13 Jenis Pohon Peneduh Depan Rumah Bikin Jadi Adem

13 Jenis Pohon Peneduh Depan Rumah Bikin Jadi Adem – Mulai mendekati bulan April, Indonesia memasuki musim kemarau yang biasa berlangsung hingga sekitar bulan Oktober. Pada musim ini, cuaca biasanya akan terasa lebih panas dan gerah dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Bagi yang lebih banyak meluangkan waktu untuk berada di rumah, pastinya ingin merasakan udara sejuk terutama saat siang hari. Banyak cara yang dapat digunakan untuk mewujudkan keinginan ini, salah satunya yaitu dengan menanam jenis pohon peneduh depan rumah.

Pohon Peneduh untuk di Rumah

unsplash.com

Menanam pohon peneduh dapat membantu untuk memberikan keteduhan dan menghindarkan dari sinar matahari yang ada. Anda tidak perlu merasa khawatir untuk tidak dapat menanam pohon ini di depan rumah karena permasalahan luas pekarangan atau taman. Terdapat berbagai jenis pohon peneduh yang dapat digunakan untuk memberikan kesejukan udara sekitar rumah dan disesuaikan dengan kondisi rumah Anda.

1. Pohon Cemara

unsplash.com

Pohon cemara mungkin akan lebih Anda kenal sebagai bagian dari dekorasi saat perayaan Hari Natal setiap 25 Desember. Selain menjadi pohon natal, jenis pohon ini juga memiliki fungsi sebagai pohon peneduh yang biasa ditanam di pinggir jalan. Batangnya yang ramping membuat jenis ini cocok untuk Anda tanam pada lahan depan rumah yang tidak terlalu luas. Jika Anda menginginkan rumah memiliki suhu sejuk, tanaman ini dapat digunakan memberikan kesejukan karena ia dapat  mengalirkan suhu dengan baik.

2. Pohon Kersen

tropicalplantbook.com

Salah satu jenis pohon yang sering ditemui di pinggir jalan yaitu pohon kersen yang dapat berbuah yang memiliki rasa manis. Pohon ini tergolong tanaman liar yang dapat tumbuh tanpa perawatan khusus sehingga lebih mudah untuk Anda yang cukup sibuk. Tipe daun yang dimiliki pohon ini cukup lebar dan menunduk namun dapat tumbuh menjulang tinggi sehingga dapat  menjadi peneduh. Kemudahan dalam merawat dan manfaatnya membuat pohon satu ini sering menjadi favorit oleh para pecinta tanaman.

3. Pohon Palem

pixabay.com

Bagi Anda yang senang berkunjung ke pantai sepertinya sudah tidak asing lagi dengan pohon palem ini. Meskipun lebih dikenal sebagai tanaman hias, jenis pohon ini dapat menjadi peneduh yang baik untuk ditanam di depan rumah karena bentuknya cenderung tinggi dan menjulang. Pohon ini cocok untuk Anda yang membutuhkan pohon peneduh yang pertumbuhannya tidak banyak memakan tempat. Pohon palem yang tinggi membuat aliran udara menjadi lebih baik sehingga rumah akan menjadi lebih teduh dan adem.

4. Pohon Pucuk Merah

pinterest.ru

Apakah Anda menginginkan pohon peneduh dengan kombinasi gradasi warna yang cantik? Pohon pucuk merah dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin menanam pohon peneduh pada halaman depan rumah yang cukup luas. Jenis pohon satu ini memiliki batang yang sifatnya melebar dan dengan daun yang rimbun membuat pucuk merah memberikan sensasi udara sejuk di sekitar rumah. Daun pada pohon ini akan berubah menjadi kemerahan pada saat musim kemarau. Ketika menua, warna daunnya juga akan menjadi kecoklatan atau juga kehijauan.

5. Pohon Ketapang Kencana

www.stewartflowers.net

Jika Anda lebih suka dengan tipe pohon yang memiliki ranting tidak terlalu tebal, pohon ketapang kencana dapat menjadi pilihan untuk ditanam depan rumah. Meskipun ranting dari jenis pohon ini cukup ramping, namun ia cukup padat dan juga bertingkat. Pohon ini dapat dengan mudah tumbuh subur dengan daun yang bersatu mirip seperti bentuk kanopi. Bentuknya yang ramping ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menanam pohon untuk  taman rumah di bagian dalam dengan desain yang minimalis.

6. Pohon Beringin

pixabay.com

Pohon beringin sudah cukup terkenal sebagai pohon yang memberikan fungsi yang sangat baik untuk menjadi peneduh di tempat terbuka. Biasanya, pohon beringin ditanam pada taman atau halaman yang cukup luas karena memiliki batang pohon dengan diameter yang cukup lebar. Jenis pohon ini memiliki daun yang cukup rapat dan rimbun sehingga sangat efektif untuk menjadi pohon peneduh dan membantu untuk mengurangi dampak buruk dari polusi udara.

7. Pohon Angsana

pixabay.com

Anda yang menginginkan fungsi pohon sebagai peneduh namun tetap terlihat indah dan cantik, menanam pohon angsana dapat menjadi pilihan terbaik. Pada musim untuk mekar, bunga dari pohon ini akan terlihat seperti kumpulan awan yang memiliki warna kuning yang terlihat cantik untuk dipandang. Jenis pohon angsana memiliki daun yang cukup rapat untuk memberikan perlindungan dari teriknya sinar matahari sehingga membuat udara menjadi tidak terlalu panas dan terasa lebih sejuk. Pohon ini lebih cocok untuk tumbuh pada daerah rumah yang cukup besar dan luas karena dapat tumbuh cukup tinggi.

8. Pohon Mangga

pixabay.com

Bagi Anda yang suka mengkonsumsi buah, menanam pohon mangga di depan rumah dapat menjadi pilihan sebagai pohon peneduh. Pohon ini memiliki daun yang cukup rindang dalam waktu yang relatif singkat dan buah yang enak untuk dikonsumsi jika perawatan yang dilakukan benar. Namun, dalam perawatan jenis pohon juga membutuhkan tingkat kehati-hatian yang cukup tinggi karena jika tidak dirawat dengan baik, maka hama dan ulat akan dengan mudah menyerang. Jika hal ini sampai terjadi, bukannya udara sejuk saja yang didapatkan, tetapi juga kedatangan berbagai hama yang dapat mengganggu kenyamanan.

9. Pohon Trembesi

pixabay.com

Pohon trembesi atau dikenal dengan nama ki hujan termasuk pohon yang mudah ditemui di pinggir jalan, terutama di kota besar. Tampilan dari pohon ini cukup rindang dan terlihat seperti payung besar serta fungsinya yang menyerap CO2 (Karbon dioksida) dalam jumlah yang cukup besar. Jenis pohon ini cocok untuk Anda tanam pada depan rumah yang memiliki area cukup luas karena diameter dari batangnya yang cukup besar.

10. Pohon Kiara Payung

jurnalasia.com

Salah satu pohon yang sering direkomendasikan sebagai pohon peneduh ini memiliki daun yang cukup rindang dengan tinggi mencapai 11 meter. Pohon kiara payung ini memiliki bentuk yang cukup unik dan terlihat cantik yaitu bulat dan juga simetris, meskipun tanpa dilakukan pemangkasan terhadap daunnya. Jenis pohon satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin tetap memperhatikan estetika dari pohon yang ditanam pada depan rumah, namun tetap tidak kehilangan fungsi utamanya.

11. Pohon Mahoni

pixabay.com

Pada daerah yang cukup panas, pohon mahoni dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan tanaman depan rumah karena ia dapat bertahan pada daerah yang cukup gersang. Fakta menarik yang berkaitan dengan jenis pohon ini yaitu ia sudah digunakan untuk peneduh sejak zaman penjajahan Belanda dahulu. Pohon ini cocok dijadikan peneduh di sekitar rumah, apalagi jika rumah langsung berdekatan dengan jalan agar udara sejuk dapat masuk ke dalam rumah juga.

Dari sederet jenis pohon depan rumah yang berfungsi sebagai peneduh di atas, apakah ada yang menarik perhatian dan ingin dijadikan tanaman? Jika sudah menentukan pilihan kira-kira jenis pohon mana yang akan ditanam, jangan lupa jadikan luas depan rumah sebagai pertimbangan. Jangan sampai nantinya pohon bukannya membawa udara segar ke dalam rumah, namun malah membawa kerugian dalam hal lain.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah