Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Tata Caranya, Shalat Sendiri/Berjamaah

Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Tata Caranya, Shalat Sendiri/Berjamaah – Saat bulan suci Ramadhan tiba, hal yang identik dan pasti kita juga rindukan adalah pelaksanaan sholat Tarawih. Sebab pelaksanaan sholat tersebut memang hanya dilakukan pada saat bulan puasa tiba. Jadi hanya selama tiga puluh hari saja kita melaksanakan sholat Tarawih, namun sejumlah keterangan dan hadist menyebutkan bahwa ganjaran atau pahala sholat Tarawih itu besar.

Berikut Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Tata Caranya

kompas.com

Maka dari itu kali ini Mamikos akan membuatkanmu artikel berisi bacaan niat sholat Tarawih dan tata caranya, shalat sendiri / berjamaah yang pasti kamu butuhkan untuk mempersiapkan Ramadhan mendatang. Lantas apa saja bacaan niat sholat Tarawih dan tata caranya, shalat sendiri / berjamaah tersebut? Berikut penjelasan Mamikos.

Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Tata Caranya, Shalat Sendiri/Berjamaah

Bulan suci Ramadhan sudah siap untuk kita jelang tidak lama lagi. Itu juga penanda saatnya umat Islam mempertebal iman dan menyempurnakan ibadah dengan amalan-amalan sunnah, salah satunya yakni sholat Tarawih. Namun apakah kamu sudah mengetahui tentang bacaan niat sholat tarawih yang benar itu? Jika belum, kamu jangan khawatir. Sebab itulah tujuan Mamikos membuat artikel bacaan niat sholat Tarawih dan tata caranya, shalat sendiri / berjamaah.

Pengertian dan Hukum Shalat Tarawih Bulan Ramadhan

Sholat tarawih merupakan ibadah sholat sunnah yang dilaksanakan setelah menjalankan ibadah wajib sholat Isya selama bulan Ramadhan. Ibadah shalat Tarawih ini dapat dilakukan sendirian atau berjamaah. Namun lebih dianjurkan untuk melakukannya berjamaah. Idealnya sholat Tarawih dikerjakan sebanyak 2 rakaat.

Jika berniat mengerjakan 8 rakaat, maka seyogyanya dengan sholat 2 rakaat sebanyak 4 kali dengan 1 kali salam setiap akhir rakaat kedua. Jadi untuk kamu yang berniat mengerjakan ibadah sholat tarawih, berikut akan Mamikos berikan bacaan niat sholat Tarawih 2 rakaat yang benar.

Niat Sholat Tarawih Sendiri

Bagi kamu yang berniat menjalankan sholat Tarawih sendiri di rumah, maka silakan untuk membaca niat sholat Tarawih seperti yang tertera berikut ini.

“USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA’ALAA.”

Artinya :

Saya niat sholat sunnah Tarawih dua raka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.

Bacalah niat sholat tarawih yang Mamikos sebutkan di atas tadi diucapkan bersamaan dengan takbir pertama yang menandai dimulainya ibadah sholat Tarawih tersebut.

Niat Sholat Tarawih 4 Rakaat

Beberapa orang ada yang menjalankan sholat tarawih sebanyak 4 rakaat dengan 1 kali salam. Dalil untuk jumlah rakaat ini berasal dari perkataan Aisyah radhiyallahu ‘anha seperti berikut.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan sholat 4 rakaat, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya. Kemudian beliau melaksanakan sholat 4 rakaat lagi, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya.”

Dari pernyataan tersebut tentu ada kemungkinan 4 rakaat dilakukan sekaligus dengan 1 salam atau bisa juga 4 rakaat yang dilaksanakan dengan 2 rakaat sebanyak 2 kali.

Kemudian menurut Imam Syafii, penafsiran pertama termasuk zhahir (umum), tetapi Rasulullah SAW sudah memberikan pernyataan langsung mengenai sholat malam.

“Sholat malam adalah dua rakaat dua rakaat.”

Karena sholat Tarawih termasuk dalam ibadah sholat malam yang diperkuat dengan hadits qauliy (perkataan Nabi), maka penafsiran sholat tarawih 4 rakaat yang dikerjakan 2 rakaat 2 rakaat lebih kuat dasar hukumnya. Semoga penjelasan Mamikos tadi bisa kamu mengerti.

Sebab ada lebih dari 80 kitab Mu’tabar dari berbagai cabang ilmu yang menyatakan bahwa sholat tarawih yang dikerjakan dengan 4 rakaat 1 salam itu tidak sah. Di antaranya Imam Nawawiy al-Dimasyqiy, Imam Ahmad Ibn Hajar al-Haytamiy, Imam Muhammad Ibn Ahmad al-Ramliy, Imam Muhammad al-Zarkasyiy, dan Imam Ahmad Ibn Muhammad al-Qasthallaniy.

Walaupun begitu, jika ada beberapa orang yang menganggap sholat tarawih 4 rakaat dengan 1 kali salam sah sebenarnya tidak perlu dijadikan perdebatan. Pada akhirnya semua kembali kepada keimanan masing-masing. Dan melaksanakan shalat Tarawih hanya karena Allah Ta’ala. Simak terus penjelasan Mamikos mengenai bacaan niat sholat Tarawih dan tata caranya, shalat sendiri / berjamaah sebagai berikut.

Niat Sholat Tarawih dan Witir

Jumlah rakaat sholat Tarawih yang umum dikerjakan antara lain 11 rakaat dengan Witir dan 23 rakaat dengan Witir. Masing-masing dikerjakan setiap 2 rakaat dan diakhiri dengan salam. Karena itu niatnya tetap sholat tarawih 2 rakaat yang sudah Mamikos sebutkan di atas tadi.

Secara umum biasanya pelaksanaan salat Tarawih akan ditutup dengan sholat Wtir yang jumlah rakaatnya ganjil. Niat sholat witir bervariasi, umumnya 1 rakaat atau 3 rakaat.

Niat Sholat Witir Satu Rakaat 1 Kali Salam

Untuk kamu yang hendak mengerjakan sholat Witir dengan jumlah 1 rakaat saja, berikut ini bacaan niat sholat yang bisa kamu hafalkan sebelum melaksanakannya nanti.

“Ushallii sunnatal witri rok ‘atan mustaqbilal qiblati adaa’an (ma’muman / imaman) lillaahi ta’alaa.”

Artinya:

“Saya niat sholat witir satu rakaat menghadap qiblat menjadi (ma’muman / imaman) karena Allah ta’alaa.

Niat Sholat Witir Tiga Rakaat 1 Kali Salam

Sementara Berikut ini adalah bacaan niat sholat witir dengan 3 rakaat yang diikuti dengan 1 kali salam yang bisa kamu hafalkan sekarang.

“Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka’aatin mustaqbilal qiblati adaa’an (ma’muman/imaman) lillaahi ta’alaa.”

Artinya :

“Saya berniat shalat witir tiga rakaat menghadap kiblat menjadi (ma’muman/imaman) karena Allah ta’alaa”.
Itulah tadi bacaan niat sholat Tarawih dan Witir yang bisa Mamikos sampaikan secara lengkap. Pilih salah satu dalam kurung. Apabila kamu sholat sebagai makmum pilih ‘ma’muman’. Jika menjadi imam, pakai kata ‘imaman’.

Niat Sholat Tarawih Berjamaah

Ibadah sholat Tarawih nyatanya mendatangkan manfaat yang lebih besar jika dijalankan secara berjamaah. Karena itu tak ada salahnya apabila kamu mempelajari bacaan niat sholat Tarawih yang dilaksanakan berjamaah.

Mamikos sudah menuliskan bacaan niat sholat Tarawih yang bisa kamu laksanakan secara berjamaah sebagai berikut.

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA’MUUMAN LILLAAHI TA’ALAA.
Artinya :

“Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka’at menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’ala.”

Niat Sholat Tarawih Sebagai Imam

Apabila nanti kamu ditunjuk menjadi imam sholat saat Tarawih akan dilaksanakan, maka berikut ini adalah bacaan niat sholat Tarawih yang bisa kamu baca atau amalkan.

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA’ALAA.

Artinya :

“Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka’at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta’ala.”

Niat Sholat Tarawih dan Tata Caranya

Walaupun jumlah rakaat sholat Tarawih berbeda-beda, namun pelaksanaannya tetap saja sama. Baik sholat Tarawih 11 rakaat maupun yang 23 rakaat sama-sama dikerjakan setiap 2 rakaat dan diakhiri dengan salam. Karena itu niat sholat Tarawih berapa rakaat pun sama.

Sementara tata cara sholatnya sama saja dengan ibadah sholat sunnah lainnya yang kamu ketahui. Sholat Witir dapat dikerjakan langsung setelah tarawih atau dilakukan setelah mengerjakan sholat sunnah lain, misalnya sholat Tahajud dan sholat Hajat.

Perbedaan Salat Tarawih dan Salat Fardlu

Ada beberapa hal yang membedakan tata cara sholat Tarawih dari sholat fardhu. Namun yang jadi pembeda ialah pada bacaan niatnya saja. Meski begitu, Mamikos akan menjelaskan tata cara sholat Tarawih sendiri di rumah, yang secara garis besarnya seperti yang terlampir berikut ini:

  1. Takbiratul Ihram
  2. Membaca Doa Iftitah
  3. Membaca Surat Al-Fatihah
  4. Membaca Surat Alquran
  5. Ruku’
  6. I’tidal
  7. Sujud
  8. Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)
  9. Sujud Kedua

Berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua.

  1. Membaca Surat Al-Fatihah
  2. Membaca Surat Alquran
  3. Ruku’
  4. I’tidal
  5. Sujud
    Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)
  6. Sujud Kedua
  7. Tasyahud Akhir
  8. Salam

Demikianlah ulasan bacaan niat sholat Tarawih dan tata caranya, shalat sendiri / berjamaah yang bisa Mamikos sampaikan pada artikel kali ini. Semoga ulasan Mamikos tersebut dapat memberikan kamu pencerahan hingga dapat memperlancar ibadah kamu dan khusuknya puasa kamu. Apabila kamu merasa bahwa info bacaan niat sholat Tarawih dan tata caranya, shalat sendiri / berjamaah ini berguna, jangan sungkan untuk membagikannya pada teman atau pengikutmu di media sosial.

Jangan lupa mengakses aplikasi pencari kost bernama Mamikos yang mudah diakses dan dapat memberikan kamu informasi seputar hunian. Caranya cukup unduh aplikasi pencari kost Mamikos tersebut dan telusuri info hunian yang kamu inginkan. Mudah, bukan.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah