Materi Teks Biografi dari Struktur, Tujuan, Jenis, Fungsi dan Kaidahnya Lengkap

Materi Teks Biografi dari Struktur, Tujuan, Jenis, Fungsi dan Kaidahnya Lengkap – Teks biografi pada dasarnya adalah cerita tentang seorang tokoh yang ditulis oleh orang lain sehingga teks biografi tokoh tersebut dapat menjadi contoh bagi banyak orang yang membacanya. 

Oleh karena itu, teks biografi harus ditulis tentang kehidupan tokoh, mulai dari masalah yang dihadapi, perjuangan yang dihadapi, hingga pencapaiannya.

Supaya lebih memahami secara mendalam mengenai teks biografi, kamu perlu membaca materi teks biografi secara lengkap di sini.

Membaca Materi Teks Biografi

https://unsplash.com@giulia_bertelli

Selain fakta bahwa materi teks biografi adalah tentang kehidupan nilai-nilai keteladanan, juga masuk ke latar belakang karakter. Oleh karena itu, teks biografi sering digunakan untuk memberikan contoh yang baik kepada pembaca.

Tujuan membaca teks biografi itu sendiri adalah untuk mengenal watak serta mengetahui pemikiran dan tindakan yang dilakukan ketika menghadapi segala persoalan hidup.

Jenis teks lain yang menceritakan kisah hidup seseorang adalah teks otobiografi seperti halnya teks biografi. Perbedaan antara teks biografi dan teks otobiografi terletak pada pengarangnya.

Sementara materi teks biografi adalah teks yang ditulis oleh orang lain tentang kisah hidup seseorang, teks otobiografi adalah cerita yang ditulis oleh tokoh itu sendiri atau kisah hidup seseorang. 

Struktur Materi Teks Biografi

Struktur materi teks biografi terdiri dari tiga bagian yaitu orientasi, peristiwa atau kejadian penting dan reorientasi. Inilah penjelasannya.

1. Orientasi

Orientasi adalah struktur awal teks biografi. Bagian ini memperkenalkan tokoh dan latar belakang cerita atau peristiwa yang akan diceritakan pada bagian selanjutnya.

Orientasi membantu pembaca untuk lebih memahami informasi dasar tentang peristiwa yang dinarasikan. Bagian ini juga merupakan pengantar sebelum masuk ke pembahasan yang lebih detail.

2. Acara atau peristiwa penting

Acara penting yang akan datang. Bagian ini menceritakan tentang rangkaian peristiwa, yaitu peristiwa pokok yang dialami tokoh. Bagian ini disusun secara kronologis dalam urutan kronologis.

Terkadang penulis juga menambahkan komentar pada bagian tertentu dari kronologi kejadian.

Bagian tersebut juga merupakan inti dari teks biografi, karena pembaca dapat mengambil pelajaran dan contoh dari kisah hidup tokoh dari bagian tersebut.

3. Re-orientasi

Yang terakhir adalah perubahan arah. Bagian ini berisi komentar atau kesimpulan tentang urutan peristiwa yang dijelaskan di atas. Reorientasi melengkapi teks biografi dan bersifat opsional.

Bagian ini membantu pembaca memahami peristiwa yang diceritakan dan mengapa tokoh-tokoh ini harus menjadi panutan bagi banyak orang. 

Tujuan Teks Biografi

1. Memberikan contoh

Tujuan dari teks ini adalah untuk menyampaikan dan memberikan contoh cerita dari tokoh yang akan disebutkan kepada pembaca.

Di sisi lain, banyak biografi ditulis untuk memberi tahu orang-orang terkenal tentang kejahatan dan kejahatan mereka

2. Mengenali idola secara menyeluruh.

Dikarenakan arti biografi adalah kisah hidup pencapaian seseorang. Apakah dia seorang politikus, negarawan, aktor atau siapa pun.

Di sini para pembaca dapat mengalami perjuangan hidup mereka sendiri untuk sukses. 

3. Menjadi panutan bagi para pembaca.

Biografi dapat menjadi pedoman dan contoh hal-hal yang baik dan sebaliknya hal-hal buruk tidak diikuti.

4. Untuk memberikan motivasi dan kegembiraan kepada pembaca. 

Membaca teks biografi dapat menyampaikan semangat dan optimisme. Maka Anda bisa sering membaca biografi orang-orang penting untuk memotivasi Anda agar sukses dalam hidup.

5. Menghargai dan menghormati tokoh idola sesuai dengan kesulitannya.

Ya, biografi dapat meningkatkan kemampuan kita untuk berempati. Kita lebih mudah terlibat dengan perasaan sedih, emosi, atau bahagia saat kita menafsirkan pengalaman hidup karakter melalui perjuangan mereka.

6. Membuat kita berpikir.

Dengan membaca dan mengikuti pengalaman seseorang dalam sebuah buku biografi, secara tidak langsung kita juga melihat kisah hidup tokoh tersebut. 

Jenis Teks Biografi

1. Berdasarkan penulis

Berdasarkan pengarangnya, teks biografi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

– Biografi jika kisah hidup seseorang ditulis oleh orang lain.

– Autobiografi, ketika kisah hidup seseorang ditulis oleh orang itu sendiri.

2. Berdasarkan konten

Teks biografi dibedakan menjadi dua jenis menurut isinya, yaitu:

– Biografi perjalanan hidup, jika teks biografi bercerita tentang perjalanan hidup yang berkesan dari seorang tokoh atau bagian dari perjalanan hidup.

– Biografi karier jika teks biografi hanya membahas jalur profesional karakter menuju kesuksesan.

3. Berdasarkan Izin

Berdasar izin, teks biografi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

– Biografi resmi jika teks biografi ditulis dengan izin atau dengan sepengetahuan orang yang kisah hidupnya diceritakan. 

– Biografi tidak sah ketika teks biografi ditulis tanpa izin atau tanpa sepengetahuan tokoh yang dikisahkan. Jenis teks biografi ini biasanya dibuat ketika orang yang akan ditulis sudah meninggal dunia dan tidak ada anggota keluarga yang dapat dimintai izin. 

4. Berdasarkan permasalahan yang diangkat

– Biografi politik: Dalam biografi politik, kisah hidup seorang tokoh negara ditulis dari sudut pandang politik. Biografi semacam itu menerima bahan dari kumpulan berbagai penelitian. Namun, biografi politik biasanya tidak dibedakan dan tidak terkait dengan kepentingan penulis atau orang yang ditulis.

– Biografi intelektual: Biografi intelektual adalah biografi yang hampir menyerupai biografi politik. Kesamaan tersebut terdapat pada kumpulan materi dari kajian yang berbeda. Namun, tulisan tersebut ditulis dengan gaya bahasa ilmiah.

-Biografi jurnalistik: Biografi jurnalistik adalah biografi yang penulisannya bersumber dari hasil wawancara dengan tokoh yang ditulis atau dengan tokoh yang ditunjuk sebagai bahan pendukung cerita. 

5. Berdasarkan penerbit

-Biografi sendiri: Buku itu sendiri adalah biografi seorang tokoh yang penerbitnya membuat buku dengan biaya produksi mulai dari penulis, percetakan dan pendistribusiannya sendiri. Tujuan dari bio ini adalah untuk memasarkan atau mendapatkan perhatian publik.

-Biografi pendukung: Buku bersponsor adalah biografi tokoh yang biaya produksinya ditanggung oleh sponsor. Secara umum, biografi tidak laku dari sudut pandang komersial, atau jika harga eceran terlalu tinggi, tidak tersedia. 

Fungsi Teks Biografi

Materi teks biografi yang penting diperhatikan juga adalah terkait fungsid ari teks biografi itu sendiri.

Fungsi teks biografi, yaitu sebagai panutan bagi pembaca yaitu memuat informasi berdasarkan fakta tentang tokoh, memuat fakta tentang pengalaman hidup tokoh dalam memecahkan masalah.

Mengenal dan memahami karakter orang lain, sehingga banyak belajar tentang orang lain ataupun karakter lain.  

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

  1. Banyak yang menggunakan kata ganti orang ketiga atau kata ganti tunggal. Kata ganti ini digunakan dalam berbagai cara saat menyebutkan nama atau nama panggilan karakter.
  2. Gunakan kata kerja tindakan untuk menjelaskan berbagai peristiwa atau tindakan yang dilakukan oleh karakter yang dievaluasi.
  3. Sering menggunakan kata sifat atau kata keterangan untuk memberikan informasi rinci tentang karakter.
  4. Banyak menggunakan kata kerja pasif untuk menjelaskan peristiwa yang dialami tokoh, sebagai subjek cerita.
  5. Penggunaan kata kerja yang berkaitan dengan aktivitas mental sehubungan dengan deskripsi peran karakter. 
  6. Penggunaan konjungsi, preposisi atau kata benda sehubungan dengan suatu periode. 

Demikian penjelasan lengkap seputar materi teks biografi yang bisa kamu pelajari. Semoga bermanfaat ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta