Ibadah Qurban: 3 Hikmah Qurban Dan Keutamaannya

Posted on Posted in Info Penting, Informasi

Ibadah Qurban: 3 Hikmah Qurban Dan Keutamaannya – Sekitar satu bulan mendatang, umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Iduladha 2019. Hari Raya Idul Adha jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Pada kalender masehi tahun ini, Hari Raya Iduladha 2019 diperkirakan jatuh pada 11 Agustus.

Hari Raya Idul Adha juga dinamakan Idul Qurban.Umat muslim diberi kesempatan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melaksanakan qurban. Lantas apa sih hikmah dan keutamaan dari Idul Qurban itu sendiri?

Ibadah Qurban: 3 Hikmah Qurban Dan Keutamaannya Yang Perlu Kamu Ketahui 

Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara - Suriname

1. Hikmah Qurban Dan Keutamaannya: Mensyukuri Nikmat Allah

Tentunya kamu sudah tahu bahwa kita semua sangat disarankan untuk mensyukuri setiap nikmat yang telah diberikan Allah pada kita. Salah satu bentuk wujud syukur tersebut adalah dengan Qurban. Hal ini juga dilakukan agar kita semua yang beragama muslim ingat akan nikmat-nikmat Allah kepada Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS. Selain untuk mensyukuri nikmat Allah, menyembelih hewan qurban juga akan mengajarkan kita semua untuk menjadi pribadi yang sabar dan penuh penerimaan.

2. Hikmah Qurban Dan Keutamaannya: Memperbanyak Rizki

Allah telah berjanji bahwa siapa yang mau berbagi, bersedekah dan membuat orang lain bahagia, Ia akan melimpahkan rizki untuknya dan juga pahala yang tak terhingga. Seseorang yang mau dengan ikhlas menyembelih hewan qurban, ia pun akan dicintai oleh Allah. “Tidaklah manusia melakukan amal di hari nahr (Hari Raya Idul Adha) yang lebih dicintai Allah dibanding memotong hewan qurban. Sesungguhnya, ia akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, bulu dan telapak kakinya. Sesungguhnya, sebelum darahnya jatuh ke tanah, ia telah sampai kepada Allah. Mari dari itu, tunaikanlah dengan jiwa yang senang.” (HR. Tirmidzi).

3. Hikmah Qurban Dan Keutamaannya: Berbagi Dengan Sesama

Keutamaan selanjutnya dari menyembelih hewan qurban adalah agar kita semakin ikhlas untuk berbagi dengan sesama. Allah SWT selalu menganjurkan hambanya untuk mau saling berbagi rizki dan kebahagiaan dengan sesama. Dan ketika kita mau melakukannya, kita pun akan diberikan pahala yang berlipat ganda. Kita pun bisa merasa lebih dekat dengan semua orang juga dengan sang pencipta.

Baca juga :  27 Ucapan Idul Adha 2019 Paling Berkesan, Lengkap dengan Gambar, Cocok Untuk Status Medsos dan Pesan WA
Baca juga :  Inilah 3 Keistimewaan Penting Idul Adha yang Perlu Anda Tahu
Baca juga :  Idul Adha 2019: Pengertian, Syarat, Hukum Dan Ketentuan Waktu Pelaksanaanya