10 Menu Makanan Favorit Khas Idul Adha, Cobain Yuk!

10 Menu Makanan favorit Khas Idul Adha, Cobain yuk! — Saat puncak ibadah haji tiba, maka seluruh umat muslim di dunia akan merayakan Idul Adha.

Banyak kebahagiaan yang tersebar saat momen Idul Adha. Salah satu bentuk kebahagiaan itu adalah masakan-masakan nikmat yang terbuat dari daging-daging hewan kurban.

Konon, daging hewan kurban punya rasa yang berbeda daripada daging hewan di hari biasa.

Benarkah demikian? Tentu saja, salah satu alasannya karena banyak orang yang memasak daging hampir bersamaan dengan bumbu menggoda. Berikut menu masakan favorit saat Idul Adha.

Menu Makanan Favorit Khas Idul Adha

https://muhammadiyah.or.id/

Mamikos jadi ingin memberikan kamu 10 rekomendasi menu makanan favorit khas Idul Adha yang bisa kamu coba dan cicipi.

Entah bersama keluarga atau sanak saudara, teman, sahabat atau pasangan kamu nanti. Dijamin referensi menu makanan favorit khas Idul Adha ini akan menambah daftar kulineran kamu.

Rangkaian Menu Santapan Istimewa Khas Idul Adha 2023

Berikut ini sudah Mamikos susun apa saja daftar menu makanan favorit khas Idul Adha yang bisa kamu coba tersebut.

Kamu sudah tidak sabar? Maka sebaiknya segera simak daftarnya di bawah ini:

1. Rendang

liputan6.com

Bisa dikatakan bahwa rendang bukan hanya populer di negeri sendiri. Sekarang rendang bahkan sudah mendunia.

Kehadirannya pun tentu menjadi sangat dinanti saat Idul Adha. Rendang memang salah satu makanan yang terkenal kelezatannya.

Kelezatan rendang membuatnya menjadi hidangan favorit banyak orang. Bahkan menempati urutan pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Food oleh CNN pada tahun 2011.

Wow, membanggakan. Masakan khas dari Sumatera Barat ini memang memiliki cita rasa pedas, gurih dan tentunya menggunakan santan.

Untuk membuatnya pun kamu bisa menggunakan daging sapi atau kambing. Kamu juga bisa memasaknya dalam bentuk rendang basah ataupun kering. Sesuaikan dengan selera kamu saja.

2. Sate

https://www.pexels.com/

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang hampir bisa ditemui di setiap jalan. Makanan yang memiliki ciri ditusuk ini juga tidak kalah terkenal. Apalagi saat Idul Adha datang.

Sate merupakan hidangan olahan daging yang bisa kita temui setiap hari hampir di seluruh penjuru nusantara. Apalagi cara mengolah sate dan membuat bumbu kacangnya juga cukup sederhana dan mudah.

Kamu cuma perlu membakar daging kurban yang sebelumnya telah direndam bumbu. Kemudian sajikan dengan saus bumbu kacang dan kecap manis.

Meskipun mudah, namun soal kelezatan hidangan daging satu ini tidak perlu dipertanyakan lagi.

Saran Mamikos, kamu harus tetap pastikan membakar sate hingga matang. Tujuannya agar terhindar dari resiko penyakit toxoplasmosis.

3. Gulai

https://i.ytimg.com/

Apa sih perbedaan Gule dan Gulai? Jika selama ini kamu pikir ini mereka adalah dua makanan yang sama, maka sekarang harus tahu kebenarannya.

Sebab, meskipun namanya mirip, ternyata kedua makanan ini mempunyai racikan bumbu yang berbeda.

Gule merupakan nama yang lebih dikenal di masyarakat Jawa. Sedangkan Gulai berasal dari Sumatera. Sederhananya, kamu bisa menemukan gule di rumah makan Padang.

Gulai merupakan menu makanan berbahan baku daging yang diolah dalam kuah dengan bumbu rempah yang bercita rasa gurih.

Ciri khas gulai adalah dia memiliki warna kuah yang kuning dan kental. Bumbu gulai diracik dari berbagai rempah.

Seperti kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, adas, pala, serai, jintan, serta kayu manis.

Racikan bumbu tersebut kemudian dimasak dalam santan beserta daging yang telah kamu pilih. Daging kurban yang kamu dapatkan nanti juga bisa kamu olah menjadi menu makanan favorit khas Idul Adha ini.

4. Kambing oven

https://metrotimes.news/

Olahan kambing juga memiliki basis penggemar yang banyak seperti penggemar olahan sapi. Jadi jika kamu punya oven dirumah, maka kamu boleh mencoba resep masakan khas mesir yang satu ini.

Meskipun bukan hidangan asli Indonesia, tapi nyatanya tiap Idul Adha, ada banyak yang membuat olahan kambing oven ini lho.

Untuk membuat kambing oven ternyata cukup mudah juga. Pertama kamu perlu oleskan bumbu pada permukaan kambing hingga rata.

Kemudian panggang dalam suhu 200 derajat celcius hingga matang, atau selama sekitar 45 menit.

Untuk memastikan kematangannya, kamu bisa menusuknya dengan garpu. Biasanya hidangan ini menggunakan bagian paha kambing, sebab lebih cepat empuk saat dimasak.

5. Sop daging

https://qraved.co/

Apabila kamu ingin menikmati olahan daging berkuah namun tidak bersantan, maka sop daging merupakan pilihan yang cocok.

Olahan daging dalam kuah kaldu sapi bening ini biasanya ditambah dengan irisan sayuran seperti kentang, wortel, buncis, kubis, tomat, serta daun bawang dan seledri untuk menambah citarasanya.

Agar jauh lebih sedap dan nikmat, maka kamu bisa menambahkan tulang sumsum atau tetelan dalam sop daging kamu tersebut.

Kamu juga boleh menambahkan taburan bawang goreng ketika menyajikannya untuk lebih menggugah selera.

6. Tengkleng

https://qraved.co/

Tengkleng adalah makanan khas Solo. Olahan daging ini sebenarnya hampir mirip seperti gulai kambing. Akan tetapi memiliki kuah yang lebih encer.

Hidangan Tengkleng terdiri dari tulang, daging serta jeroan kambing dengan kuah santan beraroma rempah yang memikat.

Bumbu yang digunakan untuk mengolah tengkleng juga tidak jauh berbeda dengan bumbu membuat gulai lho.

Tengkleng juga biasanya disajikan bersamaan dengan nasi hangat dan sate. Aroma rempahnya akan membuatmu ketagihan makan. Sudah terbayangkan lezatnya.

7. Tongseng

https://unileversolutions.com/

Jika umumnya tongseng menggunakan daging kambing, maka kali ini kamu bisa menggunakan daging sapi.

Makanan serupa gulai, namun menggunakan bumbu rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, biji pala, daun jeruk, serta batang serai ini juga tak kalah diminati seperti sate dan tengkleng.

Agar lebih seimbang, kamu bisa menambah berbagai sayuran seperti kubis, kol, tomat, serta daun bawang saat menyajikannya.

Agar lebih cantik dan menggugah selera makan, kamu boleh menambah taburan bawang goreng serta emping.

8. Semur

https://id.tastemade.com/

Semur adalah hidangan khas betawi. Olahan daging yang memiliki warna hitam pekat, karena menggunakan kecap pada kuahnya ini juga tak kalah digemari.

Selain kecap, Semur juga diracik dari berbagai bumbu rempah yang membuat rasa dan kelezatannya semakin memanjakan lidah. Dari daging sapi, kambing, ayam sampai telur bisa kamu jadikan hidangan semur ini.

9. Rawon

https://masakanmama.com/

Menu makanan favorit khas Idul Adha berikutnya adalah rawon. Rawon adalah salah satu makanan khas Jawa Timur.

Olahan daging yang konon merupakan makanan favorit raja – raja zaman dahulu ini juga memiliki kuah berwarna hitam seperti semur. Tapi warna hitam rawan tersebut berasal dari buah kluwek.

Selain kluwek, masakan satu ini juga menggunakan rempah-rempah lain seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, lengkuas, jahe, serai, daun jeruk, serta daun salam. Kamu bisa menambahkan tauge sebagai pelengkap makan kamu.

10. Nasi Kebuli

https://www.faktakini.net/

Menu makanan favorit khas Idul Adha selanjutnya adalah nasi Kebuli. Ya, nasi Kebuli adalah olahan nasi berbumbu dan memiliki citarasa gurih dan berasal dari Timur Tengah.

Ingin tahu cara membuat nasi kebuli yang enak dan bisa dipraktikkan? Untuk membuat nasi kebuli, kamu perlu menanak nasi bersama kaldu kambing serta susu kambing hingga setengah matang.

Kemudian tumis daging kambing, campurkan dalam nasi beserta racikan bumbu rempah yang telah dihaluskan; hingga nasi menjadi matang.

Bumbu rempah yang digunakan adalah bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkeh, ketumbar, jintan, pala, kapulaga, kayu manis, serta minyak samin.

Kamu juga bisa menambahkan asinan nanas atau disajikan di sebelah hidangan lain yang sudah dibuat sebelumnya. Agar semakin berasa timur tengahnya, tidak lupa taburkan kismis dalam nasi kebulinya.

Itulah tadi informasi yang dapat Mamikos sampaikan tentang menu makanan favorit khas Idul Adha yang bisa kamu coba.

Semoga apa yang sudah Mamikos sampaikan di atas, dapat memberikan kamu sebuah inspirasi dan memberi kamu pengetahuan baru.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Murah

Kost Jakarta Murah

Kost Bandung Murah

Kost Denpasar Bali Murah

Kost Surabaya Murah

Kost Semarang Murah

Kost Malang Murah

Kost Solo Murah

Kost Bekasi Murah

Kost Medan Murah