9 Pertanyaan Wajib yang Harus Kamu Tahu Saat Mau Sewa Apartemen

Posted on Posted in Info properti, Informasi

9 Pertanyaan Wajib yang Harus Kamu Tahu Saat Mau Sewa Apartemen – Saat ini di kota – kota besar seperti jakarta, surabaya, bandung dan sebagainya telah membangun terbososan tempat tinggal baru yang berupa hunian vertikal dengan segala fasilitas mewah yang ditawarkan. Bahkan saat ini apartemen sudah menjadi alternatif yang paling banyak dicari ketika seseorang memerlukan tempat tinggal, baik untuk tempat tinggal sendiri maupun bersama keluarga. Mencari apartemen memang susah – susah gampang, apalagi untuk kamu yang baru pertama kali akan sewa apartemen. Entah itu kamu akan sewa apartemen di jakarta, sewa apartemen di semarang maupun sewa apartemen di batam sekalipun. Dan setidaknya sebelum memutuskan untuk menyewa sebuah unit, ada 9 pertanyaan wajib yang perlu kamu tahu sebelum sewa apartemen.

9 Pertanyaan Wajib yang Harus Kamu Tahu Saat Mau Sewa Apartemen

Bisa dibilang sewa apartemen merupakan salah satu bagian yang krusial ketika kamu akan tinggal di suatu daerah. Selain ada banyak persiapan, kamu juga harus mencari – cari informasi paling akurat seputar apartemen. Ya, setelah menemukan apartemen yang kelihatannya pas di kantong dan pas di hati, ada beberapa informasi yang harus digali dari sang pemilik. Jangan sampai karena sudah pas di kantong dan nyaman langsung tanda tangan kontrak tanpa kamu tahu bagaimana seluk beluk apartemen yang disewa.

Sebenarnya untuk mendapatkan informasi ini sangat mudah sekali bahkan jika kamu tidak menggunakan agen untuk sewa apartemen. Langsung saja bertanya kepada sang pemilik dengan sopan dan baik, yakinlah bahwa sang pemilik akan memberitahu dengan jujur apa saja yang akan kamu tanyakan. Nah, pertanyaan apa saja yang wajib diketahui dan ditanyakan sebelum kamu sewa apartemen? Jangan lupakan daftar berikut ini ya!

1.Bagaimana Caranya Mencari Informasi Apartemen?

Untuk pertanyaan yang ini tentu saja tidak boleh terlewatkan karena ini adalah hal pertama yang harus kamu lakukan saat akan sewa sebuah apartemen. Sebenarnya ini tergantung pada kebutuhan tempat tinggal yang kamu inginkan, ada baiknya kamu melakukan survey terlebih dahulu di daerah yang akan anda tinggali. Kamu juga bisa menggunakan agen apabila memang membutuhkan perantara yang lebih mengerti. Untuk agen mungkin kamu bisa bertanya pada sudara, teman, kenalan atau melakukan pencarian agen apartemen di internet dan sosial media.

Tapi jika ingin langsung kamu juga tidak perlu bingung karena kini sudah ada yang namanya internet dan aplikasi cari apartemen paling akurat yakni Mamikos. Dengan adanya kemudahan teknologi kamu bisa melakukan pencarian sendiri. Cara ini justru akan lebih efektif karena kamu bisa langsung memilih mana apartemen yang cocok dan membuat kamu nyaman. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan masalah harganya apalagi jika kamu masih kuliah dan belum mendapatkan penghasilan tetap. Jadi, informasi seputar apartemen ini bisa didapatkan dengan mudah melalui aplikasi mamikos ataupun pencarian di internet ya. Asalkan kamu cermat dan teliti, tidak akan sulit mencari apartemen yang pas kok!

2. Apa Saja yang Termasuk Biaya Sewa?

Biaya sewa biasanya tidak hanya berupa biaya ruangan saja dan masih ada beberapa biaya yang perlu dikeluarkan lagi. Jangan sampai langsung tergiur dengan harga yang murah namun ternyata masih ada beberapa biaya lain seperti internet, parkir, perbaikan dan sebagainya. Biaya – biaya kecil ini jika diakumulasikan juga bisa menguras kantong lho. Langsung tanyakan saja kepada sang pemilik, seputar fasilitas yang bisa didapatkan dan biaya apa saja yang sudah termasuk ke dalam biaya sewa apartemen. Jika belum termasuk biaya sewa, mintalah rincian biaya lain yang harus ditanggung.

Semakin rinci kamu bertanya makan informasi yang didapat juga akan lebih banyak. Sehingga kamu lebih yakin berapa kisaran biaya sewa yang akan dikeluarkan setiap bulan atau setiap tahunnya. Jadi, kamu tidak boleh melupakan pertanyaan satu ini ya jika mau sewa apartemen.

3. Seberapa Seringkah Biaya Sewa Mengalami Kenaikan?

Tidak bisa dipungkiri bahwa menyewa sebuah hunian akan mengalami kenaikan harga. Bahkan jika kamu memilih sewa apartemen tahunan solo pasti juga ada saat dimana harga sewa akan naik, ini juga dipengaruhi oleh faktor ekonomi di suatu daerah. Biaya sewa maupun biaya pemeliharaan hunian biasanya memang mengalami kenaikan berkala, dan tidak jarang pemilik unit yang langsung saja memberikan kenaikan harga tanpa pemberitahuan terlebiih dahulu. Untuk mencegah hal ini agar tidak terjadi, pertanyaan wajib sewa apartemen yang harus diajukan  adalah seputar seberapa sering biaya sewa mengalami kenaikan.

Rata – rata pemilik apartemen menaikkan harga sewa setiap setahun atau lebih, jadi jika pemilik mengatakan biaya sewa biasanya naik setiap dua bulan sekali. Nah sebaiknya jangan tertipu dengan jawaban ini ya. Tentu saja kamu akan mengalami kerugian yang besar kalau ternyata harga sewa apartemen selalu naik. Apalagi apabila kamu akan menyewa apartemen dalam waktu yang lama. Tanyakanlah berapa kisaran besarnya kenaikan sewa apartemen yang harus ditanggung, supaya paling tidak kamu ada persiapan.

4. Boleh Bawa Hewan Peliharaan?

Biasanya ada juga pemilik apartemen yang melarang untukm membawa hewan peliharaan karena takut jadi kotor, rusak dan sebagainya. Sangat disayangkan dong jika kamu memiliki hewan peliharaan yang super lucu tapi tidak bisa dibawa karena ternyata setelah tanda tangan kontrak sang pemilik apartemen tidak memperbolehkan hewan peliharaan untuk masuk.

Jadi, jika memang ingin membawa serta hewan kesayanganmu, tanyakan apakah boleh bawa hewan peliharaan saat mau sewa apartemen. Jika boleh minta juga sang pemilik untuk menulisknnya di surat perjanjian untuk berjaga – jaga apabila terjadi kesalah pahaman di tengah jalan.

5. Boleh Dekorasi Ruangan atau Tidak?

Setiap orang tentu memiliki gayanya sendiri termasuk dalam menata sebuah ruangan. Karena disini kamu hanya sebagai penyewa, mau tidak mau suatu saat apartemen yang disewa harus dikembalikan pada sang pemilik. Untuk itu, supaya nanti tidak terjadi salah paham tanyakan langsung apakah kamu boleh mendekorasi ruangannya atau tidak. Karena biasanya memang ada apartemen yang tidak boleh didekorasi ulang. Jika hal ini terjadi, bagaimana kalau ternyata gaya interiornya tidak pas dengan keinginan kamu, padahal kontrak sewa sudah ditanda tangani? Tentu kamu tidak mau hal ini terjadi.

Tentang perjanian ini biasanya pemilik unit juga memiliki peraturan sendiri. Misalnya seperti tidak boleh memasang wallpaper atau stiker di dinding, dilarang memaku apapun tanpa seijin pemilik, tidak boleh mengganti properti yang sudah ada atau sebagainya. Bisa – bisa jika melanggar peraturan ini uang depositmu akan lenyap begitu saja. Untuk itu, sebelum sewa apartemen alangkah baiknya apabila kamu bertanya terlebih dahulu tentang dekorasi ruangan.

6. Apakah Ruangan Sudah Pernah Mengalami Kerusakan Di Bagian Tertentu?

Pertanyaan wajib yang tidak boleh tertinggal ketika kamu mau sewa apartemen adalah tentang kerusakan di ruangan tersebut. Mungkin jika tidak dilihat secara detail ruangan terlihat sempurna tanpa kerusakan sama sekali. Tapi ternyata setelah ditempati dan memindahkan barang, banyak bagian – bagian yang mengalami kerusakan seperti goresan, bocor atau yang lainnya. Untuk itu silahkan berkeliling ke setiap sudut ruangan yang akan disewa kemudian tulis apa saja kerusakaan yang terjadi. Perlihatkan pada pemilik agar pemilik menuliskannya di perjanjian dan bagaimana solusi untuk masalah ini bisa dirundingkan bersama.

Teliti dan cermat memang sangat dibutuhkan ketika kamu akan memilih suatu tempat tinggal bahkan jika kamu memilih kost sekalipun. Dengan bertanya dan mengetahui sebelumnya, anda juga tidak akan dipersalahkan saat nanti ditemukan goresan atau kerusakaan.

7. Bagaimana Keamanan di Apartemen?

Keamanan di apartemen juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan ketika kamu akan sewa apartemen. Sebelum menandatangani kontrak perjanjian sebaiknya tanyakan seluk beluk keamanan di apartemen. Pernahkah terjadi kecurian? Adakah keamanan yang bertugas selama 24 jam? Apakah ada CCTV di setiap sudur apartemen? Informasi seperti ini juga bisa kamu tanyakan pada beberapa penghuni di sekitar ruangan apartemen.

Misalnya sambil keliling melihat suasana apartemen tanyakan pada satu atau dua orang tentang keamanan dan bagaimana rasanya tinggal di apartemen tersebut apakah aman dan nyaman atau tidak. Dengan begini kamu juga dapat tinggal dengan tenang karena keamanan sudah terjamin dan ada pengawas yang selalu mengawasi.

8. Lahan Parkirnya Bagaimana?

Penting nih untuk kamu yang memiliki kendaraan pribadi. Ketika kamu sudah tinggal di apartemen nantinya apakah lahan parkirnua luas sehingga tidak akan terjadi rebutan lahan parkir. Bagaimana dengan sewa parkirnya apakah masih harus membayar lagi? Jika lahan parkir yang disediakan sudah luas dan cukup untuk penghuni apartemen tanyakan juga apakah lahan parkirnya aman dan nyaman? Jangan sampai nanti terjadi keributan untuk masalah lahan parkir.  Meskipun rata – rata apartemen memiliki lahan parkir yang luas tapi tidak ada salahnya juga jika kamu bertanya pada pemilik apartemen bagaimana lahan parkirnya?

9. Biaya Deposit dan Aturannya Bagaimana?

Rata – rata pemilik apartemen akan meminta biaya deposit atau biaya jaminan. Biaya ini nantinya akan digunakan untuk menangani masalah apabila ternyata suatu saat ada kerusakan properti atau yang lainnya, dimana kerusakan disebabkan karena penyewa. Tapi tenang saja, saat kamu pindah nanti uang deposit akan dikembalikan apabila tidak ada perjanjian yang dilanggar atau kerusakan yang terjadi.

Selain biaya deposit tentu kamu juga harus tahu bagaimana aturannya. Apakah sudah termasuk dalam anggaran apabila terjadi kerusakan darurat atau belum. Dan bagaimana jika suatu saat terjadi kerusakan mendadak dan harus segera diperbaiki. Aturan antara pemilik dan penyewa seputar baiya deposit harus diperjelas sebelum kamu memutuskan untuk sewa apartemen agar nanti tidak menimbulkan hal – hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana? Lumayan pusing yah memilih apartemen yang nyaman? Semua ini hanya membutuhkan ketelitian kamu sebelum menyewa apartemen, sehingga tidak ada satu kesalahan dan kerusakan yang dilewatkan. Apabila kamu belum berpengalaman dalam hal sewa menyewa apartemen, kamu bisa meminta bantuan teman atau kenalan yang sudah lama menyewa apartemen.Setelah pertanyaan – pertanyaan ini, bacalah dengan teliti seputar perjanjian yang ada di dalam kontrak.

Jangan lupa untuk membaca tips lainnya seputar sewa apartemen dalam blog terbaru mamikos.com. Selamat mencari apartemen semoga segera menemukan yang cocok dihati dan di kantorng ya!

Baca juga :  Lebih baik mana, Sewa Apartemen Bulanan atau Tahunan?
Baca juga :  Pesan Untuk mahasiswa: Pilih Kost atau Sewa Apartemen?

Dapatkan juga info apartemen murah di kota lain :

9 Pertanyaan Wajib yang Harus Kamu Tahu Saat Mau Sewa Apartemen

9 Pertanyaan Wajib yang Harus Kamu Tahu Saat Mau Sewa Apartemen