UTBK 2019 Tidak Jadi Tahun Ini, Siswa Bisa Mempersiapkan Hal Ini

 Lailla | Sen, 14 Okt 2019

UTBK 2019 tidak jadi tahun ini, siswa bisa mempersiapkan hal ini – UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer adalah salah satu jenis ujian bagi siswa kelas 12 SMA untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi. Sebenarnya, ada tiga macam ujian yang perlu ditempuh, seperti USBN dan UNBK untuk kelulusan sekolah, kemudian ujian mandiri di Perguruan Tinggi dan UTBK. Jika UTBK 2019 tidak jadi tahun ini, siswa bisa mempersiapkan hal ini, seperti persiapan materi belajar, pengembangan soft skill, hingga mengikuti kursus intensif demi bisa lolos UTBK.

UTBK 2019 Tidak Jadi Tahun Ini, Siswa Bisa Mempersiapkan Hal Ini


Seberapa Sulit UTBK Bagi Siswa?

Sebelum kamu menjalani UTBK, terlebih dahulu kamu harus melalui USBN yang diselenggarakan sekolah dan UNBK. Kedua bentuk ujian tersebut adalah cara untuk mengevaluasi siswanya, serta mengetahui kemampuan siswa di daerah. Jika sudah didapatkan hasil, ketidakmerataan pendidikan yang terjadi di suatu daerah bisa diketahui dan dicari solusinya.

UTBK lebih menantang daripada USBN dan UNBK. Jika USBN dan UNBK diselenggarakan di sekolah dan menentukan kelulusan sekolah, UTBK akan menentukan lolos tidaknya kamu ke Perguruan Tinggi. Tidak ada jaminan bahwa siswa dengan nilai USBN dan UNBK tinggi akan memiliki nilai UTBK yang tinggi, bahkan bisa lolos ke jurusan impiannya ketika kuliah. Oleh karena itu, banyak yang rela mengambil kelas tambahan, les privat, hingga kursus intensif dengan biaya tinggi hanya untuk bisa lolos.

UTBK diperuntukkan bagi calon mahasiswa berkualitas untuk masuk ke suatu Perguruan Tinggi Negeri. Sayangnya, jumlah kursi PTN yang terbatas membuat persaingan siswa semakin ketat. Lulusan sekolah menengah tahun sebelumnya pun ada yang mengikuti UTBK tahun ini untuk mencoba peruntungannya. Tidak perlu khawatir karena tidak semua jurusan memiliki syarat ketat dan passing grade kelulusan tinggi.

UTBK dilaksanakan beberapa kali dalam waktu satu tahun. Nilai yang sudah didapatkan bisa dipakai untuk SBMPTN, seleksi mandiri Perguruan Tinggi Negeri, serta untuk masuk ke Perguruan Tinggi Swasta. Bisa kamu pantau juga informasi PTN dan PTS yang membuka peluang jalur masuk menggunakan nilai UTBK, sehingga kamu tidak perlu menjalani tes lagi. Kamu boleh mengikuti UTBK paling banyak 2 kali dan menggunakan nilai tertinggi dari kedua hasil UTBK.

Adanya pemberitaan bahwa UTBK 2019 tidak jadi tahun ini, siswa bisa mempersiapkan hal lain. Keuntungan UTBK 2019 yang tidak jadi dilaksanakan bisa menjadi peluang untuk kamu yang belum siap. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan waktu luang sebelum ujian sebagai sarana mengembangkan diri. Berikut adalah hal-hal yang dapat kamu siapkan sebelum UTBK 2019 dilaksanakan.

UTBK 2019 Tidak Jadi Tahun Ini, Siswa Bisa Mempersiapkan Hal Ini

1. Persiapan materi UTBK


Ujian dengan persaingan ketat ini mau tidak mau akan membuatmu termotivasi belajar. Materi yang diujikan ketika UTBK tidak sama dengan materi SBMPTN. Kamu perlu belajar Tes Potensi Skolastik (TPS) serta Tes Kompetensi Akademik (TKA) sesuai kelompok ujian masing-masing.

Materi yang sangat banyak dengan tingkat kesulitan tinggi menjadi tantangan tersendiri bagi peserta UTBK. Materi Tes Kompetensi Akademik (TKA) ditujukan untuk jurusan Saintek dan Soshum. Penjabaran Materi TKA adalah sebagai berikut:

TKA Saintek: Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi
TKA Soshum: Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi

Tips yang dapat Mamikos berikan adalah kamu perlu belajar dari kemampuan paling dasar terlebih dahulu. Pahami prinsip-prinsip materi agar kamu tidak kesulitan ketika harus mengerjakan soal yang lebih sulit. Kemampuan berpikir dasar akan membantumu mengerjakan soal-soal lain, tidak hanya sekadar untuk UTBK saja.

2. Persiapan dengan belajar soal


Cara belajar yang tepat untuk menghadapi UTBK akan menentukan kelancaranmu ketika mengerjakan. Tidak cukup hanya bisa menjawab dengan benar, kamu dituntut untuk memiliki kemampuan menganalisis dan menyelesaikan tipe soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Soal tersebut terkenal sulit karena menguji daya analisis siswa. Selain itu, soal HOTS tidak sekadar mengandalkan ingatan dan rumus-rumus dasar. Apabila kamu kesulitan mengaitkan satu bab dengan bab lain, kamu perlu meningkatkan kemampuan tersebut agar bisa mengerjakan soal ujian.

Lakukanlah latihan pada soal-soal yang sering keluar ketika ujian dengan menganalisis pola-polanya. Jika soal tipe tersebut keluar di beberapa tahun terakhir, kamu dapat belajar soal dengan tema yang sama untuk berjaga-jaga apabila soal tersebut keluar kembali. Belajar soal UTBK atau soal SBMPTN tahun sebelumnya akan memberikanmu pengetahuan serta tips cara mengerjakannya. Usahakan untuk selalu melakukan evaluasi singkat atau review setelah belajar. Buat juga catatan kecil agar kamu selalu ingat materi UTBK yang sudah dipelajari.

3. Prioritas Belajar di Materi yang Sering Keluar


Tiap anak punya tingkat pemahaman terhadap suatu materi yang berbeda-beda. Ada anak yang sudah memahami banyak materi, namun ada juga anak yang minim banget pemahamannya terhadap berbagai materi yang diujikan di UTBK dan baru mulai sungguh-sungguh mengejar ketertinggalan. Kalau kamu tipe yang kedua, dengan materi yang banyak dan waktu yang sangat terbatas, kamu bisa memprioritaskan belajar di materi-materi yang sering keluar di SBMPTN tahun-tahun sebelumnya.

4. Persiapan kesehatan

UTBK yang menguras energi dalam proses persiapannya tidak boleh membuatmu jatuh sakit di hari H. Sebisa mungkin, jagalah kesehatan dengan memakan makanan yang bergizi serta menambahkannya dengan asupan vitamin. Akan sangat disayangkan jika persiapanmu yang matang sejak jauh-jauh hari justru gagal ketika hari pelaksanaan ujian karena kamu jatuh sakit. Rutin berolahraga seminggu sekali juga akan membantu staminamu agar tetap terhaga.

Kesehatan tidak hanya ditentukan makanan dan aktivitas olahraga saja. Dengan istirahat yang cukup, tubuhmu akan mendapatkan hak istirahat setelah lelah belajar. Tentu perlu waktu tidur yang berkualitas juga agar tetap sehat. Bagi orang dewasa, waktu tidur yang ideal adalah 8 jam. Apabila waktu tidur kurang, biasanya seseorang akan lebih mudah terserang penyakit, mudah lelah, dan cenderung mudah marah.

5. Manajemen waktu belajar


Manajemen waktu belajar yang baik juga berpengaruh terhadap kesuksesanmu ketika ujian. Kamu tidak perlu langsung belajar banyak materi dalam satu minggu, kemudian libur belajar seminggu berikutnya. Cobalah untuk konsisten belajar. Meskipun hanya mempelajari sedikit materi dalam satu hari, jika kamu konsisten melakukannya terus-menerus, ketika ujian tiba kamu akan bisa mengerjakannya. Jangan lupa untuk mencoba berlatih soal dari yang termudah hingga soal HOTS agar lebih siap.

Saat ini, sudah banyak sumber belajar yang dapat kamu manfaatkan. Susunlah jadwal beserta referensi buku atau website yang akan kamu gunakan. Setelah belajar, cara terbaik untuk menguji pemahaman adalah dengan melakukan evaluasi. Untuk materi yang belum dikuasai, kamu bisa menanyakannya pada teman yang lebih paham atau mengikuti kursus privat.

6. Persiapan hari H

Setelah kamu melakukan persiapan matang berupa materi ujian dan kesehatan, di hari H kamu bisa lebih siap. Tidak perlu khawatir, apalagi panik. Berusahalah untuk tenang. Sebelum berangkat ujian, mintalah doa orang tua dan orang-orang terdekat agar kamu bisa mengerjakan dengan lancar. Bawalah alat tulis dan kartu tanda pengenal.

Untuk berjaga-jaga dengan kemacetan yang mungkin terjadi, kamu dapat berangkat lebih awal 45 menit sebelum ujian dimulai. Selain bisa mengantisipasi keterlambatan, datang lebih awal akan membuat mentalmu lebih siap. Sesampainya di lokasi kamu masih bisa mengobrol dengan peserta lain atau membaca ulang ringkasan materi ujian.

Kini, kamu tidak perlu khawatir dengan akomodasi selama akan mengikuti ujian. Gunakan aplikasi pencari kost terbaik Mamikos yang dapat diunduh gratis melalui ponsel android atau ios. Tanpa perlu datang langsung ke lokasi, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap dan akurat mengenai hunian kost harian dekat kampus. Selain itu, ada pula alternatif tempat tinggal lain seperti apartemen dan villa. Satu aplikasi Mamikos sudah bisa memberimu banyak informasi dengan cepat. Segera download aplikasinya ya!

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: