6 Tips Cara Agar Puasa Tidak Merasakan Haus dan Lapar

6 Tips Cara Agar Puasa Tidak Merasakan Haus dan Lapar – Selama bulan Ramadhan umat muslim akan berpuasa seharian penuh dan membuat tubuh lemas dan kurang energi untuk beraktivitas. Terkadang, rasa lapar dan haus suka menyerang ketika memasuki tengah hari.

Rasa lapar dan haus, diakibatkan kurangnya asupan nutrisi serta air yang biasa kita dapatkan saat pagi hari. Sementara ketika puasa, kita akan melewatkan waktu sarapan dan sebagai gantinya dilakukan lebih awal yaitu saat sahur.

Menahan lapar dan haus memang bukan perkara yang gampang, namun bukan berarti rasa lapar dan haus tidak bisa dihindari. Ada beberapa tips puasa agar kamu tetap lancar tanpa lapar dan haus.

Tips Kuat Menahan Lapar dan Haus Saat Puasa

https://www.freepik.com/author/freepik

Menahan lapar dan haus menjadi tantangan ketika bulan puasa. Pasalnya, perut yang tadinya terisi makanan dan minuman harus menyesuaikan agar tahan tanpa mengkonsumsi apapun selama 12 jam lebih lamanya.

Agar kuat selama puasa, kunci utamanya yaitu mengkonsumsi makananan dan minuman yang bergizi agar tubuh tidak lemas beraktivitas seharian meski berpuasa.

Selain itu, ada cara lainnya untuk menyiasati agar selama Ramadhan tidak lapar dan haus.

1. Memilih Menu Sahur Dengan Nutrisi yang Lengkap

Tips pertama, agar kuat menahan lapar dan haus ketika puasa yaitu memilih menu sahur yang sehat dan bergizi. Memilih makanan yang tepat akan berpengaruh pada kondisi tubuhmu.

Pastikan menu sahur yang kamu pilih adalah menu sahur yang tepat, supaya tubuh tidak cepat lapar selama berpuasa.

Menu sahur yang dipilih, tidak hanya sekedar makanan yang mengenyangkan, namun makanan yang bisa melengkapi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti karbohidrat, lemak, dan protein.

Selain itu, selama Ramadhan sebisa mungkin agar menghindari makanan atau menu sahur yang instan, karena makanan instan biasanya hanya memberikan rasa kenyang yang tidak tahan lama.

2. Minum Air Putih Secukupnya

Ketika berpuasa, tubuh akan bekerja lebih ekstra serta akan kehilangan lebih banyak cairan dari hari biasanya. Namun, banyak orang yang ketika berbuka lupa memenuhi kebutuhan cairannya kembali.

Kebutuhan cairan perlu untuk kamu perhatikan selain menahan rasa lapar, memenuhi kebutuhan cairan saat puasa membuat kamu tidak jadi dehidrasi.

Melansir dari Dummies, mengonsumsi cairan yang cukup saat puasa adalah metode yang sederhana untuk menahan rasa lapar. Oleh karena itu, pastikan kamu agar minum minimal delapan gelas setiap hari. 

Nah, agar tidak mudah kembung ketika memenuhi kebutuhan cairan, maka kamu bisa membagi konsumsi air kamu. Tiga gelas air putih diminum saat sahur dan berbuka, serta dua gelas sebelum tidur. 

Selain itu, saat sahur sebaiknya, mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein. Karena, kafein akan membuat kamu lebih mudah haus.

3. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Saat berpuasa ada berbagai kegiatan yang akan kamu jalani, seperti bekerja, sekolah, hingga shalat tarawih. Oleh karena itu, memiliki tidur yang cukup serta berkualitas dapat menjaga tubuh kamu tetap bugar.

Sering kali, banyak orang yang merasa lelah dan malas ketika berpuasa dan membuat mereka merasa butuh makan dan minum.

Padahal bukan itu solusinya, cobalah untuk mengatur jadwal istirahat kamu dengan rutin selama Ramadhan.

Misalnya, ketika selesai shalat tarawih agar langsung beristirahat tidur sebelum bangun sahur. Kemudian jika memungkinkan, di siang hari agar tidur siang selama satu jam.

4. Lakukan Hobi yang diminati

Melakukan hobi yang diminati bisa menjadi cara yang ampuh agar kuat puasa selama seharian.

Apalagi ketika memiliki waktu senggang, kamu bisa melakukan hobi yang kamu minati. Misalnya, membaca, melukis, mendengarkan musik, serta hobi lainnya.

Biasanya melakukan hobi yang kamu sukai membuat kamu lebih semangat dan lupa waktu ketika berpuasa. Selain itu, melakukan hobi selama puasa akan membuat badan serta psikismu menjadi lebih bugar.

5. Menonton Film Favorit

Menonton film adalah aktivitas yang disukai banyak orang, rasa penasaran untuk mengetahui jalan cerita dari film yang ditonton bisa bikin lupa waktu dan lupa rasa lapar dan haus.

Apabila, ingin menonton film ketika puasa, carilah film yang memiliki durasi yang lama dengan jalan cerita menarik sehingga membuat kamu tidak mudah bosan. 

6. Olahraga Ringan

Olahraga menjadi kegiatan produktif saat ramadhan. Kamu bisa menggerakkan tubuh dan berjalan santai ketika pagi atau sore di lingkungan rumah kamu.

Olahraga akan menjadi lebih seru jika kamu mengunjungi tempat yang sejuk misalnya taman yang tidak terlalu jauh dari rumah kamu.

Olahraga ringan satu ini, akan membuat tubuh kamu lebih sehat karena mampu membakar lemak. Bukan hanya itu, biasanya olahraga ringan seperti berjalan santau bisa menunda rasa lapar.

Makanan dan Minuman Terbaik yang Cocok Saat Sahur

Banyak orang ketika sahur memilih porsi makanan yang banyak sehingga membuat perut terasa kenyang. Namun, sebaiknya asupan saat sahur perlu memperhatikan kondisi kandungan nutrisinya.

Jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi akan menentukan kekuatan menjalani puasa. Berikut beberapa menu makanan dan minuman yang cocok untuk dikonsumsi saat sahur:

1. Sup

Sup adalah jenis makanan yang di dalamnya memiliki banyak sayuran. Terkadang, tidak hanya sayuran dalam sup biasanya ada daging yang bisa bikin kamu kenyang tahan lama.

Selain itu, sup juga mengandung air yang cukup banyak, sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Namun perlu  diingat, sup yang kamu konsumsi adalah sup yang terbuat dari kaldu atau air, bukan sejenis krim sup.

2. Nasi Merah

Nasi merah adalah salah satu menu sahur yang direkomendasikan untuk kamu sebagai pengganti nasi putih. Hal ini lantaran nasi merah memiliki kalori yang jauh lebih rendah jika dibandingkan nasi putih.

Menariknya, ternyata nasi merah juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari nasi putih, mie, dan juga pasta.

Oleh karena itu, nasi merah cocok untuk dikonsumsi saat sahur sebagai pengganti nasi putih yang bisa bikin kamu kenyang lebih lama.

Sebab, makanan yang memiliki indeks glikemik rendah bisa bikin proses penyerapan zat gizi lebih lambat pada tubuh.

3. Pisang

Buah pisang termasuk makanan yang dapat membuat tubuh kenyang tahan lama selama puasa. Pisang memiliki kandungan mineral seperti magnesium dan potasium.

Magnesium yang terkandung dalam pisang bermanfaat seperti halnya protein karena dapat memberikan energi pada tubuh. Maka, dari itu buah itu bisa kamu masukkan sebagai salah satu menu sahur kamu.

4. Air Putih

Air putih merupakan minuman yang wajib dikonsumsi saat sahur. Dalam sehari disarankan untuk minum air putih sebanyak 2 liter atau sebanyak 8 gelas sehari.

Air putih membantu tubuh agar kuat menjalani puasa dan terhindar dari dehidrasi akibat kekurangan cairan.

5. Susu

Apabila kamu tidak punya masalah penceraan yang berkaitan dengan susu, maka mengkonsumsi segelas susu saat sahur adalah menu yang tepat.

Pasalnya, susuk mengandung zat penghilang dehidrasi, sehingga bisa membuat kamu tahan selama puasa dan tidak mudah haus.

Selain itu, kandungan nutrisi yang ada pada susu akan membantu tubuh agar tetap bugar dan fit sehingga tidak tampak lesu sampai berbuka.

Penutup

Nah, itulah tadi ulasan mengenai tips cara agar puasa tidak merasakan haus dan lapar yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi kamu.

Jika kamu ingin mencari tahu informasi penting lainnya, kamu bisa mengunjungi blog Mamikos. Akan ada banyak sekali artikel menarik yang wajib kamu ketahui.

Pastikan download dan install aplikasi Mamikos di smartphone kesayangan kamu, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Murah

Kost Jakarta Murah

Kost Bandung Murah

Kost Denpasar Bali Murah

Kost Surabaya Murah

Kost Semarang Murah

Kost Malang Murah

Kost Solo Murah

Kost Bekasi Murah

Kost Medan Murah