6 Contoh Novel Singkat tentang Persahabatan, Remaja dan Cinta yang Bagus

6 Contoh Novel Singkat tentang Persahabatan, Remaja dan Cinta yang Bagus — Saat kamu hendak mengisi waktu luang, membaca novel dapat menjadi salah satu pilihan kegiatan yang tidak membosankan.

Dalam artikel kali ini, Mamikos akan memberikan kamu beberapa referensi contoh novel tentang persahabatan, remaja dan cinta yang bagus dan menyentuh.

Apa saja rekomendasi novelnya? Kamu bisa menggulir artikel Mamikos contoh novel ini sampai akhir.

Rangkaian Contoh Novel tentang Persahabatan, Remaja, dan Cinta

unsplash.com/Thought Catalog

Membaca novel bagus bisa kamu lakukan saat kamu memerlukan hiburan, mengisi waktu luang dan sedang butuh inspirasi.

Seperti yang sudah Mamikos ungkap di atas bahwa pada kesempatan ini kamu akan memperoleh referensi contoh novel persahabatan, remaja dan cinta yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Judul novel: Travelers’ Tale: Belok Kanan: Barcelona!

shopee.co.id
  • Penulis/ karangan: Adhitya Mulya, Alaya Setya, dkk
  • Harga mulai dari Rp40.000,00

Rekomendasi Mamikos yang pertama dari daftar contoh novel tentang persahabatan adalah novel berjudul Travelers’ Tale: Belok Kanan: Barcelona! yang cocok dibaca oleh kamu yang bercita-cita traveling bersama sahabat tercinta.

Membaca novel satu ini di tengah perjalanan kamu bakal menambah atmosfer yang kuat dan kamu pun jadi bisa lebih menikmatinya.

Buku ini ditulis oleh empat orang penulis yang didalamnya menyuguhkan sebuah cerita dengan dan gaya penulisan masing-masing yang menarik.

Keempat penulis tersebut dijamin bakal membuat kamu seakan-akan merasa ikut dalam perjalanan tiap karakter di dalamnya.

Selain itu, membaca novel ini juga akan membuat kamu larut dalam cerita mengenai empat sahabat semasa SMA.

Keempat sahabat itu tumbuh dan bekerja di beberapa negara berbeda. Problem muncul pertama kali saat mereka mendapat undangan pernikahan dari salah satunya dan dilaksanakan di Barcelona.

2. Judul novel: Cewek!!!

shopee.co.id
  • Penulis/ karangan: Esti Kinasih
  • Harga mulai dari Rp36.300,00

Keseruan dari tiga karakter perempuan kuat, mandiri dan ingin menentang paham patriarki menjadikan novel ini patut dibaca oleh anak muda masa kini.

Sebagai penulis Indonesia yang konsisten membuat cerita teenlit, gaya penulisan Esti Kinasih dalam novel-novelnya memang sangat menyenangkan.

Alurnya rapi dan membuat pembaca seolah ikut masuk dalam ceritanya. Hampir semua buah karya Esti Kinasih menyabet gelar best seller karena tema ceritanya yang memang ringan dan manis.

Cewek!! merupakan novel yang bercerita tentang tiga tokoh perempuan berbeda karakter dan latar belakang. Namun mereka sama-sama punya satu tujuan.

Membuktikan bahwa perempuan dan laki-laki bisa setara dengan cara menantang para kekasih mereka untuk kebut gunung alias dulu-duluan sampai ke puncak gunung.

3. Judul novel: Laskar Pelangi

id.carousell.com

Penulis/ karangan: Andrea Hirata
Harga mulai dari Rp89.000,00

Rekomendasi contoh novel tentang persahabatan berikutnya adalah Laskar Pelangi. Sulit untuk tidak memasukkan novel karya Andrea Hirata ini jika menyebut novel petualangan.

Perjuangan dan cerita dari sebelas anak Melayu Belitong nyatanya bisa sangat menarik.

Meski sudah diangkat ke layar lebar, namun siapa sangka novelnya masih laris manis di pasaran.

Laskar Pelangi menceritakan bagaimana pedihnya harus menempuh pendidikan dalam kondisi serta fasilitas yang jauh dari kata layak.

Cerita perjuangan untuk sekolah dan memberantas kebodohan dalam cerita ini patut diapresiasi. Tak heran jika Laskar Pelangi menyabet berbagai penghargaan juga.

Mengisahkan sebelas anak Melayu Belitong yang menjalani keseharian mereka di sebuah sekolah yang sangat terbatas fasilitasnya.

Membaca novel ini akan membawa kamu tertawa, menangis, terharu dan tersentuh sebab setiap lembarnya seolah membawa kamu masuk dan berada di sekolah tersebut.

4. Judul novel: The Traveling Cat Chronicles

shopee.co.id
  • Penulis/ karangan: Arikawa Hiro
  • Harga mulai dari Rp93.000,00

Novel terjemahan satu ini adalah karya dari Arikawa Hiro yang menceritakan tentang perjuangan serta kasih sayang antara manusia dan hewan peliharaannya.

Kisah mengharukan dilihat dari kacamata seorang pria yang dikenal sebagai Satoru yang bertemu dengan seekor kucing liar.

Satoru kemudian memberi nama pada kucing tersebut yakni Nana. Satoru sangat menyayangi Nana serta merawatnya dengan telaten dan baik selama bertahun-tahun.

Akan tetapi, karena satu dan lain hal, Satoru tak dapat merawat Nana lagi. Dalam keterbatasan waktu yang ada, Satoru berusaha untuk mencari orang yang mau merawat Nana dengan baik dan tulus.

Menariknya, penulis buku ini juga memasukkan sudut pandang dari Nana si kucing sehingga pembaca dapat mengetahui bagaimana perasaan Nana yang sebenarnya.

5. Judul novel: Jingga dan Senja

id.carousell.com
  • Penulis/ karangan: Esti Kinasih
  • Harga mulai dari: Rp60.000

Jingga dan Senja menjadi contoh novel tentang persahabatan, remaja dan cinta yang wajib untuk kamu baca.

Ditulis oleh penulis buku Cewek!!, Esti Kinasih, Jingga dan Senja menceritakan tentang kisah antara Tari dan Ari yang memiliki kesamaan nama.

Pertemuan antara Tari dan Ari bak takdir, namun semakin dipikir semakin rumit juga. Tari yang semula hanya anak kemarin sore yang tak begitu mencolok tiba-tiba jadi dikenal karena Ari seperti mengincar dirinya.

Di waktu bersamaan, ada Angga yang juga menyukai Tari yang menariknya adalah musuh bebuyutan Ari.

Dalam novel Jingga dan Senja ada pesan moral yang bisa kamu petik. Cerita dalam novel ini sungguh seru dan tidak membosankan.

6. Judul novel: The Kite Runner

gramedia.com
  • Penulis/ karangan: Khaled Hosseini
  • Harga mulai dari Rp118.000,00

Kisah tentang dua sahabat yang menguras emosi pembaca mungkin menjadi kalimat besar yang mewakili novel satu ini.

The Kite Runner merupakan contoh novel tentang persahabatan paling laris versi New York Times.

Novel fenomenal satu ini telah diterjemahkan dalam 42 bahasa serta sudah terjual di 70 negara.

Tak hanya itu saja, fakta lainnya novel ini juga telah diadaptasi menjadi sebuah film. The Kite Runner berkisah tentang sepasang sahabat bernama Amir dan Hassan yang mengambil latar tempat di Afghanistan.

Amir merupakan seorang anak yang berasal dari keluarga yang kaya, sedangkan Hassan hanya anak biasa dari kalangan kurang mampu. Akan tetapi Amir dan Hassan tetap bersahabat dan seolah tak terpisahkan.

Pada suatu ketika, Hassan dan Amir harus menghadapi suatu masalah rumit yang justru menggoreskan luka dan kesedihan di antara mereka.

Masalah tersebut juga mengubah warna persahabatan di antara mereka selamanya. Novel ini menjadi sangat wajib dibaca apabila kamu tertarik dengan cerita tentang isu di wilayah konflik.

Itulah tadi referensi contoh novel tentang persahabatan, remaja, dan cinta yang bagus dan dapat menemani kamu di kala senggang maupun butuh hiburan.

Kamu juga bisa membagikan ulang pada teman, sahabat atau pengikut kamu di media sosial agar mereka mengetahui juga rekomendasi novel tentang persahabatan versi Mamikos ini.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta