaraan akan terlahir. Selamat Idul Adha”

“Selamat hari raya Idul Adha.. Jangan sampai lupa berbagi rejeki dengan sesama…”

6. Ucapan Idul Adha Untuk Mertua

Nah salah satu ucapan idul adha yang tidak boleh ketinggalan adalah ucapan untuk mertua tercinta. Jangan sampai salah kirim apalagi salah memilih kata – kata ya.

Ambil saja kata – kata yang tidak terlalu rumit dan bisa dimengerti oleh orang tua, atau kamu bisa memasukkan doa kedalam ucapan yang ingin disamapaikan. Contohnya :

‘Semoga Allah menganugerahkan kita kekuatan untuk meminta maaf dan keihklasan untuk memaafkan. Selamat hari raya idul adha mohon maaf lahir dan batin’

7. Ucapan Idul Adha Resmi

Contoh yang pertama adalah cara untuk membuat ucapan idul adha resmi. Biasanya ucapan ini ditujukan untuk partner bisnis, orang yang lebih tinggi jabatannya atau suatu badan yang memasang spanduk untuk ucapan idul adha.

Untuk membuat ucapan seperti ini yang perlu diperhatikan adalah tatanan bahasa yang baik dan santun, apalagi ini menyangkut badan atau perusahaan yang kamu tempati.

Apabila mendapatkan kesempatan untuk membuat ucapan idul adha, kamu bisa menggunakan contoh berikut untuk ucapan idul adha resmi :

‘Kami segenap karyawan beserta keluarga besar PT Mama Teknologi Properti mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H. Dengan berbagi dan memberi, hidup jadi lebih berarti’

8. Gambar Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha yang Benar

Ucapan Idul Adha 2

Ucapan Idul Adha 3

Ucapan Idul Adha 4

Ucapan Idul Adha 5

Ucapan Idul Adha 6

Ucapan Idul Adha 7

Ucapan Idul Adha 8

9. Tips Membuat Ucapan Idul Adha yang Menyentuh Hati

Nah supaya niat baik untuk menyampaikan ucapan Idul Adha ini bisa tersampaikan dengan baik dan lebih bermakna, mungkin anda bisa membaca dulu tips – tips untuk membuat ucapan idul adha 2019 yang menyentuh hati dan tidak sia – sia berikut ini :

  1. Jangan Gunakan Broadcast Massage – Dengan kemudahan berkomunikasi saat ini, pastinya kita sering menerima yang namanya Broadcast Massage bukan? Apalagi di saat perayaan hari – hari besar seperti idul adha. Namun, cara ini justru membuat ucapan tidak terlalu bermakna. Untuk itu, jika kamu ingin membuat ucapan idul adha yang menyentuh hati, usahakan untuk tidak menggunakan Broadcast Massage. Meski sedikit memakan waktu namun ucapan yang disampaikan akan jauh lebih bermakna dan menyentuh.
  2. Gunakan Bahasa yang Dimengerti Banyak Orang – Mungkin ada dari kalian yang menguasai lebih dari satu bahasa, namun pada ucapan seperti ini agar bisa diterima oleh banyaik orang dan kalangan, sebaiknya gunakanlah bahasa umum yang baik seperti bahasa indonesia atau bahasa daerah apabila yang akan diberi ucapan masih satu daerah dengan kamu. Boleh saja menggunakan bahasa asing tapi ingat bahwa tidak semua orang menguasai bahasa asing. Jika memang ingin menggunakan bahasa asing, berarti pesan ditujukan untuk orang yang mengerti. Jangan sampai orang yang sudah berumur 50tahun dan tidak paham bahasa inggris tapi ucapan yang dikirimkan justru berisikan bahasa inggris.
  3. Sesuaikan Isi dengan Kontennya – Karena ini hari raya idul adha sebaiknya gunakan ucapan – ucapan yang disampaikan oleh nabi atau menggabungkannya dengan cara ucapan kamu sendiri yang sopan dan santun. Contohnya ‘’Kami sekeluarga besar mengucapkan selamat idul adha, semoga Allah menerima amal kita semua dan semoga Allah menyempurnakannya’’
  4. Perhatikan Isi dengan Penerima Ucapan – Tidak jarang ditemui ada orang yang memberi ucapan idul adha tapi justru terkesan menggurui karena kurang memperhatikan isi yang disampaikan. Ingat, disini intinya adalah kamu ingin mengucapkan ucapan idul adha, jadi sampaikan saja secara singkat dan tulus. Tidak perlu terlalu panjang lebar yang justru terkesan menggurui sang penerima ucapan.
  5. Gunakan Media – Mengirim ucapan idul adha tidak hanya bisa disampaikan melalui sms saja, sekarang ini sudah ada banyak sekali media yang dapat digunakan untuk mengirim ucapan. Anda bisa memanfaatkan telpon, video, pop up card, parcel dan yang lainnya. Apapun media yang digunakan sebenarnya sama saja tinggal bagaimana cara anda menyampaikan ucapan dengan tulus dan sopan.

Selain dari ucapan – ucapan di atas, masih ada banyak ucapan yang bisa kamu sampaikan untuk orang – orang yang kamu sayangi.

Jangan lupa untuk saling berbagi dan memaafkan dengan tulus karena dengan begitu kamu bisa memberi ucapan yang bermakna dan menyentuh hati.

Nah itulah beberapa ide Ucapan Idul Adha 2020 Paling Berkesan. jangan lupa perhatikan isi dan bahasa yang digunakan saat mengirimkan ucapan. Semoga bermanfaat terus ikuti blog mamikos.com karena banyak artikel – artikel menarik yang disiapkan untuk membantu anda dalam mencari info – info terbaru dan menarik seputar kost murah jakarta, kost murah bandung atau yang lainnya.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: